Page 1 of 1

Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 4:01
by afatchur
Agan-agan sekalian, ane minta pendapat mengenai pemakaian ganjal karet buat meninggikan ground clearence. Ane pakai Baleno 2002. Dari dulu ingin pakai SUV, sudah mengincar Santi, apa daya ketika sudah mantabs mau beli, ternyata kudu bangun rumah.

Beberapa bulan terakhir ane sering ke daerah Cibatok, Pamijahan, Bogor, dengan Baleno. Jalanan sebagian mulus untuk jalur Pamulang-Parung-Bogor. Memasuki Bogor ke arah Ciampea, jalanan mulai jerawatan.

Kalau melalui jalur Serpong-Ciseeng-Ciampea, jalan sepi, tapi ada 1 km yang ancur-ancuran dan 2 km yang bopeng. Akibatnya ban atau bodi sering nggasruk *opo iki yo* ke lobang atau gundukan.

Di milis mobil, ada yang menyarankan ganti per & shockbreaker yang lebih tinggi. Ini namanya duit, paling tidak 1,2 juta. Ada yang menyarankan valen sport damper, ini semacam ganjel buat ditengah per, agar per tidak mengerut maksimal. Ada yang menyarankan ganti ban gede + per + shockbreaker. Mending ganti mobil. Sementara Baleno ini bantingannya empuk, apalagi kalau lewat jalanan jelek. Lebih nyaman pakai Baleno ini dibandingkan Honda City yang lebih baru teman ane, atau Innova baru kakak ane.

Nah, ada yang menyarankan agar dudukan per & shockbreaker diganjal karet. Harga murah meriah. Biaya 150 ribu. Karetnya bekas ban mobil yang dibentuk sesuai dudukan per. Nggasruk lumayan berkurang. Tapi sejak rutin ke Bogor dengan jalan bopengnya, nggasruknya terasa lagi. Akhirnya minggu lalu pasang ganjal karet lagi, total jadi 2 karet + karet tengah shockbreaker. Lumayan habis 200 ribu. Ground clearence jadi tambah lagi.

Minggu depan akan dicoba lagi ke Bogor, apakah masih nggasruk di jalanan ancur atau tidak.

GImana menurut agan-agan semua, apakah langkah murah meriah itu cukup value for money?

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 4:34
by Turboman
Diliat dulu apa Camber-nya bisa disetel nggak um

atau kalau nggak bisa, cari dulu kit utk camber adjustment.

apa itu camber :
http://www.familycar.com/alignment.htm#Cas

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 4:51
by afatchur
Makasih om Turboman. Nanti ane spooring-balancing juga, sudah 2 tahun sejak terakhir dilakukan

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 5:18
by imsus2c
ditunggu komentar baleno user nih :e-think:

setahu saya, yg cukup aktif id-nya doq ........bukan dog loh.... :mrgreen:

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 7:49
by afatchur
wah bro Imsus, malu nih ane kemarin Desember hampir ambil Santi di Hyundai TB SImatupang, tapi karena salah paham dengan salesnya, dia tidak sms, jadi ane tidak jadi lihat. Padahal ane sudah siap lihat bersama bro Kuruma

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 9:59
by doq
wah....klo soal ninggiin bodi mah gelap nih :ungg: :ungg:
sy justru pengennya nurunin :upss:

ngomong2 yg d maksud oom TS "nge-gasruk" ini, apakah body yg gasruk k aspal pd saat masuk2 lubang? ato bannya yg gasruk ke spakbor?? :e-think:

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 10:10
by m4rio
camber di setel buat apa lgi?? mau dijadiin negatif ya biar agak masuk ke dalam?? jadi gk ngegesruk bibir fender gitu?

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 11:11
by afatchur
doq wrote:wah....klo soal ninggiin bodi mah gelap nih :ungg: :ungg:
sy justru pengennya nurunin :upss:

ngomong2 yg d maksud oom TS "nge-gasruk" ini, apakah body yg gasruk k aspal pd saat masuk2 lubang? ato bannya yg gasruk ke spakbor?? :e-think:
kayaknya bodi yang kena lobang. kalau bak kena bodi kayaknya tidak deh

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 11:14
by afatchur
m4rio wrote:camber di setel buat apa lgi?? mau dijadiin negatif ya biar agak masuk ke dalam?? jadi gk ngegesruk bibir fender gitu?
ane baru pertama dengar istilah camber juga, gan. membaca link om Turboman, kayaknya memang dudukan yang dikasih tambahan bantalan karet memang bisa membuat miring

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 11:23
by m4rio
kalo istilah camber sih ane sering denger bro.. itu penyetelan di kaki kaki mobil. biasanya buat memiringkan posisi ban ke arah dalam atau luar ( apabila dilihat dari depan kendaraan )
setau ane sih begitu....

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 11:34
by doq
woo....ok ok....klo gtu kta tunggu pakar2 perkakian nongol deh nih, biar yg lbh paham utk kasih advise :ungg:

klo pemikiran sy sih, pastinya lobang2 yg d lalui oom TS ini guede2 sekali....sampe2 gesrot bodi. imho opsi2 yg d tawarkan berupa pemasangan damper justru bakal ngurangin kenyamanan kaki2 jauh sekali, dan klo ga salah fungsi utama itu utk mencegah ban gesrot ke bodi.....bukannya mencegah bodi gesrot ke aspal :ungg:

sy malah kepikiran, mendingan pasang semacam "spacer" pada dudukan karet support shockbreaker..........mungkin bsa bikin d tukang bubut tuh..........tp ini cm pemikiran ngaco sy aja yah oom.... :ungg: :ungg: entah nanti bakal bsa ato ngga hehehehe :mrgreen:

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 14:37
by afatchur
Jalanan di Ciseeng emang lobangnya gede bener. Cuma karena menghidari macet Parung, maka terpaksa lewat situ, toh cuma 1 km.
Spacer itu maksudnya tambahan besi buat tengah karet itu ya?
Yang pasti, sudah 2x mobil ane keserempet angkot di Bogor. Setan bener. Belum sempat mau demput+cat.
Kalau usaha sudah jalan sih mau beli SX4.

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 14:51
by bivanos88
saya share pengalaman saya yah..

baleno saya juga pernah punya masalah sama, bodi mobil gesrot polisi tidur deket rumah terus..

akhirnya ane ganti velg+ban yang ukuran lebih gede.. pake punya swift ST.. velgnya 15", bannya 185/60/15..
sekarang udah ga pernah gesrot polisi tidur lagi dan bantingan tetep empuk sama seperti standar..

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Jun 01, 2010 16:00
by jalu
ganjel karet memang solusi paling murmer, yang penting baut2 dudukannya selalu dicek...karena namanya karet ganjel bikinan lama2 bisa penyet...akibatnya baut dudukan pelan2 makin kendor...

setelah diganjel, jangan lupa ikut saran pak turbo untuk mengatur sudut2 rodanya supaya ban tetap menapak rata (tidak aus sebelah).

cmiiw ajah.... :cupss:

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Wed Jun 02, 2010 3:46
by doq
cara paling praktis sebenernya yah cm dengan ganti shock yg ukurannya lbh panjang.......memang btul hal ini berarti = duit extra, tp hasilnya pasti dan hati jg relatif tenang....tdk perlu muter2 akal lg bwat nemuin trik2 lain yg hasilnya blom tentu maksimal dan ga ketahuan efek negatifnya apa :e-think:

dan klo dihitung ky nya masih lbh murah dr pada ganti velg dan ban........

susah sih yah nasib pakai sedan paling sengsara lewat jalan ancur.... :frm_bang_head:

Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002

Posted: Tue Sep 10, 2013 0:09
by arton
Om afatcur,

terus bagaimana kelanjutannya nih ?? kira2 mana cara yang paling worth to money dan worry free ?? :frm_shock:
ane pengen ikutan nih.. :ungg: