Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

abrarku
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Dec 17, 2015 12:41

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by abrarku »

dailyfastrwd wrote:Salam kenal, nama gw Rian, make Cefiro th 93 kayak yang dibahas disini, mau share aja soal Cefiro.
Cefiro th 89-94 itu kode bodinya A31, secara teknis hampir sama dengan Skyline R32 dan Laurel C33.
Bedanya sama Skyline R32 cuma di kaki depan aja, Cefiro pake punya Silvia S13.
Kalo panel luar bodi A31, R32 dan C33 dibuka maka kelihatan deh kesamaan rangka unibodynya, makanya panel body diantara mereka bisa saling tuker pasang & mobilnya jadi Celine (Cefiro Skyline) ato Laufiro (Laurel Cefiro).
Cefiro A31 memang mobil yang tercanggih untuk kelasnya dizamannya. Secara teknis Nissan pake formulanya BMW ato MB buat bikin A31, kelihatan di layoutnya FR dengan mesin 6 silinder dan kaki2 independen. Makanya naik Cefiro rasanya mirip naik BMW.
Untuk spek standar kalo sehat bisa lari 190 km/jam (kebukti di punya gw), mentoknya karena ada speed limiternya dimana speed bakal turun sendiri ke 180 km/jam walaupun gas tetap dipolin gak dikurangin. Pengalaman Cefiro owner lain yang speed limiternya dah mati, 200 km/jam masih naik terus dia. Karakter tenaganya mulai di 3000 rpm keatas, jadi kalo dalkot sih rada boyo, cuma kalo di luar kota ato tol, mantap deh.
Suspensi standar cukup empuk dan stabil, gak usah takut nikung rada kencang, kerasa karakter rwd kok. Kalo ketemu lobang juga enak bantingannya. Rem standar udah 4 cakram, jadi cukup pakem.
Interior standar, desain kursinya nyaman banget, duduk dikursinya gak bakal capek deh, hampir semua temen gw yang nebeng A31 gw kalo gak ngobrol pasti ketiduran jadinya. Terus buat driver itu ergonomisnya pas banget, setir adjustable naik turun maju mundur, posisi shifter, posisi pedal2, kursi semua enak.
Konsumsi BBM kalo macet total 1l:6-7km, kalo lancar 1l:7-8km, luar kota tol kecepatan stabil bisa 1l:9-10km.
Soal perawatan gak mahal2 amat kalo dibandingin mobil yang sekelasnya, jangan dibandingin mobil yang kelasnya yang dibawahnya. Dan gak usah maksa make parts canggihnya kayak idupin lagi sensor sonarnya, sokbreker adjustablenya, speed sensing power steeringnya, dsb. Cukup pake spek biasa yang setara kayak mobil kebanyakan aja juga dah enak banget. Ini gambaran harga sparepartnya :
Kopling Set terdiri dari plat kopling, matahari, dek laher Rp 1,1 jt (Merk Genuine ato OEM kayak Stun, Paraut)
Engine Overhaul Kit isi semua seal n gasket di mesin RB20E Rp 700 rb (Merk Fuji Jepang)
Oil Filter Rp 30 rb (Merk Mumoji Jepang)
Kampas Rem 4 biji Rp 500 rb (Merk Mergent UK)
Yang jelas semua spare part Cefiro itu cuma ada Genuine, OEM Jepang (Stun, Paraut, Koyo, Mumoji, Fuji), ato Parts dari Eropa/Aussie (Mergent, Bendix) yang kualitasnya bagus2 jadi pada awet semua, istilahnya KWnya kualitasnya nyaris sama kayak Genuinenya. Sparepartnya masih banyak di toko sparepart Nissan di sentra sparepart kayak Atrium Senen, Kemayoran, Sawah Besar, Cipete, dsb.
Satu kelebihan Cefiro yang jarang dimiliki mobil lain di Indonesia adalah potensi upgrade performanya, karena platform dia yang hampir sama dengan Skyline R32 dan sedikit Silvia S13, yang keduanya termasuk mobil Jepang paling populer di dunia buat di modif. Gampangnya beli hafcut Skyline R32 ato Silvia S13, masukin mesinnya (Bisa pilih mesin RB20DET, RB25DET, RB26DETT, SR20DET ato bahkan Toyota 1JZ-GTE & 2JZ-GTE), girboksnya, gardannya, kaki2nya, dan remnya ke Cefiro, dah jadi mobil dengan performa mendekati Mitsu Lancer Evo Turbo, Subaru Impreza WRX, & berbagai mobil sport Eropa lainnya. Kurang puas tinggal upgrade aja dengan sparepart modif buat Skyline ato Silvia, bisa ngelewatin mobil2 diatas tergantung seberapa kenceng duitnya.
Dan semua hal diatas bisa diperoleh dengan mobil berharga ekonomis.
That's why I love my Cefiro.
minta info mas rian nama toko nya.. sy cari kampas kopling metic ceviro 93
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by whitehorse4 »

impian jaman sekolah yang belum kesampean .. kalo minang cefiro a31 kira2 untuk parts mesin di online masih aman gak y? mungkin ada juga yg punya referensi bengkel spesialis mobil ini di DIY-jateng.. terima kasih
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 846
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Nissan Cefiro (old model era 90-an)

Post by well »

mobil mevah dan kencang pada jamannya..
lampunya aja sudah projector di tahun 90an