Mitsubishi Lancer SL

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

bluesl
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46

Bushing Wiper link

Post by bluesl »

Selamat siang Om...
Sharing info dong...kalau bushing wiper link sdh oblak, ada informasi bagaiamana cara servicenya / jual part yg compatible dengan bushing wiper link punya lancer SL..
Soalnya cari part wiper link punya lancer SL sdh nga ada yg jual... Thx
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

slmaroon wrote:Om2 yang ganteng,sharing pengalaman donk..sl ane ngelitik terus ni,pdhal dah disetting delkonya ,,cmn klo copot filter karbu,g ngiliti itu knp ya????thanks om om
kalo copot filter nggak ngilitk (knocking) berarti mesin kekurangan udara. sudah ganti filter baru? kalo udah, perbesar pasokan udara. paling gampang sih sekalian cek emisi di bengkel, biar di-adjust lagi pasokan udaran dan bbm...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Bushing Wiper link

Post by maskopat »

bluesl wrote:Selamat siang Om...
Sharing info dong...kalau bushing wiper link sdh oblak, ada informasi bagaiamana cara servicenya / jual part yg compatible dengan bushing wiper link punya lancer SL..
Soalnya cari part wiper link punya lancer SL sdh nga ada yg jual... Thx
wiper link yang di dalam body ya Om?
kalo ane ganti wiper arm pake carry/colt t120 ss om... bisa buka di halaman pertama tret ini
viewtopic.php?p=275956#p275956
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
bluesl
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46

Re: Bushing Wiper link

Post by bluesl »

maskopat wrote:
bluesl wrote:Selamat siang Om...
Sharing info dong...kalau bushing wiper link sdh oblak, ada informasi bagaiamana cara servicenya / jual part yg compatible dengan bushing wiper link punya lancer SL..
Soalnya cari part wiper link punya lancer SL sdh nga ada yg jual... Thx
wiper link yang di dalam body ya Om?
kalo ane ganti wiper arm pake carry/colt t120 ss om... bisa buka di halaman pertama tret ini
viewtopic.php?p=275956#p275956
Untuk wiper arm & wiper blade punyaku masih ori .
Betul Om.., bushing wiper linknya yang posisinya dalam body, kondisinya sudah longar, jadi kalu wipernya jalan agak geal - geol dan nyapu airnya kurang bersih ..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Bushing Wiper link

Post by maskopat »

bluesl wrote:
maskopat wrote:
bluesl wrote:Selamat siang Om...
Sharing info dong...kalau bushing wiper link sdh oblak, ada informasi bagaiamana cara servicenya / jual part yg compatible dengan bushing wiper link punya lancer SL..
Soalnya cari part wiper link punya lancer SL sdh nga ada yg jual... Thx
wiper link yang di dalam body ya Om?
kalo ane ganti wiper arm pake carry/colt t120 ss om... bisa buka di halaman pertama tret ini
viewtopic.php?p=275956#p275956
Untuk wiper arm & wiper blade punyaku masih ori .
Betul Om.., bushing wiper linknya yang posisinya dalam body, kondisinya sudah longar, jadi kalu wipernya jalan agak geal - geol dan nyapu airnya kurang bersih ..
sudah lihat punya L300 Om? atau T120SS? sama gak? nanti kalo ane maen2 ke sentra onderdil ane tanya2in Om...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

:off_man:
maskopat wrote:
slmaroon wrote:Om2 yang ganteng,sharing pengalaman donk..sl ane ngelitik terus ni,pdhal dah disetting delkonya ,,cmn klo copot filter karbu,g ngiliti itu knp ya????thanks om om
kalo copot filter nggak ngilitk (knocking) berarti mesin kekurangan udara. sudah ganti filter baru? kalo udah, perbesar pasokan udara. paling gampang sih sekalian cek emisi di bengkel, biar di-adjust lagi pasokan udaran dan bbm...
Udah ganti filter om,,kan ane kmaren coba setting delko sendiri,trus suara mesin dah adem ama tarikan atas enteng,,cmn ada ngelitik klo dihentak ama klo telat oper gigi..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

slmaroon wrote:
maskopat wrote:
slmaroon wrote:Om2 yang ganteng,sharing pengalaman donk..sl ane ngelitik terus ni,pdhal dah disetting delkonya ,,cmn klo copot filter karbu,g ngiliti itu knp ya????thanks om om
kalo copot filter nggak ngilitk (knocking) berarti mesin kekurangan udara. sudah ganti filter baru? kalo udah, perbesar pasokan udara. paling gampang sih sekalian cek emisi di bengkel, biar di-adjust lagi pasokan udaran dan bbm...
Udah ganti filter om,,kan ane kmaren coba setting delko sendiri,trus suara mesin dah adem ama tarikan atas enteng,,cmn ada ngelitik klo dihentak ama klo telat oper gigi..
bbm nya pake apa om? sudah coba pake oktan yang lebih tinggi? :big_think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

kalo copot filter nggak ngilitk (knocking) berarti mesin kekurangan udara. sudah ganti filter baru? kalo udah, perbesar pasokan udara. paling gampang sih sekalian cek emisi di bengkel, biar di-adjust lagi pasokan udaran dan bbm...[/quote]
Udah ganti filter om,,kan ane kmaren coba setting delko sendiri,trus suara mesin dah adem ama tarikan atas enteng,,cmn ada ngelitik klo dihentak ama klo telat oper gigi..[/quote]
bbm nya pake apa om? sudah coba pake oktan yang lebih tinggi? :big_think:[/quote]
Blom om bbm mahal hehe,,untuk saat ini ane curiganya ama kerak dimesin,mw cb disemprot pk cairan langsung ke lubang busi ada efek samping g ya??
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by maskopat »

slmaroon wrote: Blom om bbm mahal hehe,,untuk saat ini ane curiganya ama kerak dimesin,mw cb disemprot pk cairan langsung ke lubang busi ada efek samping g ya??
paling lama starter nya aja Om... hehehe. dan siap2 ganti packing2 kalo obatnya rada keras.
tapi ane masih ngeganjel dengan statement om kalo tanpa filter gak nglitik... :big_think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

maskopat wrote:
slmaroon wrote: Blom om bbm mahal hehe,,untuk saat ini ane curiganya ama kerak dimesin,mw cb disemprot pk cairan langsung ke lubang busi ada efek samping g ya??
paling lama starter nya aja Om... hehehe. dan siap2 ganti packing2 kalo obatnya rada keras.
tapi ane masih ngeganjel dengan statement om kalo tanpa filter gak nglitik... :big_think:
Wahh repot donk klo ampe ganti packing,,iya om klo dilepas kyk napasnya jd plong,,ane jg bingung
arcmadewa
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Sep 12, 2015 9:21

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by arcmadewa »

Misi para suhu SL ane baru aja swap ke 4G32 + porting polish, mesin udah nyala pas idle, rpm sekitar 800/900, indikator aki nyala terus pas di gas sampe rpm1000 lebih indikator mati tapi mesin ikut mati, kira kira kenapa ya? pengapian coil cdi kabel busi sama busi lancar, apa harus pake rotak ya? :big_dunno:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

@ slmaroon.
masih pake platina? coba gap-nya dirapetin sedikit, 0,05mm aja. bisa juga gap busi yg dirapetin, yang tadinya (misal) 0,6 agak renggang dibikin 0,6 rapet.
semoga membantu.
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

marmut wrote:@ slmaroon.
masih pake platina? coba gap-nya dirapetin sedikit, 0,05mm aja. bisa juga gap busi yg dirapetin, yang tadinya (misal) 0,6 agak renggang dibikin 0,6 rapet.
semoga membantu.
Dah ganti cdi om,,platina rusak divakumnya jd mobil g bs nanjak,ane jg bingung om klo lepas filter nglitiknya ilang adanya pas telat ngoper gigi doank,setelan anginnya apa ya??busi soalnya item tp g basah
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

arcmadewa wrote:Misi para suhu SL ane baru aja swap ke 4G32 + porting polish, mesin udah nyala pas idle, rpm sekitar 800/900, indikator aki nyala terus pas di gas sampe rpm1000 lebih indikator mati tapi mesin ikut mati, kira kira kenapa ya? pengapian coil cdi kabel busi sama busi lancar, apa harus pake rotak ya? :big_dunno:
Matinya kyk abis bensin g??coba dites selang bensin dibuka pas mobil nyala trus digas,klo nyembur brarti pompa bensin aman masalah ada dikarbu,cmn klo g nyembur brarti pompa bensinnya,moga ngebantu..ama sekalian nunggu suhu :)
User avatar
rizalsims
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Dec 05, 2013 7:05

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by rizalsims »

slmaroon wrote:
marmut wrote:@ slmaroon.
masih pake platina? coba gap-nya dirapetin sedikit, 0,05mm aja. bisa juga gap busi yg dirapetin, yang tadinya (misal) 0,6 agak renggang dibikin 0,6 rapet.
semoga membantu.
Dah ganti cdi om,,platina rusak divakumnya jd mobil g bs nanjak,ane jg bingung om klo lepas filter nglitiknya ilang adanya pas telat ngoper gigi doank,setelan anginnya apa ya??busi soalnya item tp g basah
nah kebetulan ada yg bahas vakum distributor..punya ane ternyata mati vakumnya..pengaruhnya ke apa ya om?
ada pengaruh ke konsumsi bbm ngga?
soalnya bbm selama ini masih boros sekitar 1:7-8 dalkot..tarikan bawah lemot..padahal kata temen saya spuyer udah kecil..
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

rizalsims wrote:
slmaroon wrote:
marmut wrote:@ slmaroon.
masih pake platina? coba gap-nya dirapetin sedikit, 0,05mm aja. bisa juga gap busi yg dirapetin, yang tadinya (misal) 0,6 agak renggang dibikin 0,6 rapet.
semoga membantu.
Dah ganti cdi om,,platina rusak divakumnya jd mobil g bs nanjak,ane jg bingung om klo lepas filter nglitiknya ilang adanya pas telat ngoper gigi doank,setelan anginnya apa ya??busi soalnya item tp g basah
nah kebetulan ada yg bahas vakum distributor..punya ane ternyata mati vakumnya..pengaruhnya ke apa ya om?
ada pengaruh ke konsumsi bbm ngga?
soalnya bbm selama ini masih boros sekitar 1:7-8 dalkot..tarikan bawah lemot..padahal kata temen saya spuyer udah kecil..
Ya itu dia om jd lemot,apalagi ketemu tanjakan tinggi mobil g kuat,soalnya vakum kerjanya buat majuin pengapian secara spontan,,mohon dikoreksi cmiww
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

@ slmaroon,
kondisi filter udara begimana? kotor atau bersih? pakai yg asli atau open air?
busi hitam bisa jadi pertanda bensin terlalu rich campurannya atau kondisi ignition coil sudah lemah atau bisa juga kabel busi yang tahanannya terlalu besar (lebih dari 1K ohm per feet).
kalau memang ignition coil sudah lemah atau kabel busi bermasalah, itu juga bisa bikin knocking di putaran mesin tertentu karena percikan api di busi mengecil.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

@ rizalsims,
pengaruhnya ke akselerasi. penjelasan mudahnya, saat pedal gas dibejek vakum distributor narik piringan tempat platina duduk supaya pengapian lebih maju ( advance dlm bhs inggris atau voor dlm bhs belanda).
inget oom, spuyer kecil bukan berarti bensin irit. spuyer kekecilan = pasokan bensin kurang. pasokan bensin kurang = tenaga kurang. dan yang pasti akibat dari kurang bensin adalah temperatur mesin melonjak, bisa juga klep bengkok atau bahkan patah.
buat mesin 1400 - 1600cc bisa pakai spuyer 100 atau 105 untuk primary barrel-nya. maksimum 115.
coba diperiksa sistem pengapiannya mulai dari kondisi platina, gap platina, busi sebaiknya pakai sesuai standar dan gap-nya pun sesuai standar, kondisi kabel busi, dan terakhir ignition coil.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by newrubble »

out of topic

dulu th 80n awal.puspita racing team (kel.mas karsono) sempat pakai ini u balap di ancol ssdh 1275gt mrk retired n sebelum moko pakai cj7

sy sering pinjam mobil wita, adik moko ...tukar pakai dg mobil sy ...SL pertama yg sy liat full ralliart n advan
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

jangan2 yang oom NR pake itu SL 2000cc...
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by newrubble »

itu yg punya wita karsono ...sy cuma.pakai e21 323i bekas algerian embassy
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

marmut wrote:@ slmaroon,
kondisi filter udara begimana? kotor atau bersih? pakai yg asli atau open air?
busi hitam bisa jadi pertanda bensin terlalu rich campurannya atau kondisi ignition coil sudah lemah atau bisa juga kabel busi yang tahanannya terlalu besar (lebih dari 1K ohm per feet).
kalau memang ignition coil sudah lemah atau kabel busi bermasalah, itu juga bisa bikin knocking di putaran mesin tertentu karena percikan api di busi mengecil.
Sorry om br baca,,untuk filter ama koil dah ganti,kemaren ane cb setting disributor dibikin mundur hasilnya ngelitik ilang tp mobil malah jd mdut2an setelah dipake 1jam,akhirnya ane majuin lg dan mobil kembali ngelitik tp ndut2an ilang :frm_bang_head:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by marmut »

@ slmaroon,
sudah cek kabel busi berapa tahanannya (K ohm/feet) ? kalau lebih dari 10 K ohm/feet api ke busi jd kecil banget.
gap triger cdi yang di distributor udah pas belum?
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

marmut wrote:@ slmaroon,
sudah cek kabel busi berapa tahanannya (K ohm/feet) ? kalau lebih dari 10 K ohm/feet api ke busi jd kecil banget.
gap triger cdi yang di distributor udah pas belum?
Belum cek om untuk kabel businya,,emank ukuran gap nya brp om?ame td dah coba set lg distributornya sekalian stel angin,semua dah normal cmn belum tw klo di bawa jalan ngadat lg apa engga,,btw thanks info nya om soalnya ane newbie yg pngen belajar mesin :frm_tumbleft:
slmaroon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12

Re: Mitsubishi Lancer SL

Post by slmaroon »

@marmut ama 1 lg klo ane set distributornya maju mobil ngelitik ama staternya jd berat g lngsung jreng tp klo diset mundur mobil nyendat2 tp stater lngsung jreng pernah ngalamin g om,apa settingan distributornya g pas ato ada komponen yg rusak ya