Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
marmut wrote:sebagian besar kasus klep jadi bengkok karena ketabrak piston. dan nggak nutup kemungkinan piston bolong walaupun kecil kemungkinannya.
ganti timing belt gampang kok, asalkan alat-alat memadai.
kalopun ada yang timing belt-nya putus tapi mesin nggak kenapa-kenapa, itu karena kebaikan hati Yang Maha Kuasa aja.
Om mo tanya .. timing mark untuk lancer Sl ..
Untuk crankshaft aku liat di sprocketnya ada dan di bodi mesin ada ...
Untuk CamShaft di sprocketnya ada dan di bodi mesin ada ...
Tapi giliran aku lihat di Oil pump di sproketnya ada tapi di bodi mesinnya nga' ketemu..
Hal ini memang untuk oil pump di lancer Sl posisi sproketnya bisa dimana saja Om.. ?
Salam kenal om2 di sini, sy pengguna lancer sl 83, kenapa ya setiap mulai digas spt mau mati, setelah itu normal sampai rpm tinggi, cuma digas awal aja spt itu. Trims sblmnya.
Salam kenal om2 pengasuh rubrik ini, sy pengguna lancer sl 83. Kl di gas awalnya spt mau mati tapi gak mati, setelah itu normal sampai rpm tinggi. Trims.
agungmas88 wrote:Salam kenal om2 pengasuh rubrik ini, sy pengguna lancer sl 83. Kl di gas awalnya spt mau mati tapi gak mati, setelah itu normal sampai rpm tinggi. Trims.
mobilnya tiap hari nyala? kalo SL ane gak nyala 4 hari, setelah start mesin gas perlu dikocok2 dulu sebentar. nah, kalo udah 7 hari gak nyala, setelah start mesin kocok2 gasnya lebih lama lagi.. kalo dah lewat 10 hari, starter aja perlu usaha keras. kadang sampe aki soak. biasanya ane starter sambil aki dicas. dan sering kali mesin mati dulu dan starter lagi berkali2...
dugaan ane karena fuel pump masih mekanik jadi gak langsung ada bbm di karburator.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
sudah bongkar karburator dibersihin semua jalur-jalur bensin dan jalur udaranya? saya pernah ngalamin seperti itu di renault 18 tl, penyebabnya spuyer udara terlalu besar.
@ oom kopat,
ganti elektrik fuel pump aja oom, jadi saat mau start dikontak dulu sebentar (5-10 detik) supaya mangkok karburator terisi bensin dulu, setelah itu kocok pedal gas 2-3x aja cukup.
marmut wrote:sudah bongkar karburator dibersihin semua jalur-jalur bensin dan jalur udaranya? saya pernah ngalamin seperti itu di renault 18 tl, penyebabnya spuyer udara terlalu besar.
@ oom kopat,
ganti elektrik fuel pump aja oom, jadi saat mau start dikontak dulu sebentar (5-10 detik) supaya mangkok karburator terisi bensin dulu, setelah itu kocok pedal gas 2-3x aja cukup.
iya om... lagi kepikiran untuk ganti fuel pump elektrik. berapaan ya kira2? sekalian mau ganti ke cdi juga...
tapi apa lebih mending swap ke mesin T120ss aja ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ga perlu swap, pake blok mesin sama head standar aja. paling piston di o.s 100 sekalian ditimbang ulang, ganti camshaft yang durasinya agak lama plus lobe-nya tinggian dikit. trus pasang cdi pertronix, kabel busi pasang kepunyaan merkedes tiger 200 (boleh merk beru atau bbt), busi standar aja, ignition coil cukup bosch merah (skr jadi gartner), karburator dcoe (sebaiknya) weber/solex 40mm, fuel pump pake punya xenia.
Karbu sdh dibongkar dan dibersihkan. Mesin rutin dipanaskan. Kl dihidupkan lgs nyala, tapi asal injak gas pertama spt mau mati. Rpm diatas 1000 lancar sampai keatas. Apa nih om?
marmut wrote:ga perlu swap, pake blok mesin sama head standar aja. paling piston di o.s 100 sekalian ditimbang ulang, ganti camshaft yang durasinya agak lama plus lobe-nya tinggian dikit. trus pasang cdi pertronix, kabel busi pasang kepunyaan merkedes tiger 200 (boleh merk beru atau bbt), busi standar aja, ignition coil cukup bosch merah (skr jadi gartner), karburator dcoe (sebaiknya) weber/solex 40mm, fuel pump pake punya xenia.
sebenernya swap ke mesin yang baru biar lebih irit tapi tenaga masih oke. klw kyk om Marmut bilang.... entah jadi berapa L konsumsi bbmnya untuk 1km....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
kita set jadi 1:8-1:9 aja lah.... noken as-nya pake yang sedeng aja jangan ketinggian jadi buat harian masih enak. apalagi pas lagi idle/brenti di lampu merah suaranya dijamin merdu banget.
om sepuh, permisi dong numpang tanya nih. di pompa bensin ane kok kluar oli encer ya ? oli kluar dari tancepan selang yg entah jalurnya kmana. trus ini cara masukin foto gmn om ? biar enak klo ada fotonya, maklum newbie. terimakasih..