F30ers (Sharing F30 Owners)

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3061
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: F30ers (Sharing F30 Owners)

Post by KielConstantine »

kendibocor wrote: Sun Jul 20, 2025 0:15 Tp kalo miaranyanya raja tega asal jalan dicekokin mesran doang si ya mungkin bisa murah. Dlu sodara gw ada yg gini beli E46 bekas bokap, perawatan ganti oli doang ke bengkel pinggir jalan pake mesran, mobil selama ga mogok ya jalan trus bodo amat mo check engine nyala kek. Kayanya jarang mogok n aman2 aja dia pake ampe 200rb km.
Kalo gini biasanya “balkan style” om

Tempo hari pas roadtrip di europe. Banyak nemu bmw/merc/audi modelan kek gini . Body compang camping kg di beresin. Kaca film bejamur. Wiper karat. Velg kucel. Engine juga kluar asep putih dari exhaust. Tapi tetep aja di gass di autobahn wkwk

Kaca film mereka kan model bening (regulasi eu). Nah muka2 drivernya kelihatan. Kebanyakan orang dari negara eropa timur (Zone-2) yg rata2 emang kere-kere :big_biglaugh:

Image

Image

:wkkk: :wkkk:
Former:
2007 Mercedes (W211) E200k
2010 BMW (E90) 325i LCI
2010 Pajero Sport Exceed
2011 Honda Jazz GE8 RS

Current:
2013 Innova 2.5V A/T Stage 3+
2017 Audi A4 (B9) 2.0 TFSI Quattro S-Tronic
alexander96
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jul 27, 2017 15:05

Re: F30ers (Sharing F30 Owners)

Post by alexander96 »

kendibocor wrote: Sun Jul 20, 2025 0:15
Cooling sistem b48 emang pd dari plastik. Plastik ya ada umurnya n gatau kapan bakalan fail. Dlu ane ga kepake mbl 2 minggu abis jalan2 tiba2 besoknya dipake kerja pecah n bleber kemana2 tuh coolant. Untungnya masi bisa sampe bengkel, tp kemaren tmn ada jg ya yg terpaksa towing. Harga sebenernya ga gitu mahal, selang radiator paling brp ratus rb. Thermostat, OFH segala jg masih dibawah 10 jt. Tp kalo fail ditengah jalan ya rada rempong
Nah kan berati ada aja kejadian yang ane takutin di indo juga huhu. Semisal beli second unit 2018 2019 an low km <50rb apakah worth untuk refresh seluruh part cooling system biar hati tenang? Kejadian yg dialamin om dan temen om itu di km berapa kalau boleh tau sama yg jebol itu selang / komponen lain?

Oya baca baca di tiktok luar juga pada di coding temp bukaan thermostat jdi lebih duluan buka (>105c baru buka jadi >95c udah buka) apakah ada yg pernah lakuin disini?

Maklum om pindahan dari k24 yg pr nya cmn rembes oli aja sm gluduk gluduk hehehe, untuk hal lain di f30 ini sepertinya udh siap mental tinggal potensi mogok dijalan air tumpah aja nih.
mahandira
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jul 10, 2025 22:47
Location: Jawa barat
Daily Vehicle: ALL NEW BRV

Re: F30ers (Sharing F30 Owners)

Post by mahandira »

RhayHan wrote: Sat Jul 19, 2025 5:14
Kalo emg harga rack steer nya menurut om terlalu mahal, bisa coba cari unit yg sehat om biar gak keluar biaya banyak tapi tentu dgn harga yg gak murah juga. Oiya harga mobil nya boleh affordable tapi harga spare part BMW itu gak akan pernah affordable om. Ibarat macarin cewe jerman biasa dandan dan outfit nya pake merk branded eh pas sama kita cuma dikasih wardah sama fladeo. Untuk rekomendai bengkel daerah jakarta bisa coba ke anugrah haji nawi atau karunia jaya fatmawati
Iya makanya saya mau cari N20 aja om. karena selisih harga sama B48 buat spare budget. ini kalo eps agak susah sih ya. bisa di tes masih bagus apes di kitanya. kecuali ada riwayat service record pernah perbaikan. di online sih ada jual copotan di angka 12 jtan. kalo repairkit lebih murah lagi.
kalo service record bmw itu ceknya mesti ke bengkel resmi kah? atau ada bukunya seperti mobil jepang?
mahandira
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jul 10, 2025 22:47
Location: Jawa barat
Daily Vehicle: ALL NEW BRV

Re: F30ers (Sharing F30 Owners)

Post by mahandira »

kendibocor wrote: Sun Jul 20, 2025 0:15
1-2 nanya ke bengkel spesialis aja om biar lebih pasti. Kadang harga antar bengkel spesialis aja beda. Tp kurleb timing chain mepet 20 jt. Timing belt, selang2 radiator hatusnya ga sampe sejuta/item. Waterpump ganti biasa barengan ma thermostat. Ni DCnya mayan jg tp harusnya ga nyampe 10 jt.
3. Ada repair kitnya bwat preLCI, bmw jual resmi. Denger2 dari mekanik bengkel spesialis yg LCI malah blm ada. Tp tergantung rusaknya apa, kalo rack n pinionnya yg rusak ya ga bs dibenerin.
4. 320i gak adaptive, 328i kayanya adaptive. 335i adptive
5. Jabodetabek banyak tergantung rusak n kebutuhannya. Anugrah, karunia, yg SOP2nya mirip2 beres dan harganya lumayan ada driven, werkstat. Kalo bwat coding2 elektrikal n sensor2 yg kadang beres aja ga bisa beresin je 88coding.
6. Merk aftermarket beragam jg mulai dari bosch, lemforder, dll. Paling gampang liat aja di tokoijo. Ramah dikantong apa kaga relatif. Kalo sebelumnya make lcgc atau mpv/suv low end ya ga bakalan semurah itu dan harus siap2. Harga mblnya boleh mirip lcgc, perawatannya ke bengkel spesialis sekalipun bisa 2-3x lipat dari miara lcgc. Kalo ganti oli dulu 500rb dah beres, bmw ya sekali ganti oli 1-1,2 jt an bwat pake oli yg proper. Contoh lain Accu jg kalo yg agm di bengkel spesialis 4jt an. Tp kalo miaranyanya raja tega asal jalan dicekokin mesran doang si ya mungkin bisa murah. Dlu sodara gw ada yg gini beli E46 bekas bokap, perawatan ganti oli doang ke bengkel pinggir jalan pake mesran, mobil selama ga mogok ya jalan trus bodo amat mo check engine nyala kek. Kayanya jarang mogok n aman2 aja dia pake ampe 200rb km.

Makanya beli eropa tua bwat apa dulu, kalo cuman tergiur harga murah gengsi tinggi tp ga bisa nikmatin miara bmw bakalan berasa berat, tp kalo emang hobi nyetir, ngebengkel n bisa nikmatin nih mbl yg proper itu kaya gmn ya bakalan puas2 aja. Di WAG membernya aja fetishnya pamer tagihan bengkel, makin mahal makin pada puas :big_biglaugh:
7. Mirip2 ga ada beda fundamental antara kedua trim.

Sebenarnya pengen aja sih experience bmw om. bukan buat mobil utama. daily pake jepang aja. jadi kalo ada trouble yang makan biaya banyak pun masih bisa di cicil perbaikannya. makanya saya cari N20 aja selisih harga dengan B48 untuk sparebudget perbaikan. untuk aki 4-5 jtan sebenernya cukup ok kalo memang lifetimenya bagus. mobil jepang 1 jtan lifetime 2 tahunan. cuma yang jadi pertanyaan juga misal sudah ganti timing chain, ganti eps, ganti waterpump thermostat, shockbreaker. apakah lifetimenya juga bagus untuk bmw?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3960
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: F30ers (Sharing F30 Owners)

Post by kendibocor »

alexander96 wrote: Sun Jul 20, 2025 17:10
kendibocor wrote: Sun Jul 20, 2025 0:15
Cooling sistem b48 emang pd dari plastik. Plastik ya ada umurnya n gatau kapan bakalan fail. Dlu ane ga kepake mbl 2 minggu abis jalan2 tiba2 besoknya dipake kerja pecah n bleber kemana2 tuh coolant. Untungnya masi bisa sampe bengkel, tp kemaren tmn ada jg ya yg terpaksa towing. Harga sebenernya ga gitu mahal, selang radiator paling brp ratus rb. Thermostat, OFH segala jg masih dibawah 10 jt. Tp kalo fail ditengah jalan ya rada rempong
Nah kan berati ada aja kejadian yang ane takutin di indo juga huhu. Semisal beli second unit 2018 2019 an low km <50rb apakah worth untuk refresh seluruh part cooling system biar hati tenang? Kejadian yg dialamin om dan temen om itu di km berapa kalau boleh tau sama yg jebol itu selang / komponen lain?

Oya baca baca di tiktok luar juga pada di coding temp bukaan thermostat jdi lebih duluan buka (>105c baru buka jadi >95c udah buka) apakah ada yg pernah lakuin disini?

Maklum om pindahan dari k24 yg pr nya cmn rembes oli aja sm gluduk gluduk hehehe, untuk hal lain di f30 ini sepertinya udh siap mental tinggal potensi mogok dijalan air tumpah aja nih.
Gawsa pusing sih sebenernya, pake aja om. Kalo coolant bocor ya bawa ke bengkel. Kalo bocor parah sampe temp mbl naik tinggal towing. Ga perlu terlalu takut sih. Overall b48 oke kok. Dlu saya coolant bocor jg gara2 2 minggu liburan jd mbl ga nyala, padahal sehari2 jd daily nyala trus.
mahandira wrote: Sun Jul 20, 2025 19:22 Sebenarnya pengen aja sih experience bmw om. bukan buat mobil utama. daily pake jepang aja. jadi kalo ada trouble yang makan biaya banyak pun masih bisa di cicil perbaikannya. makanya saya cari N20 aja selisih harga dengan B48 untuk sparebudget perbaikan. untuk aki 4-5 jtan sebenernya cukup ok kalo memang lifetimenya bagus. mobil jepang 1 jtan lifetime 2 tahunan. cuma yang jadi pertanyaan juga misal sudah ganti timing chain, ganti eps, ganti waterpump thermostat, shockbreaker. apakah lifetimenya juga bagus untuk bmw?
Jadi daily lah om, sayang ga jd daily hahaha. Justru mitosnya mbl garage queen itu lebih ga sehat drpd mbl daily.
Ya kalo dah sreg ngambil F30 ambil aja om, mbl enak kok. Pesan ane mindsetnya aja disesuaikan. Harga mblnya dah seharga lcgc tp perawatan ga lcgc ya :big_biglaugh:
RhayHan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Nov 19, 2024 7:43
Location: Jakarta

Re: F30ers (Sharing F30 Owners)

Post by RhayHan »

mahandira wrote: Sun Jul 20, 2025 19:01
RhayHan wrote: Sat Jul 19, 2025 5:14
Kalo emg harga rack steer nya menurut om terlalu mahal, bisa coba cari unit yg sehat om biar gak keluar biaya banyak tapi tentu dgn harga yg gak murah juga. Oiya harga mobil nya boleh affordable tapi harga spare part BMW itu gak akan pernah affordable om. Ibarat macarin cewe jerman biasa dandan dan outfit nya pake merk branded eh pas sama kita cuma dikasih wardah sama fladeo. Untuk rekomendai bengkel daerah jakarta bisa coba ke anugrah haji nawi atau karunia jaya fatmawati
Iya makanya saya mau cari N20 aja om. karena selisih harga sama B48 buat spare budget. ini kalo eps agak susah sih ya. bisa di tes masih bagus apes di kitanya. kecuali ada riwayat service record pernah perbaikan. di online sih ada jual copotan di angka 12 jtan. kalo repairkit lebih murah lagi.
kalo service record bmw itu ceknya mesti ke bengkel resmi kah? atau ada bukunya seperti mobil jepang?
N20 aman kok om, mobil adek saya juga n20 328 udah 6bulan saya pegang gak kenapa napa. Paling waktu itu cuma nongol drivetrain, pas di scan lgsg solved. Malah ini mobil udah sebulan nganggur di garasi cuma di panasin doang
alexander96
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jul 27, 2017 15:05

Re: F30ers (Sharing F30 Owners)

Post by alexander96 »

kendibocor wrote: Mon Jul 21, 2025 8:14
alexander96 wrote: Sun Jul 20, 2025 17:10
kendibocor wrote: Sun Jul 20, 2025 0:15
Cooling sistem b48 emang pd dari plastik. Plastik ya ada umurnya n gatau kapan bakalan fail. Dlu ane ga kepake mbl 2 minggu abis jalan2 tiba2 besoknya dipake kerja pecah n bleber kemana2 tuh coolant. Untungnya masi bisa sampe bengkel, tp kemaren tmn ada jg ya yg terpaksa towing. Harga sebenernya ga gitu mahal, selang radiator paling brp ratus rb. Thermostat, OFH segala jg masih dibawah 10 jt. Tp kalo fail ditengah jalan ya rada rempong
Nah kan berati ada aja kejadian yang ane takutin di indo juga huhu. Semisal beli second unit 2018 2019 an low km <50rb apakah worth untuk refresh seluruh part cooling system biar hati tenang? Kejadian yg dialamin om dan temen om itu di km berapa kalau boleh tau sama yg jebol itu selang / komponen lain?

Oya baca baca di tiktok luar juga pada di coding temp bukaan thermostat jdi lebih duluan buka (>105c baru buka jadi >95c udah buka) apakah ada yg pernah lakuin disini?

Maklum om pindahan dari k24 yg pr nya cmn rembes oli aja sm gluduk gluduk hehehe, untuk hal lain di f30 ini sepertinya udh siap mental tinggal potensi mogok dijalan air tumpah aja nih.
Gawsa pusing sih sebenernya, pake aja om. Kalo coolant bocor ya bawa ke bengkel. Kalo bocor parah sampe temp mbl naik tinggal towing. Ga perlu terlalu takut sih. Overall b48 oke kok. Dlu saya coolant bocor jg gara2 2 minggu liburan jd mbl ga nyala, padahal sehari2 jd daily nyala trus.
Brati ga seserem se fragile itu juga ya om :big_childish: makin di riset makin pusing makin bingung om pendapatnya beda beda ada yg bilang most reliable engine ada yg bilang this is my last bmw hahaha :big_biglaugh:
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3147
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: F30ers (Sharing F30 Owners)

Post by farizfsa »

alexander96 wrote: Tue Jul 22, 2025 14:50
kendibocor wrote: Mon Jul 21, 2025 8:14
alexander96 wrote: Sun Jul 20, 2025 17:10

Nah kan berati ada aja kejadian yang ane takutin di indo juga huhu. Semisal beli second unit 2018 2019 an low km <50rb apakah worth untuk refresh seluruh part cooling system biar hati tenang? Kejadian yg dialamin om dan temen om itu di km berapa kalau boleh tau sama yg jebol itu selang / komponen lain?

Oya baca baca di tiktok luar juga pada di coding temp bukaan thermostat jdi lebih duluan buka (>105c baru buka jadi >95c udah buka) apakah ada yg pernah lakuin disini?

Maklum om pindahan dari k24 yg pr nya cmn rembes oli aja sm gluduk gluduk hehehe, untuk hal lain di f30 ini sepertinya udh siap mental tinggal potensi mogok dijalan air tumpah aja nih.
Gawsa pusing sih sebenernya, pake aja om. Kalo coolant bocor ya bawa ke bengkel. Kalo bocor parah sampe temp mbl naik tinggal towing. Ga perlu terlalu takut sih. Overall b48 oke kok. Dlu saya coolant bocor jg gara2 2 minggu liburan jd mbl ga nyala, padahal sehari2 jd daily nyala trus.
Brati ga seserem se fragile itu juga ya om :big_childish: makin di riset makin pusing makin bingung om pendapatnya beda beda ada yg bilang most reliable engine ada yg bilang this is my last bmw hahaha :big_biglaugh:
kakak saya ada pegang bmw seri 5 mesin B48 sih adem ayem ya tidak rusakan.

saya masih ada bmw mesin sodaraan sama B48 kurang 1 silinder yaitu B38, satu generasi, sy bs blg sih ini mesin bukan the most reliable enjin, apa lagi kalo jarang dipake mblnya.