FMEAKD wrote:
hehe sama kayak untuk avanza ya ?????
kadang adaloh part lambang D di T..
ane pernah liat piringan apa gitu yang buat kopling ... dus T....plastic pembungkus T.... segel T... tapi grafir merek D
atau contoh nyata ... busi di beres T dusnya T tapi mereknya DENSO gitu ya om ? Bener gak om itu contoh barang OEM ??/

Iya bro contohnya ya gitu, hampir semua produsen sih sama. Biasanya ada logo manufacturer part tersebut (denso, bosch, lemforder, dll) berdampingan dengan logo untuk siapa part tersebut dibuat (Toyota, Honda, BMW, Mercedes, dll)
Ya kyk contoh diatas aja, partnya sama persis, tapi packaging dibedakan, yang satu masuk ke dealer T, yg satu lagi masuk ke dealer D, entah harga dibedakan gak, yang pasti harga produksinya ya sama.
Cuma ya memang bisnis spare part ini complicated, diluaran sana banyak juga spare part "OEM" tapi ternyata palsu.. yg spare part "OE"/Original aja juga ada yg palsu kok, makanya BMW kan baru2 ini lagi heboh melawan peredaran spare part palsu, sampe mau dibawa ke jalur hukum segala. Contohnya di link ini:
http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/ ... alur-Hukum
(Sekedar info tambahan, saking hebohnya sampe tahun lalu saya mau bikin karpet custom, mau dipasang tulisan "BMW" aja, ga berani tuh yang bikin, apalagi pake lambang BMW lebih ga berani katanya - kalo sekarang ga tau lagi deh.. hehe)
Balik lagi ke spare part, memang mungkin paling aman ya masuk ke bengkel resmi, setidaknya untuk BMW dapet garansi 2 thn dari part yg diganti, kalau toh misalnya dapat part palsu dan baru pake 3 bulan udah rusak lagi, ya diganti sama BMW.
Kendalanya ya mungkin di harga, part yang dibeli di beres lebih mahal daripada yg dibeli di bengkel non beres.
Kadang kan kalo yang merawat mobil berumur suka berpikir.. wah sekarang mobil saya market valuenya tinggal 100jt, kalo dirawatnya di bengkel resmi mau habis berapa tuh.. nanti kalo ada kerusakan ini itu bisa2 harga part dan jasanya aja setengah dari value mobilnya. (Termasuk saya sendiri juga begitu kok waktu pakai Mercedes thn 2002

)
Sedangkan kalo dijual, mobil yang kondisinya sama persis, rawatan beres vs non beres paling ga beda banyak atau ga ada bedanya sama sekali. Ada buyer yang lebih "appreciate" mobil rawatan beres, ada juga buyer yang berpikiran "ah yang penting terawat dengan baik, ada service recordnya", apalagi kalo bengkel non resminya itu sudah dikenal baik di kalangan komunitas BMW ya gak jadi masalah.