Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
peterming77 wrote: Tue Apr 29, 2025 7:31
Suhu-suhu disini yg pake F30, mau nanya ya: F30 320i-328i pfl dan 320i-330i LCI itu kan sejatinya mesin yg sama semua beda tuning aja (bahkan dipake sampe F10 juga). Kalo ambil F30 320i pengen power seperti 328i (atau 330i LCI) harusnya bisa kan ya tinggal di remap? Atau printilan dalamnya ada yg beda?
Pre LCI pake mesin seri N
LCI pake mesin B48
Remap gampang buat naekin power si 320i
Tapi kabarnya si ada printilan yang beda, b48 si 330i ada part numbers yg beda kayanya versi reinforced
peterming77 wrote: Tue Apr 29, 2025 7:31
Suhu-suhu disini yg pake F30, mau nanya ya: F30 320i-328i pfl dan 320i-330i LCI itu kan sejatinya mesin yg sama semua beda tuning aja (bahkan dipake sampe F10 juga). Kalo ambil F30 320i pengen power seperti 328i (atau 330i LCI) harusnya bisa kan ya tinggal di remap? Atau printilan dalamnya ada yg beda?
Pre LCI pake mesin seri N
LCI pake mesin B48
Remap gampang buat naekin power si 320i
Tapi kabarnya si ada printilan yang beda, b48 si 330i ada part numbers yg beda kayanya versi reinforced
Bener maksud saya, kalo sama2 pre LCI dari 320i mau power 328i apa cuma beda tuning aja, kan mesin sama aja. Lain kalo E90 yg NA 4 cyl vs 6 cyl, nga mungkin kan dituning bisa sama power dan feelingnya.
peterming77 wrote: Tue Apr 29, 2025 7:31
Suhu-suhu disini yg pake F30, mau nanya ya: F30 320i-328i pfl dan 320i-330i LCI itu kan sejatinya mesin yg sama semua beda tuning aja (bahkan dipake sampe F10 juga). Kalo ambil F30 320i pengen power seperti 328i (atau 330i LCI) harusnya bisa kan ya tinggal di remap? Atau printilan dalamnya ada yg beda?
Pre LCI pake mesin seri N
LCI pake mesin B48
Remap gampang buat naekin power si 320i
Tapi kabarnya si ada printilan yang beda, b48 si 330i ada part numbers yg beda kayanya versi reinforced
Bener maksud saya, kalo sama2 pre LCI dari 320i mau power 328i apa cuma beda tuning aja, kan mesin sama aja. Lain kalo E90 yg NA 4 cyl vs 6 cyl, nga mungkin kan dituning bisa sama power dan feelingnya.
Lupa liat dimana, seingat ane sih di remap stage yg sama tetep lebih gede 328i hasilnya tp jdnya ga jauh beda ma 320i. Jd 320i gain power n torquenya lebih gede persentasenya tp hasil akhir tetep lebih kenceng 328i sama2 di remap. Si N20 yg PWG sama EWG aja hasil tunenya beda. Dah gitu biarpun kode mesin sama, kadang ada printilan yg beda yg ga dicantumin di specsheet jd agak susah tau internal 320i sama 328i persis sama 100% apa kagak.
peterming77 wrote: Tue Apr 29, 2025 7:31
Suhu-suhu disini yg pake F30, mau nanya ya: F30 320i-328i pfl dan 320i-330i LCI itu kan sejatinya mesin yg sama semua beda tuning aja (bahkan dipake sampe F10 juga). Kalo ambil F30 320i pengen power seperti 328i (atau 330i LCI) harusnya bisa kan ya tinggal di remap? Atau printilan dalamnya ada yg beda?
Pre LCI pake mesin seri N
LCI pake mesin B48
Remap gampang buat naekin power si 320i
Tapi kabarnya si ada printilan yang beda, b48 si 330i ada part numbers yg beda kayanya versi reinforced
kendibocor wrote: Thu May 01, 2025 16:06
Paling gampang dan pasti keknya liatin dah tuh komponen mesin satu2, sama bandingin serial numbernya. Paling mata jereng abis itu
Bikin konten youtube
Teardown 2 biji f30
Siapa tau bisa balik modal adsensenya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pre LCI pake mesin seri N
LCI pake mesin B48
Remap gampang buat naekin power si 320i
Tapi kabarnya si ada printilan yang beda, b48 si 330i ada part numbers yg beda kayanya versi reinforced
Bener maksud saya, kalo sama2 pre LCI dari 320i mau power 328i apa cuma beda tuning aja, kan mesin sama aja. Lain kalo E90 yg NA 4 cyl vs 6 cyl, nga mungkin kan dituning bisa sama power dan feelingnya.
Lupa liat dimana, seingat ane sih di remap stage yg sama tetep lebih gede 328i hasilnya tp jdnya ga jauh beda ma 320i. Jd 320i gain power n torquenya lebih gede persentasenya tp hasil akhir tetep lebih kenceng 328i sama2 di remap. Si N20 yg PWG sama EWG aja hasil tunenya beda. Dah gitu biarpun kode mesin sama, kadang ada printilan yg beda yg ga dicantumin di specsheet jd agak susah tau internal 320i sama 328i persis sama 100% apa kagak.
Moral ceritanya: belilah 328i atau 330i kalo mau yg kenceng2
kendibocor wrote: Thu May 01, 2025 16:06
Paling gampang dan pasti keknya liatin dah tuh komponen mesin satu2, sama bandingin serial numbernya. Paling mata jereng abis itu
Bikin konten youtube
Teardown 2 biji f30
Siapa tau bisa balik modal adsensenya
Bentar om, subskriber cuman ada 1 nih, beli subskriber dlu
peterming77 wrote: Fri May 02, 2025 1:35
Moral ceritanya: belilah 328i atau 330i kalo mau yg kenceng2
Kalo kata emak ane sih, ngapain beli mobil kenceng2. Mo ngebut dimana sih
Btw, 320i jg diajak keluar rumah jg rasanya udah cukup bwat mengasapi 90% mobil yg ketemu di jalan
kendibocor wrote: Thu May 01, 2025 16:06
Paling gampang dan pasti keknya liatin dah tuh komponen mesin satu2, sama bandingin serial numbernya. Paling mata jereng abis itu
Bikin konten youtube
Teardown 2 biji f30
Siapa tau bisa balik modal adsensenya
Bentar om, subskriber cuman ada 1 nih, beli subskriber dlu
peterming77 wrote: Fri May 02, 2025 1:35
Moral ceritanya: belilah 328i atau 330i kalo mau yg kenceng2
Kalo kata emak ane sih, ngapain beli mobil kenceng2. Mo ngebut dimana sih
Btw, 320i jg diajak keluar rumah jg rasanya udah cukup bwat mengasapi 90% mobil yg ketemu di jalan
Salah satu tugasnya nanti emang buat ngasepin gerobak bermesin yg sok F1 #eh
ambil 328i N20 pre lci aja kl ada budget lebih, drpd 320i b48 lci. sama2 punya penyakit khas kok dua mbl itu wkwk.
modip stage 2 aja, intake kit, downpipe, remap ecu tcu, kl ada budget lagi ganti boost charge pipe sama upgrade intercooler. kayanya 300hp++ dapet sih.
pasang, coilover, speedo 6wb, ganti setir m sport, carplay sama upgarde audio tipis2.
farizfsa wrote: Fri May 02, 2025 5:46
ambil 328i N20 pre lci aja kl ada budget lebih, drpd 320i b48 lci. sama2 punya penyakit khas kok dua mbl itu wkwk.
modip stage 2 aja, intake kit, downpipe, remap ecu tcu, kl ada budget lagi ganti boost charge pipe sama upgrade intercooler. kayanya 300hp++ dapet sih.
pasang, coilover, speedo 6wb, ganti setir m sport, carplay sama upgarde audio tipis2.
lalu rebagde aja jadi 318i kalo perlu hahahaha
Kalo dijual lagi jangan lupa pasang headline gede dan bold: Modifan seharga 1 unit Avanza
peterming77 wrote: Tue Apr 29, 2025 7:31
Suhu-suhu disini yg pake F30, mau nanya ya: F30 320i-328i pfl dan 320i-330i LCI itu kan sejatinya mesin yg sama semua beda tuning aja (bahkan dipake sampe F10 juga). Kalo ambil F30 320i pengen power seperti 328i (atau 330i LCI) harusnya bisa kan ya tinggal di remap? Atau printilan dalamnya ada yg beda?
peterming77 wrote: Tue Apr 29, 2025 7:31
Suhu-suhu disini yg pake F30, mau nanya ya: F30 320i-328i pfl dan 320i-330i LCI itu kan sejatinya mesin yg sama semua beda tuning aja (bahkan dipake sampe F10 juga). Kalo ambil F30 320i pengen power seperti 328i (atau 330i LCI) harusnya bisa kan ya tinggal di remap? Atau printilan dalamnya ada yg beda?
peterming77 wrote: Tue Apr 29, 2025 7:31
Suhu-suhu disini yg pake F30, mau nanya ya: F30 320i-328i pfl dan 320i-330i LCI itu kan sejatinya mesin yg sama semua beda tuning aja (bahkan dipake sampe F10 juga). Kalo ambil F30 320i pengen power seperti 328i (atau 330i LCI) harusnya bisa kan ya tinggal di remap? Atau printilan dalamnya ada yg beda?
Tp B48 G20 ma F30 ga sama plek jg om, dah TU brp kali itu
ada yang jelasin jg parts replacement itu biasa untuk support yang tertinggi aja biar ga ribet kebanyakan jual sku mungkin. nah kalo 320i diganti replacementnya buat pison sm conrod, bisa kalo ya di remap jadi 330i
Salam Hormat suhu... Saya Mau tanya mengenai F30. rencana mau cari F30 yang N20 karena budgetnya baru sampe disitu. mengingat harus ada persiapan budget tambahan untuk maintenance ke depannya.
1. Berapa Biaya penggantian timing chain?
2. Berapa biaya penggantian suku cadang rutin seperti kampas rem plus sensornya, disc brake?
3. Berapa Biaya penggantian water pump, AC compressor, Timing Belt, Hose2 radiator jika diperlukan, apa merek aftermarketnya yang ramah di kantong?
3. Untuk EPS rack steer yang katanya sampai 40jtaan. Apakah cukup dengan menggunakan repair KIT eps? atau ada jalan lain agar tidak keluar 40jt
4. Untuk F30 2013- 2014 baik sportline dan luxury line apakah keduanya menggunakan shock breaker adaptive, yang mana harganya sangat mahal?
5. Adakah rekomendasi bengkel non resmi yang recommended area jabodetabek, bandung, cirebon?
6. Adakah saran merek2 aftermarket ramah kantong untuk part2 pengganti BMW?
7. Better luxury line atau sportline dari sisi perawatan?
Malam suhu.. lagi minat f30 lci 320i taun taun akhir nih (2018 2019). baca baca di literatur luar negeri bagian terlemah yang bisa sampe bikin mogok dan harus towing dari mesin b48 ini adalah di cooling system nya (selang selang dan konektor konektor plastik, oil filter housing, thermostat).
bagaimana pengalaman suhu suhu disini mengenai cooling system f30 ini di indonesia? apakah se horror itu? soalnya selama ini ane riset di web web indo jarang yang mengeluh hal ini, tetapi di luar negeri banyak sekali yang mengeluh bahkan sampai ada bengkel yang jual kit refresh seluruh cooling system si f30 ini.
mahandira wrote: Thu Jul 10, 2025 23:38
Salam Hormat suhu... Saya Mau tanya mengenai F30. rencana mau cari F30 yang N20 karena budgetnya baru sampe disitu. mengingat harus ada persiapan budget tambahan untuk maintenance ke depannya.
1. Berapa Biaya penggantian timing chain?
2. Berapa biaya penggantian suku cadang rutin seperti kampas rem plus sensornya, disc brake?
3. Berapa Biaya penggantian water pump, AC compressor, Timing Belt, Hose2 radiator jika diperlukan, apa merek aftermarketnya yang ramah di kantong?
3. Untuk EPS rack steer yang katanya sampai 40jtaan. Apakah cukup dengan menggunakan repair KIT eps? atau ada jalan lain agar tidak keluar 40jt
4. Untuk F30 2013- 2014 baik sportline dan luxury line apakah keduanya menggunakan shock breaker adaptive, yang mana harganya sangat mahal?
5. Adakah rekomendasi bengkel non resmi yang recommended area jabodetabek, bandung, cirebon?
6. Adakah saran merek2 aftermarket ramah kantong untuk part2 pengganti BMW?
7. Better luxury line atau sportline dari sisi perawatan?
Terima kasih banyak atas perhatiannya...
Kalo emg harga rack steer nya menurut om terlalu mahal, bisa coba cari unit yg sehat om biar gak keluar biaya banyak tapi tentu dgn harga yg gak murah juga. Oiya harga mobil nya boleh affordable tapi harga spare part BMW itu gak akan pernah affordable om. Ibarat macarin cewe jerman biasa dandan dan outfit nya pake merk branded eh pas sama kita cuma dikasih wardah sama fladeo. Untuk rekomendai bengkel daerah jakarta bisa coba ke anugrah haji nawi atau karunia jaya fatmawati
RhayHan wrote: Sat Jul 19, 2025 5:14
Kalo emg harga rack steer nya menurut om terlalu mahal, bisa coba cari unit yg sehat om biar gak keluar biaya banyak tapi tentu dgn harga yg gak murah juga. Oiya harga mobil nya boleh affordable tapi harga spare part BMW itu gak akan pernah affordable om. Ibarat macarin cewe jerman biasa dandan dan outfit nya pake merk branded eh pas sama kita cuma dikasih wardah sama fladeo. Untuk rekomendai bengkel daerah jakarta bisa coba ke anugrah haji nawi atau karunia jaya fatmawati
Urusan onderdil BMW, kalo liat banyak parts penting yg dari plastik, macam coolant module, housing oil filter, PCV cover, intercooler housing, tensioner+cam chain. Ini parts kan akhirnya MTBF-nya pasti ngunci, apa pake running hours apa kilometer.
Gara2 kemarin ganti coolant module (selamet masih BSI), jadi kepikir, apa ndak lebih enak dibuat abonemen aja ya ?, jd nabung/nyicil ke beres per bulan sekian, pas jatuh MTBF jam/km lansung ganti, gak peduli rusak apa ndak rusak.
Pas ngobrol gini ke SA-nya, jawabnya "Bapak mikirnya kejauhan, ada iya BMW dicap gampang rusak"