Tanya mercedes w204

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

obbypradita
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Fri Dec 09, 2022 14:12
Location: Tangerang
Daily Vehicle: C200 w204

Re: Tanya mercedes w204

Post by obbypradita »

ctopher7 wrote: Mon Apr 14, 2025 15:46
obbypradita wrote: Mon Apr 14, 2025 13:38
obbypradita wrote: Sat Apr 12, 2025 23:38

Sorry salah. Maksud istri ternyata:
Jadi di speedometernya kan ada posisi transmisinya, P R N D. Nah di posisi speedometernya itu kan ada background kotak hitam kalo kita di posisi P/R/N/D. Nah ini ilang kotak hitamnya, jadi kita ga tau posisi transmisi kita dimana, kalo kita manual D1/D2/D3/dll. Ga muncul tulisan tsb. Blank
Akhirnya mencoba sendiri bawa ke bengkel yg jaraknya 20km. Selama perjalanan aman, ga ada masalah. Sampai di bengkel, ganti oli mesin dan scan.

Setelah selesai dari bengkel, baru jalan kurang lebih 3km. Tiba² indikator posisi di speedometer hilang, dan perpindahan giginya terasa menyentak gitu (kaya maksa / kecepetan lepas kopling) ga lama kemudian gas jadi loss (kaya kehabisan bensin) lalu mesin mati (untung masih sempet menepi)

Istirahat di pinggir jalan 5menit, matiin mesin, lepas kunci. Lalu saya coba lagi, starter, mesin aman, tapi ketika saya ganti ke posisi D, tidak jalan sama sekali, ngegas aja, tapi kaya posisi netral. Posisi R pun sama.

Istirahat kembali, matikan mesin 5 menit. Saya coba starter lagi, aman. Posisi D, bisa jalan kembali ke bengkel. Perpindahan gigi halus kaya normal. Setelah 2km jalan, indikator PRND di speedometer hilang lagi, perpindahan gigi jadi nyentak lagi, dan gas jadi loss lagi lalu mesin mati lagi.

Istirahat kembali 5menit. Starter lagi, aman, walaupun sempat hilang di indikator spedometer, dan perpindahan giginya kadang normal, kadang nyentak. Tapi berhasil sampai bengkel lagi.

Menurut orang bengkel di scan ada kemungkinan VGS nya. Hadeuh

Ada yg pernah mengalami kaya gini ga ya?
saya ga perna pengalaman gini, tapi saya paling ga suka sama bengkel yang pake kata kata "mungkin". Biasanya setelah diganti ini itu bukannya tambah bener malah tambah ngawur. mending coba di towing ke spesialis yang terpercaya aja

honestly saya sndiri, nyari spesialis mercy terpercaya masih rada susah sih. uda coba ke dua bengkel spesialis eh pengalamannya rada kureng yah. Mungkin bisa tanya tanya om Asfur atau om Tesna untuk spesialis yang oke. Saya inget rekomendasi mreka yang belom saya coba yaitu starpro karang tengah dan benz auto mgk
Sudah di towing ke Benz Auto Service MGK kemayoran. Kebetulan ownernya kenalan om dari istri saya, dan sering ikut touring mercedes benz.
Tadi dicek mekaniknya, motor eco nya ada problem. Katanya mau di service motor econya dlu hari ini. Semoga sih hanya problem di motor econya ya
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Tanya mercedes w204

Post by Asfur »

obbypradita wrote: Tue Apr 15, 2025 3:53 Sudah di towing ke Benz Auto Service MGK kemayoran. Kebetulan ownernya kenalan om dari istri saya, dan sering ikut touring mercedes benz.
Tadi dicek mekaniknya, motor eco nya ada problem. Katanya mau di service motor econya dlu hari ini. Semoga sih hanya problem di motor econya ya
Mantep, mobil anda sudah aman lah kalo ditangani disana.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1259
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tanya mercedes w204

Post by ctopher7 »

Asfur wrote: Tue Apr 15, 2025 1:14 Halo om ctopher7, ralat dikit om starpro itu kyknya cuman di BOS bursa otomotif sunter. Kalo review bengkel spesialis yg sudah pernah saya pake sendiri dan sy ksh POV pribadi saya yah, krn di org lain bisa saja berbeda, bengkel spesialis ibarat org sakit ke dokter, kan cocok2an ada yg cocok dgn dokter yg suka ngobrol, ada yg cocok dgn dokter yg lgs ksh resep ngk perlu ngobrol2, gitulah ibaratnya :
1. BM service di PMK, mnrt saya scr teknisi ada bbrp yg cukup oke, tp ownernya hanya sebatas boss saja jadi ngk ngerti permesinan ataupun elektrikal, dan kondisi bengkel yah jujur ngk rapih yah (silahkan di cek sendiri mnrt POV kalian saja), tp kalo soal kejujuran mnrt saya ini bengkel oke, ngk macem2, ditandai dgn ramenya konsumen loyal mereka. Rating 6-7/10
2. Starpro, kalo ini sudah pasti bagus, no komen yah, asal koceknya tebel yah masukin sini aja mobilnya, krn bengkelnya udah ampir setara bengkel resmi. Rating 10/10
3. Benz auto di MGK, ini bengkel juga udah ada pelanggan loyalisnya dan rame pula, ownernya jago elektrikal, benerin yg printil2an dan ecu rusak, doi bisa benerin. Mekaniknya oke2, harga juga ngk mahal, kalo ada part rusak enak, tinggal ke bawah beli sendiri di istana motor. Minusnya cuman 1 mnrt saya, ngk ada lift mobil, jadi kalo kerja ngolong yah udah pasti kan akan terhambat scr speednya juga. Rating 8-9/10
4. Synergie auto di MABES, ini sdh sy review di trit saya sendiri, dan saya sangat2 puas disini, the best bengkel yg under rated. Ownernya eks teknisi dealer mercy yg sdh laa lupa dipo atau nv mass. Peralatan lengkap, tmpt svc spacious banget, ada lift mobil, ngk sembarangan judge kerusakan. Ruang tunggu ber ac. Yahh so far disini mnrt saya plg the best. Rating 10/10.

Demikian info singkat review bengkel yg pernah saya coba.
my bad, ketuker eurostar dan starpro om hahaha :big_biglaugh:
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 487
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Tanya mercedes w204

Post by gadjahalphien »

Lama enggak posting di sini.

Long weekend kemarin : Jkt-Kediri-Malang-Jkt
Konsumsi sekitar 100/7.4 atau 13.5
- berangkat cenderung ngebut 120-150an
- pulang stabil 120.

Malang - Jkt : 865 km - 9 jam - 1 full tank, sampe warning low fuel nyala
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 440
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Tanya mercedes w204

Post by Jan07 »

Asfur wrote: Fri Apr 11, 2025 11:45
Jan07 wrote: Fri Apr 11, 2025 3:43 Izin nanya2 om
Untuk W204 sendiri penyakitnya apa aja ya ? setau saya ini mobil kan termasuk badak ya utk ukuran europe. Saudara rencana ambil C200 nya. Nah, kira-kira ambil yang Kompressor/CGI ya ?

Untuk kasus ECU Panggang itu hanya kena di C300 atau C200 juga ya om ? Terima kasih
Ini mobil udah cukup uzur, tp msh ganteng. Om huntingnya sabar2 jgn grasak grusuk, ntr dpt brg bosok. Bawa ke bengkel rekanan/spesialis minta di cekin apakah ada yg rusak ataupun sdh mau rusak.
Trus kalo yg udah di modif2 mendingan skip aja.
Ambil yg CGI aja om kan lbh baru teknologi mesinnya dan ktnya lbh irit.
Kalo C200 kagak ecu panggsng om, letak ecu adanya disamping mesin.
Halo om sorry baru balas, akhirnya saudara ambil X1 E84 2013 :big_slap:
Eh malah saya nih kegoda C200 CGI Avantgarde 2008-2011 kayaknya udah 100an kecil ya sekarang harganya ? cuma rada ngeri-ngeri sedep kira2 maintenance mobil ini apa aja ya yg rawan ? baca2 katanya
1. kunci vacuum
2. matic ada yg logonya hilang digas ngelos
3. camshaft
ada apalagi yaa yg harus diperhatikan di mobil ini kalau boleh tau dan biaya2nya berapa ya om estimasi ? seperti camshaft dll juga saya belum kebayang nih :big_peace: ? saya domisili di bogor. Terima kasih om
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Tanya mercedes w204

Post by Asfur »

Jan07 wrote: Sat Jul 12, 2025 15:03
Halo om sorry baru balas, akhirnya saudara ambil X1 E84 2013 :big_slap:
Eh malah saya nih kegoda C200 CGI Avantgarde 2008-2011 kayaknya udah 100an kecil ya sekarang harganya ? cuma rada ngeri-ngeri sedep kira2 maintenance mobil ini apa aja ya yg rawan ? baca2 katanya
1. kunci vacuum
2. matic ada yg logonya hilang digas ngelos
3. camshaft
ada apalagi yaa yg harus diperhatikan di mobil ini kalau boleh tau dan biaya2nya berapa ya om estimasi ? seperti camshaft dll juga saya belum kebayang nih :big_peace: ? saya domisili di bogor. Terima kasih om
Halo om, untuk C200 CGI baru ada dari 2010 keatas om, 2010 kebawah kompressor, jadi mgkn aja di 2010 msh ada kompressor scr msh peralihan, tp yah mostly unit 2010 itu CGI.
1. kunci vakum emang ada umurnya om, tp kenali gejalanya, kata bengkel kalo nyedotnya udah spt lemah itu tanda2 buat segera di repair, repair kit nya sih mestinya skrg udah banyak bengkel bisa benerin.
2. ngk ngerti deh om.
3. camshaft itu kata master farisza dia pake kyknya ngk pernah kena, trus nanya2 bengkel camshaft rusak krn suka telat ganti oli sama oli ngk sesuai spek , selebihnya yah mesti ganti kalo emang udah umur.

So far pake w204 blm pernah repair apa2 sekalin ganti shock, kalo w212 untuk repair2 apa aja, bisa liat di trit saya om, sy ada share yg udah di repair. Dan krn w204 dan w212 enginenya sama, mostly kerusakan juga mestinya mirip2.
User avatar
Schweppes
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Tue May 15, 2012 6:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Tanya mercedes w204

Post by Schweppes »

Jan07 wrote: Sat Jul 12, 2025 15:03
Asfur wrote: Fri Apr 11, 2025 11:45
Jan07 wrote: Fri Apr 11, 2025 3:43 Izin nanya2 om
Untuk W204 sendiri penyakitnya apa aja ya ? setau saya ini mobil kan termasuk badak ya utk ukuran europe. Saudara rencana ambil C200 nya. Nah, kira-kira ambil yang Kompressor/CGI ya ?

Untuk kasus ECU Panggang itu hanya kena di C300 atau C200 juga ya om ? Terima kasih
Ini mobil udah cukup uzur, tp msh ganteng. Om huntingnya sabar2 jgn grasak grusuk, ntr dpt brg bosok. Bawa ke bengkel rekanan/spesialis minta di cekin apakah ada yg rusak ataupun sdh mau rusak.
Trus kalo yg udah di modif2 mendingan skip aja.
Ambil yg CGI aja om kan lbh baru teknologi mesinnya dan ktnya lbh irit.
Kalo C200 kagak ecu panggsng om, letak ecu adanya disamping mesin.
Halo om sorry baru balas, akhirnya saudara ambil X1 E84 2013 :big_slap:
Eh malah saya nih kegoda C200 CGI Avantgarde 2008-2011 kayaknya udah 100an kecil ya sekarang harganya ? cuma rada ngeri-ngeri sedep kira2 maintenance mobil ini apa aja ya yg rawan ? baca2 katanya
1. kunci vacuum
2. matic ada yg logonya hilang digas ngelos
3. camshaft
ada apalagi yaa yg harus diperhatikan di mobil ini kalau boleh tau dan biaya2nya berapa ya om estimasi ? seperti camshaft dll juga saya belum kebayang nih :big_peace: ? saya domisili di bogor. Terima kasih om
Paling gampang liat di bagasi sih, kalau CGI ada logo CGI, kalau Kompressor tulisannya Kompressor. Nah, terus apa yg rawan, sebagai user (W204 2011) yg udah pernah mengalami, coba bantu jawab dan sharing ya:
1. Kunci Vacuum - udah pernah kena, memang gejala awalnya katanya sedotannya udah kurang, tapi karena gak bisa kira-kira, akhirnya mati beneran tuh kunci vacuum. Service di Eurostar Karang tengah, perbaikan parts biayanya 2 juta. Sampai saat ini 3 tahun sejak perbaikan masih aman. Tambahan aja, kalau di Beres 25 juta, di specialis ganti 8 juta;
2. Belum pernah ngalamin ngelos sih, jadi gak bisa jawab
3. Camshaft Adjuster udah pernah kena. Infonya buat W204 tergantung amal perbuatan om, ada yg gak kena, ada yg lama baru kena, ada yg cepet. Kalau di saya casenya setelah 80.000++ sekian baru kena. Gejala awalnya di stater agak lama baru nyala dan keluar bunyi "krieeetttt" yg agak panjang. Pas saya ganti dulu biayanya paling mahal, di atas 25 juta. Awal2 kena lgs lemes wkwkwkwk, tapi di tahun 2019 rata2 estimasi harga perbaikan segitu. Kalau skrg sih camshaft adjusternya ada yg made china, jadi harganya bisa berkurang sekitar 40%an lah

Nah, perihal ECU, udah pernah kena juga, awalnya kayak miss fire pas di starter, seperti mesin pincang gitu. Gara-gara apa? gak tahu, pastinya mobil sempet sekitar 3 minggu kagak pernah dipanasin. Pas dinyalain, kayak batuk2 gitu, scan, check, kena ECU. Ganti sekitar 10-13 juta, di repair bisa, 5 jutaan aja.

Demikian om, sekedar sharing aja
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 440
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: Tanya mercedes w204

Post by Jan07 »

Schweppes wrote: Mon Jul 14, 2025 4:01
Jan07 wrote: Sat Jul 12, 2025 15:03
Asfur wrote: Fri Apr 11, 2025 11:45

Ini mobil udah cukup uzur, tp msh ganteng. Om huntingnya sabar2 jgn grasak grusuk, ntr dpt brg bosok. Bawa ke bengkel rekanan/spesialis minta di cekin apakah ada yg rusak ataupun sdh mau rusak.
Trus kalo yg udah di modif2 mendingan skip aja.
Ambil yg CGI aja om kan lbh baru teknologi mesinnya dan ktnya lbh irit.
Kalo C200 kagak ecu panggsng om, letak ecu adanya disamping mesin.
Halo om sorry baru balas, akhirnya saudara ambil X1 E84 2013 :big_slap:
Eh malah saya nih kegoda C200 CGI Avantgarde 2008-2011 kayaknya udah 100an kecil ya sekarang harganya ? cuma rada ngeri-ngeri sedep kira2 maintenance mobil ini apa aja ya yg rawan ? baca2 katanya
1. kunci vacuum
2. matic ada yg logonya hilang digas ngelos
3. camshaft
ada apalagi yaa yg harus diperhatikan di mobil ini kalau boleh tau dan biaya2nya berapa ya om estimasi ? seperti camshaft dll juga saya belum kebayang nih :big_peace: ? saya domisili di bogor. Terima kasih om
Paling gampang liat di bagasi sih, kalau CGI ada logo CGI, kalau Kompressor tulisannya Kompressor. Nah, terus apa yg rawan, sebagai user (W204 2011) yg udah pernah mengalami, coba bantu jawab dan sharing ya:
1. Kunci Vacuum - udah pernah kena, memang gejala awalnya katanya sedotannya udah kurang, tapi karena gak bisa kira-kira, akhirnya mati beneran tuh kunci vacuum. Service di Eurostar Karang tengah, perbaikan parts biayanya 2 juta. Sampai saat ini 3 tahun sejak perbaikan masih aman. Tambahan aja, kalau di Beres 25 juta, di specialis ganti 8 juta;
2. Belum pernah ngalamin ngelos sih, jadi gak bisa jawab
3. Camshaft Adjuster udah pernah kena. Infonya buat W204 tergantung amal perbuatan om, ada yg gak kena, ada yg lama baru kena, ada yg cepet. Kalau di saya casenya setelah 80.000++ sekian baru kena. Gejala awalnya di stater agak lama baru nyala dan keluar bunyi "krieeetttt" yg agak panjang. Pas saya ganti dulu biayanya paling mahal, di atas 25 juta. Awal2 kena lgs lemes wkwkwkwk, tapi di tahun 2019 rata2 estimasi harga perbaikan segitu. Kalau skrg sih camshaft adjusternya ada yg made china, jadi harganya bisa berkurang sekitar 40%an lah

Nah, perihal ECU, udah pernah kena juga, awalnya kayak miss fire pas di starter, seperti mesin pincang gitu. Gara-gara apa? gak tahu, pastinya mobil sempet sekitar 3 minggu kagak pernah dipanasin. Pas dinyalain, kayak batuk2 gitu, scan, check, kena ECU. Ganti sekitar 10-13 juta, di repair bisa, 5 jutaan aja.

Demikian om, sekedar sharing aja
Naaah point 3 dan 4 ini sangat mengerikan ya om kalo kena :big_cry:
Saya paling was-was kena 2 itu deh semoga kalau memang jodoh pelan2 nih nyari yg kondisi oke sambil lihat2 kandidat lain :big_grin:
Soalnya jujur di marketplace kondisinya pada hancyurr entahlah head unit pake android china dll, sekalinya yang cakep harganya :big_slap:

Btw, thank you ya om super lengkap ini reviewnya