HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, artoodetoo

Post Reply
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1357
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by josomba »

liemivan86 wrote:
21 Dec 2017, 13:38
Tulisan LED Philips itu maksud nya LED nya dibuat oleh Philips, tapi lampu nya di desain oleh pabrik an China.

Kalo pengalaman saya dulu, diturunkan memang agak berkurang silau nya, tapi ya tetap saja masih silau. Akhirnya lepas, jadi in ganjal pintu, ganti dop halogen biasa.
Betul pak cuman LED chipnya aja yg si philips, merk utamanya C7 atau apa gitu, boxnya sih boleh keren - tapi kualitas tetep aja.....abal. Memang perkataan om liem di page2 sebelum benar, reflector halogen standar pasti tetep ga oke untuk LED. hahaha.
Image

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by RVR »

gerobak nippon wrote:
12 Dec 2017, 20:42
liemivan86 wrote:
12 Dec 2017, 11:12
gerobak nippon wrote:Baru minggu lalu ane beli LED Bulb Cree XHP70 socket HB3 utk Hi-beam dan Philips Zes utk Headlamp (projie), di pasang di ayla bini ane..
Lumayan fokus kok..
Ini kan di projector om. Yang ditanyakan sebelumnya kan di reflector H4.
Utk XHP70 saya pasang di Hi-Beam (Dim) om, kan bukan projie itu..
Dan itu cukup fokus kok..
PRBS wrote:
12 Dec 2017, 11:28
Kalo di projector pasti fokus pak
Betul om..
Mungkin pengaruh panjang bulb (jarak titik nyala ke soket) akan mempengaruhi fokus tidaknya cahaya..
Pengalaman waktu pasang HID di jazz itu sinarnya kemana2 bikin silau dan gak fokus, itu karena bulb HID panjang dan titik nyala bulb jauuh kedepan dibanding ukuran bulb standar..
Dan utk bulb LED "tertentu" hanya ada 1 atau 2 chip LED, dan ukuran jarak titik nyala ke socket sama dgn ukuran titik nyala bulb pijar standard..
Berbeda dgn bulb LED murah yg banyak chip LED bertaburan di sekelilingnya, fokus enggak.. glare kemana2..

Intinya, jarak titik nyala ke socket / reflektor akan mempengaruhi fokus tidaknya cahaya lampu..
Pakai analogi lampu senter / sentolop lah om.. yg bisa diputer2 utk fokus atau nyebar cahaya.. :big_peace:
Itu hanya analisa saya sih.. maaf kalo salah..

RVR wrote:
12 Dec 2017, 12:10
apalagi kalo 22nya pake xhp70
hahahaa.. jangan lah om, XHP70 itu lampu "jahat", secara terangnya naudzubilah..
Kasian pengguna jalan dari arah depan jika saya pasang di headlamp utama..

Saya pasang lampu ini karena yg pake boil wanita, setidaknya biar disegani kendaraan lain..
Kalo di dim oleh kendaraan lain biar bisa balas nge-dim... :big_grin:

Nanti kapan kalo ada waktu saya foto deh..
ga usah difoto om, sy udah pake juga sejak lama, di hi beam juga, memang mengagetkan kalo ngedim, cuma fokusnya kalah sama P9 sih
xhp70 dari nyalanya begitu cocok buat offroad, pernah pake yg 4300K tapi malah ga senendang yg 6000K, mungkin kalo ada 5000K baru pas

RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by RVR »

josomba wrote:
21 Dec 2017, 10:51
Karena rasa penasaran yang tinggi, nyobain beli Led Philips (Bukan philips ultinon) H4 sejuta sudah ada shieldnya di LED, heatsink pasif alias kek gurita.

Sebelum pasang kasi selotip kertas di tembok (cuman jarak parkir 2 meter dari tembok sih), buat kasi tanda cutoff halogen PIAA Arrow Star yang sekarang dipake. Singkat cerita LED terpasang, nyalain.......dan kecewa.

Tembakan fokus sinar mungkin sampe 3-5 cm di atas selotip. Yang saya cukup yakini pasti menyilaukan pengendara lain. Oke sekarang baru 100% meyakini LED belum cocok di reflektor halogen standar...ya mau coba dulu sih turunin arah rumah headlights-nya.
boleh tau type led yg mana om, beberapa kali saya pake yg chip led Philip ga perlu adjust ketinggian headlam, karena ga berubah, alias kualitas finishingnya jempolan

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1357
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by josomba »

RVR wrote:
22 Dec 2017, 08:37
josomba wrote:
21 Dec 2017, 10:51
Karena rasa penasaran yang tinggi, nyobain beli Led Philips (Bukan philips ultinon) H4 sejuta sudah ada shieldnya di LED, heatsink pasif alias kek gurita.

Sebelum pasang kasi selotip kertas di tembok (cuman jarak parkir 2 meter dari tembok sih), buat kasi tanda cutoff halogen PIAA Arrow Star yang sekarang dipake. Singkat cerita LED terpasang, nyalain.......dan kecewa.

Tembakan fokus sinar mungkin sampe 3-5 cm di atas selotip. Yang saya cukup yakini pasti menyilaukan pengendara lain. Oke sekarang baru 100% meyakini LED belum cocok di reflektor halogen standar...ya mau coba dulu sih turunin arah rumah headlights-nya.
boleh tau type led yg mana om, beberapa kali saya pake yg chip led Philip ga perlu adjust ketinggian headlam, karena ga berubah, alias kualitas finishingnya jempolan
Tipe H4, merknya C7 atau apa gitu ya.
Image

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2614
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kunaskun »

josomba wrote:
22 Dec 2017, 09:48

Tipe H4, merknya C7 atau apa gitu ya.
produk kaya gini si macem: lampu neon by philips, tapi starter by sinar terang... :mky_01: led chip by philps, tapi assembly n driver by some unknown china manufacturer... :mky_01: ya biasaya si emang murmer si dan biar biasa jualan ya pake led chip by philips karena emang ga banyak yang bikin led chip di dunia ini.

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1357
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by josomba »

Karena percobaan yang lalu gagal pake buatan abal2 C4, ditambah dengan rasa penasaran akhirnya saya coba beli lagi LED H4 buatan lokal Autovision tapi pake chip LED Philips Luxeon ZES.

Kira2 berikut penampakannya. (pada foto terpampang juga angka shutter dan iso, biar constant)

Image

Image

Yang kuning tentu saja halogen lama (Osram NBR Laser). Cukup rapi cutoff tapi saya harus turunin sedikit sudut tembak dari batok. Kalau gak, offside sedikit dari garis yang saya tandai (tidak terlihat). Sepertinya cukup OK merk ini.
Image

rudsteel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 28 Aug 2016, 12:13
Location: Jakarta

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by rudsteel »

kunaskun wrote:
13 Dec 2017, 16:20

jangan dibandingkan dengan halogen, beda banget, langit dan bumi hasilnya. kalau berat di 2,4 juta dan puas dengan nbr, ya ngapain ganti? :mky_01:

saya si pake dan puas banget. duit 2,4 juta jadi berasa murah karena jauh lebih aman karena jauh lebih terang, ga ada glare dsb.

Philips extreme ultinon h4 led nya pasang dimobil apa pak? Rencana mau pasang di GE8. Itu plug and play kan?

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2614
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kunaskun »

rudsteel wrote:
19 Jan 2018, 15:22

Philips extreme ultinon h4 led nya pasang dimobil apa pak? Rencana mau pasang di GE8. Itu plug and play kan?
march 2012. yap plug n play seperti umumnya merek dunia.

User avatar
fahrizaalifa9
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 16 Feb 2016, 07:33

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by fahrizaalifa9 »

josomba wrote:
19 Jan 2018, 14:01
Karena percobaan yang lalu gagal pake buatan abal2 C4, ditambah dengan rasa penasaran akhirnya saya coba beli lagi LED H4 buatan lokal Autovision tapi pake chip LED Philips Luxeon ZES.

Kira2 berikut penampakannya. (pada foto terpampang juga angka shutter dan iso, biar constant)

Image

Image

Yang kuning tentu saja halogen lama (Osram NBR Laser). Cukup rapi cutoff tapi saya harus turunin sedikit sudut tembak dari batok. Kalau gak, offside sedikit dari garis yang saya tandai (tidak terlihat). Sepertinya cukup OK merk ini.
Yap, sekarang LED sudah semakin bagus untuk ciptain cutoff, karena yang saya lihat sekarang2, LED yang bisa ngehasilin cutoff yg mirip sama halogen yaitu lampu LED yang chipnya ga terlalu lebar yang artinya chipnya berukuran hapir sama dengan ukuran filamen halogen dan posisi terhadap reflektornya sama.

Sekarang di toko online udah banyak beredar dan harganya lumayan cukup terjangkau yang menggunakan chip model begini.

chip yang dimaksud yaitu chip model CSP atau ZES. tapi buat intensitasnya CSP masih kalah terang sama ZES dan harganya juga memang sedikit lebih mahal ZES.
dan rata2 yang pake chip ini udah pake passive heat sink (bukan yang kaya gurita) dan driver led nya sudah intergrated di dalem unit LED nya..

Sy lagi pesen yang chip ZES mungkin kalau ada kesempatan bakal saya tulis reviewnya disini.

Salam.

sandie_m
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 03 Jul 2006, 18:31
Location: Bandar Lampung

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by sandie_m »

Worthed ngga ya om kalo hid bi xenon ganti ke led bi led...?
Kalo worthed, lebih prefer yang mana buat headlamp berprojector dual beam, xhp70 atau p9...?

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2614
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kunaskun »

sandie_m wrote:
06 Jul 2018, 07:22
Worthed ngga ya om kalo hid bi xenon ganti ke led bi led...?
Kalo worthed, lebih prefer yang mana buat headlamp berprojector dual beam, xhp70 atau p9...?
menurut saya ngga, HID yang non eco itu output lumens bisa 3000 lux, LED? 1500 lumens saja, karena panas = tidak efisien dan tidak reliabel. kecuali untuk high beam mungkin lebih nyaman LED/Halogen karena HID kan butuh waktu untuk nyala maksimal = non instant. kalau yang biasa pake proper HID OEM yang bagus dan beres biasanya si ketawa lihat ouput LED biarpun itu sekelas Philips Extreme Ultinon, karena tetep kalah terang dan "padat" dari HID. kok bisa? ya itu karena nilai lux-nya tinggi.

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1169
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by lemonadelovers »

Klo lampu HID D2S ganti ke LED pakai LED yg soket apa ya? Supaya langsung PNP apa asa led D2S?

Saya lg pake LED PIAA di foglamp, terang banget mau cari buat gantiin headlamp D2S

sandie_m
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 03 Jul 2006, 18:31
Location: Bandar Lampung

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by sandie_m »

kunaskun wrote:
06 Jul 2018, 17:30
sandie_m wrote:
06 Jul 2018, 07:22
Worthed ngga ya om kalo hid bi xenon ganti ke led bi led...?
Kalo worthed, lebih prefer yang mana buat headlamp berprojector dual beam, xhp70 atau p9...?
menurut saya ngga, HID yang non eco itu output lumens bisa 3000 lux, LED? 1500 lumens saja, karena panas = tidak efisien dan tidak reliabel. kecuali untuk high beam mungkin lebih nyaman LED/Halogen karena HID kan butuh waktu untuk nyala maksimal = non instant. kalau yang biasa pake proper HID OEM yang bagus dan beres biasanya si ketawa lihat ouput LED biarpun itu sekelas Philips Extreme Ultinon, karena tetep kalah terang dan "padat" dari HID. kok bisa? ya itu karena nilai lux-nya tinggi.
Ada rekomendasi merk hid yg bagus bukan abal2 om...?

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2614
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kunaskun »

sandie_m wrote:
08 Jul 2018, 08:14
Ada rekomendasi merk hid yg bagus bukan abal2 om...?
bawaan mobil, biasanya itu paling beres. karena banyak palsunya.

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1357
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by josomba »

sandie_m wrote:
08 Jul 2018, 08:14
Ada rekomendasi merk hid yg bagus bukan abal2 om...?
HID kan ya? Autovision oke kok tuh om, harganya termasuk murah. Kalau mau ke toko fisiknya sih pusatnya di Bandung, cabang lainnya di Green Lake city yg masuk ke areanya via tol jakarta-tangerang.
Image

erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1592
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by erwinign »

sandie_m wrote:
08 Jul 2018, 08:14
kunaskun wrote:
06 Jul 2018, 17:30
sandie_m wrote:
06 Jul 2018, 07:22
Worthed ngga ya om kalo hid bi xenon ganti ke led bi led...?
Kalo worthed, lebih prefer yang mana buat headlamp berprojector dual beam, xhp70 atau p9...?
menurut saya ngga, HID yang non eco itu output lumens bisa 3000 lux, LED? 1500 lumens saja, karena panas = tidak efisien dan tidak reliabel. kecuali untuk high beam mungkin lebih nyaman LED/Halogen karena HID kan butuh waktu untuk nyala maksimal = non instant. kalau yang biasa pake proper HID OEM yang bagus dan beres biasanya si ketawa lihat ouput LED biarpun itu sekelas Philips Extreme Ultinon, karena tetep kalah terang dan "padat" dari HID. kok bisa? ya itu karena nilai lux-nya tinggi.
Ada rekomendasi merk hid yg bagus bukan abal2 om...?
Philips om
Don't Judge The Book By It's Cover

Kenshiro7
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 18 Jul 2014, 23:12

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Kenshiro7 »

Pengen nyoba P9 LED H4, kira2sorotan cahayanya (throw) nya lebih lebar dan lebih jauh dari halogen standard gak?

Cut off nya sama rapinya dgn yg pake Philips Lumileds ZES gak?

Skrg sih pake OEM Philips Lumileds ZES 25w 4000 lumen/pc, tp ada 1 baris LED low beam nya yg sudah redup.

Pemakaian selama 1.5 tahun lebih di All New Avanza E 2013 dan cukup puas.

Mau coba P9 LED H4, Secara msh jarang yg review.
Pengen dpt masukan dr rekan2 yg sudah pake P9 LED H4.

Terima kasih.

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by osbertc0ol »

Kenshiro7 wrote:
12 Aug 2018, 11:27
Pengen nyoba P9 LED H4, kira2sorotan cahayanya (throw) nya lebih lebar dan lebih jauh dari halogen standard gak?

Cut off nya sama rapinya dgn yg pake Philips Lumileds ZES gak?

Skrg sih pake OEM Philips Lumileds ZES 25w 4000 lumen/pc, tp ada 1 baris LED low beam nya yg sudah redup.

Pemakaian selama 1.5 tahun lebih di All New Avanza E 2013 dan cukup puas.

Mau coba P9 LED H4, Secara msh jarang yg review.
Pengen dpt masukan dr rekan2 yg sudah pake P9 LED H4.

Terima kasih.
Sundul ah.

Sy juga lagi liat2 LED P9 nih. yang pake chip ZES lebih murah yah dibanding P9?

Kenshiro7
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 18 Jul 2014, 23:12

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Kenshiro7 »

osbertc0ol wrote:
16 Aug 2018, 16:44

Sundul ah.

Sy juga lagi liat2 LED P9 nih. yang pake chip ZES lebih murah yah dibanding P9?

Skrg ane malah dpt pencerahan dr forum sebelah, mending cari H4 yg pake LED Cree XHP50 di Hi Lo nya.

Ane uda order dr alixpress, harganya murah Kisaran 400 ribuan.
https://m.aliexpress.com/item/328432930 ... 2843293049&

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by osbertc0ol »

Kenshiro7 wrote:
17 Aug 2018, 10:21
osbertc0ol wrote:
16 Aug 2018, 16:44

Sundul ah.

Sy juga lagi liat2 LED P9 nih. yang pake chip ZES lebih murah yah dibanding P9?

Skrg ane malah dpt pencerahan dr forum sebelah, mending cari H4 yg pake LED Cree XHP50 di Hi Lo nya.

Ane uda order dr alixpress, harganya murah Kisaran 400 ribuan.
https://m.aliexpress.com/item/328432930 ... 2843293049&
Hahah sama bro gw jg liat di sbelah saranin itu. nanti kalo ud dipasang report yah hasilnya.

pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 623
Joined: 19 Apr 2016, 12:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by pernahmiskin »

Izin tanya...
Rush baru/yg lampu kek vario
Bisa di ganti led'nya nggak, biar lebih terang..

Sebab kalau buat malem lampunya bias, ga fokus.


Jauh di banding lampu fortie ane, apa gara2 ga ada projie ya?

Dr lawan arah cuma menang silau, tp dr dlm mobil ampas sinarnya...

Cari2 di toko offline pada ga bisa...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:

piggypig77
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: 11 Feb 2014, 20:33

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by piggypig77 »

pernahmiskin wrote:
19 Aug 2018, 00:42
Izin tanya...
Rush baru/yg lampu kek vario
Bisa di ganti led'nya nggak, biar lebih terang..

Sebab kalau buat malem lampunya bias, ga fokus.


Jauh di banding lampu fortie ane, apa gara2 ga ada projie ya?

Dr lawan arah cuma menang silau, tp dr dlm mobil ampas sinarnya...

Cari2 di toko offline pada ga bisa...
Ada kok om bengkel yg bisa upgrade LED, malah banyak LED OEM mobil copotan sama mereka di gedein watt nya terus pasang di motor wkwkwk Domisili om dimana?

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1357
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by josomba »

pernahmiskin wrote:
19 Aug 2018, 00:42
Izin tanya...
Rush baru/yg lampu kek vario
Bisa di ganti led'nya nggak, biar lebih terang..

Sebab kalau buat malem lampunya bias, ga fokus.


Jauh di banding lampu fortie ane, apa gara2 ga ada projie ya?

Dr lawan arah cuma menang silau, tp dr dlm mobil ampas sinarnya...

Cari2 di toko offline pada ga bisa...
Rasanya ganti lebih terang tetap cuman jadi blob (gumpalan cahaya yg seperti diffused/tidak fokus) yang lebih terang saja tapi tidak "tebal" atau fokus. Kalau sepintas liat model lampu anr-t itu satu headlamp dibagi 3-4 ruang kecil dengan masing2 ruang reflektor dikasi 1 chip led. Yg jd masalah karena pake reflektor ini om menurut saya.

Yg memungkinkan sih retrofit palingan, tp entah deh model headlamp sipit gitu bisa retrofit pake projie atau gak.

Fortie terang (dalam artian fokus dan tebal) karena ya projector (dugaan om pernahmiskin benar).
Image

bsetiawan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

josomba wrote:
19 Aug 2018, 09:01
pernahmiskin wrote:
19 Aug 2018, 00:42
Izin tanya...
Rush baru/yg lampu kek vario
Bisa di ganti led'nya nggak, biar lebih terang..

Sebab kalau buat malem lampunya bias, ga fokus.


Jauh di banding lampu fortie ane, apa gara2 ga ada projie ya?

Dr lawan arah cuma menang silau, tp dr dlm mobil ampas sinarnya...

Cari2 di toko offline pada ga bisa...
Rasanya ganti lebih terang tetap cuman jadi blob (gumpalan cahaya yg seperti diffused/tidak fokus) yang lebih terang saja tapi tidak "tebal" atau fokus. Kalau sepintas liat model lampu anr-t itu satu headlamp dibagi 3-4 ruang kecil dengan masing2 ruang reflektor dikasi 1 chip led. Yg jd masalah karena pake reflektor ini om menurut saya.

Yg memungkinkan sih retrofit palingan, tp entah deh model headlamp sipit gitu bisa retrofit pake projie atau gak.

Fortie terang (dalam artian fokus dan tebal) karena ya projector (dugaan om pernahmiskin benar).
Coba foglampnya yg diretro dgn projie. Jdi fungsinya dibalik; headlamp untuk foreground dan foglamp untuk low beam. :big_exellent:

bsetiawan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: 01 Aug 2016, 22:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

osbertc0ol wrote:
18 Aug 2018, 00:28
Kenshiro7 wrote:
17 Aug 2018, 10:21
osbertc0ol wrote:
16 Aug 2018, 16:44

Sundul ah.

Sy juga lagi liat2 LED P9 nih. yang pake chip ZES lebih murah yah dibanding P9?

Skrg ane malah dpt pencerahan dr forum sebelah, mending cari H4 yg pake LED Cree XHP50 di Hi Lo nya.

Ane uda order dr alixpress, harganya murah Kisaran 400 ribuan.
https://m.aliexpress.com/item/328432930 ... 2843293049&
Hahah sama bro gw jg liat di sbelah saranin itu. nanti kalo ud dipasang report yah hasilnya.
Dari pengalaman pribadi, high beamnya P9 jauhh lbh nampol. Sorotan cahaya chip Cree nyebar/pecah untuk high beam.

Post Reply