voltase tidak stabil

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
oyinsky
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 11 Aug 2015, 15:00

voltase tidak stabil

Post by oyinsky »

malam om om master SM.
saya numpang tanya mengenai mobil saya bertipe kijang kapsul solar 2001..
kondisi : ketot baru,aki baru dan lampu utama gnti yg 100W

permasalahan saya ialah :ketika malam hari dengan full beban AC,TAPE dan lampu,terkadang ketika kompresor Ac sedang muter otomatis putaran mesin naik,nah ketika muter lampu dan kipas AC terang..tpi ketika kompresor AC mati (putaran mesin menurun) lampu dan kipas ac meredup..maksud saya di kasus ini ada ketidak stabilan arus listrik nya om ketika putaran mesin naik dan idle..padahal ketot baru dan aki baru 55Am..
saya cek ketika idle tanpa beban volt nya 14.2..sedangkan full beban tanpa gas dapat nya 12.8..pas full beban di RPM 2000an ada di 13.5 volt ..

atau ada masalah di kijang diesel saya kah ?karna sebelum nya tidak pernah begini (wkt itu aki yg NS70)..
atau ada alat stabilizer aki supaya tidak drop..

itu aja om pertanyaan saya,maap agak kacau dan belepotan..
salam 1 aspal
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: voltase tidak stabil

Post by marmut »

umumnya alternator yang masih konvensional atau cut-out luar ya seperti ini. kalau mau lebih joss boleh ganti alternator yang IC regulatornya sudah internal.
coba diperhatikan semua sambungan kabel, mulai dari :

1. kepala aki
2. terminal kabel aki yang nempel langsung ke aki dan ke tujuan (dinamo starter dan body)
3. kabel-kabel negatif
4. soket sambungan

soket / sambungan yang kendor atau kurang kuat bisa jadi penyebab.

semoga membantu.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: voltase tidak stabil

Post by lemonadelovers »

Cek / tambah kabel massa/ground
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
erwin95
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 08 Feb 2017, 08:47

Re: voltase tidak stabil

Post by erwin95 »

Selama aki enggak tekor sebenarnya gak masalah. Tapi ya gak enak aja dilihatnya. Pasti kalau ngidupin sein lampu juga ikut kedip. Coba lampu depan pasang relay, trus tambahin groundnya, narik kabel langsung dari (-) lampu ke (-) aki. Lampu belakang juga gitu, (-) narik kabel lagi langsung ke aki. Blower AC dan tape juga ditambah kabel groundnya.

Dulu carry saya juga gitu, didiemin aja gak masalah, bahkan aki kuat sampai 4 tahun. Hahaha
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: voltase tidak stabil

Post by Jagonyaaki »

Cb bantu y om...

Yg pertama aki std kijang kapsul diesel itu tipe NS 70 12v 65 ah, bukan aki 55 ah. Tp ini ngg ad pengaruhnya ama kasusnya om ts, lbh k staternya yg bakal cpt berat..

Yg k 2, bs coba pasang kabel tambahan dr terminal "B" d alternator langsung d by pass ke positif aki. Ingat harus k positif aki jng negatif.
Ini biasanya sy pakai utk mengakali kabel terminal "B" yg udah kemakan umur. Jd ibarat pipa air yg sudah lama, makin lama dalemnya sudah kotor. Begitu ad beban puncak arus yg mengalir udah ngg 100% lg. Alias nilai resistan kabelnya sudah besar. Kl d ganti aga rumit + mahal. Tp syaratnya kabel yg d pakai harus berserabut yg bagus. Biar gampang bs pakai kabel yg biasa d pakai utk kabel stroom power amplifier ukuran 8 awg. Kl sy pribadi suka pakai kebel merk sinar ukuran av 3-5.
Cara ini bs d pakai dg syarat alternator & cut out dlm kondisi normal. Tp kl d liat dr cerita om ts, seperti alternator & cut out mobil om ts dlm kondisi bagus...

Cmiiw
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post