Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by v4ldi5 »

Gak pake tanda2 malem habis dipake trus pagi pencet tombol unlock ga ada reaksi.
luputgc
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Mon Jul 06, 2015 5:33

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by luputgc »

^^
Lio itu pake aki basah atau kering ya Om STD nya?

pernah tret tret juga, bahkan distarter cm ctek ctek..(kebetulan mobil saya Honda 1991 yang membahagiakan).

AFAIK, cek klem aki di masing2 kutub.

lalu klo lampu utama nyala dan klakson di pencet suara tetap normal, saya curiga ke dinamo starter yang udh saat nya diperbaiki (baca : ganti).

kalau di start lalu lampu redup semua, aki tekor karena dinamo ampere ga ngisi sempurna berarti..

setau saya, kedua dinamo itu jangan diguyur air / dicuci siram, bisa ada yg short.

nah, klo manggil tukang aki, minta mereka bawa multimeter, buat nunjukkin bahwa memang aki sudah tidak sempurna lagi.

kadang penyakitnya bukan aki sih.

umur aki 1 th 5 bulan haruse masih sehat.

skrg ini, mekanik saya pasang kabel dari dinamo ampere ke positif aki.

CMIIW dulu ah..
cheers
User avatar
ANSdream
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by ANSdream »

luputgc wrote:^^
Lio itu pake aki basah atau kering ya Om STD nya?

pernah tret tret juga, bahkan distarter cm ctek ctek..(kebetulan mobil saya Honda 1991 yang membahagiakan).

AFAIK, cek klem aki di masing2 kutub.

lalu klo lampu utama nyala dan klakson di pencet suara tetap normal, saya curiga ke dinamo starter yang udh saat nya diperbaiki (baca : ganti).

kalau di start lalu lampu redup semua, aki tekor karena dinamo ampere ga ngisi sempurna berarti..

setau saya, kedua dinamo itu jangan diguyur air / dicuci siram, bisa ada yg short.

nah, klo manggil tukang aki, minta mereka bawa multimeter, buat nunjukkin bahwa memang aki sudah tidak sempurna lagi.

kadang penyakitnya bukan aki sih.

umur aki 1 th 5 bulan haruse masih sehat.

skrg ini, mekanik saya pasang kabel dari dinamo ampere ke positif aki.

CMIIW dulu ah..
Aki basah bebas perawatan Om
Gimana ya, aku lihat akinya ada cairan juga tapi info mekanik akinya memang bebas perawatan gitu :big_childish:
Wah, jadi Om curiga aku kena tipu?
hahaha
Ndak siy, kemarin diukur memang udah drop tegangan aki yang lama :big_dunno:
Tapi lupa 11 ato 12 brapa kemarin tegangannya
:mky_01:
:mky_08:

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by tebeer »

mangujo wrote:Duh mobil tempur saya dr oktober 2014 yg dipake terus tiap hari (udh jalan sekitar 28000km) belum ada tanda2 aki mau mati, jd ngeri juga kalo gak ada gejala tapi tau2 mati... Udh mau 2 taun...
yang menakutkan emang yang begini ini
kalo lagi posisi parkir masih mendinglah
lha kalo seperti cerita komen diatas, pas lagi di trafficlight apa ndak super panic
ANSdream wrote:Boil Lio ku ga ada tanda2..
Pas parkir beli something di toko ruko depan kompleks gitu parkir seperti biasa normal
Pas mau nyalain lg lgsg ga mau nyala
Cuman treett treett gt ga mau ngangkat starternya
Klakson sein dinyalain msh normal
Coba diemin 10 menit n coba lagi ga bisa jg
Ya udah panggil penjual aki dech
Untungnya dia standby 24 jam u pasang aki mobil yey
Umurnya pas setaun masa pakai
Tapi dari NIK mobil siy setaun lebih 4-5 bulan gitu
Normal gak ya?
kayaknya nentuin standar normal enggak nya susah sih
untuk unit yang sama persis aja bisa beda2 kok umurnya
jadi kayak untung2an ini barang
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by Mozawa »

Mobil ane matic cvt....setahun lebih 2 bulan aki soak...

sebenarnya gak ada beda ciri aki soak pd matic dan manual.

cara termudah yaitu putaran starter yg nggak sekeras biasanya.....terutama di pagi hari. Karena saat dipakai berjalan , alternator akan nhecharge aki , sehingga saat distarter akan seperti normal.

untuk aki yg akan soak , efek penyimpanan listrknya gak lama...makanya saat mobil udah tjdur seharian semalam, distarter agak lemah.

untuk ngecek aki bagus atau nggak bukan hanya dilihat voltase yg 12, sekian volt saja....

tapi juga dilihat kemampuannya dia kalau diberi beban.
ada aki yg voltasenya 12 volt lebih. Tpi dia gk kuat starter, karena saat di berj beban voltase langsung ngedrop.. aki yg bagus , saat di beri beban misal starter , voltasenya gak drop.

ada kok alat utk ngukur...aki...bukan sekedar avo atau voltmeter.

bisa juga dilihat berapa berat jenis cairat elektrolit aki.

untuk innova yg akinya langsung mati, ane pikir itu special case.. sama seperti aki avanza ane yang gembung sehingga langsung mati....itu special case...biasanya ada tanda2 turun perform.

sebenarnya aki paling utama dan berat adalah utk starter awal...saat engine jalan , alternator membantu kerja aki. Jadi kalau mobil udah bisa jalan , pakai aki soakpun juga gak masalah.asal alternatornya bagus.

gak ada aturan aki usianya 1 atau 1,5 tahun...tergntung mobil2 masing2 bisa beda karena beda alternator dan beban2 lain.

Juga tergantung pemakaian...seperti ane suka nyetel cd saat mesin mati.,otomatis usia aki juga turun.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by tebeer »

luputgc wrote:^^
Lio itu pake aki basah atau kering ya Om STD nya?

pernah tret tret juga, bahkan distarter cm ctek ctek..(kebetulan mobil saya Honda 1991 yang membahagiakan).

AFAIK, cek klem aki di masing2 kutub.

lalu klo lampu utama nyala dan klakson di pencet suara tetap normal, saya curiga ke dinamo starter yang udh saat nya diperbaiki (baca : ganti).

kalau di start lalu lampu redup semua, aki tekor karena dinamo ampere ga ngisi sempurna berarti..

setau saya, kedua dinamo itu jangan diguyur air / dicuci siram, bisa ada yg short.

nah, klo manggil tukang aki, minta mereka bawa multimeter, buat nunjukkin bahwa memang aki sudah tidak sempurna lagi.

kadang penyakitnya bukan aki sih.

umur aki 1 th 5 bulan haruse masih sehat.

skrg ini, mekanik saya pasang kabel dari dinamo ampere ke positif aki.

CMIIW dulu ah..
pernah mbaca juga,
ada yang nyiapin kabel jumper dari positifnya dinamo starter
jadi kalo gagal start coba dijumper langsung dari dinamo starter ke aki
ini tentu dengan catatan akinya juga sehat sih
lebih untuk mastiin kondisi dinamo starternya kayaknya
polarbear
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sun Sep 01, 2013 13:49

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by polarbear »

Gejala aki yg mau mati di beberapa mobil yg saya pernah pake:
- Untuk aki kering atau MF yang berdaya CCA (crank cold amp, kalo nggak salah), nggak ada gejalanya tahu2 mati waktu paginya mau dipake
- Untuk aki biasa atau hybrid, umumnya ada gejala lampu redup, starter berat/lama

Umur aki
- Lebih tergantung dari milage penggunaan mobil daripada umur dari belinya
- Frekuensi pemakai jarak pendek lebih cepat membuat aki berumur pendek daripada pemakaian antar kota misalnya
- Temperatur ruang mesin yang panas membuat umur aki pendek juga daripada aki yang di kompartement khusus di ruang mesin apalahi akinya ada di bagasi. Panas disini biasanya tergantung iklim, layout mesin (livina, jazz, mobilio layoutnya kurang menguntungkan buat aki), kemacetan yg panas juga berkontribusi terhadap umur aki
- Bahan kutub aki yg mengandung silver, jauuh lebih awet walaupun harga akinya juga jauh lebih mahal
cengki308
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
Location: Bogor

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by cengki308 »

Dinamo stater terdengar lebih lemah dari biasanya, lebih baik cek pakai alat yg ada di toko aki seperti snd secara berkala, kalo ngecek doang kan gratis
luputgc
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Mon Jul 06, 2015 5:33

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by luputgc »

Mozawa wrote: ada kok alat utk ngukur...aki...bukan sekedar avo atau voltmeter.

bisa juga dilihat berapa berat jenis cairat elektrolit aki.
nah, ane punya nih beginian..

beli 40rb..modelnya kayak pipet dan ada indikator warna, merah, kuning dan hijau..
cheers
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by fenrir »

kalo untuk aki gini ada production datenya & expirenya gak ya (beli baru)? ban mobil aja bisa expired, apalagi aki yg notabene adalah baterai besar.
User avatar
321go
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sat Jan 10, 2015 13:52

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by 321go »

mangujo wrote:Duh mobil tempur saya dr oktober 2014 yg dipake terus tiap hari (udh jalan sekitar 28000km) belum ada tanda2 aki mau mati, jd ngeri juga kalo gak ada gejala tapi tau2 mati... Udh mau 2 taun...
Kalo kata tukang aki, lebih dari 1,5th di anggap bonus. Jadi kalo gak mau ngalamin tiba2 mobil gak idup karena aki soak, ya mending di ganti aja om pas ultah ke 2
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by FMEAKD »

Dead.. Dead aki mati pas umur 2 tahuun
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by HouseOfDetailing »

Lampu kabin redup sekale... :mky_04:
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by pitbull »

itu powerbank yang bisa buat jumper aki soak beneren efektif gak ya?
ntar yang soak duluan powerbanknya pula?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by nugroho bagor »

Merk Amaron ada yg bilang tahan 3 tahun, bener kagak ya
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by yudhisuwandono »

siap -siap om,,
mulai cari no telepon Sh*p n Dr*ve , anter aki ke rumah, sama uang 600 ribuan,,,
cruising
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri May 13, 2016 2:22
Location: Bekasi

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by cruising »

Kalau saya sih, iseng-iseng aja tanya harga aki di S N D pasti mekanik tawarkan cek aki. Nanti akan keluar hasil pengecekan kondisi aki kita tinggal berapa persen. Kalau mau beli langsung silakan, atau cari di toko langganan juga gpp, wong pemeriksaannya gratis (:
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by tebeer »

akhirnya dapet avometer yang dicolokin di lighter
katanya asal tegangan saat kunci kontak ON masih 12v masih aman tuh
kalo dah 11an volt ya siap2 aja .....
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by adityabp »

Pengalaman saya gonta ganti aki, dimana masing2x aki umurnya cuma 1 thn lebih sedikit :)

Utk aki kering (MF), emang gak ngasih gejala kalo dia mau mati. Yg saya ingat, pagi mau brangkat ke kantor, saya start suara starter emang pelan. Sampe kantor parkir sampe malam. Pas mo pulang, tau2x sdh gak bisa di-start :)

Ganti aki hybrid yg katanya gak perlu sering2x ngisi air demin. Maksudnya biar saya juga bisa kontrol kondisi aki dgn mata kepala sendiri. Gak kayak aki MF yg gak bisa dilihat dalemannya. Dua kali ganti aki hybrid dgn alasan yg sama : Aki soak dlm waktu 1 thn lebih sedikit dgn kondisi bodi kembung dan elektrolit mendidih kalo mobil dipake jarak jauh.

Setelah saya ingat2x, kedua aki hybrid tsb pernah level elektrolitnya sampai dibawah garis lower. Dan sejauh ingatan saya, 6 bulan pertama pakai aki hybrid memang jarang top up air demin, sesuai klaim produsen. Tapi setelah 6 bulan pemakaian jadi lebih sering top up dgn pemakaian mobil yg relatif sama. So, buat pemakai aki Hybrid jgn lupakan ritual pengecekan air aki, minimal tiap minggu kalau mobil tiap hari dipake.

Sekarang saya tetap pake aki hybrid. Sudah mau 2 thn tgl 17/8 nanti :mky_08: Pake yg amperenya kecil (35 Ah), sebelumnya pake 55 atau 60 Ah. Sengaja pake yg kecil krn pengen tau kembung atau gak gara2x overcharge. Sampai saat ini sih gak kembung :big_exellent:
Saya kontrol ketat level elektrolitnya. Turun cuma 1/4 dari garis Upper langsung top up :big_grin:
Terus terang saya penasaran, kira2x kuat gak ya ampe 3 thn. Minimal ampe akhir tahun ini dah. :mky_01:
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by tebeer »

adityabp wrote:Pengalaman saya gonta ganti aki, dimana masing2x aki umurnya cuma 1 thn lebih sedikit :)

Utk aki kering (MF), emang gak ngasih gejala kalo dia mau mati. Yg saya ingat, pagi mau brangkat ke kantor, saya start suara starter emang pelan. Sampe kantor parkir sampe malam. Pas mo pulang, tau2x sdh gak bisa di-start :)

Ganti aki hybrid yg katanya gak perlu sering2x ngisi air demin. Maksudnya biar saya juga bisa kontrol kondisi aki dgn mata kepala sendiri. Gak kayak aki MF yg gak bisa dilihat dalemannya. Dua kali ganti aki hybrid dgn alasan yg sama : Aki soak dlm waktu 1 thn lebih sedikit dgn kondisi bodi kembung dan elektrolit mendidih kalo mobil dipake jarak jauh.

Setelah saya ingat2x, kedua aki hybrid tsb pernah level elektrolitnya sampai dibawah garis lower. Dan sejauh ingatan saya, 6 bulan pertama pakai aki hybrid memang jarang top up air demin, sesuai klaim produsen. Tapi setelah 6 bulan pemakaian jadi lebih sering top up dgn pemakaian mobil yg relatif sama. So, buat pemakai aki Hybrid jgn lupakan ritual pengecekan air aki, minimal tiap minggu kalau mobil tiap hari dipake.

Sekarang saya tetap pake aki hybrid. Sudah mau 2 thn tgl 17/8 nanti :mky_08: Pake yg amperenya kecil (35 Ah), sebelumnya pake 55 atau 60 Ah. Sengaja pake yg kecil krn pengen tau kembung atau gak gara2x overcharge. Sampai saat ini sih gak kembung :big_exellent:
Saya kontrol ketat level elektrolitnya. Turun cuma 1/4 dari garis Upper langsung top up :big_grin:
Terus terang saya penasaran, kira2x kuat gak ya ampe 3 thn. Minimal ampe akhir tahun ini dah. :mky_01:
lifetime nya panjangan yang hibrid donk
asal rutin meriksa cairan elektrolitnya
soal harga, gimana om?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2283
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by ilhami »

ada nggak tips mengecek air aki dengan mudah. Soalnya body aki kan putih susu, jadi nggak kelihatan tinggi air aki nya. Setelah diisi juga kadang kebanyakan, akhirnya ketika mobil jalan air aki meluap lewat tutupnya. Malah saya sering mengisi aki malam hari, pakai senter, ribet amat
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by didietkeren »

tebeer wrote:akhirnya dapet avometer yang dicolokin di lighter
katanya asal tegangan saat kunci kontak ON masih 12v masih aman tuh
kalo dah 11an volt ya siap2 aja .....
Nah ini yang paling mudah.. sudah terbukti.. pas tiba2 volt di bawah 12V... ternyata belt alternator kendor..jadi aki gak ke charge.. kalau gak pasang voltmeter gak bakal ketauan.. jadi selain bisa cek kondisi aki, bisa juga cek kondisi alternator dan kelistrikan mobil pada umumnya..
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by tebeer »

didietkeren wrote:
tebeer wrote:akhirnya dapet avometer yang dicolokin di lighter
katanya asal tegangan saat kunci kontak ON masih 12v masih aman tuh
kalo dah 11an volt ya siap2 aja .....
Nah ini yang paling mudah.. sudah terbukti.. pas tiba2 volt di bawah 12V... ternyata belt alternator kendor..jadi aki gak ke charge.. kalau gak pasang voltmeter gak bakal ketauan.. jadi selain bisa cek kondisi aki, bisa juga cek kondisi alternator dan kelistrikan mobil pada umumnya..

betul
ada indikator suhu juga
plus colokan usb buat charging
User avatar
tebeer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Thu Feb 25, 2016 8:12

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by tebeer »

pitbull wrote:itu powerbank yang bisa buat jumper aki soak beneren efektif gak ya?
ntar yang soak duluan powerbanknya pula?
baru denger yang beginian
power bank nya buat jumper aki? seberapa kuat? arusnya kan cuma mili Amper
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by adityabp »

tebeer wrote:
pitbull wrote:itu powerbank yang bisa buat jumper aki soak beneren efektif gak ya?
ntar yang soak duluan powerbanknya pula?
baru denger yang beginian
power bank nya buat jumper aki? seberapa kuat? arusnya kan cuma mili Amper
Kalo 40000 mA sih kayaknya bisa om :mky_03: