Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by adityabp »

didietkeren wrote:
tebeer wrote:akhirnya dapet avometer yang dicolokin di lighter
katanya asal tegangan saat kunci kontak ON masih 12v masih aman tuh
kalo dah 11an volt ya siap2 aja .....
Nah ini yang paling mudah.. sudah terbukti.. pas tiba2 volt di bawah 12V... ternyata belt alternator kendor..jadi aki gak ke charge.. kalau gak pasang voltmeter gak bakal ketauan.. jadi selain bisa cek kondisi aki, bisa juga cek kondisi alternator dan kelistrikan mobil pada umumnya..
Lha, emang indikator aki di dashboard gak nyala? :big_think:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by adityabp »

tebeer wrote:
adityabp wrote:Pengalaman saya gonta ganti aki, dimana masing2x aki umurnya cuma 1 thn lebih sedikit :)

Utk aki kering (MF), emang gak ngasih gejala kalo dia mau mati. Yg saya ingat, pagi mau brangkat ke kantor, saya start suara starter emang pelan. Sampe kantor parkir sampe malam. Pas mo pulang, tau2x sdh gak bisa di-start :)

Ganti aki hybrid yg katanya gak perlu sering2x ngisi air demin. Maksudnya biar saya juga bisa kontrol kondisi aki dgn mata kepala sendiri. Gak kayak aki MF yg gak bisa dilihat dalemannya. Dua kali ganti aki hybrid dgn alasan yg sama : Aki soak dlm waktu 1 thn lebih sedikit dgn kondisi bodi kembung dan elektrolit mendidih kalo mobil dipake jarak jauh.

Setelah saya ingat2x, kedua aki hybrid tsb pernah level elektrolitnya sampai dibawah garis lower. Dan sejauh ingatan saya, 6 bulan pertama pakai aki hybrid memang jarang top up air demin, sesuai klaim produsen. Tapi setelah 6 bulan pemakaian jadi lebih sering top up dgn pemakaian mobil yg relatif sama. So, buat pemakai aki Hybrid jgn lupakan ritual pengecekan air aki, minimal tiap minggu kalau mobil tiap hari dipake.

Sekarang saya tetap pake aki hybrid. Sudah mau 2 thn tgl 17/8 nanti :mky_08: Pake yg amperenya kecil (35 Ah), sebelumnya pake 55 atau 60 Ah. Sengaja pake yg kecil krn pengen tau kembung atau gak gara2x overcharge. Sampai saat ini sih gak kembung :big_exellent:
Saya kontrol ketat level elektrolitnya. Turun cuma 1/4 dari garis Upper langsung top up :big_grin:
Terus terang saya penasaran, kira2x kuat gak ya ampe 3 thn. Minimal ampe akhir tahun ini dah. :mky_01:
lifetime nya panjangan yang hibrid donk
asal rutin meriksa cairan elektrolitnya
soal harga, gimana om?
Seandainya ada cara utk merekondisi gel elektrolit aki MF, saya kira lifetimenya bisa setara dgn aki hybrid :D
Saya beli aki hybrid merk GS 35Ah bulan 8-2014 sekitar 650rban. Yg 60Ah sekitar 800-900rb waktu itu.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by adityabp »

ilhami wrote:ada nggak tips mengecek air aki dengan mudah. Soalnya body aki kan putih susu, jadi nggak kelihatan tinggi air aki nya. Setelah diisi juga kadang kebanyakan, akhirnya ketika mobil jalan air aki meluap lewat tutupnya. Malah saya sering mengisi aki malam hari, pakai senter, ribet amat
Kalo om intip lubang aki, kan ada plastik melengkung 1/4 lingkaran yg memanjang ke bawah tuh. Nah, batas maksimal ngisi air aki pas di ujung plastik tsb. Sorot pake senter dari atas, tapi arahnya miring jgn tegak lurus, biar keliatan ujung plastiknya.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by doge »

ilhami wrote:ada nggak tips mengecek air aki dengan mudah. Soalnya body aki kan putih susu, jadi nggak kelihatan tinggi air aki nya. Setelah diisi juga kadang kebanyakan, akhirnya ketika mobil jalan air aki meluap lewat tutupnya. Malah saya sering mengisi aki malam hari, pakai senter, ribet amat

Klo aku... (aki basah, msh telaten ngecek aku haha, lebi murah jg :p )
Di dlem tiap lubang isi air kan ada plastik lebar seperempatan lingkaran yg njulur ke bawah... nah, ujungnya itu aku jadiin batas ngisi...
Klo airnya udh nyentuh itu, nti permukaan airnya ada yg agak melengkung....


Edit1: keduluannnnn :glodak:
:ngacir:
orchard
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: Thu Jun 26, 2014 9:28

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by orchard »

kl sdh 3tahun++ sdh boleh sering check.. kl tdk mau pusing, 3,5tahun lsg ganti... hehe
DagingSemur
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Wed Apr 20, 2016 5:03

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by DagingSemur »

Kalo aki yang umurnya udah 3 tahun lebih 6 bulan buat serena C24 gimana tuh? :ungg: Kalo mobilnya si pemakaiannya minimal seminggu 4 kali, apakah sudah waktunya ganti aki? :e-think: :e-think:
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by pitbull »

tebeer wrote:
pitbull wrote:itu powerbank yang bisa buat jumper aki soak beneren efektif gak ya?
ntar yang soak duluan powerbanknya pula?
baru denger yang beginian
power bank nya buat jumper aki? seberapa kuat? arusnya kan cuma mili Amper
adityabp wrote:
tebeer wrote:
pitbull wrote:itu powerbank yang bisa buat jumper aki soak beneren efektif gak ya?
ntar yang soak duluan powerbanknya pula?
baru denger yang beginian
power bank nya buat jumper aki? seberapa kuat? arusnya kan cuma mili Amper
Kalo 40000 mA sih kayaknya bisa om :mky_03:
mulai dari 8000mah - 12k mah- 30k mah - 20k mah - 68800 mah -dll. macam2 tergantung yg bikin mau masukin berapa batre di dalam powerbank tsb

coba aja google : powerbank jump car
lokal juga udah jual dari 600rb-an sampe jutaan.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by F272 »

Hallo...Teman2 SM diseluruh penjuru dunia...
Selamat pagi... iseng2 pengen coba nulis soal accu mobil ah... berdasarkan pengalaman ane..


1. Xenia Baru 2004 pakai sd. 2006, sekitar umur mobil 1 th pernah drop accu di Jiexpo Kemayoran dan akhirnya ane dorong ke sebrang ..Pasar mobil kemayoran cari2 accu engga ada toko accu yg buka karena sudah jam 11 malam..akhirnya itu mobil ane tinggal aja di depan toko audio salah satu langganan ane..pulang ke Bogor naik Taxi sama anak istri... sungguh pengalaman tak terlupakan... gara2 pasang audio video yang membutuhkan listrik besar, walau sudah pake Capacitor Bank tetap aja bikin accu drop dan akhirnya kudu rela tinggalkan mobil pulang naik taxi... besoknya baru ane datangin lg, ganti accu dan stater lancar lg..

2. Pake CRV 2.400cc th.2006 lumayan beruntung engga alami drop accu selama 2th pakai.. padahal audio video juga ane upgrade besar2an...maklum masih seneng ulik2 dan banyak waktu buat nongkrongin mobil di bengkel audio...

3. Pake Innova 2.0 G manual Bensin th.2008 selama 5th sd. 2013 ini alamin beberapa kali ganti accu bahkan drop di garasi, jadi tinggal panggil shop and drive ke rumah..ganti..ternyata urusan engga selesai sampai situ, karena belum 1 bulan accu kembali drop.. karena masih garansi di ganti baru oleh S&D nya.. eh kejadian ini terulang beberapa bulan kemudian..dan diganti baru lagi oleh S&D.. hehehe... dugaan ane ini tetap soal upgrade audio video.. terakhir th.2013 mobil mengalami 2x ganti kopling set, ingat ane harga nya 2,2 juta ganti di Beres Toyota setiajaya mobilindo Pajajaran Bogor, nah usia kopling baru yg pertama pendek sekali hanya sekitar 10 bulan sudah slip lagi engga bisa nanjak..akhirnya ane ganti kopling untuk kedua kali nya...bayar lg 2,2juta... ketika ane tanya ke SA di bengkel dia jawab ini akibat kelebihan daya listrik upgrade audio video di monil ane... What..??? emang ada hubungan nya sama kopling..?? SA jawab sebelum ane ada juga 1 innova yg alami hal yg sama dan dia audio nya juga upgrade.. OMG... akhirnya ane jual lah si Innova di usia 5th..dg jarak tempuh 100.000 Km.. Bye,,

4. Selama masih ada innova ditahun 2012 ane beli OS PX ..nyaris ga ada upgrade2 audio sama sekali, modif ane makin dewasa (ciee..) cuma 1 set Velg, Ban, Sportkit berupa Eibach Spring untuk kaki2 aja.. dan hasil nya.. ???
usia OS sejak Agustus 2012 mau menyentuh 4th sekarang ini tidak ada masalah Accu..padahal accu bawaan pabrik.. bukan MF

5. Ganti dari Innova ane beli Fortuner VNTurbo TRD th.2013, sama dengan OS ane juga modif makin dewasa.. (ciee lagi..)
nyaris ga ada upgrade2 audio sama sekali, modif cuma 1 set Velg, Ban MTR untuk kaki2 aja.. dan hasil nya.. ???
usia VNT sejak Juni 2013 sampai ane jual VNT di Bulan Juni 2016 dengan jarak tempuh 60.000km tidak ada masalah Accu..padahal accu bawaan pabrik.. bukan MF

Sekian pengalaman ane untuk Accu di mobil pribadi, diluar mobil2 niaga yg dipake operasional kantor..

:mky_02: :mky_02: :mky_02:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by adityabp »

doge wrote:
ilhami wrote:ada nggak tips mengecek air aki dengan mudah. Soalnya body aki kan putih susu, jadi nggak kelihatan tinggi air aki nya. Setelah diisi juga kadang kebanyakan, akhirnya ketika mobil jalan air aki meluap lewat tutupnya. Malah saya sering mengisi aki malam hari, pakai senter, ribet amat

Klo aku... (aki basah, msh telaten ngecek aku haha, lebi murah jg :p )
Di dlem tiap lubang isi air kan ada plastik lebar seperempatan lingkaran yg njulur ke bawah... nah, ujungnya itu aku jadiin batas ngisi...
Klo airnya udh nyentuh itu, nti permukaan airnya ada yg agak melengkung....


Edit1: keduluannnnn :glodak:
Hahaha, kok bisa ya pikiran kita sama persis? :big_deal:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by adityabp »

F 272 wrote:Hallo...Teman2 SM diseluruh penjuru dunia...
Selamat pagi... iseng2 pengen coba nulis soal accu mobil ah... berdasarkan pengalaman ane..


1. Xenia Baru 2004 pakai sd. 2006, sekitar umur mobil 1 th pernah drop accu di Jiexpo Kemayoran dan akhirnya ane dorong ke sebrang ..Pasar mobil kemayoran cari2 accu engga ada toko accu yg buka karena sudah jam 11 malam..akhirnya itu mobil ane tinggal aja di depan toko audio salah satu langganan ane..pulang ke Bogor naik Taxi sama anak istri... sungguh pengalaman tak terlupakan... gara2 pasang audio video yang membutuhkan listrik besar, walau sudah pake Capacitor Bank tetap aja bikin accu drop dan akhirnya kudu rela tinggalkan mobil pulang naik taxi... besoknya baru ane datangin lg, ganti accu dan stater lancar lg..

2. Pake CRV 2.400cc th.2006 lumayan beruntung engga alami drop accu selama 2th pakai.. padahal audio video juga ane upgrade besar2an...maklum masih seneng ulik2 dan banyak waktu buat nongkrongin mobil di bengkel audio...

3. Pake Innova 2.0 G manual Bensin th.2008 selama 5th sd. 2013 ini alamin beberapa kali ganti accu bahkan drop di garasi, jadi tinggal panggil shop and drive ke rumah..ganti..ternyata urusan engga selesai sampai situ, karena belum 1 bulan accu kembali drop.. karena masih garansi di ganti baru oleh S&D nya.. eh kejadian ini terulang beberapa bulan kemudian..dan diganti baru lagi oleh S&D.. hehehe... dugaan ane ini tetap soal upgrade audio video.. terakhir th.2013 mobil mengalami 2x ganti kopling set, ingat ane harga nya 2,2 juta ganti di Beres Toyota setiajaya mobilindo Pajajaran Bogor, nah usia kopling baru yg pertama pendek sekali hanya sekitar 10 bulan sudah slip lagi engga bisa nanjak..akhirnya ane ganti kopling untuk kedua kali nya...bayar lg 2,2juta... ketika ane tanya ke SA di bengkel dia jawab ini akibat kelebihan daya listrik upgrade audio video di monil ane... What..??? emang ada hubungan nya sama kopling..?? SA jawab sebelum ane ada juga 1 innova yg alami hal yg sama dan dia audio nya juga upgrade.. OMG... akhirnya ane jual lah si Innova di usia 5th..dg jarak tempuh 100.000 Km.. Bye,,

4. Selama masih ada innova ditahun 2012 ane beli OS PX ..nyaris ga ada upgrade2 audio sama sekali, modif ane makin dewasa (ciee..) cuma 1 set Velg, Ban, Sportkit berupa Eibach Spring untuk kaki2 aja.. dan hasil nya.. ???
usia OS sejak Agustus 2012 mau menyentuh 4th sekarang ini tidak ada masalah Accu..padahal accu bawaan pabrik.. bukan MF

5. Ganti dari Innova ane beli Fortuner VNTurbo TRD th.2013, sama dengan OS ane juga modif makin dewasa.. (ciee lagi..)
nyaris ga ada upgrade2 audio sama sekali, modif cuma 1 set Velg, Ban MTR untuk kaki2 aja.. dan hasil nya.. ???
usia VNT sejak Juni 2013 sampai ane jual VNT di Bulan Juni 2016 dengan jarak tempuh 60.000km tidak ada masalah Accu..padahal accu bawaan pabrik.. bukan MF

Sekian pengalaman ane untuk Accu di mobil pribadi, diluar mobil2 niaga yg dipake operasional kantor..

:mky_02: :mky_02: :mky_02:
Poin 3 -> Kemungkinan putaran alternator jadi berat krn beban listrik yg bertambah ketika audio video dinyalakan. Krn putaran alternator jadi berat, mesin mesti digas lebih dalam biar gak stall pas pindah gigi -> kampas kopling jadi lebih sering slip ketika akan engage, alias kampas kopling lebih cepat habis. CMIIW.
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by A7Corsair »

Baru tadi pagi ... accu mobil saya gak kuat untuk start mesin.
Saya mencoba telpon layanan darurat Mitsubishi di (021) 470 9999 selama beberapa kali dari jam 9-an sampai jam 11 ... hasilnya tidak dapet sambungan (mungkin sibuk) dan beberapa kali dapat sambungan tetapi tidak diangkat.
Saya juga sudah telepon salah satu beres dekat rumah ... dan mendapatkan jawaban akan dikoordinasikan dgn SA dan bagian spare part untuk kemudian menghubungi saya kembali. Tapi sampai skr gak ada telpon dari bengkel resmi tsb.

Good job Mitsu ... membuat saya berpikir ulang untuk ganti model yang lebih baru (saya sekarang sedang pakai 2 mobil mitsu)

Saya telpon ke Shop and Drive, langsung dapat respon dan ditanyakan jenis kendaraannya ... detail ... exceed atau dakar.
Karena dakar ... petugas langsung menyarankan untuk satu jenis accu 80A (saya gak tau apakah beda kalo exceed) ...meskipun sayangnya tidak ada yang jenis MF.
Akhirnya saya putuskan untuk ambil di S&D ini ...
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by adityabp »

adityabp wrote:Pengalaman saya gonta ganti aki, dimana masing2x aki umurnya cuma 1 thn lebih sedikit :)

Utk aki kering (MF), emang gak ngasih gejala kalo dia mau mati. Yg saya ingat, pagi mau brangkat ke kantor, saya start suara starter emang pelan. Sampe kantor parkir sampe malam. Pas mo pulang, tau2x sdh gak bisa di-start :)

Ganti aki hybrid yg katanya gak perlu sering2x ngisi air demin. Maksudnya biar saya juga bisa kontrol kondisi aki dgn mata kepala sendiri. Gak kayak aki MF yg gak bisa dilihat dalemannya. Dua kali ganti aki hybrid dgn alasan yg sama : Aki soak dlm waktu 1 thn lebih sedikit dgn kondisi bodi kembung dan elektrolit mendidih kalo mobil dipake jarak jauh.

Setelah saya ingat2x, kedua aki hybrid tsb pernah level elektrolitnya sampai dibawah garis lower. Dan sejauh ingatan saya, 6 bulan pertama pakai aki hybrid memang jarang top up air demin, sesuai klaim produsen. Tapi setelah 6 bulan pemakaian jadi lebih sering top up dgn pemakaian mobil yg relatif sama. So, buat pemakai aki Hybrid jgn lupakan ritual pengecekan air aki, minimal tiap minggu kalau mobil tiap hari dipake.

Sekarang saya tetap pake aki hybrid. Sudah mau 2 thn tgl 17/8 nanti :mky_08: Pake yg amperenya kecil (35 Ah), sebelumnya pake 55 atau 60 Ah. Sengaja pake yg kecil krn pengen tau kembung atau gak gara2x overcharge. Sampai saat ini sih gak kembung :big_exellent:
Saya kontrol ketat level elektrolitnya. Turun cuma 1/4 dari garis Upper langsung top up :big_grin:
Terus terang saya penasaran, kira2x kuat gak ya ampe 3 thn. Minimal ampe akhir tahun ini dah. :mky_01:
Akhirnya si aki mendidih juga pas kemaren pulang dari Bdg ke Jkt :big_cry:
Dan sialnya, elektrolit di salah satu selnya drop dibawah lower level :off_no:
Padahal sblm brangkat saya cek level elektrolit di semua selnya masih cukup, kurang lebih 1-2mm di bawah garis upper level. :big_childish:
Tahun baru ganti aki baru deh :big_biglaugh:
puteraadrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed May 21, 2008 18:03

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by puteraadrian »

Mumpung lg ngomongin accu. Ada yg sudah pengalaman pake CTEK? Mobil selalu saya tinggal di garase 1 bulanan ga nyala, ada yg nyaranin pasang CTEK sebagai autocharger, katanya gpp sebulan di colok aja k listrik. Cuma masih ragu apa bener aman buat accu ?
reyhannaufala
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Nov 18, 2015 2:56
Location: Bandung
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by reyhannaufala »

Baru aja td ngalamin drop gabisa start mobil , gara gara semalem lampu kabin nyala terus karena semalem beres beres barang dalem mobil, begitu pagi mau jalan gabisa di start,
cetekk cetekk gt kalo distart.

Cek teg voltase aki masih diatas 12,5 V , akhirnya sy bongkar aki untuk di charge ulang, setelah di cek ternyata kapasitas aki sendiri ada satuan CCA , yg seharusnya diatas 250 CCA, aki saya di angka 96 CCA
IMG_4533.JPG
Jadi voltase aki ga sepenuhnya indikator bahwa aki sehat atau tidak om ,, gejala aki mulai tdk beres ya karena di start 1x tdk bisa , harus berkali kali.

Setelah di ganti ini hasil cek aki baru
IMG_4532.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by cursQ »

gak ada pertanda.. ya klo pertanda 1-2 x stater susah sisanya baik2 aja tiba2 mati aja gitu. mirage pengalaman 4 tahun pake ya 4x ganti aki. dan selalu posisi di tengah jalan jadi selalu jadi langganan shop and drive deh.. panggil darurat..
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by halooo »

Aki karimun wagon sy kalah di umur 3 th pemakaian tiap hari jalan terus dan jalan pendek pendek buat antar jemput anak, eh nyusul aki ertiga jg kalah diumur 3 th. Semua mobil dlm keadaan standar kecuali ada tambahan ioniser sharp dan kamera mobil yg on terus
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by adrevolution »

Pengalaman dulu pake accu bawaan di mazda 2 non-sky cuma bertahan 2 taun pas, merk panasonic 45 Ah. Untung belom sampe tekor banget sih, baru berat di starter aja. Repot kalo tekor banget ngga bisa start dorong. Langsung ganti GS hybrid sama2 45 Ah (tipenya lupa) di shop & drive seketemunya di jalan, sampe sekarang udah 3.5 taun on going masih bagus battery testnya. Kondisi electrical mobil full stock bawaan orok nggak pernah upgrade apapun selain bonus2 dealer.

Yang cukup ajaib accu GNKI bokap udah 4 taun starter masih lancar biar kata battery test udah minta replace, hebat bener ini. Accu bawaannya GS premium (lupa brp Ah, kalo nggak salah 50 apa 55 gitu). Tp karena beberapa pertimbangan mengingat ini mobil dipake kerja tiap hari daripada tiba2 tewas accunya mending ganti aja dah. Ini juga kondisi electricalnya 100% bawaan dari baru.

Yg sekarang jd penasaran accu bawaan GK5 bisa bertahan brp lama, karena keknya kecil banget cuma 35 Ah dan (katanya) jazz terkenal accunya ngga awet biarpun kondisi kelistrikan nggak diutak-atik :big_think:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by Hanggar »

Pengalaman di Nissan march . . . ganti aki MF setiap 1 tahun persis. Mobil beli baru di january . . . january taon depan lsg ngadat . . . udah 3 kali ganti. Aki ke 3 pake Amaron 45ah . . .sudah 1 tahun 4 bulan dan mulai menunjukkan gejala lemah starter seblum ane lego . . . heheheh.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 673
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by azu »

kalau pengalaman saya di Ford Ecosport.. pas service berkala di BeRes dibilang aki sudah mulai lemah, disarankan untuk segera ganti.. tapi saat pemakaian tidak ada tanda-tanda aneh jadi saya biarin aja pakai dulu toh belum mati.. kondisi aki saat itu masih bawaan dari baru, umurnya 2 tahun 8 bulan sejak mobil diterima dari Dealer.. entah buatan pabrikan mana, yang pasti Brandnya OEM Ford (Motorcraft) ukuran 43Ah buatan Philippines.

seminggu kemudian, karena headlight di posisi Auto dan kondisi garasi cukup gelap sehingga start mobil dalam kondisi headlight menyala.. tiba- tiba muncul malfunction saat start, yaitu Brake Malfunction, tetapi begitu mesin menyala malfunction itu langsung hilang.. karena penasaran, coba dimatikan dan dinyalakan tapi kondisi headlight mati, tidak muncul malfunction itu.. kemudian coba lagi start dengan lampu menyala, muncul malfunction saat start kemudian hilang saat mesin menyala.. biasanya start dalam kondisi lampu menyala tidak muncul malfunction tersebut..

Dugaan saya: saat lampu menyala, voltase aki akan turun, kemudian saat start menjadi semakin drop voltasenya dan malfunction tersebut muncul karena PCM tidak dapat membaca sinyal dari sensor dengan benar (dalam hal ini sensor di sistem pengereman) karena voltase aki dibawah yang seharusnya, sehingga muncul malfunction saat start. namun saat mesin sudah menyala dan sumber listrik sudah ditake-over oleh alternator dimana voltase sudah kembali normal, PCM kembali dapat mendapat sinyal dari sensor dengan baik sehingga malfunction tersebut menghilang.

Akhirnya ganti deh akinya karena takut kenapa2 dengan sistem elektronik mobil ini yang menurut saya lumayan kompleks.. karena di toko aki langganan adanya merk Dynex buatan India, ya dicoba aja.. sayang ukurannya lebih besar dari standardnya, yaitu 50Ah dari standardnya 43Ah, jadi agak kurang ngepas dengan rumah TCM di atas aki nya.. Oiya aki Dynex ini katanya garansi 15 Bulan Ganti baru, kita lihat saja keawetannya :mrgreen:


Sebelumnya pernah pengalaman akinya tekor karena Ibu saya lupa naro posisi transmisi di Netral semalaman, besoknya tidak bisa start dan muncul bunyi "TEK-TEK-TEK" keras dari arah transmisi dan muncul Transmission Malfunction, dugaan saya itu bunyi aktuator DCT yang error karena under voltage.. akhirnya di jump start kemudian dibawa ke BeRes untuk reset TCM agar Malfunctionnya hilang..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by osbertc0ol »

innova disel dirumah aki nya lumayan awet, kurang lebih 3 tahun baru ganti aki..

mobilmonyong kemaren baru akinya tekor, aki nya cuma tahan 1 tahun 4 bulan dengan gs astra 32 ah tanpa ada modifikasi audio, pasang ground 4 titik tanpa caps, akhirnya skrg gantipake amaron 35ah, pengalaman temen di ge8 setaon sekali pasti ganti aki, entah kenapa honda doyan banget ganti aki..

heran mobil skrg kok aki nya kecil banget ya. :mky_06:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by bensinsolar »

Tdk pernah ngerti kapan Accu akan mati, selalu pas mati mobil gaq bisa distarter. Pdhl sebelum dipake mbl nyalanya biasa aja. Tidak ada tanda2 warning accu nyala.
Paling lama bertahan accu di Accord Euro selama 7 tahun bertahan & tiba2 mati (mobil bener2 mati total, gaq ada reaksi pas kunci diputar).
Aki mobil disini OS Juke etc hanya bertahan 2 tahunan, pdhl OS ud pake volt stabilizer.
VRZ belum tau, tapi volt stabilizer OS ud dipindah & ud pasang super ground.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by ginting »

Saya pengalaman gini :

Xenia 1.3 deluxe manual.
2008 to 2011 - sampe dijual itu mobil (pas 3 thn lebih seminggu) belum ganti aki

Toyota KIjang Innova Matic GNKI Nov 2011 sampai Nov 2016.
Itu Akinya tahan 4 tahun 7 bulan.
Saya ganti aku sebelum rusak karena mau Roadtrip Juni - July 2016 keliling Jawa.

Semua aki basah bawaan pabrikan.

Sekarang pake MuX.
Mari kita lihat berapa lama tahan ini AKInya.

Musuh AKI paling utama adalah panas.
MObil yang sering kerja keras, dijemur di panas matahari, garasi gak bertutup, alamat bakal cepat soak akinya.
willy76
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Thu Aug 27, 2009 16:24

Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by willy76 »

Share pengalaman:
1. Mobil altis 2002, sempat pakai aki basah, aki hybrid, aki free maintenance, umur rata2 3,5 tahun, biasanya 3 tahun keatas sudah lemah, kadang 3-4 hari tidak dipakai sudah tidak bisa starter, tapi aki masih bisa di charge ulang bbrp kali. Tapi sejak menambah subwoofer, umur aki rata2 hanya 2 tahun. Gejala kalo sudah lemah di starter ngek ngek ngek grennggg. Kalo baru ganti aki baru ngek grengg. Kalo sudah tidak bisa start, hanya keluar bunyi tek tek tek, lampu indikator nyala tapi ga bisa start, klakson masih bisa bunyi, alarm mobil kadang masih bisa berfungsi kadang ngga.
2. All new xtrail 2014, sejak awal sudah langsung ganti soundsystem pake avt + subwoofer, umur rata2 2 tahun sudah harus ganti, ga ada gejala apa2, ga seperti altis yg ketahuan kalo sudah lemah akinya, entah ada hubungannya/tidak dgn start nya pake model tombol start engine, pagi2 mau start hanya bunyi tek tek tek, lampu indikator & klakson masih bisa bunyi, tapi tidak bisa start, tidak bisa powerback door. Aki masih bisa befungsi normal sesudah di charge ulang, sepertinya problem utama di soundsystem, terutama subwoofer yg kabelnya connect langsung ke aki. Skrg memakai aki amaron, umur aki baru sekitar 6 bulanan, minggu lalu baru saja aki mati, mobil tidak bisa di start, penyebabnya mobil tidak dipakai sama sekali selama 4 hari, apa aki jadi tekor/soak gara2 listrik habis terpakai oleh subwoofer?

Dari yg altis, selama aki mati, tidak pernah ada problem apa2, paling hanya auto power window harus direset ulang & memory radio hilang, kalo yg di all new xtrail, selain auto power window, memory radio hilang, juga sepertinya berpengaruh ke headunit avt (android), skrg ini usb isi music ga bisa terdetect, awal colokin usb dia seperti loading, folder2 musicnya keluar, tapi tiba2 langsung hilang dan hanya bisa memainkan 1 lagu awal saja. Tapi jika di cek melalui file manager, isi usb masih lengkap bisa terbaca, tapi file di klik manual, apps music nya tidak mau nge play, hanya blank saja. Mohon bantuan suhu2 disini, kira2 solusinya harus bagaimana? Untuk problem aki sering tekor & apps music yg menolak play file musicnya. Trims.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: RE: Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by Herman7103 »

willy76 wrote:Share pengalaman:
1. Mobil altis 2002, sempat pakai aki basah, aki hybrid, aki free maintenance, umur rata2 3,5 tahun, biasanya 3 tahun keatas sudah lemah, kadang 3-4 hari tidak dipakai sudah tidak bisa starter, tapi aki masih bisa di charge ulang bbrp kali. Tapi sejak menambah subwoofer, umur aki rata2 hanya 2 tahun. Gejala kalo sudah lemah di starter ngek ngek ngek grennggg. Kalo baru ganti aki baru ngek grengg. Kalo sudah tidak bisa start, hanya keluar bunyi tek tek tek, lampu indikator nyala tapi ga bisa start, klakson masih bisa bunyi, alarm mobil kadang masih bisa berfungsi kadang ngga.
2. All new xtrail 2014, sejak awal sudah langsung ganti soundsystem pake avt + subwoofer, umur rata2 2 tahun sudah harus ganti, ga ada gejala apa2, ga seperti altis yg ketahuan kalo sudah lemah akinya, entah ada hubungannya/tidak dgn start nya pake model tombol start engine, pagi2 mau start hanya bunyi tek tek tek, lampu indikator & klakson masih bisa bunyi, tapi tidak bisa start, tidak bisa powerback door. Aki masih bisa befungsi normal sesudah di charge ulang, sepertinya problem utama di soundsystem, terutama subwoofer yg kabelnya connect langsung ke aki. Skrg memakai aki amaron, umur aki baru sekitar 6 bulanan, minggu lalu baru saja aki mati, mobil tidak bisa di start, penyebabnya mobil tidak dipakai sama sekali selama 4 hari, apa aki jadi tekor/soak gara2 listrik habis terpakai oleh subwoofer?

Dari yg altis, selama aki mati, tidak pernah ada problem apa2, paling hanya auto power window harus direset ulang & memory radio hilang, kalo yg di all new xtrail, selain auto power window, memory radio hilang, juga sepertinya berpengaruh ke headunit avt (android), skrg ini usb isi music ga bisa terdetect, awal colokin usb dia seperti loading, folder2 musicnya keluar, tapi tiba2 langsung hilang dan hanya bisa memainkan 1 lagu awal saja. Tapi jika di cek melalui file manager, isi usb masih lengkap bisa terbaca, tapi file di klik manual, apps music nya tidak mau nge play, hanya blank saja. Mohon bantuan suhu2 disini, kira2 solusinya harus bagaimana? Untuk problem aki sering tekor & apps music yg menolak play file musicnya. Trims.
Saya juga ngalami kejadian mirip di Mobil ANGL di thn kedua krn ganti semua speaker bawaan ke aftermarket tambah subwoofer box dan power ampli, saya akhirnya minta di tambah switch on off utk pemutus arus listrik ke power ampli shg kalau tanpa Power ampli speaker split nyala saat head unit nyala, kalau switch saya on kan, power ampli nyala utk semua speaker dan subwoofer box di belakang.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014
willy76
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Thu Aug 27, 2009 16:24

Re: RE: Re: Tanda Accu akan Mati pada Mobil Matic

Post by willy76 »

Herman7103 wrote: Wed May 31, 2017 13:43
willy76 wrote:Share pengalaman:
1. Mobil altis 2002, sempat pakai aki basah, aki hybrid, aki free maintenance, umur rata2 3,5 tahun, biasanya 3 tahun keatas sudah lemah, kadang 3-4 hari tidak dipakai sudah tidak bisa starter, tapi aki masih bisa di charge ulang bbrp kali. Tapi sejak menambah subwoofer, umur aki rata2 hanya 2 tahun. Gejala kalo sudah lemah di starter ngek ngek ngek grennggg. Kalo baru ganti aki baru ngek grengg. Kalo sudah tidak bisa start, hanya keluar bunyi tek tek tek, lampu indikator nyala tapi ga bisa start, klakson masih bisa bunyi, alarm mobil kadang masih bisa berfungsi kadang ngga.
2. All new xtrail 2014, sejak awal sudah langsung ganti soundsystem pake avt + subwoofer, umur rata2 2 tahun sudah harus ganti, ga ada gejala apa2, ga seperti altis yg ketahuan kalo sudah lemah akinya, entah ada hubungannya/tidak dgn start nya pake model tombol start engine, pagi2 mau start hanya bunyi tek tek tek, lampu indikator & klakson masih bisa bunyi, tapi tidak bisa start, tidak bisa powerback door. Aki masih bisa befungsi normal sesudah di charge ulang, sepertinya problem utama di soundsystem, terutama subwoofer yg kabelnya connect langsung ke aki. Skrg memakai aki amaron, umur aki baru sekitar 6 bulanan, minggu lalu baru saja aki mati, mobil tidak bisa di start, penyebabnya mobil tidak dipakai sama sekali selama 4 hari, apa aki jadi tekor/soak gara2 listrik habis terpakai oleh subwoofer?

Dari yg altis, selama aki mati, tidak pernah ada problem apa2, paling hanya auto power window harus direset ulang & memory radio hilang, kalo yg di all new xtrail, selain auto power window, memory radio hilang, juga sepertinya berpengaruh ke headunit avt (android), skrg ini usb isi music ga bisa terdetect, awal colokin usb dia seperti loading, folder2 musicnya keluar, tapi tiba2 langsung hilang dan hanya bisa memainkan 1 lagu awal saja. Tapi jika di cek melalui file manager, isi usb masih lengkap bisa terbaca, tapi file di klik manual, apps music nya tidak mau nge play, hanya blank saja. Mohon bantuan suhu2 disini, kira2 solusinya harus bagaimana? Untuk problem aki sering tekor & apps music yg menolak play file musicnya. Trims.
Saya juga ngalami kejadian mirip di Mobil ANGL di thn kedua krn ganti semua speaker bawaan ke aftermarket tambah subwoofer box dan power ampli, saya akhirnya minta di tambah switch on off utk pemutus arus listrik ke power ampli shg kalau tanpa Power ampli speaker split nyala saat head unit nyala, kalau switch saya on kan, power ampli nyala utk semua speaker dan subwoofer box di belakang.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app
Iya sepertinya betul ya problem dari sound system, trims bro solusinya, untuk masalah usb tak terdetect jg sudah solved, hasil browsing google, kebetulan ketemu hari ini, dari kemarin ga ketemu melulu, solusinya dengan merename label di usb, done. Barusan di test, music bisa di play semua. :angel: