Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon May 27, 2019 1:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 00 toyota echo
Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
Misi mimin2 dan om2 semua...
Mau nanya sedikit nih, voltase pas lampu besar dan ac nyala kok turunnya agak jauh ya, tapi kalo di pancing gas nanti dia baru agak naik, awal nyala lampu dan ac pas idle tegangan di 12,9v dan motor fannya agak ngeden, digas sekali baru naik ke 13,4-5 v, oia posisi aki gs basah baru, dan alternator ic baru ganti.. apa harus tambah grounding ya? Mobilnya toyota echo, terimakasih semua... semoga ada pencerahan, oia tegangan aki pas mati sekarang di 12,3-4 v, agak cepet turunnya padahal akinya baru mau sebulan, awal masih 12,8 v
Mau nanya sedikit nih, voltase pas lampu besar dan ac nyala kok turunnya agak jauh ya, tapi kalo di pancing gas nanti dia baru agak naik, awal nyala lampu dan ac pas idle tegangan di 12,9v dan motor fannya agak ngeden, digas sekali baru naik ke 13,4-5 v, oia posisi aki gs basah baru, dan alternator ic baru ganti.. apa harus tambah grounding ya? Mobilnya toyota echo, terimakasih semua... semoga ada pencerahan, oia tegangan aki pas mati sekarang di 12,3-4 v, agak cepet turunnya padahal akinya baru mau sebulan, awal masih 12,8 v
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
Dari pengalaman saya dgn kejadian serupa, problemnya di alternator. Memang IC baru diganti, tpi apakah dikerjakan dgn benar; bearing alternatornya apa diganti jg?
Selain itu mungkin coba mesin di-tune up; bersihkan throttle body, cek busi, cek setelan klep, bersihkan MAF (Mass Air Flow) sensor, dsb. Mungkin suhu2 di sini bisa membantu menganalisa lbh lanjut.
Selain itu mungkin coba mesin di-tune up; bersihkan throttle body, cek busi, cek setelan klep, bersihkan MAF (Mass Air Flow) sensor, dsb. Mungkin suhu2 di sini bisa membantu menganalisa lbh lanjut.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon May 27, 2019 1:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 00 toyota echo
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
Maf, throttle busi udah dibersihin sama di cek om, ini alternator carbon brush sama ic nya si diganti, kebetulan kalo ga ada beban(cuma nyala mesin aja) itu di 14 v, nyala lampu kecil turun jadi 13,9v, nah disaat nyala lampu sih yg paling turun, kalo nyala ac aja manteng di 13,7-8v, kalo disaat awal nyala lampu kerasa rpmnya agak berat ombsetiawan wrote: ↑Sat Nov 06, 2021 4:07 Dari pengalaman saya dgn kejadian serupa, problemnya di alternator. Memang IC baru diganti, tpi apakah dikerjakan dgn benar; bearing alternatornya apa diganti jg?
Selain itu mungkin coba mesin di-tune up; bersihkan throttle body, cek busi, cek setelan klep, bersihkan MAF (Mass Air Flow) sensor, dsb. Mungkin suhu2 di sini bisa membantu menganalisa lbh lanjut.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4159
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
pengisian sepertinya ga maksimal ya. jadi aki kesedot terus dayanya. lama2 ya aki soak.Ridhobramantio wrote: ↑Sat Nov 06, 2021 3:15 Misi mimin2 dan om2 semua...
Mau nanya sedikit nih, voltase pas lampu besar dan ac nyala kok turunnya agak jauh ya, tapi kalo di pancing gas nanti dia baru agak naik, awal nyala lampu dan ac pas idle tegangan di 12,9v dan motor fannya agak ngeden, digas sekali baru naik ke 13,4-5 v, oia posisi aki gs basah baru, dan alternator ic baru ganti.. apa harus tambah grounding ya? Mobilnya toyota echo, terimakasih semua... semoga ada pencerahan, oia tegangan aki pas mati sekarang di 12,3-4 v, agak cepet turunnya padahal akinya baru mau sebulan, awal masih 12,8 v
coba bawa ke tukang alternator lain, dicek alternator tsb apakah benar penggantiannya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11470
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
ganti dengan IC merk denso atau merk lain? banyak bertebaran merk gaje sekarang dengan harga menggiurkan.
sudah cek kondisi rectifier/dioda? bisa cek visual dan mudah terutama saat alternator lagi dibongkar. kalau dioda ada gangguan, biasa di sekelilingnya ada crack atau retak, entah halus ataupun besar retaknya. yang terparah, gosong di sekeliling dioda.
ada 3-4 dioda di 1 alternator, 1 saja bermasalah (walopun retak halus) pengisian nggak maksimal.
saya agak bingung kalo sampe IC diganti, karena dalam pemakaian normal, alternator hanya butuh penggantian carbon brush. untuk bearing, jangan dibahas dulu.
pernah kerendem banjir atau sering sengaja disiram air?
karena kalo IC diganti, bisa jadi karena short/kortsluiting/korslet/konslet/whatever you name it lah...
dan kalopun sampe IC diganti, umumnya bersamaan dengan carbon brush dan rectifier/dioda. untuk dioda pun, banyak merk gaje. hati-hati saja....
btw, konsentrasi hanya di alternator saja, jangan kutak katik mesin karena tidak ada hubungan antara pengisian setrum dengan tune up.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon May 27, 2019 1:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 00 toyota echo
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
Awal sudah ganti carbon brush om, cuma beberapa kali pake lambang aki nyala lagi, akhirnya diputuskan ganti ic, kenapa ganti ic, karena saya ga mau rubah soket om, soketnya beda dengan lokal punyakunaskun wrote: ↑Sat Nov 06, 2021 14:24pengisian sepertinya ga maksimal ya. jadi aki kesedot terus dayanya. lama2 ya aki soak.Ridhobramantio wrote: ↑Sat Nov 06, 2021 3:15 Misi mimin2 dan om2 semua...
Mau nanya sedikit nih, voltase pas lampu besar dan ac nyala kok turunnya agak jauh ya, tapi kalo di pancing gas nanti dia baru agak naik, awal nyala lampu dan ac pas idle tegangan di 12,9v dan motor fannya agak ngeden, digas sekali baru naik ke 13,4-5 v, oia posisi aki gs basah baru, dan alternator ic baru ganti.. apa harus tambah grounding ya? Mobilnya toyota echo, terimakasih semua... semoga ada pencerahan, oia tegangan aki pas mati sekarang di 12,3-4 v, agak cepet turunnya padahal akinya baru mau sebulan, awal masih 12,8 v
coba bawa ke tukang alternator lain, dicek alternator tsb apakah benar penggantiannya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon May 27, 2019 1:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 00 toyota echo
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
Jadi kenapa ganti ic, karena awal saya udah ganti brushnya om, brush udah tipis tapi yg lain aman, bearing dll ga ada yg salah dan gosong, saat itu lambang aki kadang nyala kadang engga, akhirnya abis ganti aman, nahbeberapa kali pake lambang aki muncul lagi disaat awal start, tapi digas sekali hilang ga muncul2 lagi, sampe akhirnya terakhir akinya kalah, abis itu diputuskan ganti ic, kenapa ga ganti alternator full? Karna saya ga mau rubah soket om, bisa sebenernya pake punya yaris, cuma berbeda di soket, soket bawaan kabelnya lebih satu dan 3 kaki, akhirnya coba cari alternator kaki 3 dan dapet cuma merk taiwan, akhirnya saya gak ambil dan diputuskan cari ic nya aja, dapet dengan merk sama, akhirnya diputusin beli, so far ya ga ada masalah si om, cuma itu awal tegangan pas nyala 14,1v, nyala lampu 13,6v, nah tadi saya cek nyala lampu besar dan ac awal2 langsung drop ke 12,9v tapi gak lama goyang 12,9-13v, tapi kalo digas naik ke 13,4-6v, oia barusan liat tegangannya pas mati normal di 12,3v ( kebetulan keliatan karna saya pakein pivot raizin biru), oia dan satu lagi, ini alternator bawaan dari mesinnya om, mesinnya duduk 2 taunan, dan pasang mesin ini di taun 2018, di 2021 ini baru nyerahmarmut wrote: ↑Sat Nov 06, 2021 14:41
ganti dengan IC merk denso atau merk lain? banyak bertebaran merk gaje sekarang dengan harga menggiurkan.
sudah cek kondisi rectifier/dioda? bisa cek visual dan mudah terutama saat alternator lagi dibongkar. kalau dioda ada gangguan, biasa di sekelilingnya ada crack atau retak, entah halus ataupun besar retaknya. yang terparah, gosong di sekeliling dioda.
ada 3-4 dioda di 1 alternator, 1 saja bermasalah (walopun retak halus) pengisian nggak maksimal.
saya agak bingung kalo sampe IC diganti, karena dalam pemakaian normal, alternator hanya butuh penggantian carbon brush. untuk bearing, jangan dibahas dulu.
pernah kerendem banjir atau sering sengaja disiram air?
karena kalo IC diganti, bisa jadi karena short/kortsluiting/korslet/konslet/whatever you name it lah...
dan kalopun sampe IC diganti, umumnya bersamaan dengan carbon brush dan rectifier/dioda. untuk dioda pun, banyak merk gaje. hati-hati saja....
btw, konsentrasi hanya di alternator saja, jangan kutak katik mesin karena tidak ada hubungan antara pengisian setrum dengan tune up.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4015
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
marmut wrote: ↑Sat Nov 06, 2021 14:41
ganti dengan IC merk denso atau merk lain? banyak bertebaran merk gaje sekarang dengan harga menggiurkan.
sudah cek kondisi rectifier/dioda? bisa cek visual dan mudah terutama saat alternator lagi dibongkar. kalau dioda ada gangguan, biasa di sekelilingnya ada crack atau retak, entah halus ataupun besar retaknya. yang terparah, gosong di sekeliling dioda.
ada 3-4 dioda di 1 alternator, 1 saja bermasalah (walopun retak halus) pengisian nggak maksimal.
saya agak bingung kalo sampe IC diganti, karena dalam pemakaian normal, alternator hanya butuh penggantian carbon brush. untuk bearing, jangan dibahas dulu.
pernah kerendem banjir atau sering sengaja disiram air?
karena kalo IC diganti, bisa jadi karena short/kortsluiting/korslet/konslet/whatever you name it lah...
dan kalopun sampe IC diganti, umumnya bersamaan dengan carbon brush dan rectifier/dioda. untuk dioda pun, banyak merk gaje. hati-hati saja....
btw, konsentrasi hanya di alternator saja, jangan kutak katik mesin karena tidak ada hubungan antara pengisian setrum dengan tune up.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11470
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1927
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
Mari kita urut Om kronologisnya.Ridhobramantio wrote: ↑Sat Nov 06, 2021 16:58Jadi kenapa ganti ic, karena awal saya udah ganti brushnya om, brush udah tipis tapi yg lain aman, bearing dll ga ada yg salah dan gosong, saat itu lambang aki kadang nyala kadang engga, akhirnya abis ganti aman, nahbeberapa kali pake lambang aki muncul lagi disaat awal start, tapi digas sekali hilang ga muncul2 lagi, sampe akhirnya terakhir akinya kalah, abis itu diputuskan ganti ic, kenapa ga ganti alternator full? Karna saya ga mau rubah soket om, bisa sebenernya pake punya yaris, cuma berbeda di soket, soket bawaan kabelnya lebih satu dan 3 kaki, akhirnya coba cari alternator kaki 3 dan dapet cuma merk taiwan, akhirnya saya gak ambil dan diputuskan cari ic nya aja, dapet dengan merk sama, akhirnya diputusin beli, so far ya ga ada masalah si om, cuma itu awal tegangan pas nyala 14,1v, nyala lampu 13,6v, nah tadi saya cek nyala lampu besar dan ac awal2 langsung drop ke 12,9v tapi gak lama goyang 12,9-13v, tapi kalo digas naik ke 13,4-6v, oia barusan liat tegangannya pas mati normal di 12,3v ( kebetulan keliatan karna saya pakein pivot raizin biru), oia dan satu lagi, ini alternator bawaan dari mesinnya om, mesinnya duduk 2 taunan, dan pasang mesin ini di taun 2018, di 2021 ini baru nyerahmarmut wrote: ↑Sat Nov 06, 2021 14:41
ganti dengan IC merk denso atau merk lain? banyak bertebaran merk gaje sekarang dengan harga menggiurkan.
sudah cek kondisi rectifier/dioda? bisa cek visual dan mudah terutama saat alternator lagi dibongkar. kalau dioda ada gangguan, biasa di sekelilingnya ada crack atau retak, entah halus ataupun besar retaknya. yang terparah, gosong di sekeliling dioda.
ada 3-4 dioda di 1 alternator, 1 saja bermasalah (walopun retak halus) pengisian nggak maksimal.
saya agak bingung kalo sampe IC diganti, karena dalam pemakaian normal, alternator hanya butuh penggantian carbon brush. untuk bearing, jangan dibahas dulu.
pernah kerendem banjir atau sering sengaja disiram air?
karena kalo IC diganti, bisa jadi karena short/kortsluiting/korslet/konslet/whatever you name it lah...
dan kalopun sampe IC diganti, umumnya bersamaan dengan carbon brush dan rectifier/dioda. untuk dioda pun, banyak merk gaje. hati-hati saja....
btw, konsentrasi hanya di alternator saja, jangan kutak katik mesin karena tidak ada hubungan antara pengisian setrum dengan tune up.
Sdh ganti Carbon Brush tp lambang Alternator rusak tetep ON di dashboard.
Skrg ganti IC saja tanpa mengganti diodanya, meskipun IC tdk ada visual rusak ya.
Pertanyaan pertama IC yg diambil itu pny kode yg sama atau hanya merk aja sama? Krn tiap IC meskipun 1 merk kl beda model pasti beda peruntukannya.
Saat operasional dikasi beban itu kondisi mesin nyala khan ya?
Yg jadi masalah tegangan ngga stabil saat beban full ya?
Kl digas tegangan naik ya itu pasti sepertinya.
Hanya saja tegangan skrg kl beban full bervariasi antara 12,9 - 13 VDC ya?
Masalahnya Om merasa tegangan tidak stabil saat diberi beban penuh khan?
Kl saya akan cek IC alternator bawaan dgn IC yg baru apakah peruntukannya sama.
Bisa cari di mbah gugel datasheet dari IC modelnya.
Kl beda bisa jadi ya ada perbedaan output.
Nah efeknya apa? Ya paling ngga stabil aja tegangannya dan mungkin beberapa peralatan akan lbh pendek umurnya kl dikasi input tegangan yg bervariasi. Tetapi itu kalau variasi tegangan nya jauh sekali.
Step kedua paling mudah dgn mengganti semua dioda di alternator dgn dioda baru. Krn dioda fungsinya sebagai penyearah sekaligus proteksi juga spy ngga ada tegangan balik.
Demikian analisa nubie setelah bertapa 70 menit...bergelantungan di commuterline..
Semoga membantu
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2362
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala
mungkin kabel dan konektor nya ada yang kurang bagus om