Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by Ridhobramantio »

Misi mimin2 dan om2 semua...
Mau nanya sedikit nih, voltase pas lampu besar dan ac nyala kok turunnya agak jauh ya, tapi kalo di pancing gas nanti dia baru agak naik, awal nyala lampu dan ac pas idle tegangan di 12,9v dan motor fannya agak ngeden, digas sekali baru naik ke 13,4-5 v, oia posisi aki gs basah baru, dan alternator ic baru ganti.. apa harus tambah grounding ya? Mobilnya toyota echo, terimakasih semua... semoga ada pencerahan, oia tegangan aki pas mati sekarang di 12,3-4 v, agak cepet turunnya padahal akinya baru mau sebulan, awal masih 12,8 v
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by bsetiawan »

Dari pengalaman saya dgn kejadian serupa, problemnya di alternator. Memang IC baru diganti, tpi apakah dikerjakan dgn benar; bearing alternatornya apa diganti jg?

Selain itu mungkin coba mesin di-tune up; bersihkan throttle body, cek busi, cek setelan klep, bersihkan MAF (Mass Air Flow) sensor, dsb. Mungkin suhu2 di sini bisa membantu menganalisa lbh lanjut.
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by Ridhobramantio »

bsetiawan wrote: Sat Nov 06, 2021 4:07 Dari pengalaman saya dgn kejadian serupa, problemnya di alternator. Memang IC baru diganti, tpi apakah dikerjakan dgn benar; bearing alternatornya apa diganti jg?

Selain itu mungkin coba mesin di-tune up; bersihkan throttle body, cek busi, cek setelan klep, bersihkan MAF (Mass Air Flow) sensor, dsb. Mungkin suhu2 di sini bisa membantu menganalisa lbh lanjut.
Maf, throttle busi udah dibersihin sama di cek om, ini alternator carbon brush sama ic nya si diganti, kebetulan kalo ga ada beban(cuma nyala mesin aja) itu di 14 v, nyala lampu kecil turun jadi 13,9v, nah disaat nyala lampu sih yg paling turun, kalo nyala ac aja manteng di 13,7-8v, kalo disaat awal nyala lampu kerasa rpmnya agak berat om
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4159
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by kunaskun »

Ridhobramantio wrote: Sat Nov 06, 2021 3:15 Misi mimin2 dan om2 semua...
Mau nanya sedikit nih, voltase pas lampu besar dan ac nyala kok turunnya agak jauh ya, tapi kalo di pancing gas nanti dia baru agak naik, awal nyala lampu dan ac pas idle tegangan di 12,9v dan motor fannya agak ngeden, digas sekali baru naik ke 13,4-5 v, oia posisi aki gs basah baru, dan alternator ic baru ganti.. apa harus tambah grounding ya? Mobilnya toyota echo, terimakasih semua... semoga ada pencerahan, oia tegangan aki pas mati sekarang di 12,3-4 v, agak cepet turunnya padahal akinya baru mau sebulan, awal masih 12,8 v
pengisian sepertinya ga maksimal ya. jadi aki kesedot terus dayanya. lama2 ya aki soak.
coba bawa ke tukang alternator lain, dicek alternator tsb apakah benar penggantiannya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11470
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by marmut »

Ridhobramantio wrote: Sat Nov 06, 2021 3:15
alternator ic baru ganti..


ganti dengan IC merk denso atau merk lain? banyak bertebaran merk gaje sekarang dengan harga menggiurkan.
sudah cek kondisi rectifier/dioda? bisa cek visual dan mudah terutama saat alternator lagi dibongkar. kalau dioda ada gangguan, biasa di sekelilingnya ada crack atau retak, entah halus ataupun besar retaknya. yang terparah, gosong di sekeliling dioda.
ada 3-4 dioda di 1 alternator, 1 saja bermasalah (walopun retak halus) pengisian nggak maksimal.

saya agak bingung kalo sampe IC diganti, karena dalam pemakaian normal, alternator hanya butuh penggantian carbon brush. untuk bearing, jangan dibahas dulu.
pernah kerendem banjir atau sering sengaja disiram air?
karena kalo IC diganti, bisa jadi karena short/kortsluiting/korslet/konslet/whatever you name it lah...
dan kalopun sampe IC diganti, umumnya bersamaan dengan carbon brush dan rectifier/dioda. untuk dioda pun, banyak merk gaje. hati-hati saja....

btw, konsentrasi hanya di alternator saja, jangan kutak katik mesin karena tidak ada hubungan antara pengisian setrum dengan tune up.
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by Ridhobramantio »

kunaskun wrote: Sat Nov 06, 2021 14:24
Ridhobramantio wrote: Sat Nov 06, 2021 3:15 Misi mimin2 dan om2 semua...
Mau nanya sedikit nih, voltase pas lampu besar dan ac nyala kok turunnya agak jauh ya, tapi kalo di pancing gas nanti dia baru agak naik, awal nyala lampu dan ac pas idle tegangan di 12,9v dan motor fannya agak ngeden, digas sekali baru naik ke 13,4-5 v, oia posisi aki gs basah baru, dan alternator ic baru ganti.. apa harus tambah grounding ya? Mobilnya toyota echo, terimakasih semua... semoga ada pencerahan, oia tegangan aki pas mati sekarang di 12,3-4 v, agak cepet turunnya padahal akinya baru mau sebulan, awal masih 12,8 v
pengisian sepertinya ga maksimal ya. jadi aki kesedot terus dayanya. lama2 ya aki soak.
coba bawa ke tukang alternator lain, dicek alternator tsb apakah benar penggantiannya.
Awal sudah ganti carbon brush om, cuma beberapa kali pake lambang aki nyala lagi, akhirnya diputuskan ganti ic, kenapa ganti ic, karena saya ga mau rubah soket om, soketnya beda dengan lokal punya
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by Ridhobramantio »

marmut wrote: Sat Nov 06, 2021 14:41
Ridhobramantio wrote: Sat Nov 06, 2021 3:15
alternator ic baru ganti..


ganti dengan IC merk denso atau merk lain? banyak bertebaran merk gaje sekarang dengan harga menggiurkan.
sudah cek kondisi rectifier/dioda? bisa cek visual dan mudah terutama saat alternator lagi dibongkar. kalau dioda ada gangguan, biasa di sekelilingnya ada crack atau retak, entah halus ataupun besar retaknya. yang terparah, gosong di sekeliling dioda.
ada 3-4 dioda di 1 alternator, 1 saja bermasalah (walopun retak halus) pengisian nggak maksimal.

saya agak bingung kalo sampe IC diganti, karena dalam pemakaian normal, alternator hanya butuh penggantian carbon brush. untuk bearing, jangan dibahas dulu.
pernah kerendem banjir atau sering sengaja disiram air?
karena kalo IC diganti, bisa jadi karena short/kortsluiting/korslet/konslet/whatever you name it lah...
dan kalopun sampe IC diganti, umumnya bersamaan dengan carbon brush dan rectifier/dioda. untuk dioda pun, banyak merk gaje. hati-hati saja....

btw, konsentrasi hanya di alternator saja, jangan kutak katik mesin karena tidak ada hubungan antara pengisian setrum dengan tune up.
Jadi kenapa ganti ic, karena awal saya udah ganti brushnya om, brush udah tipis tapi yg lain aman, bearing dll ga ada yg salah dan gosong, saat itu lambang aki kadang nyala kadang engga, akhirnya abis ganti aman, nahbeberapa kali pake lambang aki muncul lagi disaat awal start, tapi digas sekali hilang ga muncul2 lagi, sampe akhirnya terakhir akinya kalah, abis itu diputuskan ganti ic, kenapa ga ganti alternator full? Karna saya ga mau rubah soket om, bisa sebenernya pake punya yaris, cuma berbeda di soket, soket bawaan kabelnya lebih satu dan 3 kaki, akhirnya coba cari alternator kaki 3 dan dapet cuma merk taiwan, akhirnya saya gak ambil dan diputuskan cari ic nya aja, dapet dengan merk sama, akhirnya diputusin beli, so far ya ga ada masalah si om, cuma itu awal tegangan pas nyala 14,1v, nyala lampu 13,6v, nah tadi saya cek nyala lampu besar dan ac awal2 langsung drop ke 12,9v tapi gak lama goyang 12,9-13v, tapi kalo digas naik ke 13,4-6v, oia barusan liat tegangannya pas mati normal di 12,3v ( kebetulan keliatan karna saya pakein pivot raizin biru), oia dan satu lagi, ini alternator bawaan dari mesinnya om, mesinnya duduk 2 taunan, dan pasang mesin ini di taun 2018, di 2021 ini baru nyerah 😂
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4015
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by yanuarra »

marmut wrote: Sat Nov 06, 2021 14:41
Ridhobramantio wrote: Sat Nov 06, 2021 3:15
alternator ic baru ganti..


ganti dengan IC merk denso atau merk lain? banyak bertebaran merk gaje sekarang dengan harga menggiurkan.
sudah cek kondisi rectifier/dioda? bisa cek visual dan mudah terutama saat alternator lagi dibongkar. kalau dioda ada gangguan, biasa di sekelilingnya ada crack atau retak, entah halus ataupun besar retaknya. yang terparah, gosong di sekeliling dioda.
ada 3-4 dioda di 1 alternator, 1 saja bermasalah (walopun retak halus) pengisian nggak maksimal.

saya agak bingung kalo sampe IC diganti, karena dalam pemakaian normal, alternator hanya butuh penggantian carbon brush. untuk bearing, jangan dibahas dulu.
pernah kerendem banjir atau sering sengaja disiram air?
karena kalo IC diganti, bisa jadi karena short/kortsluiting/korslet/konslet/whatever you name it lah...
dan kalopun sampe IC diganti, umumnya bersamaan dengan carbon brush dan rectifier/dioda. untuk dioda pun, banyak merk gaje. hati-hati saja....

btw, konsentrasi hanya di alternator saja, jangan kutak katik mesin karena tidak ada hubungan antara pengisian setrum dengan tune up.
:frm_salut:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11470
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by marmut »

yanuarra wrote: Sat Nov 06, 2021 21:06

:frm_salut:

2826207952.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1927
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by blloewy »

Ridhobramantio wrote: Sat Nov 06, 2021 16:58
marmut wrote: Sat Nov 06, 2021 14:41
Ridhobramantio wrote: Sat Nov 06, 2021 3:15
alternator ic baru ganti..


ganti dengan IC merk denso atau merk lain? banyak bertebaran merk gaje sekarang dengan harga menggiurkan.
sudah cek kondisi rectifier/dioda? bisa cek visual dan mudah terutama saat alternator lagi dibongkar. kalau dioda ada gangguan, biasa di sekelilingnya ada crack atau retak, entah halus ataupun besar retaknya. yang terparah, gosong di sekeliling dioda.
ada 3-4 dioda di 1 alternator, 1 saja bermasalah (walopun retak halus) pengisian nggak maksimal.

saya agak bingung kalo sampe IC diganti, karena dalam pemakaian normal, alternator hanya butuh penggantian carbon brush. untuk bearing, jangan dibahas dulu.
pernah kerendem banjir atau sering sengaja disiram air?
karena kalo IC diganti, bisa jadi karena short/kortsluiting/korslet/konslet/whatever you name it lah...
dan kalopun sampe IC diganti, umumnya bersamaan dengan carbon brush dan rectifier/dioda. untuk dioda pun, banyak merk gaje. hati-hati saja....

btw, konsentrasi hanya di alternator saja, jangan kutak katik mesin karena tidak ada hubungan antara pengisian setrum dengan tune up.
Jadi kenapa ganti ic, karena awal saya udah ganti brushnya om, brush udah tipis tapi yg lain aman, bearing dll ga ada yg salah dan gosong, saat itu lambang aki kadang nyala kadang engga, akhirnya abis ganti aman, nahbeberapa kali pake lambang aki muncul lagi disaat awal start, tapi digas sekali hilang ga muncul2 lagi, sampe akhirnya terakhir akinya kalah, abis itu diputuskan ganti ic, kenapa ga ganti alternator full? Karna saya ga mau rubah soket om, bisa sebenernya pake punya yaris, cuma berbeda di soket, soket bawaan kabelnya lebih satu dan 3 kaki, akhirnya coba cari alternator kaki 3 dan dapet cuma merk taiwan, akhirnya saya gak ambil dan diputuskan cari ic nya aja, dapet dengan merk sama, akhirnya diputusin beli, so far ya ga ada masalah si om, cuma itu awal tegangan pas nyala 14,1v, nyala lampu 13,6v, nah tadi saya cek nyala lampu besar dan ac awal2 langsung drop ke 12,9v tapi gak lama goyang 12,9-13v, tapi kalo digas naik ke 13,4-6v, oia barusan liat tegangannya pas mati normal di 12,3v ( kebetulan keliatan karna saya pakein pivot raizin biru), oia dan satu lagi, ini alternator bawaan dari mesinnya om, mesinnya duduk 2 taunan, dan pasang mesin ini di taun 2018, di 2021 ini baru nyerah 😂
Mari kita urut Om kronologisnya.
Sdh ganti Carbon Brush tp lambang Alternator rusak tetep ON di dashboard.
Skrg ganti IC saja tanpa mengganti diodanya, meskipun IC tdk ada visual rusak ya.
Pertanyaan pertama IC yg diambil itu pny kode yg sama atau hanya merk aja sama? Krn tiap IC meskipun 1 merk kl beda model pasti beda peruntukannya.
Saat operasional dikasi beban itu kondisi mesin nyala khan ya?
Yg jadi masalah tegangan ngga stabil saat beban full ya?
Kl digas tegangan naik ya itu pasti sepertinya.
Hanya saja tegangan skrg kl beban full bervariasi antara 12,9 - 13 VDC ya?
Masalahnya Om merasa tegangan tidak stabil saat diberi beban penuh khan?
Kl saya akan cek IC alternator bawaan dgn IC yg baru apakah peruntukannya sama.
Bisa cari di mbah gugel datasheet dari IC modelnya.
Kl beda bisa jadi ya ada perbedaan output.
Nah efeknya apa? Ya paling ngga stabil aja tegangannya dan mungkin beberapa peralatan akan lbh pendek umurnya kl dikasi input tegangan yg bervariasi. Tetapi itu kalau variasi tegangan nya jauh sekali.

Step kedua paling mudah dgn mengganti semua dioda di alternator dgn dioda baru. Krn dioda fungsinya sebagai penyearah sekaligus proteksi juga spy ngga ada tegangan balik.

Demikian analisa nubie setelah bertapa 70 menit...bergelantungan di commuterline..


Semoga membantu :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2362
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Tegangan turun saat lampu dan ac menyala

Post by ilhami »

mungkin kabel dan konektor nya ada yang kurang bagus om