Modifikasi Isuzu panther

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

davidbali
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:30
Location: Bali

Modifikasi Isuzu panther

Post by davidbali »

:D Salam kenal para suhu2 & pakar2 di seraya motor
ini David, newbie dari Bali nih
Maaf dulu sebelumnya kalau newbie uda buka2 thread baru, abis gak kelihatan thread yg cocok sih.
Mau tanya nih ada gak yg pernah pengalaman modifikasi mesin panther 2.5 turbo ya?
mobil ini uda serba enak sebenarnya, irit banget, jarang rewel and perawatan mudah. Limbungnya uda enak semenjak ganti shock kayaba di shop and drive. Cuman satu yg kurang, yaitu powernya loyo banget
Sebenernya gak nyari banyak sih, maunya kalau performance kayak kijang kapsul 1.8 aja uda enak tuh, jadi mau nanya ada gak yg pernah modif mesin ini (yg gak terlalu extreme), katakanlah dengan budjet dibawah 5jt gitu.
Thanks ya sebelumnya!!!
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by GTR »

since mesin turbodiesel, maybe harus ke ahli turbo, pembenahan di sektor turbo harusnya paling signifikan di mesin turbodiesel.
tapi awam pakar turbo di bali sih.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by Turboman »

davidbali wrote::D Salam kenal para suhu2 & pakar2 di seraya motor
ini David, newbie dari Bali nih
Maaf dulu sebelumnya kalau newbie uda buka2 thread baru, abis gak kelihatan thread yg cocok sih.
Mau tanya nih ada gak yg pernah pengalaman modifikasi mesin panther 2.5 turbo ya?
mobil ini uda serba enak sebenarnya, irit banget, jarang rewel and perawatan mudah. Limbungnya uda enak semenjak ganti shock kayaba di shop and drive. Cuman satu yg kurang, yaitu powernya loyo banget
Sebenernya gak nyari banyak sih, maunya kalau performance kayak kijang kapsul 1.8 aja uda enak tuh, jadi mau nanya ada gak yg pernah modif mesin ini (yg gak terlalu extreme), katakanlah dengan budjet dibawah 5jt gitu.
Thanks ya sebelumnya!!!
Silahkan join milis [email protected]
davidbali
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:30
Location: Bali

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by davidbali »

Sori nih mau ikut2an lagi.
Ada yg suggest pakai water methanol injection
setelah cari di web inti yg gw dapat: cara ini mengunakan campuran methanol + air(H2O) setelah itu disemprot merupa uap supaya mendinginkan mesin dan terutama turbonya. Dengan 'cooling down' cara gini, timing dpt di adjust dan turbo boostnya bisa tambah banyak dengan signifikan, dan gak akan ada gejala knocking
bisa lihat di http://www.snowperformance.net or http://www.alcohol-injection.com

Tapi kok gw lht prosesnya agak rumit ya? berarti kt hrs menyediakan methanol/alcohol dan air dlm resevoir, apa gak bahaya? dari website2 sih ada yg pk computer utk campuranya, kl begini artinya ada reservor air ama alcohol/methanol masing2? artinya kt hrs was2 terus dong penyediaan kedua cairan ini? wa, repot deh jadinya...

mau nanya lg nih, panther turbo pake intercooler gak sih? kalu gak ada bukanya kt bisa pakaiin intercooler supaya temp turun terus naikin dikit turbo boostnya? kalau pakaiin extra fan electric bakal membantu gak ya?

sori nih byk nanya, selama ini sih mainya N/A doang, ya kalau mau naik dikit performancenya ya main ignition, filter and terasa deh mesinya. Blm pernah main turbo nih...
untuk sekarang kayaknya ganti filter JFC dulu deh, mingkin uda terasa dikit performancenya. Sapa tau uda cukup...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by Turboman »

Huheuehuheuhe

Wa-M (water Methanol) Injection sih emang hasilnya cukup "dahsyat", ini umumnya utk mesin2 Diesel ber-Turbo karena kit dari Snow P itu bekerja berdasarkan boost Turbo (ada boost sensornya en kita bisa program di level boost berapa dia mulai "nyembur")

Hanya saja Methanol memang sgt beracun, penanganan harus sgt hati2, itupun biasanya orang2 pake campuran air - Methanol 50:50
davidbali
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:30
Location: Bali

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by davidbali »

Salam kenal ya turboman!

ya itu dia, abis baca di website kyknya gw gak percaya ama barang ini deh. kalo pake di race oke la, banyak montirnya, tp utk sehari2 kyknya gak cocok tu.

Gw juga uda ngaku nasib deh, panthernya paling pasangin JFC aja...

kalo ada ide2 modif minta saran ya!
davidbali
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:30
Location: Bali

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by davidbali »

mau nanya lagi ni turbuman
kalo rizor maximizer you pikir gimana? worth it gak ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by Turboman »

davidbali wrote:Salam kenal ya turboman!

ya itu dia, abis baca di website kyknya gw gak percaya ama barang ini deh. kalo pake di race oke la, banyak montirnya, tp utk sehari2 kyknya gak cocok tu.
Salam kenal juga

Mengenai Wa-M ya memang ada sisi kekurang praktisan yaitu reservoir hrs dicek berkala, kalau sudah surut maka harus ditambah. Kalau soal pemakaian ada 2 teman saya yg pakai Innova D4 D menggunakan Wa-M utk daily use & dia dilengkapi switch, jadi kalau kita nggak mau pakai tinggal dimatikan saja.

Tuning Diesel scr basic ya dgn free flow air filter, lalu anda juga bisa coba lakukan percobaan bor baut OfR, tetapi ini efeknya utk stop & go / tarikan bawah, cocok utk stop & go / menarik beban.

Kalau mesin Diesel sudah berumur maka lakukan Purging sudah wajib.

(So join aja milis panther)

Mengenai merek gadget yg anda sebut terakhir, kalau saya sih pertimbangkan sbg opsi paling akhir mengingat harganya yg luar biasa mahal & saat ini produk substitusi dapat diperoleh dgn biaya yg jauh lebih terjangkau.
davidbali
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:30
Location: Bali

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by davidbali »

bor baut OfR itu apa ya?
sori masih payah soal turbo diesel

saya uda join milisnya. thanks ya!

sempet nyari di ace tapi gak ketemu purging
ini harus dilakukan di bengkel ya?
atau bisa pake sendiri?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by GTR »

info dari mobilku.com;


Generasi baru Panther segera hadir

(02/04/2008) - Generasi baru Isuzu Panther akan hadir paska rekonstruksi bisnis Isuzu di Indonesia tuntas. Saat ini proses itu sedang berlangsung dan diharapkan bulan depan tuntas sehingga perusahaan baru bisa diumumkan, demikian ditegaskan Johanes Nangoi, presiden direktur PT Pantja Motor, ATPM Isuzu, saat memperkenalkan ubahan baru Isuzu Panther, Selasa (1/4).

Penegasan itu merupakan jawaban dari pertanyaan mengapa Isuzu Panther masih bertahan dengan model lama, hanya mengalami ubahan minor saja sementara kompetitor sudah ganti generasi.



Menurutnya selain Isuzu Panther diminati konsumen karena karakternya yang tangguh, bandel dan cocok dengan kondisi Indonesia -termasuk kualitas jalan dan bahan bakar-, pihak prinsipal ditengarai juga 'bermain' untuk memperlambat proses regenerasi itu.
"Isuzu Jepang tertarik untuk memiliki lebih banyak saham di PT Pantja Motor, ATPM Isuzu di Indonesia. Karena kinerjanya bagus, sahamnya jadi mahal. Maka mereka ngakalin agar sahamnya bisa lebih murah," kata Pak Yo, panggilan akrab Johannes Nangoi Pak Yo menyebut itu bagian dari cara Isuzu Jepang bernegoisasi.

"Saat ini kami sedang negoisasi. Mereka ingin membeli lebih banyak saham. Nantinya komposisi saham Isuzu Jepang dan Astra Internasional akan sama, plus pemegang saham dari Pemerintah," tutur Pak Yo. Saat ini komposisi pemegang saham adalah 65% PT Astra Internasional, 12.5% Isuzu Jepang, 12.5% Itochu Jepang dan 10% Pemerintah RI.

Penjualan Isuzu di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Tahun ini diharapkan mencapai 22,000 unit, meningkat 3,500 unit dari tahun lalu yang tercatat 18,270 unit (Data Gaikindo). Isuzu menguasi 13% pangsa pasar dikelasnya. Dari jumlah itu, Isuzu Panther tetap penyumbang utama, terjual sekitar 1000 unit/bulan. Ekspor PT Pantja Motor 2600 unit perbulan ke India, Malaysia dan Philipine. Isuzu Panther hanya diproduksi di Indonesia.

Selain hadirnya generasi baru Panther, diharapkan nantinya Isuzu juga membangun basis produksi kendaraan niaga ringan di Indonesia.Penjualan Isuzu Elf cukup baik di Indonesia, dikisaran 500-an unit perbulan. Lebih-lebih Isuzu sudah menancaptkan tekadnya untuk lebih fokus di segmen niaga. Masalahnya, pihak Jepang masih memiliki banyak pertanyaan terhadap aturan perburuhan, investasi dan pungli.

PT Astra Internasional (AI) sebagai perusahaan otomotif terbesar di Indonesia terus kehilangan dominasinya di perusahaan patungan yang didirikan bersama partner asingnya. Ini terjadi sejak krisis ekonomi 1998. Toyota misalnya, kini menguasai 95% saham Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMIN) dan sisanya untuk PT AI. Daihatsu Motor Co. menguasai 70% saham PT Astra Daihatsu Motor. BMW AG kini menguasi 100% PT BMW Indonesia.

PT Pantja Motor masuk ke jaringan PT AI tahun 1988. Pak Yo menuturkan, saat itu kondisi perusahaan hampir kolaps. Mereka hanya bisa menjual sekitar 500 unit /tahun. Hutangnya menumpuk. BNI 46 sebagai kreditor terbesar bernisiatif mencari partner baru untuk menyelamatkan perusahaan. PT AI kemudian membeli 75% saham PT Pantja Motor. Setelah berada dalam kelompok AI, PT Pantja Motor di benahi. Orang-orang AI yang berhasil membesarkan Toyota Kijang ditarik masuk dan lahirlah Isuzu Panther. Tahun 1993 penjualan Isuzu sudah mencapai 15,000 unit dan puncaknya 1997 mencapai 55,000 unit.






Padahal harga phanter sekarang sudah cukup tinggi;
E2 SMART- G Rp 171,500,000
E2 SMART FF-G Rp 173,500,000
E2 LV - G Rp 179,500,000
E2 LV FF - G Rp 181,500,000
E2 ADVENTURE - G Rp 189,750,000
E2 LS TURBO - G Rp 201,750,000
E2 TOURING - G Rp 206,250,000
E2 GRAND TOURING - G Rp 216,750,000
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by poeticmind »

generasi baru panther itu kira2 rubah ga ya design body nya...
Image
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by HilmanZ »

bknnya ga desain ulang bodi sama sekali..cm nambahain fitur doank ky nanti grand touring ada DVD player nya..panther mst nya si da desain ulang..modelnya dah trlalu kuno.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by BADAK »

Sundul tret jadul ah...
Silahkan sharing bagi yg pny tips modifikasi buat panther.. :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by poeticmind »

di face lift sendiri? DIY. haha!
Image
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by diesel mania »

Kalo panthernya udah turbo mah gampang modifnya...bawa ke bengkel turbo dinaikin boost turbonya...karena standar pabriknya dibatasin cuma 0,3 bar.. nanti dinaikin jadi 0,5 sampai maksimal 0,7bar, jangan terlalu gede tar mledug mesinnya.. nanti diakalin di wastegatenya... bisa dengan cara dibuka paksa,trus diganjal ring.. kalau mau yang lebih elegan beli aja boost controler.. tapi agak mahal, kisaran 2jt lebih..
Panther saya aja ga ada turbonya trus pasang turbo abis 8jt..
Bersyukurlah panther anda yang udah ada turbonya tinggal dikilik dikit aja langsung wuushhh........
Diesel in my head
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by diesel mania »

2012-04-21 16.28.16.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Diesel in my head
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by Rakean »

modifikasi panther turbo utk dongkrak performa sebenernya gampang dan murah :mky_01:

* Gedein boost turbo => modal rp5000 buat beli standar per motor.. per standar motor tsb digunakan untuk mengganjal tuas wastegate turbonya, sehingga bukaan wastegate lebih keras :mky_06:

* Matikan EGR => modal rp2000 buat beli gotri/pelor di bengkel sepeda, gotri/pelor tsb digunakan untuk memampatkan selang yg menuju ke EGR :mky_08:

* Atur load solar => yg ini sih gak usah keluar duit :mky_07:

* Ganti filter udara bawaan => cukup pake filter merek sakura (modal 35rb-50rb) udah cukup oke, kalau mo mantap lagi pake apex (90rb-100rb) :mky_03:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
tbr541
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Wed Mar 30, 2016 6:00

Re: Modifikasi Isuzu panther

Post by tbr541 »

Sebenernya isuzu panther yang turbo ini akselerasi standarnya sudah responsif dari pada innova diesel. Sayang aja, sampai sekarang fitur-fiturnya tidak mengalami improvisasi.:off_bored: