[SM Modification] Exhaust Upgrade

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Post by FERIOB20B »

dony wrote:Meet kenal teman-2 dan pakar disini, sy newbie ingin bertanya nich :
Baru dpt nich mobil second nich jazz idsi matic, rencana mau ganti headernya dan kebetulan juga utk muffler dpt hibahan dr saudara HKS powermax.
Sebenarnya yg plg cocok buat jazz idsi matic itu 4-1 atau 4-2-1, bingung krn ada yg blg 4-1 dan ada juga 4-2-1, sy rencana udh mau beli yg benar-2 mandred buatan jpn kyk :
1. Mugen 4-1 (+/-6,5 jt)
2. Spoon 4-1 (+/-5.7 jt)
3 5zigen 4-2-1 (+/- 5.3 jt)
Terus yg sy dengar spoon tsb tdk murni 4-1 msh ada ke 4-2-1nya.
Saya sdh melihat brg-2 tsb diatas dan membandingkannya utk pipa lengkungan 5zigen ukurannya lbh kecil dibandingkan spoon,mnugen, utk sambungan dan kerapiannya sich sama ya.
Sebenar sy tertarik dgn mugen punya cuma ada yg blg buat IDSI Matic lbh baik pakai 4-2-1 drpd 4-1.
skrg jadi bingung menentukan pilihannya klau emang 4-2-1 ya tgl 5zigen tapi kyknya kecil gitu pipa-2nya, kira-2 bagus mana ya , mohon advise dari teman-2 disini, dan sebelumnya sy ucapkan trm ksh.
Wow,
harganya dapet dari mana tuh, tinggi banget untuk harga2 header diatas, PM saya untuk harga brg2 tersebut diatas.
By the way, untuk header tidak selalu gede itu bagus, seperti yg di bahas bung penyu sebelum2nya, tergantung keperluan dan spec mobil anda.
Saya ada beberapa pengalaman dengan beberapa merek di IDSI Jazz.
B20B DOHC VTEC
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

dony wrote:Meet kenal teman-2 dan pakar disini, sy newbie ingin bertanya nich :
Baru dpt nich mobil second nich jazz idsi matic, rencana mau ganti headernya dan kebetulan juga utk muffler dpt hibahan dr saudara HKS powermax.
Sebenarnya yg plg cocok buat jazz idsi matic itu 4-1 atau 4-2-1, bingung krn ada yg blg 4-1 dan ada juga 4-2-1, sy rencana udh mau beli yg benar-2 mandred buatan jpn kyk :
1. Mugen 4-1 (+/-6,5 jt)
2. Spoon 4-1 (+/-5.7 jt)
3 5zigen 4-2-1 (+/- 5.3 jt)
Terus yg sy dengar spoon tsb tdk murni 4-1 msh ada ke 4-2-1nya.
Saya sdh melihat brg-2 tsb diatas dan membandingkannya utk pipa lengkungan 5zigen ukurannya lbh kecil dibandingkan spoon,mnugen, utk sambungan dan kerapiannya sich sama ya.
Sebenar sy tertarik dgn mugen punya cuma ada yg blg buat IDSI Matic lbh baik pakai 4-2-1 drpd 4-1.
skrg jadi bingung menentukan pilihannya klau emang 4-2-1 ya tgl 5zigen tapi kyknya kecil gitu pipa-2nya, kira-2 bagus mana ya , mohon advise dari teman-2 disini, dan sebelumnya sy ucapkan trm ksh.
Untuk street driving yang lebih cocok adalah konfigurasi 4-2-1 ... sedang untuk yang kesukaannya racing ya makai konfigurasi 4-1 (high revv).

Kecil gak masalah ... yang penting TUNED untuk wide band RPM range ... cocok untuk street ... low speed ok (lampu merah dan kemacetan LL) dan high speed nya pun OK (ngebut di toll) walaupun pada high Revv masih kalah dengan konfigurasi 4-1.
Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Gw udah ktemu Indojaya. Kecil tapi rame ya. Ternyata gw sering lewat situ. Rame banget. Kata orangnya, kalu mau harus pagi-pagi. Kalu bengkel knalpot umumnya cuma isi 1-2 mobil. Kalu yg ini bisa 4-5 mobil sekaligus. Ampe ada yg parkir diluar segala. Malah minggu lalu waktu lewat depannya, lg ada rx-8 merah lagi dibenerin. Jadi minder negh... :oops: Selain itu kata temen, disitu terima lemparan dari AMS (amyau motosport).

Gw sendiri blum ketemu waktunya nih. Mudah-mudahan minggu ini bisa kesana. Udah gatel banget denger suara knalpot bocor nih. :?
Accurate V5 Accounting System Consultant
darth maul
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 01, 2006 10:39
Location: in da office

Post by darth maul »

all,
salam kenal. nubie baru gabung nih...mo langsung nanya2 ya ke para pakar disini...kebetulan ada thread ttg header nih
om penyu, boleh minta tolong diinform ukuran header yg ideal utk avanza 1.3 berapa ya? daily driving dalam kota dan tol. pengennya bisa dapet torque dan powerband yg lebar.
thanking u in advance
darth maul
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 01, 2006 10:39
Location: in da office

Post by darth maul »

nanya lagi ya...
bener gak sih logikanya kalo 'kelemahan' masing2 konfigurasi header (4-2-1 kurang di atas, 4-1 kurang di bawah) bisa dikompensasi dg settingan mesin. misalnya pake header 4-2-1, settingan mesin diset bagus utk rpm atas...
ditunggu inputnya, ya...
many thanks
Life consists not in holding good cards but in playing those you hold well.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

darth maul wrote:all,
salam kenal. nubie baru gabung nih...mo langsung nanya2 ya ke para pakar disini...kebetulan ada thread ttg header nih
om penyu, boleh minta tolong diinform ukuran header yg ideal utk avanza 1.3 berapa ya? daily driving dalam kota dan tol. pengennya bisa dapet torque dan powerband yg lebar.
thanking u in advance
Untuk Exhaust header, ukuran ideal itu bergantung pada objective yang akan dicapai. Memang kalau diambil secara konservative ... pada umunya untuk keperluan daily driving ... header yang sesuai adalah yang konfigurasinya 4-2-1 ... dan itupun juga ada kaitannya dengan kondisi lalu lintas. Sekiranya banyak terjadi kemacetan lalu lintas ... ada baiknya dipilih yang Low End Torque, dalam arti kata seting untuk Peak Torque terjadi di putaran yang relative rendah ... hany diusahakan sedemikian rupa supaya untuk putaran tinggi nggak terlalu dikorbankan.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

darth maul wrote:nanya lagi ya...
bener gak sih logikanya kalo 'kelemahan' masing2 konfigurasi header (4-2-1 kurang di atas, 4-1 kurang di bawah) bisa dikompensasi dg settingan mesin. misalnya pake header 4-2-1, settingan mesin diset bagus utk rpm atas...
ditunggu inputnya, ya...
many thanks
Secara umumnya begitu ... namun jika di tune betul-betul ... untuk putaran atas (high revv) ... konfigurasi 4-2-1 hanya sedikit kurang perform ketimbang konfigurasi 4-1 ... akan tetapi sudah cukup memadai.

Satu kendala utnuk mendapatkan Low End Torque pada mesin yang kapasitasnya kecil ... setidak-tidaknya Peak Torque di set diatas 4000 RPM ... lebih kecil dari itu ... ada kemungkinan besar malah kurang performa-nya ... lain halnya jika kapasitas mesin besar ... Peak Torque bisa di set pada RPM dibawah 3000. Kecuali jika mesin K3-VE dipasangin Turbo ... Peak Torque bisa di dapat pada putaran antara 3000 s/d 3500 RPM ... yang sangat sesuai dengan kondisi lalu lintas yang macet.

Saya akan coba berikan satu Gambaran untuk konfigurasi 4-2-1, untuk kapasitas mesin sebesar 1297cc (1.3L) ... Non Turbo. Tunggu hasilnya nanti kayak gimana.
Image
darth maul
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 01, 2006 10:39
Location: in da office

Post by darth maul »

ditunggu sekali inputnya, om penyu...
many thanks in advance
Life consists not in holding good cards but in playing those you hold well.
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

weelah kang Dart Maul, ketemu lagi disini....
masih gak puas dengan 4-2-1 nya ya he.....he.....he....
selamat menuggu.. ya
nanti kalo sudah jadi ditunggu testimoninya ya....
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

Pak PenyuTurbo,
ukuran knalpot untuk innova 2.0 L A/T 1TR-FE yg pas untuk harian berapa ya (tarikan OK irit bensin larinya juga kenceng.....he...he.....he...... ) ?
standar nya pipa 2,5 inci

spesifikasi mesinnya
vol.silinder 1998 cc
diameter X langkah 86 X 86 ml
max power 136.0/5600 ps/rpm
max torque 18.6/4000 kgm/rpm

ditunggu ya Pak PenyuTurbo ......... :e-dance:
darth maul
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 01, 2006 10:39
Location: in da office

Post by darth maul »

wah, ternyata om abdoel hadir juga disini, ya...
kalo udah dapet dari om penyu pasti direport testimoninya...
Life consists not in holding good cards but in playing those you hold well.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Akhirnya minggu lalu sempet juga ke bengkel. Gile indojaya rame banget ya. Dateng jam 8.30, udah ada kijang nongkrong. Abis gw trus atu-atu dateng, ampe ngantri. Yg masuk situ dari kijang rover, twincam gw, picanto, rx-8, ampe truk colt diesel. Hehehe.... Gilee benerrr.....

Tabung gw udah kropos abis. Kroposnya terlalu lebar kalu mau ditambal doank. Mau ganti yg stainless model standar, lagi abis. Kali gara2 terlalu laris ya? :roll: Trus akhirnya ganti yg kecilan, tapi brisik. :lol: Maksud gw yg bentuknya mirip2 silencer motor gede. Lumayan ngirit pake gituan, soalnya cuma beli tabung. Moncongnya udah bagus, ga perlu beli tambahan moncong lagi. Trus tambah tabung kecil, yg kata mereka utk menghemat bbm. Total abis 600rban.

Udah seminggu jalan, nyoba ngebut di tol, akselerasinya terasa lebih baik. Cuma belum pernah sampe top speed. Maklum tol dalam kota, n tol jkt-tangerang ga pernah sepi. Efeknya bensin rada boros. Cuma belum ketauan persisnya. Lupa melulu mau ngitung konsumsi bbmnya.

Tapi yang berasa manfaatnya suara berisiknya. Lumayan membantu untuk ngusir angkot n buka jalan kalu macet. Hehehe...

:D
Accurate V5 Accounting System Consultant
darth maul
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 01, 2006 10:39
Location: in da office

Post by darth maul »

PenyuTurbo wrote:
darth maul wrote:nanya lagi ya...
bener gak sih logikanya kalo 'kelemahan' masing2 konfigurasi header (4-2-1 kurang di atas, 4-1 kurang di bawah) bisa dikompensasi dg settingan mesin. misalnya pake header 4-2-1, settingan mesin diset bagus utk rpm atas...
ditunggu inputnya, ya...
many thanks
Secara umumnya begitu ... namun jika di tune betul-betul ... untuk putaran atas (high revv) ... konfigurasi 4-2-1 hanya sedikit kurang perform ketimbang konfigurasi 4-1 ... akan tetapi sudah cukup memadai.

Satu kendala utnuk mendapatkan Low End Torque pada mesin yang kapasitasnya kecil ... setidak-tidaknya Peak Torque di set diatas 4000 RPM ... lebih kecil dari itu ... ada kemungkinan besar malah kurang performa-nya ... lain halnya jika kapasitas mesin besar ... Peak Torque bisa di set pada RPM dibawah 3000. Kecuali jika mesin K3-VE dipasangin Turbo ... Peak Torque bisa di dapat pada putaran antara 3000 s/d 3500 RPM ... yang sangat sesuai dengan kondisi lalu lintas yang macet.

Saya akan coba berikan satu Gambaran untuk konfigurasi 4-2-1, untuk kapasitas mesin sebesar 1297cc (1.3L) ... Non Turbo. Tunggu hasilnya nanti kayak gimana.
masih sabar menunggu nih om...
ditunggu kabar baiknya.
thanking u in advance
Life consists not in holding good cards but in playing those you hold well.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

[quote="darth maul]
masih sabar menunggu nih om...
ditunggu kabar baiknya.
thanking u in advance[/quote]

Sorry lamaan dikit tinggal final touch-nya ... drawingnya.
Image
darth maul
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 01, 2006 10:39
Location: in da office

Post by darth maul »

siiplah....
makasih banyak, om...
Life consists not in holding good cards but in playing those you hold well.
frontier

Post by frontier »

Hehehe.... Pak PenyuTurbo banyak orderan di sini ya.... Amal baik sampeyan di bulan puasa ini pahalanya berlipat2 pak.....
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

darth maul wrote:siiplah....
makasih banyak, om...
Bro,

Lihat gambah dibawah :

Sekiranya ukuran diameter pada gambar gak bisa diperoleh ... bisa digunakan ukuran standar yang tersedia :

1. Diameter pipa Utama 30 mm .... dinaikkan pakai ukuran 1.25 inch
2. Diameter pipa sekunder 36 mm ... dinaikkan pakai ukuran 1.50 inch
3. Diameter Down Pipe (Pipa setelah Kolektor) 43 mm ... dinaikkan pakai ukuran 2.00 Inch.

Semoga bermanfaat ....

Corona Bung Danny yang makai 3S-GE udah diubah headernya sesuai perhitungan ... Top Speed naik jadi 250 kpj pada RPM 7800 ... yang sebelumnya cuman 240 kpj pada 7200 RPM .... selamat Bung Danny ... itu kalau makai Ramuan Penyu Turbo ... mungkin bisa mentok ke 260 kpj pada RPM sekitar 7600.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Hehehe.... Pak PenyuTurbo banyak orderan di sini ya.... Amal baik sampeyan di bulan puasa ini pahalanya berlipat2 pak.....
Amiin 3x
Image
darth maul
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 01, 2006 10:39
Location: in da office

Post by darth maul »

PenyuTurbo wrote:
Bro,

Lihat gambah dibawah :

Sekiranya ukuran diameter pada gambar gak bisa diperoleh ... bisa digunakan ukuran standar yang tersedia :

1. Diameter pipa Utama 30 mm .... dinaikkan pakai ukuran 1.25 inch
2. Diameter pipa sekunder 36 mm ... dinaikkan pakai ukuran 1.50 inch
3. Diameter Down Pipe (Pipa setelah Kolektor) 43 mm ... dinaikkan pakai ukuran 2.00 Inch.

Semoga bermanfaat ....
Many thanks, bro...
One more question. ukuran pipa 1.25", 1.50" dan 2.00" ini adalah ukuran diameter dalam kan bro? bukan diameter luar. krn disini kan ada yg istilahnya pipa 1.25" banci, jadi diameter luarnya yg 1.25" dalemnya less than that.
Sekali lagi makasih banyak...
Life consists not in holding good cards but in playing those you hold well.
darth maul
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 01, 2006 10:39
Location: in da office

Post by darth maul »

pertanyaan tambahan nih, bro...
apakah pipa down pipe yg 2" tsb langsung disambungkan dg resonator? kalau iya berarti memang akan ada penyempitan saluran, ya...krn diameter dalam resonator stdnya avanza +/- 1.5".
ataukah down pipe tsb langsung menuju ke muffler? berarti resonator dicabut...suaranya akan jadi berisik, gak?
kalau memang down pipe tsb disambungkan ke resonator, lalu apakah pipa setelah resonator yg menuju ke muffler jg harus diperbesar jg? kalo iya, jadi berapa "?
sorry banyak nanya ya...newbie bgt nih...biar sekalian gak bolak balik gitu ngerjainnya
please kindly advise.
thanking u in advance...
Life consists not in holding good cards but in playing those you hold well.
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

teman2 disni saya mau nanya nih, saya ada knalpot sebring buat galant 2500, trus bisa diapain ya buat ferio ? ada ide? mungkin dibongkar?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Post by POS VETT »

LOL

Pipa gak ada yang istilahnya banci. Secara standar, SEMUA ukuran pipa itu selalu diameter luarnya. Kalau hose, ukurannya selalu diameter dalamnya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

electrofuq wrote:teman2 disni saya mau nanya nih, saya ada knalpot sebring buat galant 2500, trus bisa diapain ya buat ferio ? ada ide? mungkin dibongkar?
Kalau dibangkar buat ferio ... kelihatannya kegedean.
Image
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Pak Turbo, utk jazz matic IDSI kombinasi mana yang terbaik menurut pak Turbo :

1 Header Spoon/Mugen, downpipe custom,bpipe custom, muffler hks/tanabe

2.Header Spoon/Mugen, downpipe custom,bpipe standart(asli), muffler hks/tanabe

3.Header Spoon/Mugen, downpipe standart ada c.c (asli),bpipe custom, muffler hks/tanabe

3.Header Spoon/Mugen, downpipe standart ada c.c (asli),bpipe standart(asli), muffler hks/tanabe

Minta petunjuknya dong, karena yg sy dengar-2 utk Matic sebaiknya downpipe catalic converter tetap terpasang agar low endnya tdk ngempos, thx.
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

klo misalnya di bongkar, apa nya yg harus di ganti ya?