Page 1 of 24

[SM Modification] Exhaust Upgrade

Posted: Sat Jun 24, 2006 16:07
by PenyuTurbo
Mohon permisi pada SMers, mau buka topik baru : EXHAUST UPGRADE

Latar belakang :

1. Beragamnya parameter-parameter sebagai prioritas dalam memilih kendaraan yang mana tidak setiap merek kendaraan baru yang diluncurkan bisa memenuhi sekaligus semua kriteria pemilihan. Contohnya ada yang memprioritaskan kelapangan interior, tapi performancenya kurang kurang sesuai, begitu juga sebaliknya ada yang memprioritaskan performance dan kelapangan interior jatuh pada no.2 .... dan sebagainya dan sebagainya.

2. Para pemilik mobil tua yang menginginkan peningkatan performance tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

3. Adanya restriction pada Intake dan exhaust disebabkan oleh adanya batasan-batasan lingkungan, seperti kandungan gas-gas beracun dan tingkat kebisingan ... berakibat engine tidak memberikan OPTIMUM PERFORMACE ... under power kah ... boros kah ... sluggish kah dan lain sebagainya.

TUJUAN :

1. Memberikan konsep dan pemahaman tentang Exhaust dan pengaruhnya terhadap performance engine (torque dan power bands disamping peak torque dan peak power).

2. Mendapat gambaran ukuran2nya, bagaimana harus melakukan upgrade pada exhaust sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Contohnya yang tadinya peak torque dan peak power pada rpm tinggi mau diubah ke rpm yang lebih rendah (peak torque dan power pada midrange) ... supaya nggak hanya mengikuti apa kata foreman ... yang hasil akhirnya nggak seperti apa yang diharapkan.

3. Mengeluarkan kembali performance engine yang dikorbankan adanya batasan-batasan lingkungan, sehingga performance jadi OPTIMUM teerlebih-lebih lagi kalau bisa hemat BBM.

Secara umum komponen-komponen Exhaust/knalpot adalah :

1. Header
2. Collector
3. Catalitic Converter
4. Resonator
5. Muffler (Silencer)

Mohon para pakar untuk memberikan theory dan applications. Atau mungkin didahului oleh sesiapa saja yang ingin menanyakan kasus-kasus mobilnya terutama pada bagian exhaust/knalpot.

Silahkan ........

Posted: Wed Jun 28, 2006 13:46
by frontier
Mungkin diskusi soal I/H/E (Intake/Header/Exhaust) yang tersebar di beberapa thread lain, perlu dipindahkan kesini ya Pak ?

Re: EXHAUST UPGRADE

Posted: Thu Jun 29, 2006 4:21
by Mike
PenyuTurbo wrote:............

TUJUAN :

1. Memberikan konsep dan pemahaman tentang Exhaust dan pengaruhnya terhadap performance engine (torque dan power bands disamping peak torque dan peak power).

2. Mendapat gambaran ukuran2nya, bagaimana harus melakukan upgrade pada exhaust sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Contohnya yang tadinya peak torque dan peak power pada rpm tinggi mau diubah ke rpm yang lebih rendah (peak torque dan power pada midrange) ... supaya nggak hanya mengikuti apa kata foreman ... yang hasil akhirnya nggak seperti apa yang diharapkan.

3. Mengeluarkan kembali performance engine yang dikorbankan adanya batasan-batasan lingkungan, sehingga performance jadi OPTIMUM teerlebih-lebih lagi kalau bisa hemat BBM.
............
Tujuan2-nya manstapp....

tapi yg nomer 3,
misal dgn mengurangi glasswool di muffler, mobil bisa lebih ngacirr..
tapi ya itu, emisi jadi lebih tinggi, dan polusi suara juga...

Re: EXHAUST UPGRADE

Posted: Thu Jun 29, 2006 6:09
by PenyuTurbo
Mike wrote:
tapi yg nomer 3,
misal dgn mengurangi glasswool di muffler, mobil bisa lebih ngacirr..
tapi ya itu, emisi jadi lebih tinggi, dan polusi suara juga...
Yang ini, jika dibarengi dengan penambahan petrol treatment yang bisa mengurangi surface tension ... Insyaa Allah ... emisi jadi bersih karena pembakarannya sempurna ... hanya mengeluarkan CO2 dan H2O .... hehehehe ... promosi barang sendiri .... kononnya.

Glasswool nya dipertahankan ... hanya ganti dari yang chambered ke Straight Through ...

Posted: Thu Jun 29, 2006 6:13
by PenyuTurbo
frontier wrote:Mungkin diskusi soal I/H/E (Intake/Header/Exhaust) yang tersebar di beberapa thread lain, perlu dipindahkan kesini ya Pak ?
Ide bagus banget ... tapi gimana caranya aku mindahin ... mesti ditraining dulu ... Tolong dong e-mail gimana cara-caranya ?????

Re: EXHAUST UPGRADE

Posted: Thu Jun 29, 2006 8:17
by Mike
PenyuTurbo wrote:
Glasswool nya dipertahankan ... hanya ganti dari yang chambered ke Straight Through ...
Berarti desibel meningkat donks?
Polusi suara?

Posted: Thu Jun 29, 2006 8:27
by piterr
kalo mau kenceng ya jangan mikirin suara boss..... asal gak mengganggu pemakai jalan yang lain khan masih oke aja pak

Posted: Thu Jun 29, 2006 9:12
by Mike
Hueheheheh....

Brum...bruuummm........

Posted: Sun Sep 17, 2006 3:41
by frontier
Pak Penyu, ini ada yang nanya, yang disebut CAT BACK MUFFLER itu bagian mana dari exhaust system ?

Posted: Sun Sep 17, 2006 5:09
by PenyuTurbo
frontier wrote:Pak Penyu, ini ada yang nanya, yang disebut CAT BACK MUFFLER itu bagian mana dari exhaust system ?
MUFFLER yang ada dibelakang Catalytic Converter meliputi :

1. MUFFLER TENGAH, kadang orang menyebut Resonator disebut juga mini muffler atau muffler tengah atau kadang juga disebut First Silencer atau Center Silencer atau kadang juga ada yang menyebut Center bullete.

2. MUFFLER BELAKANG termasuk Tail Pipe.

Posted: Sun Sep 17, 2006 11:46
by deadwood
@ Frontier & Penyuturbo : thanks :)

Posted: Wed Sep 20, 2006 7:30
by y_anjasrana
Sip... sip... Kebetulan gw lagi mau betulin knalpot TC gw nih. Mungkin ganti sekalian, abis udah bocor. Kasih masukan yg banyak dunk....

:lol:

Posted: Wed Sep 20, 2006 8:36
by y_anjasrana
Mumpung lagi ngomongin knalpot.

Ada yg bisa rekomendasiin bengkel knalpot yg bagus gak? Di sekitar rumah banyak banget, cuma ga jamin rapi hasil kerjanya khan? Btw kalu bisa lokasi di sekitar kebon jeruk, ciledug, or bintaro.

Thx sebelumnya

8)

Posted: Wed Sep 20, 2006 9:34
by FERIOB20B
y_anjasrana wrote:Mumpung lagi ngomongin knalpot.

Ada yg bisa rekomendasiin bengkel knalpot yg bagus gak? Di sekitar rumah banyak banget, cuma ga jamin rapi hasil kerjanya khan? Btw kalu bisa lokasi di sekitar kebon jeruk, ciledug, or bintaro.

Thx sebelumnya

8)
Mau rapi ke Jalan gunung Sahari Standard ADI kenalpot, mereka rapi, bengkelnya pun bersih, plus ngelasnya pake MIG weld.

Posted: Wed Sep 20, 2006 11:12
by PenyuTurbo
y_anjasrana wrote:Sip... sip... Kebetulan gw lagi mau betulin knalpot TC gw nih. Mungkin ganti sekalian, abis udah bocor. Kasih masukan yg banyak dunk....

:lol:
Ada Objectives tertentu ? Seperti misalnya :

1. Low End Torque (pada RPM berapa ?)
2. High End Power (Pada RPM berapa ?)
3. Wide Torque and Powerbands

dsb ... dsb ... maka perlu masukan :

a. Engine capacity (displacement)
b. Pembukaan katup buang (BBDC - Before Bottom Dead Center) dalam derajad.
c. Penutupan Katu Buang (ATDC - After Top Dead Center) dalam derajad.
d. Peak Torque mau ada di RPM berapa ?

Posted: Wed Sep 20, 2006 12:59
by deadwood
di kebon jeruk ada di jalan panjang , indojaya ... pak mul "koki"nya , jago jg buat racik2 exhaust system ... 021-5326595

kalo standard adi blm pernah coba saya ...

ada yg dah perna coba disini ? kasi masukan donk :)

Posted: Wed Sep 20, 2006 16:12
by mazonka
Wah kalo SAK sama Indojaya emang bagus sih cuman harganya lumayan tinggi tuh,
apalagi SAK.
Kalo mau lumayan murah buat performance ke Diman Knalpot aja

Posted: Thu Sep 21, 2006 2:21
by FERIOB20B
deadwood wrote:di kebon jeruk ada di jalan panjang , indojaya ... pak mul "koki"nya , jago jg buat racik2 exhaust system ... 021-5326595

kalo standard adi blm pernah coba saya ...

ada yg dah perna coba disini ? kasi masukan donk :)
Standard Adi rapih buatannya, karena mereka selain 'tukang knalpot' mereka juga produsen knalpot, ada pabrik di kota Malang, jadi buatannya lebih halus dari yang lain2.

Posted: Thu Sep 21, 2006 11:50
by y_anjasrana
Mungkin gw ke Indojaya aja kali ya. Soalnya jalan panjang ga begitu jauh. Kalu gunung sahari kejauhan bro..

Atau ada yg lain? Kalu bisa sekalian nomer telpon or alamatnya gitu. :)
Ada Objectives tertentu ? Seperti misalnya :

1. Low End Torque (pada RPM berapa ?)
2. High End Power (Pada RPM berapa ?)
3. Wide Torque and Powerbands

dsb ... dsb ... maka perlu masukan :

a. Engine capacity (displacement)
b. Pembukaan katup buang (BBDC - Before Bottom Dead Center) dalam derajad.
c. Penutupan Katu Buang (ATDC - After Top Dead Center) dalam derajad.
d. Peak Torque mau ada di RPM berapa ?
Wah.. wah... gw ga begitu ngerti tuh. Mungkin yg wide kali ya. Soalnya buat di jakarta yg macet, tp suka juga lewat tol kalu ke tangerang. Belum pernah ampe top speed juga. Paling-paling 120-an. Soalnya tol tangerang sering padet sama truk-truk.

Fyi, gw pake corolla tc'91 1600cc LE. Mesin kyknya sih masih standar. Baru pake beberapa bulan.

Posted: Thu Sep 21, 2006 17:01
by PenyuTurbo
y_anjasrana wrote: Wah.. wah... gw ga begitu ngerti tuh. Mungkin yg wide kali ya. Soalnya buat di jakarta yg macet, tp suka juga lewat tol kalu ke tangerang. Belum pernah ampe top speed juga. Paling-paling 120-an. Soalnya tol tangerang sering padet sama truk-truk.

Fyi, gw pake corolla tc'91 1600cc LE. Mesin kyknya sih masih standar. Baru pake beberapa bulan.
Kalau driving travelnya kayak gitu, IMO ... perlu makai konfigurasi Header 4-2-1 plus low end torque ... contohnya dibawah ini :

Posted: Mon Sep 25, 2006 9:41
by FERIOB20B
PenyuTurbo wrote:
y_anjasrana wrote: Wah.. wah... gw ga begitu ngerti tuh. Mungkin yg wide kali ya. Soalnya buat di jakarta yg macet, tp suka juga lewat tol kalu ke tangerang. Belum pernah ampe top speed juga. Paling-paling 120-an. Soalnya tol tangerang sering padet sama truk-truk.

Fyi, gw pake corolla tc'91 1600cc LE. Mesin kyknya sih masih standar. Baru pake beberapa bulan.
Kalau driving travelnya kayak gitu, IMO ... perlu makai konfigurasi Header 4-2-1 plus low end torque ... contohnya dibawah ini :
pak penyu, saya rasa kalo 1.6L kalo pake piping 3inch kebesaran?

Posted: Mon Sep 25, 2006 14:11
by PenyuTurbo
FERIOB20B wrote:
PenyuTurbo wrote:
y_anjasrana wrote: Wah.. wah... gw ga begitu ngerti tuh. Mungkin yg wide kali ya. Soalnya buat di jakarta yg macet, tp suka juga lewat tol kalu ke tangerang. Belum pernah ampe top speed juga. Paling-paling 120-an. Soalnya tol tangerang sering padet sama truk-truk.

Fyi, gw pake corolla tc'91 1600cc LE. Mesin kyknya sih masih standar. Baru pake beberapa bulan.
Kalau driving travelnya kayak gitu, IMO ... perlu makai konfigurasi Header 4-2-1 plus low end torque ... contohnya dibawah ini :
pak penyu, saya rasa kalo 1.6L kalo pake piping 3inch kebesaran?
Secara umum dengan adanya exhaust restriction, Bung Ferio Betul. Contoh untuk 1.6L diatas itu masih open. Untuk parameter yang diberikan diatas dan konfigurasi 4-2-1, tune length adalah seperti diatas. Sekiranya menggunakan konfigurasi 4-1, maka diameter pipanya hanya 2.20" saja. Jika target Peak Torque dinaikkan ke 4500 ... maka diameter pipa headernya 2.25" untuk konfigurasi 4-1.

Jika BBDC dan ATDC yang riil diberikan, dan sekiranya harga sebenarnya BBDC semakin besar, maka diameter pipa header akan juga semakin kecil.

Posted: Mon Sep 25, 2006 14:16
by chapruk
klo mobil saya suzuki aerio 1500cc..masih std bgt..
di pakenya sehari2 doang..kaya di bawa ke bwt skul dan muter2 bandung...tp gw sendiri high speed lover...exhaust nya bgus kya gmn?

Posted: Tue Sep 26, 2006 15:58
by PenyuTurbo
chapruk wrote:klo mobil saya suzuki aerio 1500cc..masih std bgt..
di pakenya sehari2 doang..kaya di bawa ke bwt skul dan muter2 bandung...tp gw sendiri high speed lover...exhaust nya bgus kya gmn?
Biasanya sih untuk mengadaptasi daily driving yang kayak gitu ... makai konfigurasi header 4-2-1. Ada data VALVING untuk mesin aerio gak ?

Posted: Wed Sep 27, 2006 8:40
by dony
Meet kenal teman-2 dan pakar disini, sy newbie ingin bertanya nich :
Baru dpt nich mobil second nich jazz idsi matic, rencana mau ganti headernya dan kebetulan juga utk muffler dpt hibahan dr saudara HKS powermax.
Sebenarnya yg plg cocok buat jazz idsi matic itu 4-1 atau 4-2-1, bingung krn ada yg blg 4-1 dan ada juga 4-2-1, sy rencana udh mau beli yg benar-2 mandred buatan jpn kyk :
1. Mugen 4-1 (+/-6,5 jt)
2. Spoon 4-1 (+/-5.7 jt)
3 5zigen 4-2-1 (+/- 5.3 jt)
Terus yg sy dengar spoon tsb tdk murni 4-1 msh ada ke 4-2-1nya.
Saya sdh melihat brg-2 tsb diatas dan membandingkannya utk pipa lengkungan 5zigen ukurannya lbh kecil dibandingkan spoon,mnugen, utk sambungan dan kerapiannya sich sama ya.
Sebenar sy tertarik dgn mugen punya cuma ada yg blg buat IDSI Matic lbh baik pakai 4-2-1 drpd 4-1.
skrg jadi bingung menentukan pilihannya klau emang 4-2-1 ya tgl 5zigen tapi kyknya kecil gitu pipa-2nya, kira-2 bagus mana ya , mohon advise dari teman-2 disini, dan sebelumnya sy ucapkan trm ksh.