Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

audhie
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Jul 01, 2018 23:45
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina AT

Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by audhie »

Mohon saran nya dari para suhu..
mobil ane nissan grand livina AT 2011, Km 69.000. tenaga mobil ane drop ketika masuk gigi 2 di rpm 1700an. jadi ketika dipakai ditanjakan, ketika mobil masuk gigi 2 di rpm 1700, mobil gak bisa nanjak. jadi pedal gas harus di tekan dalam. Setelah melewati RPM melewati 1900, mesin kembali bertenaga.
Kesan nya seperti mobil manual di tanjakan telat nurunin transmisi.
kira kira masalah nya dimana ya gan ?

Dari bengkel BERES, nyaranin Carbon cleaner karena terdengar ada suara ngelitik juga. Setelah di CC, hasilnya sama aja,
Dimana yang gak beres ya ? Apa perlu flushing oli transmisinya ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by DOHC »

coba cek coil nya satu2, ama bersihin filter bensin nya tuh..

pas lg idle coba gas nya dibetot, naek lgs loncat kontan atau ad brebet nya dl ?? kl rpm naek kontan, coba kuras ATF nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
audhie
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Jul 01, 2018 23:45
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina AT

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by audhie »

Newbie mohon pencerahan @DOHC.
Koil livina kan direct coil, cara cek coilnya bagus, jelek ato rusak nya gmna ? karena keliatannya pasti ribet kalo cobanya satu persatu, apalagi kalo livina kan haru bongkar throttle dan manipolnya. Bisa kah di cek menggunakan multimeter ?
Mungkin bisa sharing jika ada cara pengecekan coil di livi ini.
bismo16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by bismo16 »

Kalo habis carbon clean masih ngelitik coba pake bbm yang lebih tinggi RON nya oom.. biasanya membantu
audhie
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Jul 01, 2018 23:45
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina AT

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by audhie »

bismo16 wrote: Tue Jul 31, 2018 16:16 Kalo habis carbon clean masih ngelitik coba pake bbm yang lebih tinggi RON nya oom.. biasanya membantu
Siap gan. Juga sudah dilakukan.
Habis CC, kepengin nya mau diisi pertamax plus, namun berhubung didaerah ane gak ada yg jual, jadi isi pake pertamax ditambah Chemical penambah RON.

Ngelitiknya bablas gan, namun masalah diatas masih ada.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by Pugman »

audhie wrote: Tue Jul 31, 2018 7:51 Newbie mohon pencerahan @DOHC.
Koil livina kan direct coil, cara cek coilnya bagus, jelek ato rusak nya gmna ? karena keliatannya pasti ribet kalo cobanya satu persatu, apalagi kalo livina kan haru bongkar throttle dan manipolnya. Bisa kah di cek menggunakan multimeter ?
Mungkin bisa sharing jika ada cara pengecekan coil di livi ini.
Cara checknya cabutin kabel power yang ke coil/injector 1 per 1 saat mesin hidup.
Caranya gini,
1. Buka cover engine di atas coil
2. hidupkan mesin, biarkan idle, perhatikan getarannya
3. Lihat kabel power yang masuk ke Coil
4. Lepas mulai dari coil no.1 tapi yang lain jangan dilepas
5. Perhatikan getaran mesin, biasanya mesin akan berguncang/shaking seperti saat pertama mesin dihidupkan.
6. Kalau mesin normal biasanya hanya akan getar tapi mesin tidak mati.
7. Pasang lagi soket kabel power ke coil, biasanya getaran akan kembali normal.
8. Coba langkah tersebut untuk coil no.2,3 dan 4
9. Yang saat dilepas kabel coil tidak terlihat perbedaan getaran itu biasanya silinder yang agak pincang.

Oya saat coba cara ini biasanya akan muncul check engine. Kalau dibaca pakai OBD akan muncul pesan,
Bisa miss firing atau engine not balance.
Beberapa ECU mengharuskan kita untuk reset lewat OBD software tapi ada juga yang begitu engine normal, check engine hilang.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by Pugman »

Kalau Om TS bisa buka busi sendiri, check sekalian businya. Kalau normal, bagian keramik di bawah elektroda busi biasanya akan berwarna coklat terang. Kalau ada yang agak basah atau agak gosong itu berarti ga normal karena ada bensin yang ga kebakar. Kalau berwarna putih itu artinya kurang bensin.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by martinnn »

purging dulu , ganti busi , filter bensin , injector cleaning
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by pengendiesel »

audhie wrote: Sun Jul 29, 2018 8:26 Mohon saran nya dari para suhu..
mobil ane nissan grand livina AT 2011, Km 69.000. tenaga mobil ane drop ketika masuk gigi 2 di rpm 1700an. jadi ketika dipakai ditanjakan, ketika mobil masuk gigi 2 di rpm 1700, mobil gak bisa nanjak. jadi pedal gas harus di tekan dalam. Setelah melewati RPM melewati 1900, mesin kembali bertenaga.
Kesan nya seperti mobil manual di tanjakan telat nurunin transmisi.
kira kira masalah nya dimana ya gan ?

Dari bengkel BERES, nyaranin Carbon cleaner karena terdengar ada suara ngelitik juga. Setelah di CC, hasilnya sama aja,
Dimana yang gak beres ya ? Apa perlu flushing oli transmisinya ?
Ini masih yang geared AT? Blm CVT kan ya?
Dulu pernah pelihara Livina geared AT dan mengalami problem, yg menurut newbie, sama (yg dibold).
Karakter geared AT Livina memang begitu, nggak mau masuk ke gigi 1, kecuali dipindahkan secara manual.
Di tanjakan seekstrem apapun dan mobil sudah sengeden apapun, matic hampir gak pernah mau turun ke gigi 1, maaaannnteeeeeeeeennngggg aja di gigi 2.
Gigi 2, tanjakan, rpm di 1700, mobil bensin 1500cc, ya jelas kewalahan untuk nanjak.
Jadi sebelum om TS coba saran2 SMers di atas, sebaiknya dicoba dulu di tanjakan yang sama.....saat mobil dirasa mulai berat nanjaknya, tuh gear lever diturunkan manual ke gigi 1. Kemungkinan masalah akan terpecahkan.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by Or4cle »

audhie wrote: Sun Jul 29, 2018 8:26 Mohon saran nya dari para suhu..
mobil ane nissan grand livina AT 2011, Km 69.000. tenaga mobil ane drop ketika masuk gigi 2 di rpm 1700an. jadi ketika dipakai ditanjakan, ketika mobil masuk gigi 2 di rpm 1700, mobil gak bisa nanjak. jadi pedal gas harus di tekan dalam. Setelah melewati RPM melewati 1900, mesin kembali bertenaga.
Kesan nya seperti mobil manual di tanjakan telat nurunin transmisi.
kira kira masalah nya dimana ya gan ?

Dari bengkel BERES, nyaranin Carbon cleaner karena terdengar ada suara ngelitik juga. Setelah di CC, hasilnya sama aja,
Dimana yang gak beres ya ? Apa perlu flushing oli transmisinya ?
Final gear ratio GL kecil, secara teknikal di-design untuk mengejar top speed dan fuel efficiency di jalanan datar.
Ditambah lagi GL itu FWD, bila diisi full load sampai bangku baris 3 dijamin akan kesulitan di tanjakan
audhie
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Jul 01, 2018 23:45
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina AT

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by audhie »

Or4cle wrote: Wed Aug 01, 2018 5:31 Final gear ratio GL kecil, secara teknikal di-design untuk mengejar top speed dan fuel efficiency di jalanan datar.
Ditambah lagi GL itu FWD, bila diisi full load sampai bangku baris 3 dijamin akan kesulitan di tanjakan
Begitu ya gan. Berarti karakteristik GL gitu.
Namun buat ane, Karena hampir tiap hari ane pake, jadi kondisi mesin ini terasa banget perbedaan antara kondisi normal dan saat kondisi drop rpm.
audhie
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Jul 01, 2018 23:45
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina AT

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by audhie »

Pugman wrote: Wed Aug 01, 2018 0:30 Kalau Om TS bisa buka busi sendiri, check sekalian businya. Kalau normal, bagian keramik di bawah elektroda busi biasanya akan berwarna coklat terang. Kalau ada yang agak basah atau agak gosong itu berarti ga normal karena ada bensin yang ga kebakar. Kalau berwarna putih itu artinya kurang bensin.
Warna busi normal Om.
audhie
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Jul 01, 2018 23:45
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina AT

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by audhie »

Pugman wrote: Wed Aug 01, 2018 0:12 Cara checknya cabutin kabel power yang ke coil/injector 1 per 1 saat mesin hidup.
Caranya gini,
1. Buka cover engine di atas coil
2. hidupkan mesin, biarkan idle, perhatikan getarannya
3. Lihat kabel power yang masuk ke Coil
4. Lepas mulai dari coil no.1 tapi yang lain jangan dilepas
5. Perhatikan getaran mesin, biasanya mesin akan berguncang/shaking seperti saat pertama mesin dihidupkan.
6. Kalau mesin normal biasanya hanya akan getar tapi mesin tidak mati.
7. Pasang lagi soket kabel power ke coil, biasanya getaran akan kembali normal.
8. Coba langkah tersebut untuk coil no.2,3 dan 4
9. Yang saat dilepas kabel coil tidak terlihat perbedaan getaran itu biasanya silinder yang agak pincang.

Oya saat coba cara ini biasanya akan muncul check engine. Kalau dibaca pakai OBD akan muncul pesan,
Bisa miss firing atau engine not balance.
Beberapa ECU mengharuskan kita untuk reset lewat OBD software tapi ada juga yang begitu engine normal, check engine hilang.


Coil di test pake multi bisa kah Om?
Di test hambatan nya gtu.
audhie
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Jul 01, 2018 23:45
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina AT

Re: Livina Matic, Drop di 1700 rpm

Post by audhie »

martinnn wrote: Wed Aug 01, 2018 1:44 purging dulu , ganti busi , filter bensin , injector cleaning
Purging itu sama kaya karbon cleaner kah Om. Sempet browsing ttg purging, cuma yg keluar ttg mesin diesel semua. Bener gak Om? Maaf kalo Newbee salah.

Kalo cleaning injector, setelah di cleaning perlu di kalibrasi.