Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 11 Apr 2018, 11:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by budidiesel85 » 04 Jun 2018, 11:14

Pada Prinsip nya , sama saja mau manual, matik, budayakan :
1 . cek kondisi fluid tiap 10.000 km (kurang kah? , kondisi masi baik kah, Perlu flush lah )
2. di amati sudah 20.000 km apa masih baik kondisi fluidnya apa sudah berubah keruh / kotor. apa kurang
kalau sudah deteksi dini gini.
3. paleng penting jenis fluid yang di masukkan untuk transmisi MT/AT (grade serta jenisnya harus tepat sesuai spek mobil
4. Flushing di perlukan setelah pemakaian misal 25.000, 30.000,40.000,(tergantung kondisi) dengan kita sering kontrol
fluidnya. maka keawetan komponen transmisi MT/AT itu sendiri lah yg berbicara.

saya pernah bantu temen punya kuda matic bensin. ama beres di bilang g usah flushing.
saya kontrol dari dipstick aja jelas terlihat itu oli matik atfnya sudah keruh.
saya pribadi blm tau menggunakan cvt. tapi semua itu harus dari rajin kontrol dr yg punya kendaraan.

Salam Budidiesel 85,

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 751
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers » 04 Jun 2018, 11:49

Kemarin ngobrol sama SA biasanya masalah di CVT cuma kotor aja jadi overhaul bersihin body valve dan ganti strainer / filter

Klo rusaknya Puli ga bisa dibenerin krna ga ada service manualnya

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2397
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by b8099ok » 04 Jun 2018, 18:31

Biasanya jebol krn tidak mengikuti saran dr buku manual. Itu di manual khan lifetime. Ya ikutin aja, cvtf hrsnya emang nda perlu diganti, krn gantinya ya nanti bareng unit cvtnya. :ngacir:
Tune and drive! :big_love:

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 979
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iwing » 04 Jun 2018, 19:39

habis ganti shock di snd dan kebetulan ada poster ini jadi sekalian foto

Image

pengendiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by pengendiesel » 04 Jun 2018, 23:20

Mohon saran suhu2 di sini dong...mobil saya odo 20rb km, rencana mau maauk beres untuk servis rutin.

Enaknya ganti ATF atau dikuras sekalian? Kalau cuma ganti ATF, kurasnya di km berapa?

waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 26 Nov 2016, 13:44

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by waterlo » 05 Jun 2018, 05:00

huahahahahahaha.... momod dan suhu kejam, orang disuruh ikut manual book akhirnya nyerah percepat ganti fluid. btw kalo yang belum pernah ngerasain jebol matic sih masih bisa tenang2 aja. mesti pikiran bilang pabrikan aja kasih periode penggantian sekian ratus ribu km bisa, kok kita yang awam malah mau maju2in waktu periode penggantian.

saya sebagai yang pernah jebol tranny maticnya mengatakan, cukup main2 dengan oli matic. mending preventif mencegah daripada mengobati yang bikin keluar duit seharga motor seken tahun muda. mendingan keluar duit 300rb-1jt untuk ganti / flushing matic setahun 2x daripada keluar belasan buat ganti unit tranny wkwkwkwkwkwk...

ohiya cvt motor matic ga bisa jadi patokan awet/ tidak terhadap cvt mobil walaupun sama2 cvt. karena motor yang ancur duluan biasanya belt dan roller, sedangkan matic mobil banyak part bergerak yang disupport hidrolik dan gak ada kebutuhan ganti roller + beltnya juga. motor nouvo saya dulu yang ancur belt dan rollernya sebelum 15rb km (clocking di 12.[cencored] or less), sementara variator pulley dan driven pulley bertahan bertahun2 sampai motor dijual.

SAP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 26 Jan 2017, 05:10

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by SAP » 05 Jun 2018, 07:15

iwing wrote:
04 Jun 2018, 19:39
habis ganti shock di snd dan kebetulan ada poster ini jadi sekalian foto

Image
setelah baca posternya jadi rada takut sama poin nomer 2.
saya ada jazz 2017 cvt. pas dibawa nanjak di jalan pegunungan, kadang ada suara dengung gitu. tapi kalau jalan datar/dalkot/tol gak pernah ada suara dengung biarpun pedal to the carpet. apa dengung waktu tanjakan normal di cvt ?
mohon pencerahannya dari suhu-suhu, kebetulan ini mobil matic pertama jadi masih awam :big_childish:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by sintoni » 05 Jun 2018, 07:42

Hauhauaha.

Kayak kemaren pas di Auto 2k.

Yasir 2015 sudah 40k, saatnya servis berkala.

Ane tanya ini ga kuras ATF?

Dia bilang ga perlu pak, secara spek sudah tahan sampe 100rb KM, tapi kalo misal ngerasa kelamaan nanti kuras di 80rb aja.

:big_grin:

lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 09 Nov 2017, 18:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lightarmy10 » 05 Jun 2018, 08:33

Maaf om boleh tanya, ada di bbrp mobil yg emg gabisa du kuras ya oli cvt nya? Jadi cukup tap aja... teman saya punya juke di bilang gitu sama beres

iritpoll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 02 Oct 2017, 12:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iritpoll » 05 Jun 2018, 08:58

CVT Nissan T32 gak ada dip sticknya untuk cek oil transmisi. Jadi user gak bisa cek kalau ada penurunan jumlah oil karna penguapan ato krn yg lain.
SA beres cuma bilang, oil CVT diganti kalo sdh sampe 100K point, bukan 100K km. Ngeceknya pake komputer gitu.

Klo CVT yg lain blom pernah liat... maklum cuman user yg jarang pegang mbl lain...
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba » 05 Jun 2018, 11:34

SAP wrote:
05 Jun 2018, 07:15
setelah baca posternya jadi rada takut sama poin nomer 2.
saya ada jazz 2017 cvt. pas dibawa nanjak di jalan pegunungan, kadang ada suara dengung gitu. tapi kalau jalan datar/dalkot/tol gak pernah ada suara dengung biarpun pedal to the carpet. apa dengung waktu tanjakan normal di cvt ?
mohon pencerahannya dari suhu-suhu, kebetulan ini mobil matic pertama jadi masih awam :big_childish:
Dengung cvt mau jebol seinget saya dulu (Honda City 2004) sih bunyi kencang (grinding noise) seraya kecepatan meningkat dan segala medan (lurus, nanjak, datar, turun). Kalau yg om sap maksud sih rasanya saya dulu pake mobilio ada juga bunyi kek nginggg sayup2 kecil kalau di jalanan yang agak nanjak/turun.
Image
Image

User avatar
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by mr_mytplx » 08 Jun 2018, 11:40

mau tanya, kl cvt sering dipakai engine brake di pegunungan gt bakal cepat jebol nda y?

pengendiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by pengendiesel » 12 Jun 2018, 23:29

mr_mytplx wrote:
08 Jun 2018, 11:40
mau tanya, kl cvt sering dipakai engine brake di pegunungan gt bakal cepat jebol nda y?
Kalau saya engine break hukumnya wajib om. Potensi masalahnya ada 2, CVT jebol atau rem blong, diantara 2 ini saya jelas lebih pilih CVT jebol :mky_04:

Btw, kemarin servis rutin 20k km dan memutuskan untuk flush oli CVT di A2k. Olinya 2 galon (8 liter?), Rp 900.[cencored]. Jasa flush Rp 320.[cencored].
SAnya bilang jadwal flush oli CVT harusnya di 80k km.
Semoga jadi lebih awet.

User avatar
Volk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: 19 Dec 2015, 23:14

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Volk » 29 Jul 2018, 09:13

Mau tanya disini ada yg sudah pernahganti oli cvt jazz gk5 nya?kalo sudah oli cvtnya apa y?rencana mau ganti sendiri d bengkel bukan resmi.trims
RS GK5 BLACK

Nefdy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 05 Oct 2015, 13:30

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Nefdy » 22 Sep 2018, 07:26

Sy ganti oli cvt gk5 di km 71.000. Ganti pertama di km 40.000 gak diflush sih. Olinya gak keruh2 amat. Oli pakai HCF 2 saya beli di beres trus bawa ke snd bayar jasa aja

joechristable
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 02 Sep 2017, 13:31
Location: indonesia
Daily Vehicle: honda

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by joechristable » 03 Oct 2018, 10:01

ini trit berguna banget nih..banyak menambah menambah wawasan masalah Transmisi cvt...orang awam seperti saya jadi bisa ikut belajar .
kalau AT nya belum cvt gimana om?selain jenis oli nya yg harus di perhatikan dan jangka penggantiannya...adakah hal lain yg harus menjadi diperhatikan?
saya masih punya Brio 1.3 yg belum cvt...sampai sekarangan masih dipakai menteri keuangan..

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3172
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Singaraja-Surabaya-Bekasi-Adelaide
Contact:

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by NYoman » 03 Oct 2018, 15:09

Saya sendiri ada Brio jga tp yang 1.2 masih AT.. Saya cek terakhir 30rb (pembelian 2012) masih pink agak gelap, saya rasa sepertinya ganti2 mungkin di th ke 4-5 dengan asumsi 40rb-50rb km untuk AT..

Entah untuk CVT saya rasaperlu juga ada penggantian misal di 40-80rb diantara itu.. Karena namanya fluid itu juga gak bakal tahan terutama keadaan stop and go seperti di sini... Yang belum bernah ganti CVT ndak tau rasaya nunggu parts dan kaget begitu keluar harga barang+jasa. Sebaiknya tindakan prefentif sblm CVT jebol gantilah fluid nya berkala hehehe..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)

lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 09 Nov 2017, 18:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lightarmy10 » 03 Oct 2018, 15:26

Tambah atf cooler di cvt, bisa buat girboknya lebih pinter ga ya?

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3172
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Singaraja-Surabaya-Bekasi-Adelaide
Contact:

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by NYoman » 03 Oct 2018, 16:06

Kalau bukan mobil yang di modifikasi sebetulnya ga perlu kok.. Ada plus minus, dan kalaupun pasang gak semua model bisa, kalaupun pasang juga harus flush oli dulu baru bisa pasang dan modelnya juga tidak plug and play..

CVT biasanya dalam load yang besar akan masuk "safe mode" kalau benar2 sudah panas.. Tapi saya jarang nemu keuali mobilnya benar2 di push, yang sering saya temui sering masuk safe mode itu CVT nya Nissan.. Saya di Honda Oddys yang cukup besar dan Alphard pernah nanjak2 dengan muatan 7 orang belum pernah sekalipun masuk "safe mode" artinya kalau ada yang sampai masuk "safe mode" artinya luar biasa di push transmisinya..

Tindakan prefentif, jangan sering-sering dipakai itu yang namanya manual mode kalau emang perlu turunin aja waktu perlu, yang punya paddle shift lebih enak lagi perlu cuma turun gir doang tinggal pencet walau di D kalau pindah nyamasih di stick setelah selesai langsung pindah ke D lagi.. Selain itu rajin ganti oli CVTF nya CVTF ya jangan ATF nanti kejadian macam di Jazz GD bbrp tahun lalu..

Semakin ksini makin banyak kendaraan yang pakai CVT kok, jadi pasti produsen udah buat CVT yang lebih reliable nantinya dengna alat2 yang lebih baik lagi..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)

Post Reply

Return to “Engine & Exhaust System”