Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
iritpoll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 02 Oct 2017, 12:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iritpoll » 10 May 2018, 21:27

Herman7103 wrote:
10 May 2018, 12:44
b8099ok wrote:Apapun gearboxnya, nda ada yg abadi. Bikinan manusia koq. Ciptaan Tuhan aja bisa mati jg khan? Mslh fluid, bebas terserah usernya. Mau dipake ampe kapan jg bodo teing. Toh usernya beli ndiri pake duid mereka. Wkwkwk
Saya sependapat dgn comment nya
Quote
Apapun gearboxnya, nda ada yg abadi. Bikinan manusia koq. Ciptaan Tuhan aja bisa mati jg khan? Mslh fluid, bebas terserah usernya. Mau dipake ampe kapan jg bodo teing.

Mobil kita beli sendiri mau ganti fluida nya terserah kita mau ganti nya kapan dan saya tambahkan lagi yang menurut saya pribadi cukup penting itu always have ready certain amount free cash for maintenance or replacement. Di pabrik aja tiap tahun ada dicadangkan budget tiap tahun untuk maintenance or replacement Machinery or factory equipment, Enggak kepake bagus tapi kalau pun ada old factory equipment danage, already have budget to purchase new factory equipment so factory always ready for production.Image
Yup.. memang nggak ada yang abadi...

Kalau yang sering berhubungan dengan Quality Assurance, pasti nggak asing ama definisi kualitas...

Produk berkualitas adalah produk yang sesuai spesifikasinya
Dari sisi QA, ANPS tidak lebih berkualitas dibanding BRV (no offence).... mereka sama kualitasnya asalkan sesuai spesifikasinya...

Secara general, contohnya....
Produk yang spesifikasinya didesain durability-nya utk 20 thn, tetapi rusak dalam 15 thn, patut dipertanyakan kualitasnya...
Produk yang spesifikasinya didesain durability-nya 5 utk thn, rusak setelah 7 tahun, dipastikan berkualitas...

Untuk menyakinkan ke user bahwa produknya berkualitas harusnya ada atpm berani membuat terobosan seperti....
Garansi Engine dan Gearbox selama 15 thn selama mengikuti service quide di beres.
Karna biasanya cuma 3-5 thn..... atau udah ada yang lebih ya??
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1008
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by liemivan86 » 11 May 2018, 00:14


iritpoll wrote: Untuk menyakinkan ke user bahwa produknya berkualitas harusnya ada atpm berani membuat terobosan seperti....
Garansi Engine dan Gearbox selama 15 thn selama mengikuti service quide di beres.
Karna biasanya cuma 3-5 thn..... atau udah ada yang lebih ya??
Ada om, DFSK garansi 7 tahun / 150.000 km. Ini sih asli ngawur garansi nya. Entah syarat dan ketentuan nya apa..

Btw, Hyundai dan KIA di luar negeri juga banyak yang garansi 5 tahun tanpa batas kilometer..

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 649
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by pengendiesel » 11 May 2018, 00:46

Sedih banget baca thread ini :big_cry: secara mobil jaman now makin banyak yang pakai CVT.

Apa harus balik ke MT lagi :big_childish:

User avatar
ChZ
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8597
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ChZ » 11 May 2018, 01:56

liemivan86 wrote:
11 May 2018, 00:14
iritpoll wrote: Untuk menyakinkan ke user bahwa produknya berkualitas harusnya ada atpm berani membuat terobosan seperti....
Garansi Engine dan Gearbox selama 15 thn selama mengikuti service quide di beres.
Karna biasanya cuma 3-5 thn..... atau udah ada yang lebih ya??
Ada om, DFSK garansi 7 tahun / 150.000 km. Ini sih asli ngawur garansi nya. Entah syarat dan ketentuan nya apa..

Btw, Hyundai dan KIA di luar negeri juga banyak yang garansi 5 tahun tanpa batas kilometer..
Tiati... dulu ZNA juga garansinya lama gitu...

tapi nasibnya kan... ah sudahlah... tar dbilang antek mobil jepun... :ngacir: pdhl skrg uda selingkuh ke kroya eh korea... :ngacir:
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

erwinign
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 908
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by erwinign » 11 May 2018, 02:15

Kl user mobil matic/CVT kebiasa mindah transmisi sebelum posisi mobil bener2 berhenti (dari D ke R ato sebaliknya) termasuk abusive user kah? Btw, buat suzuki terutama user ertiga/swift (K14B cs) yang matic, hati2 kalo pas mau ganti ATF. Di manual book ketulis jelas tipe olinya AW-1, tapi di bengkel resminya kasih ganti SGO ATF 3317. Sebenernya mereka juga jual oli ATF yg AW-1, cuma pas saya tanya beda dua tipe oli ini, jawaban orang spare partnya "SAMA AJA KOK PAK". Saya bs bilang gini soalnya udah pernah ganti oli ATF yg carter di ertiga pake 3317 (dulu masih blm melek tipe2 oli), sampe sekarang kasar banget suara transmisinya. Tunggu reviewnya nanti kalo saya kuras ATF wkwkw
Don't Judge The Book By It's Cover

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3222
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Singaraja-Surabaya-Bekasi-Adelaide
Contact:

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by NYoman » 11 May 2018, 08:11

Kalau CVT jebol saya juga pengalaman ganti gerondolan yang mahal sekali berhubung tidak ada part yang dijual sama Nissan.. Penggunaan paling halus dan tidak pernah ambuse tp jebol juga.. Yang buat saya jengkel, pasti bilang ini sudah ketentuan dari Jepang untuk ganti oli di KM ini dll.. Padahal kualitas pelumas bisa berkurang di area tropis seperti Indonesia..

Buat saya sih CVT tidak cocok untuk digunakan pada mobil yang ukuran nya besar dan berat.. Secara teoritis, sabuk baja saja perlu penggantian kalau terus menerus di gunakan dan pasti makin longgar kalau sering ditarik apalagi bawa beban..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by b8099ok » 11 May 2018, 08:53

Jujur sbnrnya ane seneng banget dgn makin banyaknya atpm yg claim oil lifenya tinggi. Itu ngasi makan bengkel" jg loh. Khan mayan ganti ini itu. Maka dari itu, budayakan pemakaian oli mesin diatas 20rb kilo dan oli girbok diatas 200rb kilo baru ganti. Jd nanti sekalian ganti partsnya banyak.
Tune and drive! :big_love:

User avatar
ChZ
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8597
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ChZ » 11 May 2018, 09:07

b8099ok wrote:Jujur sbnrnya ane seneng banget dgn makin banyaknya atpm yg claim oil lifenya tinggi. Itu ngasi makan bengkel" jg loh. Khan mayan ganti ini itu. Maka dari itu, budayakan pemakaian oli mesin diatas 20rb kilo dan oli girbok diatas 200rb kilo baru ganti. Jd nanti sekalian ganti partsnya banyak.
Klo samtjan FRD gantinya tiap brp kilo mbah?
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs » 11 May 2018, 09:07

b8099ok wrote:Jujur sbnrnya ane seneng banget dgn makin banyaknya atpm yg claim oil lifenya tinggi. Itu ngasi makan bengkel" jg loh. Khan mayan ganti ini itu. Maka dari itu, budayakan pemakaian oli mesin diatas 20rb kilo dan oli girbok diatas 200rb kilo baru ganti. Jd nanti sekalian ganti partsnya banyak.
:wkkk: ada satu warga SM kan yg mau experiment ikutin anjuran super duper late extended fluid use period dr atpm nya....

Mari kita dukung experiment nya... Semoga tidak berbuah menjadi time bomb... :ngacir:
“I get joy out of the fascination with perfection, not from the thrill of motor racing.” - Andreas Nikolaus 'Niki' Lauda

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 588
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by silentIm2 » 11 May 2018, 09:40

trit bergizi ini. Kalo liat video TS memang aneh Girboks Jatco 2010 mentransfer torsi gede gitu cuma lewat kelereng baja, 3 biji pula.

Tapi pernah ntn di video laen sudah diupdate pake roller.

Heran sliding mechanism gini kok ga pake pressurized oil/ flat surface aja ya? bukannya lebih simpel dan kapasitas torsi lebih gede.

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10058
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ak4ng » 11 May 2018, 09:49

arfs wrote:
11 May 2018, 09:07
b8099ok wrote:Jujur sbnrnya ane seneng banget dgn makin banyaknya atpm yg claim oil lifenya tinggi. Itu ngasi makan bengkel" jg loh. Khan mayan ganti ini itu. Maka dari itu, budayakan pemakaian oli mesin diatas 20rb kilo dan oli girbok diatas 200rb kilo baru ganti. Jd nanti sekalian ganti partsnya banyak.
:wkkk: ada satu warga SM kan yg mau experiment ikutin anjuran super duper late extended fluid use period dr atpm nya....

Mari kita dukung experiment nya... Semoga tidak berbuah menjadi time bomb... :ngacir:
Wah ane uda ngerasain metik rontok gear 1 and 2 :wkkk: nikmatnya ganti metiknya doang seharga beli motor metik seken :wkkk:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1950
Joined: 06 Mar 2011, 21:00

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by PRBS » 11 May 2018, 09:58

Paling aman majuin ganti olie cvt deh.. saya pribadi ga peduli omongan si beres.. per 55rb km saya ganti..

mending keluarin uang 1.15jt daripada 35jt.

:mky_08:

User avatar
ChZ
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8597
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ChZ » 11 May 2018, 10:02

arfs wrote:
b8099ok wrote:Jujur sbnrnya ane seneng banget dgn makin banyaknya atpm yg claim oil lifenya tinggi. Itu ngasi makan bengkel" jg loh. Khan mayan ganti ini itu. Maka dari itu, budayakan pemakaian oli mesin diatas 20rb kilo dan oli girbok diatas 200rb kilo baru ganti. Jd nanti sekalian ganti partsnya banyak.
:wkkk: ada satu warga SM kan yg mau experiment ikutin anjuran super duper late extended fluid use period dr atpm nya....

Mari kita dukung experiment nya... Semoga tidak berbuah menjadi time bomb... :ngacir:
Yang lbh percaya omongan eksekutif yg kerjanya duduk di kantor terima laporan drpd yang sehari-hari pegang mobil dan oprek ecu... Hihihi...
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

P47hos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by P47hos » 11 May 2018, 10:04

Saya rasa pengertian. Lifetime itu sangat rancu.. lifetime nya siapa yg diikuti, Klo lifetime transmisi nya agak aneh.karena transmisi sendiri sangat bergantung pada pelumasan dari oli nya. Kalo kondisi oli nya udah ga sehat tp ga diganti tentu lama2 menyerang ke transmisinya sendiri ujung2nya lifetime berkurang. Saya sih prefer ganti oli transmisi lebih cepet karena rekomendasi dr mekanik bengkel langganan saya yg eks mekanik Nissan jg. Dia bilang ga mungkin tahan Pak olinya sampe 10 tahun, lebih baik diganti saja maksimal per 5 tahun/50.000km

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 792
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Herman7103 » 11 May 2018, 11:14

Saya cuma ordinary user dan saat comment saya bilang bisa berbeda dgn pendapat user lainnya. Saya tidak sedang melakukan eksperimen atau uji coba apapun. Semua yg tulis pengalaman saya sendiri selama pake motor matic CVT dari tahun 2003. sampai skrg dst krn matic cvt motor saya belum jebol. Saya menyadari matic CVT motor tidak sama persis tapi prinsip CVT nya yg nembuat saya saat beli mobil jg pengen yg CVT karena sudah cocok dan biasa dgn sifat transmisi ini. Jadi kapan perlu ganti oli CVT di mobil ya teserah usernya saja. Matic CVT Mobil saya baru 4 tahun dipakai jadi blm tahu persis bisa tahan berapa lama. Yg saya tahu di motor matic Nouvo tahan sdh 15 tahun kalau di mobil sampai dgn 4 tahun msh halus dan akan terus dipakai. Nanti saya info updatenya.
:glodak:
HR15DE 2014

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 828
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by IGedeAmat » 11 May 2018, 11:40

liemivan86 wrote:
11 May 2018, 00:14

Ada om, DFSK garansi 7 tahun / 150.000 km. Ini sih asli ngawur garansi nya. Entah syarat dan ketentuan nya apa..

Btw, Hyundai dan KIA di luar negeri juga banyak yang garansi 5 tahun tanpa batas kilometer..
ChZ wrote:
11 May 2018, 01:56

Tiati... dulu ZNA juga garansinya lama gitu...

tapi nasibnya kan... ah sudahlah... tar dbilang antek mobil jepun... :ngacir: pdhl skrg uda selingkuh ke kroya eh korea... :ngacir:
Gw jamin 7 tahun deh, dengan catatan kalo 7 tahun lagi gw masih disini ya...
:mky_07:

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs » 11 May 2018, 11:50

ak4ng wrote:
Wah ane uda ngerasain metik rontok gear 1 and 2 :wkkk: nikmatnya ganti metiknya doang seharga beli motor metik seken :wkkk:
Klo di CVT gmn yah? Pulley satu sama dua nya rontok... Atau mungkin sabuk baja nya yg rontok...

Btw dulu ATF nya dipakai sampai brp rb km dan tahun om? Sama di mobil apa? Bisa sampai begitu... Image
“I get joy out of the fascination with perfection, not from the thrill of motor racing.” - Andreas Nikolaus 'Niki' Lauda

kendibocor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2014

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by kendibocor » 11 May 2018, 12:35

Dlu mbl pertama GD3, ga ngerti ngurus mobil. Baru gnt oli km 50rb an dr baru. Pas dijual 5 thn kemudian (98rb km) kondisinya kalo pindah dari N ke D rpm bisa turun sampe 500 rpm ky mesin mo mati. Itu tanda2 cvt nya mau jebol ga yah?

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: 25 Jan 2016, 18:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs » 11 May 2018, 12:57

kendibocor wrote:Dlu mbl pertama GD3, ga ngerti ngurus mobil. Baru gnt oli km 50rb an dr baru. Pas dijual 5 thn kemudian (98rb km) kondisinya kalo pindah dari N ke D rpm bisa turun sampe 500 rpm ky mesin mo mati. Itu tanda2 cvt nya mau jebol ga yah?
Oh tenang itu masih mending... Om moderator 'outsider' b8099ok ahond city gd8 nya pernah putus CVT belt nya :big_slap:
“I get joy out of the fascination with perfection, not from the thrill of motor racing.” - Andreas Nikolaus 'Niki' Lauda

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 370
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by osbertc0ol » 11 May 2018, 13:56

Gw sih sekarang ganti oli cvt per 20rb deh. 'cuman' 350rban kok.. hati lebih tenang.

iritpoll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 02 Oct 2017, 12:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iritpoll » 11 May 2018, 14:39

silentIm2 wrote:
11 May 2018, 09:40
trit bergizi ini. Kalo liat video TS memang aneh Girboks Jatco 2010 mentransfer torsi gede gitu cuma lewat kelereng baja, 3 biji pula.

Tapi pernah ntn di video laen sudah diupdate pake roller.

Heran sliding mechanism gini kok ga pake pressurized oil/ flat surface aja ya? bukannya lebih simpel dan kapasitas torsi lebih gede.
Ini yg gak abis pikir.. apa enjiner jepun sebegitu #£#@#&£##&!!..?
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 964
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers » 12 May 2018, 06:00

osbertc0ol wrote:
11 May 2018, 13:56
Gw sih sekarang ganti oli cvt per 20rb deh. 'cuman' 350rban kok.. hati lebih tenang.
Ganti dimana om? Jasa doang apa sudah tmsuk oli?

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3741
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by kompresorz » 12 May 2018, 06:49

Koddy wrote:
10 May 2018, 06:19
Jambangan wrote:Yg banyak cerita cvt jebol Jazz GD3 ama Xtrail T31
Kalo cvt mitsubishi kyk OS ama mirage pernah ada kasus jebol ga ya? :big_think:
Cvt Alphard banyak yang jebol juga kok....
Cuma banyak usernya diem...
Soalnya kalau disebar luaskan, mumet jual laginya ntar Image
husss jangan bilang2 soal alpard... :frm_bang_head:

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3741
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by kompresorz » 12 May 2018, 07:12

b8099ok wrote:
10 May 2018, 11:25
Apapun gearboxnya, nda ada yg abadi. Bikinan manusia koq. Ciptaan Tuhan aja bisa mati jg khan? Mslh fluid, bebas terserah usernya. Mau dipake ampe kapan jg bodo teing. Toh usernya beli ndiri pake duid mereka. Wkwkwk
jadiiii gimana sat...CVT pancen oye..coba remap dulu sat mobil yang CVT... :big_biglaugh:

gw sampe skrg juga masa bodo amat pake cvt sat...walo masuk D selalu duk..
ampe skrg ngebut trs sering mendadak manual...belum lama selap selip manual redline top speed 160 lawan fortuner KD VNT...

kalo sampe jebol gak bisa jalan baru ganti baru...auto 2000 bisa sediain walo CBU IU dengan harga 110 juta...

sudah tenang pikiran bisa beli ma auto 2000...

Auto 2000 pancen oye... i lov toyota...


sat balik remap aja...ngpn urusin CVT...biar pabrikan aja itu..

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2601
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by b8099ok » 12 May 2018, 22:05

kompresorz wrote:
12 May 2018, 07:12
b8099ok wrote:
10 May 2018, 11:25
Apapun gearboxnya, nda ada yg abadi. Bikinan manusia koq. Ciptaan Tuhan aja bisa mati jg khan? Mslh fluid, bebas terserah usernya. Mau dipake ampe kapan jg bodo teing. Toh usernya beli ndiri pake duid mereka. Wkwkwk
jadiiii gimana sat...CVT pancen oye..coba remap dulu sat mobil yang CVT... :big_biglaugh:

gw sampe skrg juga masa bodo amat pake cvt sat...walo masuk D selalu duk..
ampe skrg ngebut trs sering mendadak manual...belum lama selap selip manual redline top speed 160 lawan fortuner KD VNT...

kalo sampe jebol gak bisa jalan baru ganti baru...auto 2000 bisa sediain walo CBU IU dengan harga 110 juta...

sudah tenang pikiran bisa beli ma auto 2000...

Auto 2000 pancen oye... i lov toyota...


sat balik remap aja...ngpn urusin CVT...biar pabrikan aja itu..
Cvt hanya bisa kuat apabila dan hanya bila menggunakan peresan samtjan FRD om,... :ngacir:
Tune and drive! :big_love:

Post Reply