Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by erdinkurniawan »

ginting wrote:
iritpoll wrote: Wed May 09, 2018 5:11 Ini cuman sharing info yang didapat dari yutub, tetapi menarik untuk dibahas.
Dalam kasus tsb, yang jebol CVT Nissan Rouge (2010) AWD.. ato Xtrail klo disini.
Bisa saja hal tsb terjadi pada CVT pada mobil brand lain, karena Jatco supply OEM ke brand lain juga.
Ato CVT brand lain mengalami hal yang sama krn prinsip CVT pasti mirip.

Dalam video tsb, pembongkar menganalisa bahwa kegagalan disebabkan oleh desain yang salah.
Meskipun dia mention bisa saja faktor metalurgi atau kesalahan fluid transmissionnya.
Tetapi tidak dapat dipungkiri, ternyata CVT terdapat gesekan-gesekan antar logam (metal friction) yang lebih banyak dan bekerja berat yang dipastikan akan aus sejalan waktu.
Metal Friction pada MT, conv AT atau DCT jauh lebih minim.

Awalnya saya menduga bahwa yang rawan jebol duluan adalah metal-belt-nya (sabuk baja), karena ada friction yang besar antara metal belt dan kedua variable pulley. Dan metal-belt selalu menyesuaikan pulley shingga rawan metal fatique
Tetapi dalam video tersebut ternyata yang jebol duluan adalah variable pulley-nya dulu bro.
Variable Pulley bergerak menyempit dan melebar sepanjang axle pulley, metal friction gede banget... ditambah lagi pressure power dari output engine.
Begitu variable pulley jebol, cvt beltnya juga jebol / putus.

Banyak conv AT dapat bertahan sekitar 30thn. Klo gak salah di Indo CVT mulai banyak sekitar thn 2010an.
Teknologi metal friction di CVT masih jadi pertanyaan dari sisi metalurgi dan pelumasan.

Pertanyaannya:

Apakah CVT bisa bertahan atau hanya sampai 15thn?? :big_dunno:

Klo nggak, thn 2025 banyak dong CVT yang waktunya jebol tiba..? :big_think:

Silahkan simak nara sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=_64zEsMdQ9A
Kalau dilihat lihat, trendnya gini.

awal awal dulu ada matic convensional, orang masih agak agak ngeri pakai matic.
asalannya : kalo rusak maticnya maka gak bisa diperbaiki.
juga kalau mobil mogok, gak bisa didorong.
tapi lama lama sudah biasa juga.
dan sudah banyak specialis matic yg bisa melakukan repair atau malah modif seperti pasang trans-go

lalu muncul CVT
sejauh ini yg kita denger bengkel resmi tak ada yg mau perbaiki CVT tapi malah disuruh ganti.
Sebagai perbandingan, harganya jdi mahal, contoh untuk Subaru di USA sekitar USD 7,000-USD 8,000
Nah, apakah ke depannya bakal ada bengkel specialis CVT yg bisa ganti ketengan alias bisa perbaiki mana part yg worn out saja ?

Panas CVT
Saya perhatikan kok teman teman SMRT yg pakai CVT mobilnya ada yg panas (overheating CVT) tapi ada juga yang tidak.
bedanya dimana ya ?

Bahan Belt CVT
Kalau subaru sy lihat beltnya dari besi (sy lihat di yutub) yg digabung-gabung.
apakah zaman now masih ada CVT yg dari karet?
Sy 3x bawa cilacap-madiun nonstop.
Berhentipun krn buang air kecil dan ngisi bensin sekali itupun gak lama.
Olie gak panas.

Tapi jika buat nanjak rpm 5000an di geber terus2an 30 menit pasti panas.

Harus dinginin dlu.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Zaxis »

Jass 2004 uda pake cvt
Terakhir pake sampe 2014 km pas jual uda 130rb cvt nya sih ga ada keluhan
Tergantung perawatan juga kali ya
Ganti oli sesuai anjuran
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by DOHC »

Cvt hrv ane, ud jalan 91 rebu, ganti oli cvt nya pas 40 rebu, 50 rebu, 70an rebu, dan trakir 90 rebu.. tiap kli dtap oli nya item bgt..
Kayanya kl hajar ampe 40 rebu ane ga brani, wong 20 rebu aj ud ngeden bgt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by vipere »

Crv turbo temen ane ,mobil belum 1 tahun ,jarang pakai juga,tempo hari cvt nya diganti 1 gelondong ama honda.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

Ganti oli cvt 2x skalian ganti strainer aja lbh aman
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey »

kalau mau aman langsung ganti 2x atau 3x buang om oli cvt nya. setelah itu per 20k km/2 tahun.
ferdiezzz wrote:nah ini akhirnya nemu nih thread
kebetulan nih saya mw beli matic
kebetulan inceran saya mirage gls om, yg udah cvt km 70rb nah rencana mw pakai sebagai used bbrp thn kedepan
nah yg saya takutin maticnya itu ngga durable ngeri jebol tengah jalan
mohon bantuannya ya om
untuk mengenali cvt yang rusak
dan bagi pengguna cvt yg udah tinggi kmny boleh sharing ke saya terima kasih om dan suhu.
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ferdiezzz »

mksdny diganti 2x 3x om? bukannya hamya dengan skali kuras semua selesai
mohon masukannya

Sent from my Redmi Note 5 using Seraya Motor mobile app

indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey »

Kalau sekali kuras, cuma buang oli yg ada di pan om. Coba dilihat di buku manual, untuk mobil saya kapasitas oli transmisi itu totalnya 7 literan, tp kalau cuma buka drain bolt yg keluar cuma separoh alias 3.5 liter. Kalau ini yg dilakukan berarti ada sekitar 50:50 oli lama dan yg baru nyampur.

kalau ada pendapat lain dipersilahkan om2, saya juga newbie hehehe.
ferdiezzz wrote: Tue Mar 12, 2019 16:08 mksdny diganti 2x 3x om? bukannya hamya dengan skali kuras semua selesai
mohon masukannya

Sent from my Redmi Note 5 using Seraya Motor mobile app
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by liemivan86 »

indeskey wrote:Kalau sekali kuras, cuma buang oli yg ada di pan om. Coba dilihat di buku manual, untuk mobil saya kapasitas oli transmisi itu totalnya 7 literan, tp kalau cuma buka drain bolt yg keluar cuma separoh alias 3.5 liter. Kalau ini yg dilakukan berarti ada sekitar 50:50 oli lama dan yg baru nyampur.

kalau ada pendapat lain dipersilahkan om2, saya juga newbie hehehe.
ferdiezzz wrote: Tue Mar 12, 2019 16:08 mksdny diganti 2x 3x om? bukannya hamya dengan skali kuras semua selesai
mohon masukannya

Sent from my Redmi Note 5 using Seraya Motor mobile app
Biasanya sih memang yang di torque converter tidak bisa di drain keluar oli nya. Ini dalam transmisi apa pun, selama pakai torque converter, pasti ada oli yang terperangkap di dalam.

Yang bisa di drain biasanya cuma yang di dalam transmisi saja..
mbingz
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Mar 02, 2017 2:26
Location: Bsd

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by mbingz »

Om2 numpang nanya.
Lg nunggu servis BRV 40rb, di salah satu list nya ada ganti CVTF, pakenya HCF-2 (3.5L). Pas sy tanya diganti doang atau di flush, kata SA nya kalo di Honda ga ada istilah flush.

Mending abis ini flush di luaran aja kali ya om? Atau bisa dipake dulu sekian km dl gt?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey »

mbingz wrote:Om2 numpang nanya.
Lg nunggu servis BRV 40rb, di salah satu list nya ada ganti CVTF, pakenya HCF-2 (3.5L). Pas sy tanya diganti doang atau di flush, kata SA nya kalo di Honda ga ada istilah flush.

Mending abis ini flush di luaran aja kali ya om? Atau bisa dipake dulu sekian km dl gt?
kebetulan saya pemakai BRV juga. transmisinya cvt brv kayaknya closed system om, nggak kayak conventional matic yg ada jalur cooler ke radiator. kalau saya 2 kali buang olinya pake non-honda aisin cfex.

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by DOHC »

cvt ahond yg ud embel2 earthdream emg rada beda system cooling nya.. yg earthdream, atf cooler nya malah di dalem gearbox nya sendiri, jd coolant dr radiator malah dialirkan masuk ke cooler atf yg imut2 bentuk nya di gearbox.. mungkin itu jg alesan nya knapa ga bsa di flush, lah wong mau jalur mana buat di tancep mesin flush nya.. mau cara gerlong jg binggung mau selang mana yg dicopot..

btw ntuh atf cooler kl dicopot, dalem nya ad filter cvt nya, bentuknya kaya filsol, cuman nanya2 di beres pd ga ad nyetok, di atrium jg ga ad.. lg mau beli di amazon, nanti kl ud nyampe mau ane coba ganti..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey »

om DOHC kalau beli di amazon pake apa ya om hehe.

baru tau ada filter nya di jalur cvt cooler. cvt warmer ya kalau honda nyebutnya.
DOHC wrote:cvt ahond yg ud embel2 earthdream emg rada beda system cooling nya.. yg earthdream, atf cooler nya malah di dalem gearbox nya sendiri, jd coolant dr radiator malah dialirkan masuk ke cooler atf yg imut2 bentuk nya di gearbox.. mungkin itu jg alesan nya knapa ga bsa di flush, lah wong mau jalur mana buat di tancep mesin flush nya.. mau cara gerlong jg binggung mau selang mana yg dicopot..

btw ntuh atf cooler kl dicopot, dalem nya ad filter cvt nya, bentuknya kaya filsol, cuman nanya2 di beres pd ga ad nyetok, di atrium jg ga ad.. lg mau beli di amazon, nanti kl ud nyampe mau ane coba ganti..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by DOHC »

indeskey wrote: Sat Apr 20, 2019 7:22 om DOHC kalau beli di amazon pake apa ya om hehe.

baru tau ada filter nya di jalur cvt cooler. cvt warmer ya kalau honda nyebutnya.
DOHC wrote:cvt ahond yg ud embel2 earthdream emg rada beda system cooling nya.. yg earthdream, atf cooler nya malah di dalem gearbox nya sendiri, jd coolant dr radiator malah dialirkan masuk ke cooler atf yg imut2 bentuk nya di gearbox.. mungkin itu jg alesan nya knapa ga bsa di flush, lah wong mau jalur mana buat di tancep mesin flush nya.. mau cara gerlong jg binggung mau selang mana yg dicopot..

btw ntuh atf cooler kl dicopot, dalem nya ad filter cvt nya, bentuknya kaya filsol, cuman nanya2 di beres pd ga ad nyetok, di atrium jg ga ad.. lg mau beli di amazon, nanti kl ud nyampe mau ane coba ganti..
D amazon ga ktemu ane, malah ktemu di online store spare part di aussie sana, ini lg email in mreka bsa ga kirim ke indo, kl bsa sehh enak, tinggal bayar pake CC..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arfs »



Bukan seles bengkel tsb... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by michaelgiri93 »

arfs wrote: Thu May 02, 2019 14:12

Bukan seles bengkel tsb... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Lah
Barusan saya juga nonton itu
Eh nyasar sampe sini
Wkwkwkwk
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
ders
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ders »

arfs wrote:

Bukan seles bengkel tsb... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
sya yakin om.. 100% seluruh merk mobil yg jual cvt disini tdk memberikan edukasi ttg cvt ?

klo bengkel non beres aja patok harga puluhan juta utk perbaikan cvt.. bgm dng biaya di beres ya ?
seharga lcgc kali ?
atau mungkin biaya maintenance/repair cvt itukah yg jadi monthly target income mrk ?
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by epevert »

wah ada thread ini.....baru 2bulan lalu di Lio 2016 saya ganti gelondongan transmisinya di Ahond..pas di KM 145rb gantinya...
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Senargitar »

epevert wrote: Wed May 15, 2019 0:46 wah ada thread ini.....baru 2bulan lalu di Lio 2016 saya ganti gelondongan transmisinya di Ahond..pas di KM 145rb gantinya...
Diganti segelondongan kenapa om?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba »

epevert wrote: Wed May 15, 2019 0:46 wah ada thread ini.....baru 2bulan lalu di Lio 2016 saya ganti gelondongan transmisinya di Ahond..pas di KM 145rb gantinya...
Habis berapa kalau boleh tahu om?

Dulu taun 2008 ganti transmisi cvt honda city keluaran 2003 kena 45 juta (di salah satu BeRes).
Image
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Jambangan »

epevert wrote: Wed May 15, 2019 0:46 wah ada thread ini.....baru 2bulan lalu di Lio 2016 saya ganti gelondongan transmisinya di Ahond..pas di KM 145rb gantinya...
Buset 3 tahun 145rb km
Buat taksi ya om
Mobil saya 3 tahun 31rb km perasaan udah tinggi bgt :ungg:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey »

epevert wrote: Wed May 15, 2019 0:46 wah ada thread ini.....baru 2bulan lalu di Lio 2016 saya ganti gelondongan transmisinya di Ahond..pas di KM 145rb gantinya...
Ikut pertanyaannya om Josomba, habis berapa om ganti gelondongan CVT Mobilio, soalnya saya juga piara kembarannya mobilio hehe.

Makasih om infoya.
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by epevert »

maaf baru balas om...kmrin pas di service rutin di beres, banyak gram kasar pas ganti oli..jd diputuskan ganti utuh om
Senargitar wrote:
epevert wrote: Wed May 15, 2019 0:46 wah ada thread ini.....baru 2bulan lalu di Lio 2016 saya ganti gelondongan transmisinya di Ahond..pas di KM 145rb gantinya...
Diganti segelondongan kenapa om?
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by epevert »

gudwill dari Ahond om...free 0 rupiah
josomba wrote:
epevert wrote: Wed May 15, 2019 0:46 wah ada thread ini.....baru 2bulan lalu di Lio 2016 saya ganti gelondongan transmisinya di Ahond..pas di KM 145rb gantinya...
Habis berapa kalau boleh tahu om?

Dulu taun 2008 ganti transmisi cvt honda city keluaran 2003 kena 45 juta (di salah satu BeRes).
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by epevert »

ngga om...rmh saya bekasi..kantor istri gajahmada..kantor saya tambun.jd tiap hari tektok bks-jkt-tambun-jkt-bks...
Jambangan wrote:
epevert wrote: Wed May 15, 2019 0:46 wah ada thread ini.....baru 2bulan lalu di Lio 2016 saya ganti gelondongan transmisinya di Ahond..pas di KM 145rb gantinya...
Buset 3 tahun 145rb km
Buat taksi ya om
Mobil saya 3 tahun 31rb km perasaan udah tinggi bgt :ungg: