Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by budidiesel85 »

Pada Prinsip nya , sama saja mau manual, matik, budayakan :
1 . cek kondisi fluid tiap 10.000 km (kurang kah? , kondisi masi baik kah, Perlu flush lah )
2. di amati sudah 20.000 km apa masih baik kondisi fluidnya apa sudah berubah keruh / kotor. apa kurang
kalau sudah deteksi dini gini.
3. paleng penting jenis fluid yang di masukkan untuk transmisi MT/AT (grade serta jenisnya harus tepat sesuai spek mobil
4. Flushing di perlukan setelah pemakaian misal 25.000, 30.000,40.000,(tergantung kondisi) dengan kita sering kontrol
fluidnya. maka keawetan komponen transmisi MT/AT itu sendiri lah yg berbicara.

saya pernah bantu temen punya kuda matic bensin. ama beres di bilang g usah flushing.
saya kontrol dari dipstick aja jelas terlihat itu oli matik atfnya sudah keruh.
saya pribadi blm tau menggunakan cvt. tapi semua itu harus dari rajin kontrol dr yg punya kendaraan.

Salam Budidiesel 85,
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

Kemarin ngobrol sama SA biasanya masalah di CVT cuma kotor aja jadi overhaul bersihin body valve dan ganti strainer / filter

Klo rusaknya Puli ga bisa dibenerin krna ga ada service manualnya
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by b8099ok »

Biasanya jebol krn tidak mengikuti saran dr buku manual. Itu di manual khan lifetime. Ya ikutin aja, cvtf hrsnya emang nda perlu diganti, krn gantinya ya nanti bareng unit cvtnya. :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1385
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iwing »

habis ganti shock di snd dan kebetulan ada poster ini jadi sekalian foto

Image
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by pengendiesel »

Mohon saran suhu2 di sini dong...mobil saya odo 20rb km, rencana mau maauk beres untuk servis rutin.

Enaknya ganti ATF atau dikuras sekalian? Kalau cuma ganti ATF, kurasnya di km berapa?
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by waterlo »

huahahahahahaha.... momod dan suhu kejam, orang disuruh ikut manual book akhirnya nyerah percepat ganti fluid. btw kalo yang belum pernah ngerasain jebol matic sih masih bisa tenang2 aja. mesti pikiran bilang pabrikan aja kasih periode penggantian sekian ratus ribu km bisa, kok kita yang awam malah mau maju2in waktu periode penggantian.

saya sebagai yang pernah jebol tranny maticnya mengatakan, cukup main2 dengan oli matic. mending preventif mencegah daripada mengobati yang bikin keluar duit seharga motor seken tahun muda. mendingan keluar duit 300rb-1jt untuk ganti / flushing matic setahun 2x daripada keluar belasan buat ganti unit tranny wkwkwkwkwkwk...

ohiya cvt motor matic ga bisa jadi patokan awet/ tidak terhadap cvt mobil walaupun sama2 cvt. karena motor yang ancur duluan biasanya belt dan roller, sedangkan matic mobil banyak part bergerak yang disupport hidrolik dan gak ada kebutuhan ganti roller + beltnya juga. motor nouvo saya dulu yang ancur belt dan rollernya sebelum 15rb km (clocking di 12.[cencored] or less), sementara variator pulley dan driven pulley bertahan bertahun2 sampai motor dijual.
SAP
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Jan 25, 2017 22:10

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by SAP »

iwing wrote: Mon Jun 04, 2018 12:39 habis ganti shock di snd dan kebetulan ada poster ini jadi sekalian foto

Image
setelah baca posternya jadi rada takut sama poin nomer 2.
saya ada jazz 2017 cvt. pas dibawa nanjak di jalan pegunungan, kadang ada suara dengung gitu. tapi kalau jalan datar/dalkot/tol gak pernah ada suara dengung biarpun pedal to the carpet. apa dengung waktu tanjakan normal di cvt ?
mohon pencerahannya dari suhu-suhu, kebetulan ini mobil matic pertama jadi masih awam :big_childish:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by sintoni »

Hauhauaha.

Kayak kemaren pas di Auto 2k.

Yasir 2015 sudah 40k, saatnya servis berkala.

Ane tanya ini ga kuras ATF?

Dia bilang ga perlu pak, secara spek sudah tahan sampe 100rb KM, tapi kalo misal ngerasa kelamaan nanti kuras di 80rb aja.

:big_grin:
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lightarmy10 »

Maaf om boleh tanya, ada di bbrp mobil yg emg gabisa du kuras ya oli cvt nya? Jadi cukup tap aja... teman saya punya juke di bilang gitu sama beres
iritpoll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Oct 02, 2017 5:43

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by iritpoll »

CVT Nissan T32 gak ada dip sticknya untuk cek oil transmisi. Jadi user gak bisa cek kalau ada penurunan jumlah oil karna penguapan ato krn yg lain.
SA beres cuma bilang, oil CVT diganti kalo sdh sampe 100K point, bukan 100K km. Ngeceknya pake komputer gitu.

Klo CVT yg lain blom pernah liat... maklum cuman user yg jarang pegang mbl lain...
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba »

SAP wrote: Tue Jun 05, 2018 0:15 setelah baca posternya jadi rada takut sama poin nomer 2.
saya ada jazz 2017 cvt. pas dibawa nanjak di jalan pegunungan, kadang ada suara dengung gitu. tapi kalau jalan datar/dalkot/tol gak pernah ada suara dengung biarpun pedal to the carpet. apa dengung waktu tanjakan normal di cvt ?
mohon pencerahannya dari suhu-suhu, kebetulan ini mobil matic pertama jadi masih awam :big_childish:
Dengung cvt mau jebol seinget saya dulu (Honda City 2004) sih bunyi kencang (grinding noise) seraya kecepatan meningkat dan segala medan (lurus, nanjak, datar, turun). Kalau yg om sap maksud sih rasanya saya dulu pake mobilio ada juga bunyi kek nginggg sayup2 kecil kalau di jalanan yang agak nanjak/turun.
Image
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by mr_mytplx »

mau tanya, kl cvt sering dipakai engine brake di pegunungan gt bakal cepat jebol nda y?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by pengendiesel »

mr_mytplx wrote: Fri Jun 08, 2018 4:40 mau tanya, kl cvt sering dipakai engine brake di pegunungan gt bakal cepat jebol nda y?
Kalau saya engine break hukumnya wajib om. Potensi masalahnya ada 2, CVT jebol atau rem blong, diantara 2 ini saya jelas lebih pilih CVT jebol :mky_04:

Btw, kemarin servis rutin 20k km dan memutuskan untuk flush oli CVT di A2k. Olinya 2 galon (8 liter?), Rp 900.[cencored]. Jasa flush Rp 320.[cencored].
SAnya bilang jadwal flush oli CVT harusnya di 80k km.
Semoga jadi lebih awet.
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Volk »

Mau tanya disini ada yg sudah pernahganti oli cvt jazz gk5 nya?kalo sudah oli cvtnya apa y?rencana mau ganti sendiri d bengkel bukan resmi.trims
Nefdy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Mon Oct 05, 2015 6:30

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Nefdy »

Sy ganti oli cvt gk5 di km 71.000. Ganti pertama di km 40.000 gak diflush sih. Olinya gak keruh2 amat. Oli pakai HCF 2 saya beli di beres trus bawa ke snd bayar jasa aja
joechristable
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Sep 02, 2017 6:31
Location: indonesia
Daily Vehicle: honda

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by joechristable »

ini trit berguna banget nih..banyak menambah menambah wawasan masalah Transmisi cvt...orang awam seperti saya jadi bisa ikut belajar .
kalau AT nya belum cvt gimana om?selain jenis oli nya yg harus di perhatikan dan jangka penggantiannya...adakah hal lain yg harus menjadi diperhatikan?
saya masih punya Brio 1.3 yg belum cvt...sampai sekarangan masih dipakai menteri keuangan..
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by NYoman »

Saya sendiri ada Brio jga tp yang 1.2 masih AT.. Saya cek terakhir 30rb (pembelian 2012) masih pink agak gelap, saya rasa sepertinya ganti2 mungkin di th ke 4-5 dengan asumsi 40rb-50rb km untuk AT..

Entah untuk CVT saya rasaperlu juga ada penggantian misal di 40-80rb diantara itu.. Karena namanya fluid itu juga gak bakal tahan terutama keadaan stop and go seperti di sini... Yang belum bernah ganti CVT ndak tau rasaya nunggu parts dan kaget begitu keluar harga barang+jasa. Sebaiknya tindakan prefentif sblm CVT jebol gantilah fluid nya berkala hehehe..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lightarmy10 »

Tambah atf cooler di cvt, bisa buat girboknya lebih pinter ga ya?
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by NYoman »

Kalau bukan mobil yang di modifikasi sebetulnya ga perlu kok.. Ada plus minus, dan kalaupun pasang gak semua model bisa, kalaupun pasang juga harus flush oli dulu baru bisa pasang dan modelnya juga tidak plug and play..

CVT biasanya dalam load yang besar akan masuk "safe mode" kalau benar2 sudah panas.. Tapi saya jarang nemu keuali mobilnya benar2 di push, yang sering saya temui sering masuk safe mode itu CVT nya Nissan.. Saya di Honda Oddys yang cukup besar dan Alphard pernah nanjak2 dengan muatan 7 orang belum pernah sekalipun masuk "safe mode" artinya kalau ada yang sampai masuk "safe mode" artinya luar biasa di push transmisinya..

Tindakan prefentif, jangan sering-sering dipakai itu yang namanya manual mode kalau emang perlu turunin aja waktu perlu, yang punya paddle shift lebih enak lagi perlu cuma turun gir doang tinggal pencet walau di D kalau pindah nyamasih di stick setelah selesai langsung pindah ke D lagi.. Selain itu rajin ganti oli CVTF nya CVTF ya jangan ATF nanti kejadian macam di Jazz GD bbrp tahun lalu..

Semakin ksini makin banyak kendaraan yang pakai CVT kok, jadi pasti produsen udah buat CVT yang lebih reliable nantinya dengna alat2 yang lebih baik lagi..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ginting »

iritpoll wrote: Wed May 09, 2018 5:11 Ini cuman sharing info yang didapat dari yutub, tetapi menarik untuk dibahas.
Dalam kasus tsb, yang jebol CVT Nissan Rouge (2010) AWD.. ato Xtrail klo disini.
Bisa saja hal tsb terjadi pada CVT pada mobil brand lain, karena Jatco supply OEM ke brand lain juga.
Ato CVT brand lain mengalami hal yang sama krn prinsip CVT pasti mirip.

Dalam video tsb, pembongkar menganalisa bahwa kegagalan disebabkan oleh desain yang salah.
Meskipun dia mention bisa saja faktor metalurgi atau kesalahan fluid transmissionnya.
Tetapi tidak dapat dipungkiri, ternyata CVT terdapat gesekan-gesekan antar logam (metal friction) yang lebih banyak dan bekerja berat yang dipastikan akan aus sejalan waktu.
Metal Friction pada MT, conv AT atau DCT jauh lebih minim.

Awalnya saya menduga bahwa yang rawan jebol duluan adalah metal-belt-nya (sabuk baja), karena ada friction yang besar antara metal belt dan kedua variable pulley. Dan metal-belt selalu menyesuaikan pulley shingga rawan metal fatique
Tetapi dalam video tersebut ternyata yang jebol duluan adalah variable pulley-nya dulu bro.
Variable Pulley bergerak menyempit dan melebar sepanjang axle pulley, metal friction gede banget... ditambah lagi pressure power dari output engine.
Begitu variable pulley jebol, cvt beltnya juga jebol / putus.

Banyak conv AT dapat bertahan sekitar 30thn. Klo gak salah di Indo CVT mulai banyak sekitar thn 2010an.
Teknologi metal friction di CVT masih jadi pertanyaan dari sisi metalurgi dan pelumasan.

Pertanyaannya:

Apakah CVT bisa bertahan atau hanya sampai 15thn?? :big_dunno:

Klo nggak, thn 2025 banyak dong CVT yang waktunya jebol tiba..? :big_think:

Silahkan simak nara sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=_64zEsMdQ9A
Kalau dilihat lihat, trendnya gini.

awal awal dulu ada matic convensional, orang masih agak agak ngeri pakai matic.
asalannya : kalo rusak maticnya maka gak bisa diperbaiki.
juga kalau mobil mogok, gak bisa didorong.
tapi lama lama sudah biasa juga.
dan sudah banyak specialis matic yg bisa melakukan repair atau malah modif seperti pasang trans-go

lalu muncul CVT
sejauh ini yg kita denger bengkel resmi tak ada yg mau perbaiki CVT tapi malah disuruh ganti.
Sebagai perbandingan, harganya jdi mahal, contoh untuk Subaru di USA sekitar USD 7,000-USD 8,000
Nah, apakah ke depannya bakal ada bengkel specialis CVT yg bisa ganti ketengan alias bisa perbaiki mana part yg worn out saja ?

Panas CVT
Saya perhatikan kok teman teman SMRT yg pakai CVT mobilnya ada yg panas (overheating CVT) tapi ada juga yang tidak.
bedanya dimana ya ?

Bahan Belt CVT
Kalau subaru sy lihat beltnya dari besi (sy lihat di yutub) yg digabung-gabung.
apakah zaman now masih ada CVT yg dari karet?
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

Klo diliat part cvt simple, seandainya bisa ganti per part lbh terjangkau seharusnya
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by sukerdan02 »

ginting wrote: Tue Jan 08, 2019 6:48
iritpoll wrote: Wed May 09, 2018 5:11 Ini cuman sharing info yang didapat dari yutub, tetapi menarik untuk dibahas.
Dalam kasus tsb, yang jebol CVT Nissan Rouge (2010) AWD.. ato Xtrail klo disini.
Bisa saja hal tsb terjadi pada CVT pada mobil brand lain, karena Jatco supply OEM ke brand lain juga.
Ato CVT brand lain mengalami hal yang sama krn prinsip CVT pasti mirip.

Dalam video tsb, pembongkar menganalisa bahwa kegagalan disebabkan oleh desain yang salah.
Meskipun dia mention bisa saja faktor metalurgi atau kesalahan fluid transmissionnya.
Tetapi tidak dapat dipungkiri, ternyata CVT terdapat gesekan-gesekan antar logam (metal friction) yang lebih banyak dan bekerja berat yang dipastikan akan aus sejalan waktu.
Metal Friction pada MT, conv AT atau DCT jauh lebih minim.

Awalnya saya menduga bahwa yang rawan jebol duluan adalah metal-belt-nya (sabuk baja), karena ada friction yang besar antara metal belt dan kedua variable pulley. Dan metal-belt selalu menyesuaikan pulley shingga rawan metal fatique
Tetapi dalam video tersebut ternyata yang jebol duluan adalah variable pulley-nya dulu bro.
Variable Pulley bergerak menyempit dan melebar sepanjang axle pulley, metal friction gede banget... ditambah lagi pressure power dari output engine.
Begitu variable pulley jebol, cvt beltnya juga jebol / putus.

Banyak conv AT dapat bertahan sekitar 30thn. Klo gak salah di Indo CVT mulai banyak sekitar thn 2010an.
Teknologi metal friction di CVT masih jadi pertanyaan dari sisi metalurgi dan pelumasan.

Pertanyaannya:

Apakah CVT bisa bertahan atau hanya sampai 15thn?? :big_dunno:

Klo nggak, thn 2025 banyak dong CVT yang waktunya jebol tiba..? :big_think:

Silahkan simak nara sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=_64zEsMdQ9A
Kalau dilihat lihat, trendnya gini.

awal awal dulu ada matic convensional, orang masih agak agak ngeri pakai matic.
asalannya : kalo rusak maticnya maka gak bisa diperbaiki.
juga kalau mobil mogok, gak bisa didorong.
tapi lama lama sudah biasa juga.
dan sudah banyak specialis matic yg bisa melakukan repair atau malah modif seperti pasang trans-go

lalu muncul CVT
sejauh ini yg kita denger bengkel resmi tak ada yg mau perbaiki CVT tapi malah disuruh ganti.
Sebagai perbandingan, harganya jdi mahal, contoh untuk Subaru di USA sekitar USD 7,000-USD 8,000
Nah, apakah ke depannya bakal ada bengkel specialis CVT yg bisa ganti ketengan alias bisa perbaiki mana part yg worn out saja ?

Panas CVT
Saya perhatikan kok teman teman SMRT yg pakai CVT mobilnya ada yg panas (overheating CVT) tapi ada juga yang tidak.
bedanya dimana ya ?

Bahan Belt CVT
Kalau subaru sy lihat beltnya dari besi (sy lihat di yutub) yg digabung-gabung.
apakah zaman now masih ada CVT yg dari karet?
Setahu sy kok kalo CVT mobil ga pernah ada yg belt nya dari karet om.. Adanya semacar rantai gt atau steel belt.. Kalo karet kayanya ga mungkin karena kan posisinya terendam oli.. Bukan kaya motor matic..
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by lemonadelovers »

Lg browsing nemu website yg jual part CVT

http://cvt-parts.co.nz/nissan-cvt/jf017 ... ion-cvt-8/
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by indeskey »

lemonadelovers wrote: Tue Mar 05, 2019 0:47 Lg browsing nemu website yg jual part CVT

http://cvt-parts.co.nz/nissan-cvt/jf017 ... ion-cvt-8/
Untuk Honda dia bilang gini.

This CVT Transmission is used in several small Honda vehicles like Jazz,Logo,Civic, and more.
It is a very reliable tranmsmission and has 1 common problem which is ' Shudders when taking of"
This is caused by contamination of the oil and not using the right CVT oil and the main cause is Lack of maintenance.
We recommend to change the oil every 40.000 km and it is very important to use original Honda CVT oil.
Never use any additives for to solve the shudder because it will make it only worse after a kopple of months
which means you are up for a big repair bill.

BRV saya kemaren ganti di 30.000 km (2 kali kuras) pake Aisin CFEx. Gejala jeduk perpindahan gigi setelah itu hilang dan smooth sekali.
ferdiezzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Sat Jul 28, 2018 6:23
Location: palembang
Daily Vehicle: yaris s limited 2006

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ferdiezzz »

nah ini akhirnya nemu nih thread
kebetulan nih saya mw beli matic
kebetulan inceran saya mirage gls om, yg udah cvt km 70rb nah rencana mw pakai sebagai used bbrp thn kedepan
nah yg saya takutin maticnya itu ngga durable ngeri jebol tengah jalan
mohon bantuannya ya om
untuk mengenali cvt yang rusak
dan bagi pengguna cvt yg udah tinggi kmny boleh sharing ke saya terima kasih om dan suhu.