Dilema buang katalis/catalytic converter

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
ChZ
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8597
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by ChZ » 02 Nov 2017, 16:24

Sering kejadian sih supir tidur di dalem mobil mesin dan AC nyala... kadang ane muter mall belanja dan makan malem sekitar 30 menit sampe 1 jam balik parkiran eh masih nyala juga...

Rasanya pingin negur supirnya "mas sampeyan meh bunuh diri tah... montor dimurupno sak jam..."

Klo saya majikannya saya kasih duit makan biar dia keluar cari makan atau ngopi... drpd buang bensin dan buang nyawa sendiri...
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by kunaskun » 02 Nov 2017, 17:07

ChZ wrote:
02 Nov 2017, 16:24
Sering kejadian sih supir tidur di dalem mobil mesin dan AC nyala... kadang ane muter mall belanja dan makan malem sekitar 30 menit sampe 1 jam balik parkiran eh masih nyala juga...

Rasanya pingin negur supirnya "mas sampeyan meh bunuh diri tah... montor dimurupno sak jam..."

Klo saya majikannya saya kasih duit makan biar dia keluar cari makan atau ngopi... drpd buang bensin dan buang nyawa sendiri...
makanya banyak driver yang ga ada bossnya jadi ugal2an di parkiran pas tetiba disuruh jemput atau nyari parkiran karena mabok CO2... :mky_01: yang kaya gini si biasanya boss-nya ga beda jauh dari sopirnya, karena bossnya pelit jadi sama supirnya dikerjain aja nyalain mesin + AC, lumayan d adem, kalau ditanya kenapa isi bensin boros (kalau bukan jatah kantor) ya bilang aja macet. tetangga ane dulu kaya gini drivernya, boss sama driver sama aja ngeselinnya. bayangin aja itu oli + mesin gimana dalemnya, belum bicara AC dsb karena cara pake idle run gitu.

makanya sejak saat itu, selalu ada yang tanya beli mobil ex kantor gimana, saya jawab aja kaya diatas. kadang masih lebih mending beli ex emak2 antar anak ke sekolah, karena emak2 itu jarang banget mau lama2 di mobil mendingan ngeloyor ngegosip. atau mobil ex dokter sekalian, gambling ga keurus.

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by tesna » 22 Jun 2018, 09:26

kalau buat harian, jangan dilepas lah. klo buat race sih mendingan karena mobilnya jadi dipakenya jarang-jarang. tapi buat harian, coba bayangin klo semuanya di lepas cc nya. Udaranya jadi makin beracun...
Dangers of pollutants
Without the redox process to filter and convert the nitrogen oxides, carbon monoxides, and hydrocarbons, the air quality (especially in large cities) becomes harmful to the human being.

Nitrogen oxides: These compounds are of the same family as nitrogen dioxide, nitric acid, nitrous oxide, nitrates, and nitric oxide. When NOx is released into the air, it reacts, stimulated by sunlight, with organic compounds in the air; the result is smog. Smog is a pollutant and has adverse effects on children's lungs. NOx reacting with sulfur dioxide produces acid rain, which is highly destructive to everything it lands on. Acid rain corrodes cars, plants, buildings, national monuments and pollutes lakes and streams to an acidity unsuitable for fish. NOx can also bind with ozone to create biological mutations (such as smog), and reduce the transmission of light.
mau jadi kontributor peracun masyarakat dan lingkungan? sure masih ada yang kontributor yg buruk (angkutan umum cumi2) tapi ya jangan mentang2 ky gitu jadi bisa berbuat yang selevel sama mereka.

Be part of change! no matter how small

bembenk95
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 » 22 Oct 2018, 08:54

akhirnya, katalik manifold terganti dgn header 4-1,
damn, bau/asap exhaustnya emang jd bikin perih mata ... :mky_01:
i am, a sleeper

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3222
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Singaraja-Surabaya-Bekasi-Adelaide
Contact:

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by NYoman » 22 Oct 2018, 09:19

Dibeberapa negara seperti US misalnya, Illegal untuk melepas CC.. Dan beberapa juga di mobil buat trackday freeflow pipenya masih ada CC nya.. Karena sekarang BBM sudah menuju EURO IV yuk sama2 peduli dengan lingkungan ;)

Saya aja ganti Header baru panasin langsung perih mata, jadi serik juga di tenggorokan kalau deket2.. Tapi itu masa lalu sih, jadi ya biarkan mobil itu standart apa adanya, pabrikan membuat kendaraan nya sudah diperhitungkan dengan keadaan dan pasokan BBM di Indonesia.. \m/
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)

saturday
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by saturday » 22 Oct 2018, 20:54

bembenk95 wrote:
22 Oct 2018, 08:54
akhirnya, katalik manifold terganti dgn header 4-1,
damn, bau/asap exhaustnya emang jd bikin perih mata ... :mky_01:
NYoman wrote:
22 Oct 2018, 09:19
Dibeberapa negara seperti US misalnya, Illegal untuk melepas CC.. Dan beberapa juga di mobil buat trackday freeflow pipenya masih ada CC nya.. Karena sekarang BBM sudah menuju EURO IV yuk sama2 peduli dengan lingkungan ;)

Saya aja ganti Header baru panasin langsung perih mata, jadi serik juga di tenggorokan kalau deket2.. Tapi itu masa lalu sih, jadi ya biarkan mobil itu standart apa adanya, pabrikan membuat kendaraan nya sudah diperhitungkan dengan keadaan dan pasokan BBM di Indonesia.. \m/
Sama nih. Saya abis ganti header + resonator asep knalpotnya baunya jadi ampun-ampunan. Enggak nyangka jadi separah ini soalnya pas tanya sama penjualnya katanya masih "lolos emisi". Dibelakang mobil bentar aja baju uda bau asep. Sekarang jadi ogah buka kaca jendela lama-lama dan selalu ingetin temen/keluarga jangan lama-lama berdiri dibelakang ni mobil :big_dunno:

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1538
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by Salvanost » 22 Oct 2018, 21:27

saturday wrote:
22 Oct 2018, 20:54
bembenk95 wrote:
22 Oct 2018, 08:54
akhirnya, katalik manifold terganti dgn header 4-1,
damn, bau/asap exhaustnya emang jd bikin perih mata ... :mky_01:
NYoman wrote:
22 Oct 2018, 09:19
Dibeberapa negara seperti US misalnya, Illegal untuk melepas CC.. Dan beberapa juga di mobil buat trackday freeflow pipenya masih ada CC nya.. Karena sekarang BBM sudah menuju EURO IV yuk sama2 peduli dengan lingkungan ;)

Saya aja ganti Header baru panasin langsung perih mata, jadi serik juga di tenggorokan kalau deket2.. Tapi itu masa lalu sih, jadi ya biarkan mobil itu standart apa adanya, pabrikan membuat kendaraan nya sudah diperhitungkan dengan keadaan dan pasokan BBM di Indonesia.. \m/
Sama nih. Saya abis ganti header + resonator asep knalpotnya baunya jadi ampun-ampunan. Enggak nyangka jadi separah ini soalnya pas tanya sama penjualnya katanya masih "lolos emisi". Dibelakang mobil bentar aja baju uda bau asep. Sekarang jadi ogah buka kaca jendela lama-lama dan selalu ingetin temen/keluarga jangan lama-lama berdiri dibelakang ni mobil :big_dunno:
Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya

saturday
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by saturday » 22 Oct 2018, 21:51

Salvanost wrote:
22 Oct 2018, 21:27
Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya
exh.jpg
Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

bembenk95
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 » 23 Oct 2018, 11:26

saturday wrote:
22 Oct 2018, 21:51
Salvanost wrote:
22 Oct 2018, 21:27
Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya
exh.jpg

Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
i am, a sleeper

saturday
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by saturday » 23 Oct 2018, 11:43

bembenk95 wrote:
23 Oct 2018, 11:26
saturday wrote:
22 Oct 2018, 21:51
Salvanost wrote:
22 Oct 2018, 21:27
Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya
exh.jpg

Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
Saya gak sempet foto pas lagi kondisi asli. Yang pasti pas setelah dicopot, cast exhaust manifold dan catalytic converter saya terpisah. Enggak gabung kayak di fotonya Om.

Ini diagram di Civic saya. Kelihatannya agak ketengah posisinya.
images (2).png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

maleosx
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 28 Jan 2014, 19:45

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by maleosx » 07 Jan 2019, 14:11

bembenk95 wrote:
23 Oct 2018, 11:26
saturday wrote:
22 Oct 2018, 21:51
Salvanost wrote:
22 Oct 2018, 21:27
Wah kebetulan saya ketemu penawaran ganti header + seting remap
Syukurlah disini ada yg sharing info,

berhubung sudah berkeluarga, sering ke bagasi belakang buat ambil sama taruh stroller dan barang2 belanjaan

Jadibisa jadi bahan pertimbangan kalau mau ganti header
Thx om sharing infonya
exh.jpg

Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?

racho
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: 29 Dec 2012, 05:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: 2012 EX650E and 2008 NA4W-4G69

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by racho » 07 Jan 2019, 16:46

maleosx wrote:
07 Jan 2019, 14:11
Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
kalo posisi sensor di belakang catalytic converter, ya ga usah dipasang itu sensor.
palingan lampu check engine light (CEL) nyala; meski sebenernya ga ada pengaruhnya apa2 ke mesin.
CEL nyala buat kasi tau kalo gas buang mobil sampeyan kotor...

tapi kalo posisinya di depan, ya dibikin aja dudukan sensor buat itu sensor; biar mesinnya gak masuk mode 'open-loop' dan jadi boros.
saturday wrote:
23 Oct 2018, 11:43
Saya gak sempet foto pas lagi kondisi asli. Yang pasti pas setelah dicopot, cast exhaust manifold dan catalytic converter saya terpisah. Enggak gabung kayak di fotonya Om.

Ini diagram di Civic saya. Kelihatannya agak ketengah posisinya.
images (2).png
di beberapa mobil memang ada dual catalyst. satu di header, satu lagi di kolong; ya mungkin kayak civic sampeyan itu.
workshop manual grandis saya juga bilang begitu, cuma karena produksi u/ ASEAN market catalyst kolongnya kagak ada dari pabriknya.
alhasil begitu ane ganti custom header ya selamat tinggal bumiku sayang...
:mky_03:

FR6
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by FR6 » 07 Jan 2019, 17:11

efact wrote:
11 Jul 2017, 10:43
Katalis yang mau dibobok / dilepas 3 3 nya atau 1 aja om btw?

kebetulan saya ad fiesta yang dari lahir cuma 1 biji katalis (di header aja), skrg pakai catless header,
performa naik yes, 0.3 sec faster to 100 Km/h dengan muffler standar, efisiensi bbm naik juga yes, kurleb dapet gain 0.5 - 0.8 Km/Ltr

Bau gosong dalem kabin juga lenyap kalo dibejek, tp IMHO bau knalpot nya cukup ganggu sih, terutama pas lagi manuver parkir di rumah / basement yang sirkulasi udaranya ga sbaik di lapangan luas..

jd menurut saya sih.. kalo mentingin power ya efeknya berasa.. kasus ini ganti header yah.. entah kalo hanya ngebobok.. mungkin ada, tpi rasa2 nya bakal minim.. apalagi kalo muffler standar..ntar plong di depan tp nahan di ujungnya imho.. sebab skr sy juga ganti muffler belakangnya dan itu gain another 0.3 sec 0-100 nya..
Terus untuk kesehatan, agaknya kurang setuju nih, krn bau CO HC Nox saat di closed area itu cukup ganggu buat sy.. kadang malah sampe bikin pusing hahahah..

Choice is back to you om.. :big_peace:
Sama nih Om, gerobak saya dulu fiesta lepas katalis, sisanya standar. Tarikan bawahnya lebih enteng. Tapi muffler tip jadi gampang gosong/kotor.

bembenk95
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 » 08 Jan 2019, 16:51

maleosx wrote:
07 Jan 2019, 14:11
bembenk95 wrote:
23 Oct 2018, 11:26
saturday wrote:
22 Oct 2018, 21:51


exh.jpg

Tolong benerin kalau saya salah yah. Kalau cuman ganti header saja, rasanya asap knalpot enggak terlalu parah baunya. Kemarin catalytic converter saya dilepas karena resonator dipasangnya disana. Jadi menurut tebakan saya (inget cuman tebakan ya... saya juga masih newbie kurang ngerti), kalau saya hanya ganti header tapi enggak pasang resonator, itu catalytic converter masih bisa dipasang dan asapnya enggak sepedes ini.

Berhubung udah kebeli resonatornya juga ya mau gak mau saya tetep pasang daripada mubazir :big_childish:
yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
i am, a sleeper

maleosx
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 28 Jan 2014, 19:45

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by maleosx » 08 Jan 2019, 18:23

bembenk95 wrote:
08 Jan 2019, 16:51
maleosx wrote:
07 Jan 2019, 14:11
bembenk95 wrote:
23 Oct 2018, 11:26


yang di gambar itu bener itu ilustrasi , exhaust sistem mobil om ?
secara ane, kataliknya gabung di manifold castnya.

kalo katalik ngak di buang meski ganti header ama buang resonator, mestinya asap gas buang memang ngak perih.
Header G4EE small.jpg
Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png
Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.

Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.

Apa ga masalah yah
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

bembenk95
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 » 09 Jan 2019, 08:59

maleosx wrote:
08 Jan 2019, 18:23
bembenk95 wrote:
08 Jan 2019, 16:51
maleosx wrote:
07 Jan 2019, 14:11
Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png

Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.
Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.
Apa ga masalah yah
ane nemu gmr manifold Wagon R dr googl, (cek kalo salah ya [emo-police] )
manifold wagon R.jpg
itu posisi sensor O2-nya sebelum katalik om,meski satu bagian dengan katalik. jd header yg om mau beli ok aja posisi utk pemasangan sensor O2 nya.
.
.ada pakar tune up mau tambahkan info, silahkan.. nubie emang br modif header aja di gerobak tua ane...hhh
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
i am, a sleeper

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2239
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by martinnn » 09 Jan 2019, 09:33

maleosx wrote:
08 Jan 2019, 18:23
bembenk95 wrote:
08 Jan 2019, 16:51
maleosx wrote:
07 Jan 2019, 14:11


Ini mirip model katalik konverter punya karimun wagon r yah. Cuman karimun 3 silinder jadi pipanya 3 doang. Saya juga pengen ngeganti nih, cuman binggung kan ada colokan sensor di catalic converternya. Kalau headernya diganti model plong, sensornya nancepin dimana yah ?
di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png

Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.

Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.

Apa ga masalah yah
bisikin sellernya om... gerobak 3 silinder ogut juga lagi nyari custom header and mufflernya
Devikom.co.id ( Full service Branding Agency )
Interior Contractor
Property Broker
Sangjit Box Rental and Event Decorator
Allianz Insurance Agent
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145

bembenk95
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by bembenk95 » 09 Jan 2019, 11:01

martinnn wrote:
09 Jan 2019, 09:33
maleosx wrote:
08 Jan 2019, 18:23
bembenk95 wrote:
08 Jan 2019, 16:51


di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png
Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.
Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.
Apa ga masalah yah
bisikin sellernya om... gerobak 3 silinder ogut juga lagi nyari custom header and mufflernya
ngak coba cari di komunitas karimun om informasi header yg cocok..? dari pada dpt bengkel yg bikin dari coba2 :mky_01:

dari ubek2 forum sih, buat design dan bikin header ada ironcraft, ordexhaust om, & cek IG mereka kalo pingin tau suara2 muffler mrk.
kalo info bengkel knalpot yg sering wara wiri di forum ada Indojaya, Budi Knalpot, DD Auto Exhaust, Standard Adi Knalpot (Kansai), semua posisi di jakarta/ depok.

selamat berburu header .... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
i am, a sleeper

maleosx
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 28 Jan 2014, 19:45

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by maleosx » 10 Jan 2019, 09:41

martinnn wrote:
09 Jan 2019, 09:33
maleosx wrote:
08 Jan 2019, 18:23
bembenk95 wrote:
08 Jan 2019, 16:51


di header custom ane sih di bikin, drat ulir om buat pasang sensor O2 itu. jarak di usahakan sama dgn ori punya. bengkel custom header sudah tau kok. tapi kalo ada sensor juga sesudah katalik, cara akalinnnya di dratnya tipe panjang yg agak jauh dari pipa, atau tambah Resistor, buat trik bacaan O2/CO nya.
Screenshot_2019-01-08-18-20-59.png

Saya mau beli ini gan. Ada lobang sensornya dilubang tengah.

Tapi orisinilnya lubang sensornya di body catalicnya.

Apa ga masalah yah
bisikin sellernya om... gerobak 3 silinder ogut juga lagi nyari custom header and mufflernya
Bukalapak om. Search aja "header karimun wagon r"

zzzprince
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Post by zzzprince » 22 Apr 2019, 02:12

efact wrote:
11 Jul 2017, 17:02
arfs wrote:
11 Jul 2017, 15:41

Wah kalau saya cukup ganti header aja... kalo ganti full system paling cuman terasa enak atau puas 1 minggu pertama nya doang. Rasain mobil kenceng plus suara nya kenceng jg (walaupun bakal kyk alay kali) tapi selanjut nya pasti pusing sendiri dengerin suara dengung nya :mky_07:

Nah bau CO HC Nox jg bikin saya kalau keluarin mobil dari garasi dorong ke depan dulu sampe carpot, tutup pintu garasi baru deh nyalain biar gk masuk ke dalam rumah...

Tapi kalau mau parkir garasi, yah mau gk mau dah parkir sampe garasi dulu cepet2 baru matiin. soalnya carpot rmh saya miring kebawah jadi kalo didorong mobil nya dr carpot ke garasi berat pastinya, gk kyk keluarin nya tinggal dorong majuin dikit lsg ke bantu gravitasi :mky_01:
persis om.. parkiran rumah juga gituu.. lebih2 saya kalo parkir biasanya mukanya ngaddep keluar.. tpi ya ga sampe dorong dulu sampe keluar sih.. :mky_01:

btw soal muffler sih tergantung tipenya juga.. punya saya kaga pake dengung2 syukurnya.. sebab pakenya yang reverse flow dan ori jepun.. dulu pernah pake merk lokal pesaing ORD (censored) freeflow.. itu suaranya emang naujubilee. alay banget...dengung pula.. mana tenaga perasaan ga berasa beda sama yg reverse flow itu hahaha.. ga pake lama cuma nyoba dari bengkel knalpot sampe rumah lgsung saya copot.. untungnya di Indo.. dijual cepet lakunya muffler model gini.. jd ga sampe ngerugiii :big_biglaugh:
Pingin tau knalpotnya apa om

Post Reply