Page 2 of 5

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 4:23
by ABEDUL
ane sendiri pasti matiin mobil jika sedang menunggu, ane sendiri gak faham teori" spt om" diatas, yg jelas kalau sedang nunggu pasti di matikan mobil dengan alasan biar mesin agak dingin walau sebentar, plus hemat bbm aja.

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 4:32
by Turboman
racho wrote:
efact wrote: Tue Jul 11, 2017 3:43 Katalis yang mau dibobok / dilepas 3 3 nya atau 1 aja om btw?

kebetulan saya ad fiesta yang dari lahir cuma 1 biji katalis (di header aja), skrg pakai catless header,
performa naik yes, 0.3 sec faster to 100 Km/h dengan muffler standar, efisiensi bbm naik juga yes, kurleb dapet gain 0.5 - 0.8 Km/Ltr

Bau gosong dalem kabin juga lenyap kalo dibejek, tp IMHO bau knalpot nya cukup ganggu sih, terutama pas lagi manuver parkir di rumah / basement yang sirkulasi udaranya ga sbaik di lapangan luas..

jd menurut saya sih.. kalo mentingin power ya efeknya berasa.. kasus ini ganti header yah.. entah kalo hanya ngebobok.. mungkin ada, tpi rasa2 nya bakal minim.. apalagi kalo muffler standar..ntar plong di depan tp nahan di ujungnya imho.. sebab skr sy juga ganti muffler belakangnya dan itu gain another 0.3 sec 0-100 nya..
Terus untuk kesehatan, agaknya kurang setuju nih, krn bau CO HC Nox saat di closed area itu cukup ganggu buat sy.. kadang malah sampe bikin pusing hahahah..

Choice is back to you om.. :big_peace:
soal kesehatan, yes... I agree. polusi HC itu bener2 bikin pedes mata. kalo CO+NOx sih kagak bau, kagak berasa, tau2 mati.
mau mesin bersih ato kotor, tanpa katalis, HC bakal naik minimal 3-10x lipat.

ane sementara kepikiran mau coba potong katalis di center pipe, ganti pipa plong aja. kalo berubah pikiran ya pasang lagi.

kalo katalis header, umm... harusnya kalo dibuang more effective buat power.
kalo kata orang2 di forum2 luar negeri, hasil bobokan rasanya sama kayak header custom; konon desain header OEM-nya sendiri udah bagus.
plus, OEM biasanya tahan lama.

btw, nice info... kalo dapet 1km/l buat mobil saya itu udeh gede banget, coz cuma 6km/l
:big_slap:
ChZ wrote: Tue Jul 11, 2017 3:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
ya dikasi tahu aja, knalpotnya bau......sgt mengganggu

kalo ane si pake Ipah gak pernah pake ritual panasin mesin, idupin mesin pun pas penumpang udah mau naek, lgs mundur keluar garasi en jalan pelan2 pake gigi rendah sampe jarum naek dr batas C

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 4:37
by efact
racho wrote: Tue Jul 11, 2017 4:13
soal kesehatan, yes... I agree. polusi HC itu bener2 bikin pedes mata. kalo CO+NOx sih kagak bau, kagak berasa, tau2 mati.
mau mesin bersih ato kotor, tanpa katalis, HC bakal naik minimal 3-10x lipat.

ane sementara kepikiran mau coba potong katalis di center pipe, ganti pipa plong aja. kalo berubah pikiran ya pasang lagi.

kalo katalis header, umm... harusnya kalo dibuang more effective buat power.
kalo kata orang2 di forum2 luar negeri, hasil bobokan rasanya sama kayak header custom; konon desain header OEM-nya sendiri udah bagus.
plus, OEM biasanya tahan lama.

btw, nice info... kalo dapet 1km/l buat mobil saya itu udeh gede banget, coz cuma 6km/l
:big_slap:
err.. mungkin lebih cocok diubah ke persentase kali ya.. anggepan standar fiesta sy 10,5an.. setelah catless + muffler jd 11,3++ .. kira2 7 persenan :mrgreen: ..
kalo konvert ke 6 km/l.. paling jd 6.5an kali yah :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: dengan catatan header designnya ok..

Tp ngebobok apa ra sayang om? kalo andai kata bobokannya ga sesuai harapan.. mau balik aslinya repot lagi nanti.. imho sih.. pemahaman saya dibobok sih kan yg tabung gendut di header itu diganti pipa biasa kan? .. kayanya di grandis 2 biji ya di header CC nya? 4-2 (cc) - 1?

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 4:43
by efact
ChZ wrote: Tue Jul 11, 2017 3:59
Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...

Sering kok di beberapa tempat ada mobil yang dari ane dateng sampe pulang dia mesinnya nyala terus... eh supirnya lagi bobok di dalem...

Sya kalo nunggu temen (terutama cewek) yang dandan bisa sampe FRD gak jomblo... di mobil, buka kaca dikit, matiin mesin. Atw totally matiin mobil dan cari tempat jajan... :ngacir:
Setuju.. selain buang bensin percuma.. ritual bgtu cuma numpuk karbon di combustion chamber :mky_05:

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 5:59
by iwidiyanto
pernah coba gt racing knalpot di sadang? pengerjaannya cukup rapi...bisa minta bolt on jg. tapi g tau juga pake itung2an rumus ato ngga.

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 6:17
by coklatMetalik
Turboman wrote: Tue Jul 11, 2017 4:32 ya dikasi tahu aja, knalpotnya bau......sgt mengganggu

kalo ane si pake Ipah gak pernah pake ritual panasin mesin, idupin mesin pun pas penumpang udah mau naek, lgs mundur keluar garasi en jalan pelan2 pake gigi rendah sampe jarum naek dr batas C
Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"

Ya udh ane ikutin aja....

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 6:38
by racho
coklatMetalik wrote: Tue Jul 11, 2017 6:17 Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"

Ya udh ane ikutin aja....
wow...
jaman LGX aja manasinnya cukup 10 detik ya,
berarti yang manasin mobil yang satu generasi sama LGX sampe >10 menit berarti orang ...... [isi sendiri sesuai imajinasi]
efact wrote: Tue Jul 11, 2017 4:37 Tp ngebobok apa ra sayang om? kalo andai kata bobokannya ga sesuai harapan.. mau balik aslinya repot lagi nanti.. imho sih.. pemahaman saya dibobok sih kan yg tabung gendut di header itu diganti pipa biasa kan? .. kayanya di grandis 2 biji ya di header CC nya? 4-2 (cc) - 1?
nggak. dibobok itu ya cukup modal linggis/pahat sama martil. copot header, gebuk2 katalisnya, tampung puingnya.
abis itu puingnya di-recovery biar dapet platinum, rhodium, sama palladium. sumbangin ke Iron Man buat bantu Spider Man.
:mky_02:

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 7:04
by coklatMetalik
racho wrote: Tue Jul 11, 2017 6:38
coklatMetalik wrote: Tue Jul 11, 2017 6:17 Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"

Ya udh ane ikutin aja....
wow...
jaman LGX aja manasinnya cukup 10 detik ya,
berarti yang manasin mobil yang satu generasi sama LGX sampe >10 menit berarti orang ...... [isi sendiri sesuai imajinasi]
efact wrote: Tue Jul 11, 2017 4:37 Tp ngebobok apa ra sayang om? kalo andai kata bobokannya ga sesuai harapan.. mau balik aslinya repot lagi nanti.. imho sih.. pemahaman saya dibobok sih kan yg tabung gendut di header itu diganti pipa biasa kan? .. kayanya di grandis 2 biji ya di header CC nya? 4-2 (cc) - 1?
nggak. dibobok itu ya cukup modal linggis/pahat sama martil. copot header, gebuk2 katalisnya, tampung puingnya.
abis itu puingnya di-recovery biar dapet platinum, rhodium, sama palladium. sumbangin ke Iron Man buat bantu Spider Man.
:mky_02:
Butuh edukasi :mky_03:

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 7:19
by efact
racho wrote: Tue Jul 11, 2017 6:38
nggak. dibobok itu ya cukup modal linggis/pahat sama martil. copot header, gebuk2 katalisnya, tampung puingnya.
abis itu puingnya di-recovery biar dapet platinum, rhodium, sama palladium. sumbangin ke Iron Man buat bantu Spider Man.
:mky_02:
:big_chicken: Kalo kaya gtu sih mending ganti header aja om..
selain sayang CC asli nya.. juga ruang kopong gede hasil bobok itu khawatir malah bikin flow jadi kacau..

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 7:25
by ChZ
racho wrote: Tue Jul 11, 2017 4:13
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
15-20 menitan sih gila om... buang solar banget :mky_05:
efact wrote: Tue Jul 11, 2017 4:43
Setuju.. selain buang bensin percuma.. ritual bgtu cuma numpuk karbon di combustion chamber :mky_05:
Giliran bensin boros bingung... lha kerjaannya aja buang-buang bensin :mky_05:
coklatMetalik wrote: Tue Jul 11, 2017 6:17
Turboman wrote: Tue Jul 11, 2017 4:32 ya dikasi tahu aja, knalpotnya bau......sgt mengganggu

kalo ane si pake Ipah gak pernah pake ritual panasin mesin, idupin mesin pun pas penumpang udah mau naek, lgs mundur keluar garasi en jalan pelan2 pake gigi rendah sampe jarum naek dr batas C
Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"

Ya udh ane ikutin aja....
Manasin mobil emang bagusnya sambil dijalanin low speed biar pelumasannya lebih bagus... makanya uwe pake mobil jg ga manasin, jalan 1-2 menit temperatur dah normal langsung tancap.

Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 8:26
by racho
efact wrote: Tue Jul 11, 2017 7:19 :big_chicken: Kalo kaya gtu sih mending ganti header aja om..
selain sayang CC asli nya.. juga ruang kopong gede hasil bobok itu khawatir malah bikin flow jadi kacau..
yup. ada risiko kesitu.
kalo max HP sih 100% yakin bakal naik karena maximum flow pasti naik, tapi low-end torquenya takut ancur gegara turbulensi.
makanya ane blom lakuin.
iwidiyanto wrote: Tue Jul 11, 2017 5:59 pernah coba gt racing knalpot di sadang? pengerjaannya cukup rapi...bisa minta bolt on jg. tapi g tau juga pake itung2an rumus ato ngga.
we'll see... thanks infonya gan.

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 8:41
by arfs
ChZ wrote: Tue Jul 11, 2017 2:34 Nah iya... uwe buang katalis dengan ganti downpipe aftermarket. Ga pake potong-potong.
U mah bikin aja straight pipe... 4-4-4 keluar nya di samping... biar moar resing... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
racho wrote: Tue Jul 11, 2017 3:36
niat ane buang katalis itu salah satunya biar gak ada bau telor busuk, mungkin ane salah cara menyampaikan aja di atas.
sebenernya ane lebih milih pake header custom, cuma kebetulan buat mobil ane nyarinya agak susah, susah nyari yg bagus n itungannya jelas.
udah tanya ORD blom ada, Kansai... ehm harganya tinggi... giliran nemu produsen lain yg pernah bikin, ga bisa bikin model 4-2-1 panjang (ane butuh torsi bawah). ada kenalan produsen custom header yg bagus om?
takutnya kalo bikin asal-asalan, boros iya, ngempos iya.
:mky_02:
Wah saya malah pasang ORD, soalnya kebetulan ada buat mobil saya.
Emang kalo boleh tau om mau mau ganti header di mobil apa?
Coba kontek ke DD Exhaust di Srengseng, Jakarta. mungkin bisa custom disana.
Soalnya saya dulu ganti pasang header nya disana lihat ada VW Golf dan Scirocco ganti downpipe custom disana.
efact wrote: Tue Jul 11, 2017 3:43 Katalis yang mau dibobok / dilepas 3 3 nya atau 1 aja om btw?

kebetulan saya ad fiesta yang dari lahir cuma 1 biji katalis (di header aja), skrg pakai catless header,
performa naik yes, 0.3 sec faster to 100 Km/h dengan muffler standar, efisiensi bbm naik juga yes, kurleb dapet gain 0.5 - 0.8 Km/Ltr

Bau gosong dalem kabin juga lenyap kalo dibejek, tp IMHO bau knalpot nya cukup ganggu sih, terutama pas lagi manuver parkir di rumah / basement yang sirkulasi udaranya ga sbaik di lapangan luas..

jd menurut saya sih.. kalo mentingin power ya efeknya berasa.. kasus ini ganti header yah.. entah kalo hanya ngebobok.. mungkin ada, tpi rasa2 nya bakal minim.. apalagi kalo muffler standar..ntar plong di depan tp nahan di ujungnya imho.. sebab skr sy juga ganti muffler belakangnya dan itu gain another 0.3 sec 0-100 nya..
Terus untuk kesehatan, agaknya kurang setuju nih, krn bau CO HC Nox saat di closed area itu cukup ganggu buat sy.. kadang malah sampe bikin pusing hahahah..

Choice is back to you om.. :big_peace:
Wah kalau saya cukup ganti header aja... kalo ganti full system paling cuman terasa enak atau puas 1 minggu pertama nya doang. Rasain mobil kenceng plus suara nya kenceng jg (walaupun bakal kyk alay kali) tapi selanjut nya pasti pusing sendiri dengerin suara dengung nya :mky_07:

Nah bau CO HC Nox jg bikin saya kalau keluarin mobil dari garasi dorong ke depan dulu sampe carpot, tutup pintu garasi baru deh nyalain biar gk masuk ke dalam rumah...

Tapi kalau mau parkir garasi, yah mau gk mau dah parkir sampe garasi dulu cepet2 baru matiin. soalnya carpot rmh saya miring kebawah jadi kalo didorong mobil nya dr carpot ke garasi berat pastinya, gk kyk keluarin nya tinggal dorong majuin dikit lsg ke bantu gravitasi :mky_01:

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Tue Jul 11, 2017 10:02
by efact
arfs wrote: Tue Jul 11, 2017 8:41
Wah kalau saya cukup ganti header aja... kalo ganti full system paling cuman terasa enak atau puas 1 minggu pertama nya doang. Rasain mobil kenceng plus suara nya kenceng jg (walaupun bakal kyk alay kali) tapi selanjut nya pasti pusing sendiri dengerin suara dengung nya :mky_07:

Nah bau CO HC Nox jg bikin saya kalau keluarin mobil dari garasi dorong ke depan dulu sampe carpot, tutup pintu garasi baru deh nyalain biar gk masuk ke dalam rumah...

Tapi kalau mau parkir garasi, yah mau gk mau dah parkir sampe garasi dulu cepet2 baru matiin. soalnya carpot rmh saya miring kebawah jadi kalo didorong mobil nya dr carpot ke garasi berat pastinya, gk kyk keluarin nya tinggal dorong majuin dikit lsg ke bantu gravitasi :mky_01:
persis om.. parkiran rumah juga gituu.. lebih2 saya kalo parkir biasanya mukanya ngaddep keluar.. tpi ya ga sampe dorong dulu sampe keluar sih.. :mky_01:

btw soal muffler sih tergantung tipenya juga.. punya saya kaga pake dengung2 syukurnya.. sebab pakenya yang reverse flow dan ori jepun.. dulu pernah pake merk lokal pesaing ORD (censored) freeflow.. itu suaranya emang naujubilee. alay banget...dengung pula.. mana tenaga perasaan ga berasa beda sama yg reverse flow itu hahaha.. ga pake lama cuma nyoba dari bengkel knalpot sampe rumah lgsung saya copot.. untungnya di Indo.. dijual cepet lakunya muffler model gini.. jd ga sampe ngerugiii :big_biglaugh:

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Fri Oct 06, 2017 23:03
by piko25
bikin ilang garansi gk sih pke header aftermarket?

Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Posted: Fri Oct 06, 2017 23:32
by dimasapri
Pgn juga lepas catalyst, tapi bagaimana dengan pembacaan error by ECU?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Posted: Sat Oct 07, 2017 1:55
by efact
dimasapri wrote: Fri Oct 06, 2017 23:32 Pgn juga lepas catalyst, tapi bagaimana dengan pembacaan error by ECU?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?
selama o2 sensor tetep kepasang bener ga ada check engine kok om.. alias normal2 saja..
some case mobil2 tertentu kudu ngakalin aja pemasangan o2 sensor yg kedua nya..

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Sat Oct 07, 2017 4:02
by slowipah
ChZ wrote: Tue Jul 11, 2017 3:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
[/quote]
Paling benci org ndeso ga tau diri gini.. ane pake diesel plg ga prnh panasin mobil di carport, parkiran.ga mau celakain keluarga

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Sun Oct 08, 2017 4:45
by Turboman
slowipah wrote:
ChZ wrote: Tue Jul 11, 2017 3:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
Paling benci org ndeso ga tau diri gini.. ane pake diesel plg ga prnh panasin mobil di carport, parkiran.ga mau celakain keluarga[/quote]

edukasi aja

suru pake oli bagus

warming up 1 menit aja....lgs jalan

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Posted: Sun Oct 08, 2017 6:07
by dimasapri
efact wrote: Sat Oct 07, 2017 1:55
dimasapri wrote: Fri Oct 06, 2017 23:32 Pgn juga lepas catalyst, tapi bagaimana dengan pembacaan error by ECU?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?
selama o2 sensor tetep kepasang bener ga ada check engine kok om.. alias normal2 saja..
some case mobil2 tertentu kudu ngakalin aja pemasangan o2 sensor yg kedua nya..
Itu maksudnya, Om.
Semudah itukah mengakali O2 sensor yg kedua (setelah catalyst)?

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Posted: Mon Oct 09, 2017 3:15
by efact
dimasapri wrote: Sun Oct 08, 2017 6:07
efact wrote: Sat Oct 07, 2017 1:55
dimasapri wrote: Fri Oct 06, 2017 23:32 Pgn juga lepas catalyst, tapi bagaimana dengan pembacaan error by ECU?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?
selama o2 sensor tetep kepasang bener ga ada check engine kok om.. alias normal2 saja..
some case mobil2 tertentu kudu ngakalin aja pemasangan o2 sensor yg kedua nya..
Itu maksudnya, Om.
Semudah itukah mengakali O2 sensor yg kedua (setelah catalyst)?
emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya, :mrgreen: :mrgreen: yg pnting gimana caranya debit gas buang yg dibaca sensor kedua (setelah catalyst) sebisa mungkin jangan sederas yg dibaca sensor 1 (sebelum catalyst)

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Mon Oct 09, 2017 5:16
by vipere
Livina ane yang udah umur 9 tahun juga barusan dibuang catalytic nya oleh bengkel resmi, karena rusak .
Gejalanya di dashboard bagian bawah sampe ke tempat rem tangan terasa panas.
Efeknya setelah dibuang , suara knalpot nya jadi lebih nyaring.

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Posted: Wed Nov 01, 2017 23:59
by dimasapri
efact wrote: Mon Oct 09, 2017 3:15
dimasapri wrote: Sun Oct 08, 2017 6:07
efact wrote: Sat Oct 07, 2017 1:55

selama o2 sensor tetep kepasang bener ga ada check engine kok om.. alias normal2 saja..
some case mobil2 tertentu kudu ngakalin aja pemasangan o2 sensor yg kedua nya..
Itu maksudnya, Om.
Semudah itukah mengakali O2 sensor yg kedua (setelah catalyst)?
emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya, :mrgreen: :mrgreen: yg pnting gimana caranya debit gas buang yg dibaca sensor kedua (setelah catalyst) sebisa mungkin jangan sederas yg dibaca sensor 1 (sebelum catalyst)
Yg diukur kecepatan aliran gas buang atau kandungan oksigen, Om?
Di bengkel mana yg bisa ngakalin o2 sensor yg kedua?

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Posted: Thu Nov 02, 2017 1:38
by efact
dimasapri wrote: Wed Nov 01, 2017 23:59
efact wrote: Mon Oct 09, 2017 3:15
dimasapri wrote: Sun Oct 08, 2017 6:07

Itu maksudnya, Om.
Semudah itukah mengakali O2 sensor yg kedua (setelah catalyst)?
emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya, :mrgreen: :mrgreen: yg pnting gimana caranya debit gas buang yg dibaca sensor kedua (setelah catalyst) sebisa mungkin jangan sederas yg dibaca sensor 1 (sebelum catalyst)
Yg diukur kecepatan aliran gas buang atau kandungan oksigen, Om?
Di bengkel mana yg bisa ngakalin o2 sensor yg kedua?
sebener yang diukur oksigennya om,,
2 sensor itu beda tugasnya (meskipun cara kerja nya sama)
sensor 1 lebih ngaruh ke air fuel ratio kalo lg closed loop systemnya,
sensor 2 cuman ngecek fungsi catalyst aja sih imho,
nah karna cara kerja nya sama, kalo CC dibuang, otomatis gas buang ke sensor 2 juga plong aja sama spt ke sensor 1, makanya kudunya gas buang sebelom lewat ke sensor 2 itu disaring dulu, biar seolah2 bacanya konstan sgtu2 aja

tapi kejadian check light nyala cuma in case mobil2 tertentu aja sih om, di Toyota atau kebanyakan Honda biasanya cuman holdernya o2 sensor yg kedua dipanjangin aja udh cukup ga akan bikin masalah apa apa.

kalo bengkel, emm.. mungkin salah 1nya bisa nyobain yg di srengseng tuh om, mereka ngerti kok,,

Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?

Posted: Thu Nov 02, 2017 8:21
by dimasapri
efact wrote: Thu Nov 02, 2017 1:38
dimasapri wrote: Wed Nov 01, 2017 23:59
efact wrote: Mon Oct 09, 2017 3:15

emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya, :mrgreen: :mrgreen: yg pnting gimana caranya debit gas buang yg dibaca sensor kedua (setelah catalyst) sebisa mungkin jangan sederas yg dibaca sensor 1 (sebelum catalyst)
Yg diukur kecepatan aliran gas buang atau kandungan oksigen, Om?
Di bengkel mana yg bisa ngakalin o2 sensor yg kedua?
sebener yang diukur oksigennya om,,
2 sensor itu beda tugasnya (meskipun cara kerja nya sama)
sensor 1 lebih ngaruh ke air fuel ratio kalo lg closed loop systemnya,
sensor 2 cuman ngecek fungsi catalyst aja sih imho,
nah karna cara kerja nya sama, kalo CC dibuang, otomatis gas buang ke sensor 2 juga plong aja sama spt ke sensor 1, makanya kudunya gas buang sebelom lewat ke sensor 2 itu disaring dulu, biar seolah2 bacanya konstan sgtu2 aja

tapi kejadian check light nyala cuma in case mobil2 tertentu aja sih om, di Toyota atau kebanyakan Honda biasanya cuman holdernya o2 sensor yg kedua dipanjangin aja udh cukup ga akan bikin masalah apa apa.

kalo bengkel, emm.. mungkin salah 1nya bisa nyobain yg di srengseng tuh om, mereka ngerti kok,,
Thanks infonya Om :big_exellent:

Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

Posted: Thu Nov 02, 2017 8:28
by akbrn
slowipah wrote:
ChZ wrote: Tue Jul 11, 2017 3:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya? :evil:
Paling benci org ndeso ga tau diri gini.. ane pake diesel plg ga prnh panasin mobil di carport, parkiran.ga mau celakain keluarga[/quote]
Diem2 sumpel knalpotnya pake bola golf / sejenisnya. Wkwkwk