Ganti air radiator beda merk

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 12 Jul 2019, 17:46

marmut wrote:
12 Jul 2019, 17:18
adityabp wrote:
12 Jul 2019, 16:34
Yaaa, kalo belum ngalamin coolant dimuntahin mesin krn mesin masuk angin emang agak sulit utk dimengerti.
:big_deal:

udah kenyang om, jaman masih pake 18 TL.....
:big_grin:
sama waktu baru pegang 940 turbo juga pernah.
Nah, skrg saya yg gak ngerti kenapa om malah nyaranin gak perlu ritual bleeding.
:mky_06:

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2922
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by marmut » 12 Jul 2019, 17:48

@josomba, nasi kuning jam 9:30 wib habis. kalo mau jalan sikit ke arah timur ada BPK.
pipes - cigars - coffee

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2922
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by marmut » 12 Jul 2019, 17:56

adityabp wrote:
12 Jul 2019, 17:46

Nah, skrg saya yg gak ngerti kenapa om malah nyaranin gak perlu ritual bleeding.
:mky_06:

ya karena mayoritas cooling system mobil jepang bukan vakum dan tidak ada bleeding nipple-nya.
isi air/coolant saja sudah cukup asalkan prosedurnya bener.
selama ini saya nggak pernah nunggu sampe thermostat terbuka penuh + electric fan nyala untuk yakin ngga ada angin terperangkap. dan tidak pernah ada masalah asalkan coolant level terpantau.
pipes - cigars - coffee

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2922
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by marmut » 12 Jul 2019, 18:11

adityabp wrote:
12 Jul 2019, 13:57


-

Buka kap mesin, reservoir penuh ampe luber. Ada tetesan coolant sepanjang jalan yg saya lewatin.

saya nemu kejadian kaya gini tapi di mobil yang radiatornya tidak ada cap/tutup (bukan mobil jepang).
kalau di radiator yang ada tutupnya, pasti akan narik air di reservoir kalau sampe kekurangan air.

pernah berapa tahum silam nemu kasus mobil jepang, volume reservoir selalu bertambah dan volume coolant radiator berkurang, setelah diperiksa, ada bocor di cyl. head gasket.
pipes - cigars - coffee

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 851
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 12 Jul 2019, 19:08

marmut wrote:
12 Jul 2019, 18:11
adityabp wrote:
12 Jul 2019, 13:57


-

Buka kap mesin, reservoir penuh ampe luber. Ada tetesan coolant sepanjang jalan yg saya lewatin.

saya nemu kejadian kaya gini tapi di mobil yang radiatornya tidak ada cap/tutup (bukan mobil jepang).
kalau di radiator yang ada tutupnya, pasti akan narik air di reservoir kalau sampe kekurangan air.

pernah berapa tahum silam nemu kasus mobil jepang, volume reservoir selalu bertambah dan volume coolant radiator berkurang, setelah diperiksa, ada bocor di cyl. head gasket.
Akar masalah 2 kasus om ini sebenarnya sama : ada udara/gas yg terperangkap "di dalam" coolant dalam jumlah yg besar.
Tinggal dicari dari mana asal udara/gas ini kok bisa terperangkap di jalur coolant.

Kalo ketika kita ngisi radiator sampai penuh, tapi ada udara terperangkap di selang bawah radiator atau di blok silinder bagian bawah, sdh pasti udara ini akan mendorong coolant di atasnya. Kalo radiatornya ditutup, maka tekanan coolant akan naik yg mengakibatkan coolant yg terdorong akan hijrah semuanya ke reservoir sampai si udara bebas.
Itulah kenapa saya setuju kalau ritual bleeding tetap harus dilakukan setelah proses ganti coolant selesai.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16705
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by DOHC » 12 Jul 2019, 19:39

Kaleng wrote:
12 Jul 2019, 17:29
rekomendasi merk air radiator yang bagus dan gak bikin kantong jebol apa kira2 ya om?
kl ganti sendiri sehh mau merek apa aj jg sebenernya ga ad yg mahal2 amat koq.. mau yg pahe yahh bsa pake yg seiken, ini bawaan honda jg pake ini.. segalon 100an rbu beli di toda, prestone galon kuning jg kisaran sgituan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16705
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by DOHC » 12 Jul 2019, 19:42

btw perihal pijet selang, utk ahond enjin L15Z yg uda cvt, ati2 pas pjet2 selang, perhatiin selang yg masuk ke dalem gearbox nya (atf warmer), ntuh kualitas nya caur atau cacat design, kl ud beberapa taon bsa melar sendiri trus rembes coolant dari sana.. jd kl pemakai enjin tsb mendadak coolant nya drop, monggo cek tuh selang laknat..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

afifyulianto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 15 Aug 2018, 17:49
Location: Surabaya

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by afifyulianto » 13 Jul 2019, 06:59

Perlu ndak om kuras radiator pakai cairan flushing? Apa cuma kuras saja yg lama trus masukin yg baru?

User avatar
Kaleng
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 425
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Contact:

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Kaleng » 13 Jul 2019, 10:48

DOHC wrote:
12 Jul 2019, 19:39
Kaleng wrote:
12 Jul 2019, 17:29
rekomendasi merk air radiator yang bagus dan gak bikin kantong jebol apa kira2 ya om?
kl ganti sendiri sehh mau merek apa aj jg sebenernya ga ad yg mahal2 amat koq.. mau yg pahe yahh bsa pake yg seiken, ini bawaan honda jg pake ini.. segalon 100an rbu beli di toda, prestone galon kuning jg kisaran sgituan..
sempat tny ke beres honda, ada 2 jenis mau yang long life atau yang standard. menurut om kalau buat mobil pribadi sendiri antara standard sama long life ini apakah memang ada beda signifikan seandainya selalu kuras air radiator maks per 50rb km atau 3 thn?

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba » 14 Jul 2019, 06:32

Kaleng wrote:
13 Jul 2019, 10:48


sempat tny ke beres honda, ada 2 jenis mau yang long life atau yang standard. menurut om kalau buat mobil pribadi sendiri antara standard sama long life ini apakah memang ada beda signifikan seandainya selalu kuras air radiator maks per 50rb km atau 3 thn?
Kalau pake honda long life type-2 (50%), kuras tiap 5 tahun aja. Kalau pake yg biasa (30%) 2-3 tahun.

Sbagai catatan yg longlife bs 5 tahun, asal selama ini top up selalu pake type 2 juga dan pas serpis berkala, ntuh BeRes kagak nambah2in pake air ledeng :glodak: yahh ada aja yg BeRes nakal nambahin pake air biasa...
Image
Image

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16705
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by DOHC » 14 Jul 2019, 06:41

Kaleng wrote:
13 Jul 2019, 10:48
DOHC wrote:
12 Jul 2019, 19:39
Kaleng wrote:
12 Jul 2019, 17:29
rekomendasi merk air radiator yang bagus dan gak bikin kantong jebol apa kira2 ya om?
kl ganti sendiri sehh mau merek apa aj jg sebenernya ga ad yg mahal2 amat koq.. mau yg pahe yahh bsa pake yg seiken, ini bawaan honda jg pake ini.. segalon 100an rbu beli di toda, prestone galon kuning jg kisaran sgituan..
sempat tny ke beres honda, ada 2 jenis mau yang long life atau yang standard. menurut om kalau buat mobil pribadi sendiri antara standard sama long life ini apakah memang ada beda signifikan seandainya selalu kuras air radiator maks per 50rb km atau 3 thn?
itu coolant ahond ane perna bandingin ama galonan yg seiken, yg 30 ama 50 % kandungan nya.. warna ama bau bau nya persis plek kl d compare side by side.. cuman yg long life (warna biru), kandungan konsentrat nya lebi tinggi aj (50%)

btw sejauh ini sehh mau pake coolant apapun, ane rule of thumb nya kuras tiap 2 taon skali, kcuali garage queen.. ini mahh bsa 5 taon skali.. dan smua nya masi gapapa, ga ad bocor, rembes, jebol dsb.. cuman biarpun ud coolant dr lahir, resiko karat tetep ad.. ipah ane yg dari lahir pake coolant toyota aj pas buka water pump ntuh ad karat nya dikit..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

Post Reply