Ganti air radiator beda merk

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by rendr »

Turboman wrote: Thu Sep 12, 2019 11:32
rendr wrote:Suhu2 mau tanya per coolant an..

Ini saya mau kuras air radiator buat mesin volvo 6cyl B6304S.. di manualbook bawaan ga jelas requirement butuh coolant dgn spek kyk gmn.. hasil baca2 di forum luar, bawaannya pake coolant Type C yg warnanya biru..

Walhasil ketemu ini.. propylene glycol
1568277942167.png

Setelah saya baca2 di forum volvo luar bisa pake yg ekuivalen sama coolant mercy pake...
1568278001798.jpg

Ada yg punya rekomendasi lain yg lebih bagus buat coolant biru gini yg dijual disini? Ini sebotol 1,5L @175rb
OAT coolant = Silicate free Coolant
berarti hajar Toyota LLC aja aman ya om,


apa semua yg glycol based itu mengandung silicate??
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by dimasapri »

rendr wrote: Thu Sep 12, 2019 12:32
Turboman wrote: Thu Sep 12, 2019 11:32
rendr wrote:Suhu2 mau tanya per coolant an..

Ini saya mau kuras air radiator buat mesin volvo 6cyl B6304S.. di manualbook bawaan ga jelas requirement butuh coolant dgn spek kyk gmn.. hasil baca2 di forum luar, bawaannya pake coolant Type C yg warnanya biru..

Walhasil ketemu ini.. propylene glycol
1568277942167.png

Setelah saya baca2 di forum volvo luar bisa pake yg ekuivalen sama coolant mercy pake...
1568278001798.jpg

Ada yg punya rekomendasi lain yg lebih bagus buat coolant biru gini yg dijual disini? Ini sebotol 1,5L @175rb
OAT coolant = Silicate free Coolant
berarti hajar Toyota LLC aja aman ya om,


apa semua yg glycol based itu mengandung silicate??
Glycol (ethylene glycol, diethylene glycol, or propylene glycol) itu adalah antifreeze agent.
Silicates, phosphates, OAT, & HOAT adalah corrosion/rust inhibitors.
Gak ada hubungannya apakah coolant dengan bahan dasar ethylene glycol pasti silicate free atau tidak, karena 2 substansi yang berbeda.
Bisa saja merk A itu mengandung ethylene glycol + silicate, merk B mengandung ethylene glycol + phospates, dll.
Jadi kalau mau nyari silicate free bukan lihat kandungan antifreeze agent nya tapi lihat pds produknya.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by rendr »

dimasapri wrote: Thu Sep 12, 2019 20:49
rendr wrote: Thu Sep 12, 2019 12:32
Turboman wrote: Thu Sep 12, 2019 11:32 OAT coolant = Silicate free Coolant
berarti hajar Toyota LLC aja aman ya om,


apa semua yg glycol based itu mengandung silicate??
Glycol (ethylene glycol, diethylene glycol, or propylene glycol) itu adalah antifreeze agent.
Silicates, phosphates, OAT, & HOAT adalah corrosion/rust inhibitors.
Gak ada hubungannya apakah coolant dengan bahan dasar ethylene glycol pasti silicate free atau tidak, karena 2 substansi yang berbeda.
Bisa saja merk A itu mengandung ethylene glycol + silicate, merk B mengandung ethylene glycol + phospates, dll.
Jadi kalau mau nyari silicate free bukan lihat kandungan antifreeze agent nya tapi lihat pds produknya.
Wah mantap dapet ilmu lagi... Thanks om..

Mau tanya lagi..
Kalo mesin yg di design pada jaman msh propylene glycol trus kita ganti pake OAT apa ada faktor2 yg perlu diperhatikan?
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Profith83 »

touchme wrote: Thu Dec 06, 2018 1:54 nambain sharing, ane kalo nguras radiator urutannya:
1. buka tap buangan air radiator dan setelah habis tutup lagi.
2. buka selang atas yang balik ke radiator, lalu tutup lubang selang yang diradiator pakai plastik dan dikaretin. isi penuh radiator pake coolant. tutup radiator biarin terbuka..
3. minta bantuan orang laen buat idupin mesin dan rev ke 1500-2000 rpm. tujuannya biar suhu mesin naik dan termostat ngebuka (ane ga suka bebongkaran termostat kalo ga perlu) supaya coolant baru dari radiator tersirkulasi dan mendorong keluar sisa coolant yang ada di water jacket
4. begitu air mulai mengalir keluar (hati-hati air dari waterjacket panas) ikuti dengan tuang coolant keradiator lalu perhatiin air yang keluar... kalo warnanya uda bening seperti coolant baru dan air bisa ngalir lancar tanpa ada udara lagi, minta asisten matiin mesin.
5. pasang kembali selang, tambah coolant sampai penuh dan tutup capnya. kuras juga reservoirnya.
6. rev mesin lagi 5-10menit sampai suhu mesin normal sambil perhatikan apa ada kebocoran. tambah air di reservoir kalo berkurang. selesai. total coolant yang kepake sekitar 1 3/4 galon mobil innova bensin. biasa sisa coolantnya ane bawa dimobil buat jaga-jaga.

ane nguras 1-1,5 taun sekali tanpa liat kilometer. 13 taon mobil dipiara blom pernah nemu masalah radiator.. dan tiap kali nguras coolant yang keluar selalu bening tanpa ada tanda karat. coolant yang dipake gado gado sedapetnya aja dari toyota, prestone ijo ampe prestone long life coolant concentrate yang dioplos dulu pake aquades..
kalo untuk nambain ane usahain slalu pake coolant. ogah pake air lain karna diluted dong coolantnya
2. buka selang atas yang balik ke radiator, lalu tutup lubang selang yang diradiator pakai plastik dan dikaretin. isi penuh radiator pake coolant. tutup radiator biarin terbuka..

Maksudnya selang yang dari radiator ke mesin yah? yang posisinya di mesin bagian atas bukan bagian bawah mesin.
Betul itu yang dimaksud yah ?
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by touchme »

yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Profith83 »

touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59 yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Sip om.

Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.

Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by evanbngdor »

Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 4:04
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59 yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Sip om.

Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.

Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
Ada lubang hawa di atas radiatornya yg bs dibuka waktu kuras air radiator.

Dan meskipun skg misal udah full, harus rajin dipantau, biasanya abis dipake beberapa jam mesti isi lg sekitar 0,5 liter sampe bener2 full.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Profith83 »

evanbngdor wrote: Tue Mar 24, 2020 5:07
Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 4:04
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59 yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Sip om.

Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.

Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
Ada lubang hawa di atas radiatornya yg bs dibuka waktu kuras air radiator.

Dan meskipun skg misal udah full, harus rajin dipantau, biasanya abis dipake beberapa jam mesti isi lg sekitar 0,5 liter sampe bener2 full.
Iya ada lobang hawa yang bisa dibuka pakai kebalikan dari kunci shock yah.

Yang saya ingin bagaimana cuci radiator sampai air yang masih di water pump juga ikut keluar?
disebutkan diatas bisa pakai hose/selang gede yang posisi dibagian atas mesin yang menghubungkan mesin dan radiator.

selang gede itu dilepas dan mobil dinyalakan supaya air dalam hose itu keluar, air dalam radiator akan turun mengambil air dari tangki penampungan
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by touchme »

Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 4:04
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59 yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Sip om.

Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.

Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
nah ane belum pernah pengalaman kuras radiator yang ga ada tutup macam 2kd..

yang jelas perlu dipastikan apakah debit air yang disedot dari tangki cukup untuk mengimbangi air yang keluar.

kalau di 1tr, ketika termostat mulai buka air yang keluar gak deras.. ane belum pernah ngukur debit L/min, tapi kira kira ya kaya nuang air dari botol minum yg dimiringin
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Profith83 »

touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 6:24
Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 4:04
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59 yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Sip om.

Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.

Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
nah ane belum pernah pengalaman kuras radiator yang ga ada tutup macam 2kd..

yang jelas perlu dipastikan apakah debit air yang disedot dari tangki cukup untuk mengimbangi air yang keluar.

kalau di 1tr, ketika termostat mulai buka air yang keluar gak deras.. ane belum pernah ngukur debit L/min, tapi kira kira ya kaya nuang air dari botol minum yg dimiringin
Menurut perkiraan apakah worth it harus ngeluarin yg di dalam water pump.
Harusnya selama keluar dari bawah masih warna merah bening tidak perlu keluarin air dari water pump yah?
harusnya warnanya sama yang di radiator sama waterpump yaitu merah bening. Kecuali kalau merah agak butek, baru yang di water pump juga dikuras

BTW kira kira berapa liter yang di water pump yah 1-2 liter?
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by touchme »

Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 7:10
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 6:24
Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 4:04

Sip om.

Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.

Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
nah ane belum pernah pengalaman kuras radiator yang ga ada tutup macam 2kd..

yang jelas perlu dipastikan apakah debit air yang disedot dari tangki cukup untuk mengimbangi air yang keluar.

kalau di 1tr, ketika termostat mulai buka air yang keluar gak deras.. ane belum pernah ngukur debit L/min, tapi kira kira ya kaya nuang air dari botol minum yg dimiringin
Menurut perkiraan apakah worth it harus ngeluarin yg di dalam water pump.
Harusnya selama keluar dari bawah masih warna merah bening tidak perlu keluarin air dari water pump yah?
harusnya warnanya sama yang di radiator sama waterpump yaitu merah bening. Kecuali kalau merah agak butek, baru yang di water pump juga dikuras

BTW kira kira berapa liter yang di water pump yah 1-2 liter?
segituan om..

worth atau tidaknya mungkin bisa kembali ke om sendiri..

kalo ane ya murni ngikutin kata hati biar lebih puas dan tenang.. wkwk.. soalnya kalau tap di radiator doang, air yang keluar sangat sedikit dari jumlah coolant yang dianjurin di bukman..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by evanbngdor »

Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 5:14
evanbngdor wrote: Tue Mar 24, 2020 5:07
Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 4:04

Sip om.

Kijang Innova diesel 2012 tidak ada tutup radiatornya. Lubang pengisian radiator cuma dari tangki penampungan radiator.

Kalau mesin nyala keluar air dari selang radiator atas yang gede itu apa nutut dengan saya isi dari penampungan.
Ada lubang hawa di atas radiatornya yg bs dibuka waktu kuras air radiator.

Dan meskipun skg misal udah full, harus rajin dipantau, biasanya abis dipake beberapa jam mesti isi lg sekitar 0,5 liter sampe bener2 full.
Iya ada lobang hawa yang bisa dibuka pakai kebalikan dari kunci shock yah.

Yang saya ingin bagaimana cuci radiator sampai air yang masih di water pump juga ikut keluar?
disebutkan diatas bisa pakai hose/selang gede yang posisi dibagian atas mesin yang menghubungkan mesin dan radiator.

selang gede itu dilepas dan mobil dinyalakan supaya air dalam hose itu keluar, air dalam radiator akan turun mengambil air dari tangki penampungan
Saya sih ngga pernah sampe ngeluarin air yg ada di water pump. Cuma buka keran bawah aja tunggu sampe abis baru isi lg. Toh nanti jg akan bersirkulasi lg. Selama ngga sampe kotor/berubah warna ya cincai aja lah
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Profith83 »

touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 8:56
Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 7:10
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 6:24

nah ane belum pernah pengalaman kuras radiator yang ga ada tutup macam 2kd..

yang jelas perlu dipastikan apakah debit air yang disedot dari tangki cukup untuk mengimbangi air yang keluar.

kalau di 1tr, ketika termostat mulai buka air yang keluar gak deras.. ane belum pernah ngukur debit L/min, tapi kira kira ya kaya nuang air dari botol minum yg dimiringin
Menurut perkiraan apakah worth it harus ngeluarin yg di dalam water pump.
Harusnya selama keluar dari bawah masih warna merah bening tidak perlu keluarin air dari water pump yah?
harusnya warnanya sama yang di radiator sama waterpump yaitu merah bening. Kecuali kalau merah agak butek, baru yang di water pump juga dikuras

BTW kira kira berapa liter yang di water pump yah 1-2 liter?
segituan om..

worth atau tidaknya mungkin bisa kembali ke om sendiri..

kalo ane ya murni ngikutin kata hati biar lebih puas dan tenang.. wkwk.. soalnya kalau tap di radiator doang, air yang keluar sangat sedikit dari jumlah coolant yang dianjurin di bukman..
Dulu kuras mobil apa? dan total berapa liter sambil lepas hose/selang atas?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by indeskey »

evanbngdor wrote:
Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 5:14
evanbngdor wrote: Tue Mar 24, 2020 5:07 Ada lubang hawa di atas radiatornya yg bs dibuka waktu kuras air radiator.

Dan meskipun skg misal udah full, harus rajin dipantau, biasanya abis dipake beberapa jam mesti isi lg sekitar 0,5 liter sampe bener2 full.
Iya ada lobang hawa yang bisa dibuka pakai kebalikan dari kunci shock yah.

Yang saya ingin bagaimana cuci radiator sampai air yang masih di water pump juga ikut keluar?
disebutkan diatas bisa pakai hose/selang gede yang posisi dibagian atas mesin yang menghubungkan mesin dan radiator.

selang gede itu dilepas dan mobil dinyalakan supaya air dalam hose itu keluar, air dalam radiator akan turun mengambil air dari tangki penampungan
Saya sih ngga pernah sampe ngeluarin air yg ada di water pump. Cuma buka keran bawah aja tunggu sampe abis baru isi lg. Toh nanti jg akan bersirkulasi lg. Selama ngga sampe kotor/berubah warna ya cincai aja lah
:mky_01:
Saya juga pingin kayak gini aja, ya kecampur coolant baru ama yg masih ada di jalur coolant mesin. Kalau om Touchme lakukan itu yg palinh ideal, bener2 dikuras abis.
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by touchme »

Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 13:10
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 8:56
Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 7:10

Menurut perkiraan apakah worth it harus ngeluarin yg di dalam water pump.
Harusnya selama keluar dari bawah masih warna merah bening tidak perlu keluarin air dari water pump yah?
harusnya warnanya sama yang di radiator sama waterpump yaitu merah bening. Kecuali kalau merah agak butek, baru yang di water pump juga dikuras

BTW kira kira berapa liter yang di water pump yah 1-2 liter?
segituan om..

worth atau tidaknya mungkin bisa kembali ke om sendiri..

kalo ane ya murni ngikutin kata hati biar lebih puas dan tenang.. wkwk.. soalnya kalau tap di radiator doang, air yang keluar sangat sedikit dari jumlah coolant yang dianjurin di bukman..
Dulu kuras mobil apa? dan total berapa liter sambil lepas hose/selang atas?
innova bensin om. habisnya 1 3/4 galon prestone ijo
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Profith83 »

touchme wrote: Wed Mar 25, 2020 13:25
Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 13:10
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 8:56
segituan om..

worth atau tidaknya mungkin bisa kembali ke om sendiri..

kalo ane ya murni ngikutin kata hati biar lebih puas dan tenang.. wkwk.. soalnya kalau tap di radiator doang, air yang keluar sangat sedikit dari jumlah coolant yang dianjurin di bukman..
Dulu kuras mobil apa? dan total berapa liter sambil lepas hose/selang atas?
innova bensin om. habisnya 1 3/4 galon prestone ijo
OK, thank you om.
Berarti Innova bensin isi air radiator bisa dari radiator atau dari penampungan?
Kalau Di Innova diesel isi air radiator harus dari penampungan
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by touchme »

Profith83 wrote: Wed Mar 25, 2020 13:44
touchme wrote: Wed Mar 25, 2020 13:25
Profith83 wrote: Tue Mar 24, 2020 13:10

Dulu kuras mobil apa? dan total berapa liter sambil lepas hose/selang atas?
innova bensin om. habisnya 1 3/4 galon prestone ijo
OK, thank you om.
Berarti Innova bensin isi air radiator bisa dari radiator atau dari penampungan?
Kalau Di Innova diesel isi air radiator harus dari penampungan
yang bensin bisa langsung isi ke radiator om
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Profith83 »

touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59 yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Om, maaf sekedar memastikan selangnya gede dengan diameter sekitar 5 cm ya?
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by touchme »

Profith83 wrote: Mon Mar 30, 2020 13:23
touchme wrote: Tue Mar 24, 2020 2:59 yup bener selang yang diatas.. langsung keliatan begitu buka kap mesin.
Om, maaf sekedar memastikan selangnya gede dengan diameter sekitar 5 cm ya?
betul om
Carbro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Wed Apr 18, 2018 14:05
Location: Jakarta

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Carbro »

Om cara keluarin air radiator di tabung reservoir honda hrv gimana ya?
Soalnya abis dari beres kayaknya ditambahin dikit pake air biasa
Kalo di radiator sih masih aman warnanya belum kecampur
Cars more than just a tools to some :big_smoking:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba »

Carbro wrote: Sat Apr 11, 2020 0:36 Om cara keluarin air radiator di tabung reservoir honda hrv gimana ya?
Soalnya abis dari beres kayaknya ditambahin dikit pake air biasa
Kalo di radiator sih masih aman warnanya belum kecampur
Dicopot aja om ntuh tabung putih, ada bautnya 1 biji seinget ane kalau di mobilio (assuming peletakannya sama ama ha er pih)...

Kalau saya terakhir kuras radiator sih, pake alat pompa elektrik buat aqua galon aja, ndak perlu bongkar2 jadinya :big_biglaugh: pasti ada sisa sih, tp sedikit banget
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by DOHC »

Carbro wrote: Sat Apr 11, 2020 0:36 Om cara keluarin air radiator di tabung reservoir honda hrv gimana ya?
Soalnya abis dari beres kayaknya ditambahin dikit pake air biasa
Kalo di radiator sih masih aman warnanya belum kecampur
Copotin satu baut 10, ama copotin belalai2 intake

Abis itu botol nya tinggal d angkat ke atas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by rendr »

Suhu2 semua mau tanya..

Ane pake coolant toyota kemaren waterpump sempet bocor, jalur bekas airnya ninggalin semacam kerak2 putih.. sama abis top up coolant yg netes ke lantai juga banyak ninggalin bercak2 putih, apa ini tanda adanya kalsium ya? Atau ada pengaruh lain? Apa ini normal?

Note : beli coolant di beres lgsg
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp »

rendr wrote: Mon May 11, 2020 5:33 Suhu2 semua mau tanya..

Ane pake coolant toyota kemaren waterpump sempet bocor, jalur bekas airnya ninggalin semacam kerak2 putih.. sama abis top up coolant yg netes ke lantai juga banyak ninggalin bercak2 putih, apa ini tanda adanya kalsium ya? Atau ada pengaruh lain? Apa ini normal?

Note : beli coolant di beres lgsg
Normal om. Itu "garam" anti karat yg memang ditambahkan di coolant.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by rendr »

adityabp wrote: Mon May 11, 2020 7:06
rendr wrote: Mon May 11, 2020 5:33 Suhu2 semua mau tanya..

Ane pake coolant toyota kemaren waterpump sempet bocor, jalur bekas airnya ninggalin semacam kerak2 putih.. sama abis top up coolant yg netes ke lantai juga banyak ninggalin bercak2 putih, apa ini tanda adanya kalsium ya? Atau ada pengaruh lain? Apa ini normal?

Note : beli coolant di beres lgsg
Normal om. Itu "garam" anti karat yg memang ditambahkan di coolant.
i see.. noted, thanks infonya om..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.