Ganti air radiator beda merk

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 911
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 12 Jul 2019, 17:46

marmut wrote:
12 Jul 2019, 17:18
adityabp wrote:
12 Jul 2019, 16:34
Yaaa, kalo belum ngalamin coolant dimuntahin mesin krn mesin masuk angin emang agak sulit utk dimengerti.
:big_deal:

udah kenyang om, jaman masih pake 18 TL.....
:big_grin:
sama waktu baru pegang 940 turbo juga pernah.
Nah, skrg saya yg gak ngerti kenapa om malah nyaranin gak perlu ritual bleeding.
:mky_06:

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3036
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by marmut » 12 Jul 2019, 17:48

@josomba, nasi kuning jam 9:30 wib habis. kalo mau jalan sikit ke arah timur ada BPK.
pipes - cigars - coffee

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3036
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by marmut » 12 Jul 2019, 17:56

adityabp wrote:
12 Jul 2019, 17:46

Nah, skrg saya yg gak ngerti kenapa om malah nyaranin gak perlu ritual bleeding.
:mky_06:

ya karena mayoritas cooling system mobil jepang bukan vakum dan tidak ada bleeding nipple-nya.
isi air/coolant saja sudah cukup asalkan prosedurnya bener.
selama ini saya nggak pernah nunggu sampe thermostat terbuka penuh + electric fan nyala untuk yakin ngga ada angin terperangkap. dan tidak pernah ada masalah asalkan coolant level terpantau.
pipes - cigars - coffee

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3036
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by marmut » 12 Jul 2019, 18:11

adityabp wrote:
12 Jul 2019, 13:57


-

Buka kap mesin, reservoir penuh ampe luber. Ada tetesan coolant sepanjang jalan yg saya lewatin.

saya nemu kejadian kaya gini tapi di mobil yang radiatornya tidak ada cap/tutup (bukan mobil jepang).
kalau di radiator yang ada tutupnya, pasti akan narik air di reservoir kalau sampe kekurangan air.

pernah berapa tahum silam nemu kasus mobil jepang, volume reservoir selalu bertambah dan volume coolant radiator berkurang, setelah diperiksa, ada bocor di cyl. head gasket.
pipes - cigars - coffee

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 911
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by adityabp » 12 Jul 2019, 19:08

marmut wrote:
12 Jul 2019, 18:11
adityabp wrote:
12 Jul 2019, 13:57


-

Buka kap mesin, reservoir penuh ampe luber. Ada tetesan coolant sepanjang jalan yg saya lewatin.

saya nemu kejadian kaya gini tapi di mobil yang radiatornya tidak ada cap/tutup (bukan mobil jepang).
kalau di radiator yang ada tutupnya, pasti akan narik air di reservoir kalau sampe kekurangan air.

pernah berapa tahum silam nemu kasus mobil jepang, volume reservoir selalu bertambah dan volume coolant radiator berkurang, setelah diperiksa, ada bocor di cyl. head gasket.
Akar masalah 2 kasus om ini sebenarnya sama : ada udara/gas yg terperangkap "di dalam" coolant dalam jumlah yg besar.
Tinggal dicari dari mana asal udara/gas ini kok bisa terperangkap di jalur coolant.

Kalo ketika kita ngisi radiator sampai penuh, tapi ada udara terperangkap di selang bawah radiator atau di blok silinder bagian bawah, sdh pasti udara ini akan mendorong coolant di atasnya. Kalo radiatornya ditutup, maka tekanan coolant akan naik yg mengakibatkan coolant yg terdorong akan hijrah semuanya ke reservoir sampai si udara bebas.
Itulah kenapa saya setuju kalau ritual bleeding tetap harus dilakukan setelah proses ganti coolant selesai.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16770
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by DOHC » 12 Jul 2019, 19:39

Kaleng wrote:
12 Jul 2019, 17:29
rekomendasi merk air radiator yang bagus dan gak bikin kantong jebol apa kira2 ya om?
kl ganti sendiri sehh mau merek apa aj jg sebenernya ga ad yg mahal2 amat koq.. mau yg pahe yahh bsa pake yg seiken, ini bawaan honda jg pake ini.. segalon 100an rbu beli di toda, prestone galon kuning jg kisaran sgituan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16770
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by DOHC » 12 Jul 2019, 19:42

btw perihal pijet selang, utk ahond enjin L15Z yg uda cvt, ati2 pas pjet2 selang, perhatiin selang yg masuk ke dalem gearbox nya (atf warmer), ntuh kualitas nya caur atau cacat design, kl ud beberapa taon bsa melar sendiri trus rembes coolant dari sana.. jd kl pemakai enjin tsb mendadak coolant nya drop, monggo cek tuh selang laknat..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
afifyulianto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 15 Aug 2018, 17:49
Location: Surabaya

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by afifyulianto » 13 Jul 2019, 06:59

Perlu ndak om kuras radiator pakai cairan flushing? Apa cuma kuras saja yg lama trus masukin yg baru?

User avatar
Kaleng
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Contact:

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by Kaleng » 13 Jul 2019, 10:48

DOHC wrote:
12 Jul 2019, 19:39
Kaleng wrote:
12 Jul 2019, 17:29
rekomendasi merk air radiator yang bagus dan gak bikin kantong jebol apa kira2 ya om?
kl ganti sendiri sehh mau merek apa aj jg sebenernya ga ad yg mahal2 amat koq.. mau yg pahe yahh bsa pake yg seiken, ini bawaan honda jg pake ini.. segalon 100an rbu beli di toda, prestone galon kuning jg kisaran sgituan..
sempat tny ke beres honda, ada 2 jenis mau yang long life atau yang standard. menurut om kalau buat mobil pribadi sendiri antara standard sama long life ini apakah memang ada beda signifikan seandainya selalu kuras air radiator maks per 50rb km atau 3 thn?

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 980
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba » 14 Jul 2019, 06:32

Kaleng wrote:
13 Jul 2019, 10:48


sempat tny ke beres honda, ada 2 jenis mau yang long life atau yang standard. menurut om kalau buat mobil pribadi sendiri antara standard sama long life ini apakah memang ada beda signifikan seandainya selalu kuras air radiator maks per 50rb km atau 3 thn?
Kalau pake honda long life type-2 (50%), kuras tiap 5 tahun aja. Kalau pake yg biasa (30%) 2-3 tahun.

Sbagai catatan yg longlife bs 5 tahun, asal selama ini top up selalu pake type 2 juga dan pas serpis berkala, ntuh BeRes kagak nambah2in pake air ledeng :glodak: yahh ada aja yg BeRes nakal nambahin pake air biasa...
Image
Image

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16770
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by DOHC » 14 Jul 2019, 06:41

Kaleng wrote:
13 Jul 2019, 10:48
DOHC wrote:
12 Jul 2019, 19:39
Kaleng wrote:
12 Jul 2019, 17:29
rekomendasi merk air radiator yang bagus dan gak bikin kantong jebol apa kira2 ya om?
kl ganti sendiri sehh mau merek apa aj jg sebenernya ga ad yg mahal2 amat koq.. mau yg pahe yahh bsa pake yg seiken, ini bawaan honda jg pake ini.. segalon 100an rbu beli di toda, prestone galon kuning jg kisaran sgituan..
sempat tny ke beres honda, ada 2 jenis mau yang long life atau yang standard. menurut om kalau buat mobil pribadi sendiri antara standard sama long life ini apakah memang ada beda signifikan seandainya selalu kuras air radiator maks per 50rb km atau 3 thn?
itu coolant ahond ane perna bandingin ama galonan yg seiken, yg 30 ama 50 % kandungan nya.. warna ama bau bau nya persis plek kl d compare side by side.. cuman yg long life (warna biru), kandungan konsentrat nya lebi tinggi aj (50%)

btw sejauh ini sehh mau pake coolant apapun, ane rule of thumb nya kuras tiap 2 taon skali, kcuali garage queen.. ini mahh bsa 5 taon skali.. dan smua nya masi gapapa, ga ad bocor, rembes, jebol dsb.. cuman biarpun ud coolant dr lahir, resiko karat tetep ad.. ipah ane yg dari lahir pake coolant toyota aj pas buka water pump ntuh ad karat nya dikit..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

ESP
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 17 May 2014, 12:42

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by ESP » 25 Jul 2019, 22:50

Numpang tanya ttg kuras radiator dong. Nemu topic ttg radiator cuman ini soale

Apakah tutorial cara kuras radiator di video ini bener? Terutama pas dialirin air keran buat bener bener bersihin sisa coolant lama? Klo salah, gimana cara yang bener nya ya?
Kebetulan mobilnya sama, avanza juga

https://youtu.be/3Q4Xg4iEuTo

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3973
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by kompresorz » 26 Jul 2019, 06:59

boleh yang penting sesama air radiator...







:ngacir:

ESP
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 17 May 2014, 12:42

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by ESP » 26 Jul 2019, 08:14

Air keran itu om yg dipake buat bilas radiator nya :big_childish:

SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 19 Jul 2019, 23:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by SG58 » 30 Jul 2019, 04:52

Setelah baca komen2 diatas, mhn advice Om2 skalian.

Saya user HRV ud 2 taon. Dr awal jika air radiator berkurang saya nambahin pake air mineral. Trkhr pake air aki yg ad tulisan bs utk air radiator ( #anak polos wkwkwk ).

Skg mw taubat balik ke jln yg bnar ( pake coolant) mumpung blm kelamaan slh jalan.

Mhn advice sebaiknya apa yg dilakukan? Krn was2 jg klo gnti ke coolant spt komen2 diatas jd bocor n problem dsna sni.

Diatas saya baca di nawilis ad jasa kuras pake vacum. Apakah itu membantu agar gngguan2 yg trjdi krn kuras n ganti coolant jd terhindari? Thank you

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 980
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba » 30 Jul 2019, 05:16

SG58 wrote:
30 Jul 2019, 04:52
Setelah baca komen2 diatas, mhn advice Om2 skalian.

Saya user HRV ud 2 taon. Dr awal jika air radiator berkurang saya nambahin pake air mineral. Trkhr pake air aki yg ad tulisan bs utk air radiator ( #anak polos wkwkwk ).

Skg mw taubat balik ke jln yg bnar ( pake coolant) mumpung blm kelamaan slh jalan.

Mhn advice sebaiknya apa yg dilakukan? Krn was2 jg klo gnti ke coolant spt komen2 diatas jd bocor n problem dsna sni.

Diatas saya baca di nawilis ad jasa kuras pake vacum. Apakah itu membantu agar gngguan2 yg trjdi krn kuras n ganti coolant jd terhindari? Thank you
Saya pernah d nawilis, di-vacuum itu biar bersih aja karena kesedot semuanya. Kalau mau ganti sendiri aja, baut drain hrv/brio/lio keliatan kok. Saya biasa pake Prestone yg dah galonan.
Image
Image

SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 19 Jul 2019, 23:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by SG58 » 30 Jul 2019, 07:01

Sedot ini membantu menghindari resiko2 gnti ke coolant krn karat atau korosi? Thanks
josomba wrote:
SG58 wrote:
30 Jul 2019, 04:52
Setelah baca komen2 diatas, mhn advice Om2 skalian.

Saya user HRV ud 2 taon. Dr awal jika air radiator berkurang saya nambahin pake air mineral. Trkhr pake air aki yg ad tulisan bs utk air radiator ( #anak polos wkwkwk ).

Skg mw taubat balik ke jln yg bnar ( pake coolant) mumpung blm kelamaan slh jalan.

Mhn advice sebaiknya apa yg dilakukan? Krn was2 jg klo gnti ke coolant spt komen2 diatas jd bocor n problem dsna sni.

Diatas saya baca di nawilis ad jasa kuras pake vacum. Apakah itu membantu agar gngguan2 yg trjdi krn kuras n ganti coolant jd terhindari? Thank you
Saya pernah d nawilis, di-vacuum itu biar bersih aja karena kesedot semuanya. Kalau mau ganti sendiri aja, baut drain hrv/brio/lio keliatan kok. Saya biasa pake Prestone yg dah galonan.

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 980
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba » 30 Jul 2019, 07:06

SG58 wrote:
30 Jul 2019, 07:01
Sedot ini membantu menghindari resiko2 gnti ke coolant krn karat atau korosi? Thanks
Ga dua2nya, cuman lebi bersih aja n kalau mau ganti tipe coolant, sisa yg lama ga akan kecampur. Kalau mau ngmg karat/korosi, vacuum bs bantu cek apakah ada lubang karena karat/korosi atau ndak. Kalau ada lubang, pasti tekanan vacuumnya akan turun perlahan2.
Image
Image

SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 19 Jul 2019, 23:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by SG58 » 30 Jul 2019, 07:26

Jdi deg2an mau taubat ganti ke coolant wkwkwkkw
josomba wrote:
SG58 wrote:
30 Jul 2019, 07:01
Sedot ini membantu menghindari resiko2 gnti ke coolant krn karat atau korosi? Thanks
Ga dua2nya, cuman lebi bersih aja n kalau mau ganti tipe coolant, sisa yg lama ga akan kecampur. Kalau mau ngmg karat/korosi, vacuum bs bantu cek apakah ada lubang karena karat/korosi atau ndak. Kalau ada lubang, pasti tekanan vacuumnya akan turun perlahan2.

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 980
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba » 30 Jul 2019, 07:33

SG58 wrote:
30 Jul 2019, 07:26
Jdi deg2an mau taubat ganti ke coolant wkwkwkkw
Santai om, hrv taun berapa ya? Sbenernya tinggal buka tutup radiator (bukan reservoir). Asal warna ga ada keruh/coklat sih, mestinya ga ada karat yg gimana banget.
Image
Image

SG58
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 19 Jul 2019, 23:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Hrv

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by SG58 » 30 Jul 2019, 07:52

HRV tahun 2017 Om...msi kinyis2.. br saja menyentuh 30rb KM
josomba wrote:
SG58 wrote:
30 Jul 2019, 07:26
Jdi deg2an mau taubat ganti ke coolant wkwkwkkw
Santai om, hrv taun berapa ya? Sbenernya tinggal buka tutup radiator (bukan reservoir). Asal warna ga ada keruh/coklat sih, mestinya ga ada karat yg gimana banget.

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3973
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by kompresorz » 30 Jul 2019, 08:00

yang geblek itu bengkel ada air radiator merk mobil ukuran 1,5 liter trs di kasih air akua isi ulang....

biasanya mobil eropa pake 1,5 liter...

mampet radiator karatan ky pasir bikin overheat....

dari situ saya kesal...

lgsg beraksi ky james bond...

datangin toda beli prestone 1 galon kuning...

sejak itu gak pernah lagi masalah...gak mau lagi campur air mineral..
apalg beli yang cuma 1,5 liter yg ktnya biang...harganya mahall amit...

ini orang bengkel sama saya lebih pintar saya.... :wkkk:

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 980
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by josomba » 30 Jul 2019, 08:33

SG58 wrote:
30 Jul 2019, 07:52
HRV tahun 2017 Om...msi kinyis2.. br saja menyentuh 30rb KM
oooo, aman lah ga ada karat mestinya itu baru 2 tahun.....toh bukan isi air ledeng/tanah kan? hehehe. Dah vacuum aja kalau mau aman, nawilis pake Seiken.....ya itu bawaan Ahond juga, minta yg 50/50 kalau mau biar setara long life-nya Honda. Kalau isi yg premixed 30% sih ga masalah, tp tiap 2 tahun ganti.
Image
Image

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 843
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by evanbngdor » 30 Jul 2019, 09:31

SG58 wrote:
30 Jul 2019, 07:26
Jdi deg2an mau taubat ganti ke coolant wkwkwkkw
josomba wrote:
SG58 wrote:
30 Jul 2019, 07:01
Sedot ini membantu menghindari resiko2 gnti ke coolant krn karat atau korosi? Thanks
Ga dua2nya, cuman lebi bersih aja n kalau mau ganti tipe coolant, sisa yg lama ga akan kecampur. Kalau mau ngmg karat/korosi, vacuum bs bantu cek apakah ada lubang karena karat/korosi atau ndak. Kalau ada lubang, pasti tekanan vacuumnya akan turun perlahan2.
Aman kok om, saya ada great corolla tobat juga dari air ledeng ke coolant. Aman2 aja, tp sebelum ganti coolant sih radiator diservis dulu 'korok'

Sejauh ini aman2 aja, ngga ada masalah, udah pernah kuras juga warna nya tetep sama, ngga ada karat yg rontok atau gimana.

Digeber jakarta-malang juga no problem kemaren itu
:mky_03: :mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

indeskey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Ganti air radiator beda merk

Post by indeskey » 30 Jul 2019, 11:01

Om Josomba, coolant honda yg type 2 (biru) itu bisa di substitusi sama seiken 50/50 kah? Kalau kuras pake Honda mahal juga seliter rata2 110k, kalau butuh 5 liter jatuhnya lumayan. Walau ganti tiap 4-5 tahun.
josomba wrote:
30 Jul 2019, 08:33
SG58 wrote:
30 Jul 2019, 07:52
HRV tahun 2017 Om...msi kinyis2.. br saja menyentuh 30rb KM
oooo, aman lah ga ada karat mestinya itu baru 2 tahun.....toh bukan isi air ledeng/tanah kan? hehehe. Dah vacuum aja kalau mau aman, nawilis pake Seiken.....ya itu bawaan Ahond juga, minta yg 50/50 kalau mau biar setara long life-nya Honda. Kalau isi yg premixed 30% sih ga masalah, tp tiap 2 tahun ganti.

Post Reply