sensor o2 tukar-tukar

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ign1z
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Apr 18, 2006 17:51

sensor o2 tukar-tukar

Post by ign1z »

gan mau tanya donk, sebenernya kalau o2 sensor toyota ditukar2 tipenya dengan yang lain itu boleh gak ya ?

ceritanya gini, kan ane ada harrier tua tahun 2001, trus lampu engine check nya nyala ... alhasil kodenya bilang AIR FUEL RATIO sensor bank 1 Sensor 1 rusak di heater element nya ... dan nomor partnya 89467-48011

setelah tanya sini dan situ, ternyata yang jual sensor ini ampir gak ada ... katanya disuruh pake aja punya innova fortuner :big_dunno: harganya pun 2.7jt :big_chicken:

setelah gitu, wah ane kan kebetulan juga elektroniker dan hobi oprek2 juga, hehe ... ane beli aja sensor daihatsu ayla, plastik konektornya ane papas sedikit pake amplas, jadinya bisa masuk, soalnya itu cuma beda dikit banget konektornya, kabel2 semuanya sesuai kok penempatannya ...

nah setelah itu check engine gak pernah nyala lagi ... :big_okay:


tapi setelah gitu kok harrier ane malah tarikannya lebih lemot ...

agan-agan ada yang tau kenapa ato punya pengalaman serupa ?

trims atas masukannya nih kalo ada
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by Turboman »

ign1z wrote:gan mau tanya donk, sebenernya kalau o2 sensor toyota ditukar2 tipenya dengan yang lain itu boleh gak ya ?

ceritanya gini, kan ane ada harrier tua tahun 2001, trus lampu engine check nya nyala ... alhasil kodenya bilang AIR FUEL RATIO sensor bank 1 Sensor 1 rusak di heater element nya ... dan nomor partnya 89467-48011

setelah tanya sini dan situ, ternyata yang jual sensor ini ampir gak ada ... katanya disuruh pake aja punya innova fortuner :big_dunno: harganya pun 2.7jt :big_chicken:

setelah gitu, wah ane kan kebetulan juga elektroniker dan hobi oprek2 juga, hehe ... ane beli aja sensor daihatsu ayla, plastik konektornya ane papas sedikit pake amplas, jadinya bisa masuk, soalnya itu cuma beda dikit banget konektornya, kabel2 semuanya sesuai kok penempatannya ...

nah setelah itu check engine gak pernah nyala lagi ... :big_okay:


tapi setelah gitu kok harrier ane malah tarikannya lebih lemot ...

agan-agan ada yang tau kenapa ato punya pengalaman serupa ?

trims atas masukannya nih kalo ada
Kalo gak mau pusing di Re-Flash aja jadi Open Loop

trus matikan fungsi CE utk bacaan lambda sensor

tinggal maenin parameter AFR dan Timing busi, bisa lebih nyossss
User avatar
ign1z
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Apr 18, 2006 17:51

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by ign1z »

jangan gann, haha itu dah canggih, sayang kalo digituin, ibarat kaya mobil jam karburator lagi donk gan ... hehe :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by Turboman »

well

closed loop itu hanya demi memenuhi regulasi emisi aja

Om cobain aja deh mesin yg sama persis yang closed loop VS. open loop dr pabriknya (jika ada), enakan mana

Orang2 yg pasang Piggyback di mesin bensin itu justru Closed loop-nya di break semua, mesin dibuat open loop dan Tuner mainkan AFR & Timing busi-nya

Di mesin full closed loop itu saat WOT dia jaga AFR sekitar 14,7 :1 (paling turun dikit), gak kayak open loop saat WOT AFR bisa ke 13:1 bahkan sedikit under 13......maka itu mesin 2000 cc jaman dulu saat dibejek Torsi-nya langsung NONJOK......mesin modern 2000 cc full closed loop saat dibejek kayak putri solo nariknya

* pengguna 2000 cc closed loop i-VTEC *
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by POS VETT »

Kalau cuma heating element, cuekin aja karena fungsinya tidak berubah daripada pakai sensor yang tidak cocok.

Gw entar cek nomer partnya di kerjaan, coba liat harganya berapa.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by POS VETT »

Di Amrik banyak stoknya, di dealer gw selalu ada barangnya. Harganya US$182 setelah pajak.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by Turboman »

Mantap bingit om VETT

bisa ada barang langka

:big_exellent:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by POS VETT »

Di Indo barang langka, di sini pabalatak. Kayaknya ini sensor yang tipe "wide band", karena harganya mahal. Yang merk aftermarket (Bosch atau NGK) pun mahal harga grosirannya, $177 belum kena tax 7,5%. Harga ecerannya di atas $320.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by doge »

ign1z wrote:gan mau tanya donk, sebenernya kalau o2 sensor toyota ditukar2 tipenya dengan yang lain itu boleh gak ya ?

ceritanya gini, kan ane ada harrier tua tahun 2001, trus lampu engine check nya nyala ... alhasil kodenya bilang AIR FUEL RATIO sensor bank 1 Sensor 1 rusak di heater element nya ... dan nomor partnya 89467-48011

setelah tanya sini dan situ, ternyata yang jual sensor ini ampir gak ada ... katanya disuruh pake aja punya innova fortuner :big_dunno: harganya pun 2.7jt :big_chicken:

setelah gitu, wah ane kan kebetulan juga elektroniker dan hobi oprek2 juga, hehe ... ane beli aja sensor daihatsu ayla, plastik konektornya ane papas sedikit pake amplas, jadinya bisa masuk, soalnya itu cuma beda dikit banget konektornya, kabel2 semuanya sesuai kok penempatannya ...

nah setelah itu check engine gak pernah nyala lagi ... :big_okay:


tapi setelah gitu kok harrier ane malah tarikannya lebih lemot ...

agan-agan ada yang tau kenapa ato punya pengalaman serupa ?

trims atas masukannya nih kalo ada
er.. gini..
sensor itu kan bnernya ngerubah hasil bacaannya dia jd voltase (ini panjang banget klo mw bneran njelasin..)

[bagian ini ideku ttg knp jd lemot mobilnya; pengandaian saja... contoh ekstrim]
nah... namanya sensor itu kyk alat ukur panjang.. penggaris biasa misal 0-50cm dg kenaikan bacaan 0.1cm (0, 0.1, ...., 50); meteran gulung 0-200cm tp kenaikan bacaannya 1cm (0, 1, 2,....,200)
nah... misal si om lg nggambar persegi pjg ukuran 18.5x15.8 cm
klo om gbr pke meteran gulung... (asumsi cm pake skala yg ada di alat ukur) bisa" jd 18x15 ato 19x16
tp klo om pke penggaris... ya jadi 18.5x15.8 cm

[bagian ini njelasin knp CEnya ilang]
klo CE udh g nyala, berarti hasil output sensor itu msh msk range ecunya... (misal: om titip tmen om beli mentega semurah mungkin... range harga om itu 5000-7500/pak... tmen dapet mentega 1 pak 6800... kan msh diterima sm om... walopun klo om tny ke org yg biasa 'kulakan' bilang e kurang murah harganya...)

*disclaimer: cmiiw
:ngacir:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by Pugman »

Teorinya ganti-ganti sensor ga masalah yang penting ada di range yang sama. Kalau saya lihat si Om kan mesinnya kalau ga salah 2400CC ya? Sedang si Ayla hanya 1000CC, karena O2 sensor itu baca ppm O2 atau kandungan O2 didalam muffler. Gambarannya gini, selain yang dibilang Om doge, kejadian juga bisa Om punya termometer untuk ngukur suhu 100 derajat terus sekarang ditaruh ditempat yang suhunya bisa sampai 150 derajat. Jadi si sensor ya cuma kasih feedback ke ecu cm sampai 100 derajat.

Gambarannya ke performa gimana?
Ini pemahaman saya kalau ga pas silakan koreksi ya..
Ok, prinsip pembakaran yang baik adalah jika menghasilkan emisi CO2 sedikit, dengan O2 sekitar 1,2%->0%.
Kalau O2 tinggi berarti pembakaran tidak sempurna dan cenderung rich, dari sini Ecu akan mengurangi bahan bakar.
Logikanya adalah karena mesin 1000 CC itu volume udara gas buangnya lebih sedikit bisa jadi sensornya dibuat lebih peka, jadi saat terekspos gas buang dari mesin 2400CC yang pasti lebih besar, sisensor memberi feedback bahwa gas buang banyak mengandung O2 sehingga ecu diperintahkan mengurangi injeksi bahan bakar.

Mungkin jika ingin substitusi coba cari dari mesin yang CC sama, tolong lihat juga besarnya CatCon muffler di mobil si Om dan mobil lain, ukuran CatCon ini kaitannya dengan jumlah udara gas buang yang ditampung. Kalau ukurannya mirip mungkin range dari sensor juga mirip. Semoga membantu.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by Pugman »

Pugman wrote:Teorinya ganti-ganti sensor ga masalah yang penting ada di range yang sama. Kalau saya lihat si Om kan mesinnya kalau ga salah 2400CC ya? Sedang si Ayla hanya 1000CC, karena O2 sensor itu baca ppm O2 atau kandungan O2 didalam muffler. Gambarannya gini, selain yang dibilang Om doge, kejadian juga bisa Om punya termometer untuk ngukur suhu 100 derajat terus sekarang ditaruh ditempat yang suhunya bisa sampai 150 derajat. Jadi si sensor ya cuma kasih feedback ke ecu cm sampai 100 derajat.

Gambarannya ke performa gimana?
Ini pemahaman saya kalau ga pas silakan koreksi ya..
Ok, prinsip pembakaran yang baik adalah jika menghasilkan emisi CO2 sedikit, dengan O2 sekitar 1,2%->0%.
Kalau O2 tinggi berarti pembakaran tidak sempurna dan cenderung rich, dari sini Ecu akan mengurangi bahan bakar.
Logikanya adalah karena mesin 1000 CC itu volume udara gas buangnya lebih sedikit bisa jadi sensornya dibuat lebih peka, jadi saat terekspos gas buang dari mesin 2400CC yang pasti lebih besar, sisensor memberi feedback bahwa gas buang banyak mengandung O2 sehingga ecu diperintahkan mengurangi injeksi bahan bakar.

Semoga membantu.
Maaf OOT ini saya jelasinnya malah kebalik, kalau O2 tinggi berarti pembakarannya lean atau kurang bahan bakar, karena O2 yang masuk terbakar semua, kalau memungkinkan menambah udara keruang bakar maka aliran udara diperbesar namun jika menambah volume udara tidak memungkinkan maka jumlah bahan bakarlah yang dikurangi. Nah mungkin sensor O2 milik Ayla ini selalu membaca O2 dalam jumlah mendekati 0% di CatCon sehingga memberi perintah Ecu untuk kurangi injeksi bahan bakar.
User avatar
ign1z
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Apr 18, 2006 17:51

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by ign1z »

Kebetulan kan saya juga pakai OBD buat analisa datanya …
Itu mencolok banget bedanya Antara sensor harrier dibandingin ayla …

bacaan o2 itu diliat dari miliVolt nya kan ya ? kalau besar milivolt nya itu berarti o2 nya banyak atau sebaliknya ya ?

Mungkin agan2 ada yang tau, yang bagian o2 di b1s1 itu kan sensor asli, pembacaannya stabil2 aja di bagian o2s fuel trim b1s1, sedangkan di b2s1 itu sensor ayla dan bacaannya kok gak stabil banget naik turun drastic banget …
Berarti itu memang pengaruh dari sensor yang bikin jadi lemot kali ya …
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by doge »

Mm... agak susah sih klo kira"...

Hasil bacaannya angkanya berapa? Yg sensor msh ori sm sensor ayla..
:ngacir:
User avatar
ign1z
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Apr 18, 2006 17:51

Re: sensor o2 tukar-tukar

Post by ign1z »

kalau yang original, di obd nya sekitar 3.3V anteng... kalau yang ayla drastis naik turun terus dari 0-4 Volt

katanya kalau obd nya toyota, angkanya harus dibagi 5 jadinya 3.3v / 5 = 660milivolt ...