Page 3 of 26

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 6:42
by ChZ
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 5:36 Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 7:27
by Or4cle
ChZ wrote: Fri Feb 24, 2017 6:42
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 5:36 Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 7:40
by b8099ok
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 7:27
ChZ wrote: Fri Feb 24, 2017 6:42
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 5:36 Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
ECU standar, firmwarenya memang riset tahunan, tp buat cover all condition (weather, sea level, fuel, temp, etc).
Sudah pernah buka firmwarenya? Sudah tau apa aja parameternya? Apa aja yg dirubah khan ada limitasi jg utk hardwarenya. Gak sembarangan.
FRDback however, ada limitnya ga? Anyway, its user preference sih.

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 7:41
by ChZ
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 7:27
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
Balik ke tunernya sih soal resiko nya. Semua kan ada caranya om. Kalo mau aman ya jangan di modif... Hehehe. Modif hardware pun ada resikonya.

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 7:42
by ChZ
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 7:40

ECU standar, firmwarenya memang riset tahunan, tp buat cover all condition (weather, sea level, fuel, temp, etc).
Sudah pernah buka firmwarenya? Sudah tau apa aja parameternya? Apa aja yg dirubah khan ada limitasi jg utk hardwarenya. Gak sembarangan.
FRDback however, ada limitnya ga? Anyway, its user preference sih.
Bos Bebong has spoken.... :ngacir:

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 7:43
by Turboman
Or4cle wrote:
ChZ wrote: Fri Feb 24, 2017 6:42
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 5:36 Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
Makanya abis re-map itu wajib Dyno run dgn baca data
Boost
AFR
EGT

utk pastikan semua masuk toleransi keamanan mesin utk jangka panjang

Kalo utk keamanan mesin ya naekkin power jangan gede2

juga benar harus dibantu dgn aspek mekanikal spt gimana intake - exhaust, juga fluida2 yg bagus

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 7:47
by Turboman
Utk StandAlone saat ini boleh dikatakan "It Was"

skg sopwer remap dah canggih2

Sebab kita re-map kalo sopwer canggih kayak AlienTech juga semua fungsi2 gak penting dr ECU juga bisa dimatikan

mau bikin

lepas Rev limiter
matikan semua fitur CE (lampu CE gak akan nyala)

bisa

Cuman kalo stand alone unggulnya dia ada kontrol auxiliaries spt utk kontrol WMI / NOS dll



Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 7:52
by b8099ok
Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 7:56
by billyd1773dz
Seandainya semua mbl sudah bisa remap dgn support ecutek race rom jadi bisa multiple map, valet mode, launchcontrol shiftlight dll mantap..

Skrng baru bisa single map, kec sedia tablet/leptop n toolsny bwat remap jika ingin ganti map

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 7:58
by ChZ
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 7:52 Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
CE is resing.... :ngacir:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 8:00
by b8099ok
billyd1773dz wrote: Fri Feb 24, 2017 7:56 Seandainya semua mbl sudah bisa remap dgn support ecutek race rom jadi bisa multiple map, valet mode, launchcontrol shiftlight dll mantap..

Skrng baru bisa single map, kec sedia tablet/leptop n toolsny bwat remap jika ingin ganti map
Launch control and shift light bisa utk bbrp ecu.

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 8:02
by billyd1773dz
Iya baru beberapa yang bisa

Mostly subaru, few mazda, few mitsu, few toyota

LoL

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 8:07
by Turboman
b8099ok wrote:Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
hanya utk permisalan aja

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 8:10
by b8099ok
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 9:12
by F272
Ngeri nih... momod2 pada komen semua...

Saya numpang nyimak aja eh..sambil jedug2. . :emo-big_love:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 9:21
by fatmike21
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 8:10 Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom :ngacir:

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 10:14
by FRD
ginting wrote: Fri Feb 24, 2017 5:00
efact wrote:
ginting wrote: Fri Feb 24, 2017 4:23 PM aja username B8099OK di atas,..

Minta diajak dan kenalin sama owner bebong garage, Summarecon Serpong.
Nanti kan bisa diskusi soal potensi kobel mesin itu..
Supaya sama2 enak,..jgn sampai over expectation.

Soal harga kan nanti oom bisa nego sama owner bebong langsung..



Sent from my K012 using Tapatalk
siap... bebong itu di serpong toh.. kebetulan deket sama lokasi saya tiap weekend, tq oom ginting..
Iya, oom...
Gak jauh2 koq...coba aja..

Cuma owner bebong agak nyentrik, oom

dia kerja based on appointment only..dan based on referral...






Sent from my K012 using Tapatalk
my time my place sih sistem nya bang sat :mky_03:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 10:46
by nugroho bagor
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 7:52 Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
Hallo hai,anda tho boss bebong :upss: sukses dah :big_smoking:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 11:05
by b8099ok
nugroho bagor wrote: Fri Feb 24, 2017 10:46
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 7:52 Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
Hallo hai,anda tho boss bebong :upss: sukses dah :big_smoking:
Papih Bagor :cupss:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 11:26
by ChZ
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 8:10 Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Taxiberbilio?

:ngacir:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 13:18
by kuyaninja
Saya korban dari bebonggaras, nyesel banget....


Nyesel knapa gak remap dari dulu :mky_02:

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 16:49
by quyquy
Turboman wrote: Thu Feb 23, 2017 6:21
quyquy wrote:
Misi Om.. newbie niy..

Kalo di surabaya, remap di mana Om?
coba tanya ke bengkel Elysium
thks a lot om buat infonya..

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 20:48
by SiulTurbo
fatmike21 wrote:
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 8:10 Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom :ngacir:
Honda resing ngacir bruuuummmm

Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app


Re: RE: Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 23:06
by ginting
SiulTurbo wrote:
fatmike21 wrote:
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 8:10 Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom :ngacir:
Honda resing ngacir bruuuummmm

Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app
Nah....ini brio kalo gue ketemu di toll, gue langsung minggir aja..
Soalnya lepas dikobel bebong garage, itu brio jadi resing banget.


Sent from my K012 using Tapatalk


Re: Remap ECU tanpa pigyback

Posted: Fri Feb 24, 2017 23:09
by ginting
Sayang banget si MuX ini punya ECU merek Transtron Renesas, yg satu satunya di Indo yg make itu merek.
Yg lain pada pake Bosch, Delphi, Denso, Keihin, dll



Sent from my K012 using Tapatalk