Remap ECU tanpa pigyback

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 7567
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang/Surabaya
Daily Vehicle: HondaCivic

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ » 24 Feb 2017, 13:42

Or4cle wrote:
24 Feb 2017, 12:36
Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
FB2 / FK4 / RU5 / F652RM / T32

Image
http://chzautos.com/

"The Idealist Dreamer"

Or4cle
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Or4cle » 24 Feb 2017, 14:27

ChZ wrote:
24 Feb 2017, 13:42
Or4cle wrote:
24 Feb 2017, 12:36
Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1793
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 24 Feb 2017, 14:40

Or4cle wrote:
24 Feb 2017, 14:27
ChZ wrote:
24 Feb 2017, 13:42
Or4cle wrote:
24 Feb 2017, 12:36
Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
ECU standar, firmwarenya memang riset tahunan, tp buat cover all condition (weather, sea level, fuel, temp, etc).
Sudah pernah buka firmwarenya? Sudah tau apa aja parameternya? Apa aja yg dirubah khan ada limitasi jg utk hardwarenya. Gak sembarangan.
FRDback however, ada limitnya ga? Anyway, its user preference sih.
2013 Mitsubishi Outlander Sport PX PW CVT
2014 Mitsubishi Mirage Exceed EG CVT
2014 Ford Ecosport Titanium PB A/T
2016 Mitsubishi Pajero Sport Dakar Limited Grey A/T

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 7567
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang/Surabaya
Daily Vehicle: HondaCivic

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ » 24 Feb 2017, 14:41

Or4cle wrote:
24 Feb 2017, 14:27

Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
Balik ke tunernya sih soal resiko nya. Semua kan ada caranya om. Kalo mau aman ya jangan di modif... Hehehe. Modif hardware pun ada resikonya.
FB2 / FK4 / RU5 / F652RM / T32

Image
http://chzautos.com/

"The Idealist Dreamer"

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 7567
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang/Surabaya
Daily Vehicle: HondaCivic

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ » 24 Feb 2017, 14:42

b8099ok wrote:
24 Feb 2017, 14:40


ECU standar, firmwarenya memang riset tahunan, tp buat cover all condition (weather, sea level, fuel, temp, etc).
Sudah pernah buka firmwarenya? Sudah tau apa aja parameternya? Apa aja yg dirubah khan ada limitasi jg utk hardwarenya. Gak sembarangan.
FRDback however, ada limitnya ga? Anyway, its user preference sih.
Bos Bebong has spoken.... :ngacir:
FB2 / FK4 / RU5 / F652RM / T32

Image
http://chzautos.com/

"The Idealist Dreamer"

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15455
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman » 24 Feb 2017, 14:43

Or4cle wrote:
ChZ wrote:
24 Feb 2017, 13:42
Or4cle wrote:
24 Feb 2017, 12:36
Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin

Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.

Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.

Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.

Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.

Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang

Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
Makanya abis re-map itu wajib Dyno run dgn baca data
Boost
AFR
EGT

utk pastikan semua masuk toleransi keamanan mesin utk jangka panjang

Kalo utk keamanan mesin ya naekkin power jangan gede2

juga benar harus dibantu dgn aspek mekanikal spt gimana intake - exhaust, juga fluida2 yg bagus

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15455
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman » 24 Feb 2017, 14:47

Utk StandAlone saat ini boleh dikatakan "It Was"

skg sopwer remap dah canggih2

Sebab kita re-map kalo sopwer canggih kayak AlienTech juga semua fungsi2 gak penting dr ECU juga bisa dimatikan

mau bikin

lepas Rev limiter
matikan semua fitur CE (lampu CE gak akan nyala)

bisa

Cuman kalo stand alone unggulnya dia ada kontrol auxiliaries spt utk kontrol WMI / NOS dll



User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1793
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 24 Feb 2017, 14:52

Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
2013 Mitsubishi Outlander Sport PX PW CVT
2014 Mitsubishi Mirage Exceed EG CVT
2014 Ford Ecosport Titanium PB A/T
2016 Mitsubishi Pajero Sport Dakar Limited Grey A/T

User avatar
billyd1773dz
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by billyd1773dz » 24 Feb 2017, 14:56

Seandainya semua mbl sudah bisa remap dgn support ecutek race rom jadi bisa multiple map, valet mode, launchcontrol shiftlight dll mantap..

Skrng baru bisa single map, kec sedia tablet/leptop n toolsny bwat remap jika ingin ganti map
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 7567
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang/Surabaya
Daily Vehicle: HondaCivic

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ » 24 Feb 2017, 14:58

b8099ok wrote:
24 Feb 2017, 14:52
Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
CE is resing.... :ngacir:
FB2 / FK4 / RU5 / F652RM / T32

Image
http://chzautos.com/

"The Idealist Dreamer"

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1793
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 24 Feb 2017, 15:00

billyd1773dz wrote:
24 Feb 2017, 14:56
Seandainya semua mbl sudah bisa remap dgn support ecutek race rom jadi bisa multiple map, valet mode, launchcontrol shiftlight dll mantap..

Skrng baru bisa single map, kec sedia tablet/leptop n toolsny bwat remap jika ingin ganti map
Launch control and shift light bisa utk bbrp ecu.
2013 Mitsubishi Outlander Sport PX PW CVT
2014 Mitsubishi Mirage Exceed EG CVT
2014 Ford Ecosport Titanium PB A/T
2016 Mitsubishi Pajero Sport Dakar Limited Grey A/T

User avatar
billyd1773dz
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by billyd1773dz » 24 Feb 2017, 15:02

Iya baru beberapa yang bisa

Mostly subaru, few mazda, few mitsu, few toyota

LoL
just my dummy head....
Image Billyd1773dz

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15455
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman » 24 Feb 2017, 15:07

b8099ok wrote:Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
hanya utk permisalan aja

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1793
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 24 Feb 2017, 15:10

Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
2013 Mitsubishi Outlander Sport PX PW CVT
2014 Mitsubishi Mirage Exceed EG CVT
2014 Ford Ecosport Titanium PB A/T
2016 Mitsubishi Pajero Sport Dakar Limited Grey A/T

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2844
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Contact:

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by F 272 » 24 Feb 2017, 16:12

Ngeri nih... momod2 pada komen semua...

Saya numpang nyimak aja eh..sambil jedug2. . :emo-big_love:

User avatar
fatmike21
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: 14 Mar 2013, 10:56
Location: Lereng Merapi, Sleman, Jogja

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by fatmike21 » 24 Feb 2017, 16:21

b8099ok wrote:
24 Feb 2017, 15:10
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom :ngacir:
"straight 6 forever"

User avatar
FRD
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1743
Joined: 26 Aug 2014, 22:00
Location: Reality

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by FRD » 24 Feb 2017, 17:14

ginting wrote:
24 Feb 2017, 12:00
efact wrote:
ginting wrote:
24 Feb 2017, 11:23
PM aja username B8099OK di atas,..

Minta diajak dan kenalin sama owner bebong garage, Summarecon Serpong.
Nanti kan bisa diskusi soal potensi kobel mesin itu..
Supaya sama2 enak,..jgn sampai over expectation.

Soal harga kan nanti oom bisa nego sama owner bebong langsung..



Sent from my K012 using Tapatalk
siap... bebong itu di serpong toh.. kebetulan deket sama lokasi saya tiap weekend, tq oom ginting..
Iya, oom...
Gak jauh2 koq...coba aja..

Cuma owner bebong agak nyentrik, oom

dia kerja based on appointment only..dan based on referral...






Sent from my K012 using Tapatalk
my time my place sih sistem nya bang sat :mky_03:
those who are heartless, once cared too much.

L12B 5MT - L15Z1 CVT - K3-VE 5MT - 4D56 VGT 5AT

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4969
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by nugroho bagor » 24 Feb 2017, 17:46

b8099ok wrote:
24 Feb 2017, 14:52
Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
Hallo hai,anda tho boss bebong :upss: sukses dah :big_smoking:

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1793
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok » 24 Feb 2017, 18:05

nugroho bagor wrote:
24 Feb 2017, 17:46
b8099ok wrote:
24 Feb 2017, 14:52
Maap, knp dimatikan fitur CE? Bahaya atuh,... Thats naughty job klo di remap trus dimatiin CEnya,...
Hallo hai,anda tho boss bebong :upss: sukses dah :big_smoking:
Papih Bagor :cupss:
2013 Mitsubishi Outlander Sport PX PW CVT
2014 Mitsubishi Mirage Exceed EG CVT
2014 Ford Ecosport Titanium PB A/T
2016 Mitsubishi Pajero Sport Dakar Limited Grey A/T

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 7567
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang/Surabaya
Daily Vehicle: HondaCivic

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ » 24 Feb 2017, 18:26

b8099ok wrote:
24 Feb 2017, 15:10
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Taxiberbilio?

:ngacir:
FB2 / FK4 / RU5 / F652RM / T32

Image
http://chzautos.com/

"The Idealist Dreamer"

kuyaninja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 28 Feb 2014, 11:35

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by kuyaninja » 24 Feb 2017, 20:18

Saya korban dari bebonggaras, nyesel banget....


Nyesel knapa gak remap dari dulu :mky_02:

quyquy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by quyquy » 24 Feb 2017, 23:49

Turboman wrote:
23 Feb 2017, 13:21
quyquy wrote:
Misi Om.. newbie niy..

Kalo di surabaya, remap di mana Om?
coba tanya ke bengkel Elysium
thks a lot om buat infonya..

User avatar
SiulTurbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 28 Sep 2016, 11:20

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by SiulTurbo » 25 Feb 2017, 03:48

fatmike21 wrote:
b8099ok wrote:
24 Feb 2017, 15:10
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom :ngacir:
Honda resing ngacir bruuuummmm

Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app


ginting
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1995
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: RE: Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting » 25 Feb 2017, 06:06

SiulTurbo wrote:
fatmike21 wrote:
b8099ok wrote:
24 Feb 2017, 15:10
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya :ungg:
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom :ngacir:
Honda resing ngacir bruuuummmm

Sent from my Redmi Note 4 using Seraya Motor mobile app
Nah....ini brio kalo gue ketemu di toll, gue langsung minggir aja..
Soalnya lepas dikobel bebong garage, itu brio jadi resing banget.


Sent from my K012 using Tapatalk


ginting
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1995
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting » 25 Feb 2017, 06:09

Sayang banget si MuX ini punya ECU merek Transtron Renesas, yg satu satunya di Indo yg make itu merek.
Yg lain pada pake Bosch, Delphi, Denso, Keihin, dll



Sent from my K012 using Tapatalk


Post Reply

Return to “Engine & Exhaust System”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests