Remap ECU tanpa pigyback

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman »

ngalih wrote:
SiulTurbo wrote: Mon Jun 12, 2017 6:40 emang pada yakin ya ama remap .....
Apakah remap ada konsekuensinya? Dampak jangka panjang?
Utk amannya naik dikit aja

Kalo TurboDiesel CRD mau aman AFR jangan di bawah 1:17 atau lebih baik lagi jika nggak di bawah 1:18

Konsekuensi power naiknya agak kecil.....tapi aman

Demi lebih optimalnya lakukan juga improvement pada exhaust dan intake, jadi kenaikan power sifatnya lebih alami & gak begitu dipaksa

Kalo bensin NA bisa majukan timing sejauh dia gak akan ngelitik dgn std BBM RON terendah yg biasa dipakai........AFR set proporsional juga




dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by dieselman228 »

Turboman wrote: Tue Jun 13, 2017 1:41
Utk amannya naik dikit aja

Kalo TurboDiesel CRD mau aman AFR jangan di bawah 1:17 atau lebih baik lagi jika nggak di bawah 1:18

Konsekuensi power naiknya agak kecil.....tapi aman

Demi lebih optimalnya lakukan juga improvement pada exhaust dan intake, jadi kenaikan power sifatnya lebih alami & gak begitu dipaksa

Kalo bensin NA bisa majukan timing sejauh dia gak akan ngelitik dgn std BBM RON terendah yg biasa dipakai........AFR set proporsional juga

om turbo mau tanya, AFR untuk CRD umumnya di angka berapa om?
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman »

dieselman228 wrote:
Turboman wrote: Tue Jun 13, 2017 1:41
Utk amannya naik dikit aja

Kalo TurboDiesel CRD mau aman AFR jangan di bawah 1:17 atau lebih baik lagi jika nggak di bawah 1:18

Konsekuensi power naiknya agak kecil.....tapi aman

Demi lebih optimalnya lakukan juga improvement pada exhaust dan intake, jadi kenaikan power sifatnya lebih alami & gak begitu dipaksa

Kalo bensin NA bisa majukan timing sejauh dia gak akan ngelitik dgn std BBM RON terendah yg biasa dipakai........AFR set proporsional juga

om turbo mau tanya, AFR untuk CRD umumnya di angka berapa om?
mesin std biasa AFR 1:19 atau lebih
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: RE: Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by dieselman228 »

Turboman wrote: Tue Jun 13, 2017 5:09
dieselman228 wrote:
Turboman wrote: Tue Jun 13, 2017 1:41
Utk amannya naik dikit aja

Kalo TurboDiesel CRD mau aman AFR jangan di bawah 1:17 atau lebih baik lagi jika nggak di bawah 1:18

Konsekuensi power naiknya agak kecil.....tapi aman

Demi lebih optimalnya lakukan juga improvement pada exhaust dan intake, jadi kenaikan power sifatnya lebih alami & gak begitu dipaksa

Kalo bensin NA bisa majukan timing sejauh dia gak akan ngelitik dgn std BBM RON terendah yg biasa dipakai........AFR set proporsional juga

om turbo mau tanya, AFR untuk CRD umumnya di angka berapa om?
mesin std biasa AFR 1:19 atau lebih

saya iseng cari-cari diesel CRD memang stdnya di setnya "lean" ya om..

tadi saya coba gugling dapet bacaan ini

http://www.autospeed.com/cms/article.ht ... 1&A=108104
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman »

Yup di set lean dgn tujuan

Emisi
Eff BBM
Keawetan mesin

makanya kalo Desel std sering kerasa lag di awal krn semburan Fuel benar2 ikuti boost Turbo

kalo udah piggy / remap biasa Tuner kasih agak rich AFR saat bejek awal di RPM rendah supaya lebih narik......dgn konsekuensi jadi cumi2
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ngalih »

Turboman wrote: Tue Jun 13, 2017 6:16 Yup di set lean dgn tujuan

Emisi
Eff BBM
Keawetan mesin

makanya kalo Desel std sering kerasa lag di awal krn semburan Fuel benar2 ikuti boost Turbo

kalo udah piggy / remap biasa Tuner kasih agak rich AFR saat bejek awal di RPM rendah supaya lebih narik......dgn konsekuensi jadi cumi2
Ngebul dan boros maksudnya ya om?
Spock
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Jan 10, 2017 6:43

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Spock »

Kalau di daerah bekasi, dimana ya yang bisa remap ecu ps dakar 2014?
User avatar
Nainggolan21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
Location: Bekasi, Jawa Barat
Daily Vehicle: Satria FU

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Nainggolan21 »

Spock wrote:Kalau di daerah bekasi, dimana ya yang bisa remap ecu ps dakar 2014?
Orang Bekasi om, Bekasinya dimana? Saya di daerah harapan indah... Boleh kapan2 atur waktu ketemuan sambil diskusi[emoji120]

Sent from my Lenovo A6020a40 using Seraya Motor mobile app

"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman »

Spock wrote:Kalau di daerah bekasi, dimana ya yang bisa remap ecu ps dakar 2014?
ke REV aja di Kedoya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Turboman »

Btw remap ECU ini jangan dianggap enteng kayak nge format HD yah

perhatikan juga faktor Check Sum

makanya gak dikit resiko ECU jebol
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

IMG-20170614-WA0000.jpg
Itu adalah tulisan bahasa binari yg kudu dikuasai tuner..

Riwehh


Sent from my K012 using Tapatalk

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Tue May 10, 2016 6:45

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Wongsuroboyo »

Turboman wrote: Tue Jun 13, 2017 6:16 Yup di set lean dgn tujuan

Emisi
Eff BBM
Keawetan mesin

makanya kalo Desel std sering kerasa lag di awal krn semburan Fuel benar2 ikuti boost Turbo

kalo udah piggy / remap biasa Tuner kasih agak rich AFR saat bejek awal di RPM rendah supaya lebih narik......dgn konsekuensi jadi cumi2
Bgm cara mengurangi lag di mesin std om?
Skrg sdh knn, ganjel wastegate aja, lag terasa banget, mohon infonya, trims
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by scorpio »

ginting wrote: Wed Jun 14, 2017 4:50 IMG-20170614-WA0000.jpg

Itu adalah tulisan bahasa binari yg kudu dikuasai tuner..

Riwehh


Sent from my K012 using Tapatalk
koreksi dikit ya om. itu bahasa hexadecimal. bukan binari. binari tu nilainya cuma 1 sama 0 macam signal digital, dari hex tu baru diproses jadi binary :glodak:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ginting »

scorpio wrote: Wed Jun 14, 2017 8:19
ginting wrote: Wed Jun 14, 2017 4:50 IMG-20170614-WA0000.jpg

Itu adalah tulisan bahasa binari yg kudu dikuasai tuner..

Riwehh


Sent from my K012 using Tapatalk
koreksi dikit ya om. itu bahasa hexadecimal. bukan binari. binari tu nilainya cuma 1 sama 0 macam signal digital, dari hex tu baru diproses jadi binary :glodak:
oh, iya,..maaf tadi salah info..
terima kasih koreksinya oom..

intinya sih sejauh yang saya tahu butuh waktu lama belajar bahasa pemrograman mesin krn ECU satu merek mobil beda-beda. Apalagi beda merek..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by billyd1773dz »

G perlu belajar coding n pemprograman om .....
Itu fungsinya beragam software n tool...... Tinggal pke softwarenya aja...

Apalagi yg sudah sya bilang yg berjenis slave tool itu bwat upload/download n logging sja, map dr tuner






Klw jadi developer softwarenya ya beda lagi,
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by paidjho »

ginting wrote:
IMG-20170614-WA0000.jpg
Itu adalah tulisan bahasa binari yg kudu dikuasai tuner..

Riwehh


Sent from my K012 using Tapatalk
Lahhh....

Foto gw beredar di mari....

[emoji85] [emoji85] [emoji85]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15539
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote: Wed Jun 14, 2017 8:44 G perlu belajar coding n pemprograman om .....
Itu fungsinya beragam software n tool...... Tinggal pke softwarenya aja...

Apalagi yg sudah sya bilang yg berjenis slave tool itu bwat upload/download n logging sja, map dr tuner






Klw jadi developer softwarenya ya beda lagi,
loh kau antek mau melawan pemimpinmu?
:big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by coklatMetalik »

Kirain pake bahasa asssembly
Ehh ternayata heksadesimal. Jauh lbh rumit itu...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by billyd1773dz »

Wuih menjura k master Assembly, low-level language a.k.a bahasa mesin...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

Tumben jd rame,... Lapak sebelah sepi jir,...
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by loadeddiapers »

Itu sih hexadecimal karena yg dibuka udah jadi hasil compile nya kali. File2 hasil compile kl dibuka memang ky gt semua biasanya.

Sent from my Mi5S using Seraya Motor mobile app
Image
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by Chevyman »

ginting wrote: Wed Jun 14, 2017 4:50 IMG-20170614-WA0000.jpg

Itu adalah tulisan bahasa binari yg kudu dikuasai tuner..

Riwehh


Sent from my K012 using Tapatalk
Ahahahah..emg mau buat software om... :upss:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by b8099ok »

loadeddiapers wrote: Thu Jun 15, 2017 14:08 Itu sih hexadecimal karena yg dibuka udah jadi hasil compile nya kali. File2 hasil compile kl dibuka memang ky gt semua biasanya.

Sent from my Mi5S using Seraya Motor mobile app
File ecu ya bentuknya binary. Tp di ketika edit, diconvert dl sebagaimana oleh software editornya menjadi suatu informasi yg bisa di bagi per kategori sebagai suatu map. Map² tsb yg hrs di definisikan kegunaanya. Dr situ baru bisa dirubah sesuai keinginan. Lain halnya dgn editor predefined yg uda paten dan gak bisa edit semau kita, hanya bagian tertentu yg bisa di edit.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by ngalih »

b8099ok wrote: Sat Jun 17, 2017 12:06
loadeddiapers wrote: Thu Jun 15, 2017 14:08 Itu sih hexadecimal karena yg dibuka udah jadi hasil compile nya kali. File2 hasil compile kl dibuka memang ky gt semua biasanya.

Sent from my Mi5S using Seraya Motor mobile app
File ecu ya bentuknya binary. Tp di ketika edit, diconvert dl sebagaimana oleh software editornya menjadi suatu informasi yg bisa di bagi per kategori sebagai suatu map. Map² tsb yg hrs di definisikan kegunaanya. Dr situ baru bisa dirubah sesuai keinginan. Lain halnya dgn editor predefined yg uda paten dan gak bisa edit semau kita, hanya bagian tertentu yg bisa di edit.
Om Sat... nanya om. Jika remap apakah musti kudu pake dex ya? Apakah bisa kombinasi bio solar + dex, perbandingannya?
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: RE: Re: Remap ECU tanpa pigyback

Post by paidjho »

ngalih wrote:
b8099ok wrote: Sat Jun 17, 2017 12:06
loadeddiapers wrote: Thu Jun 15, 2017 14:08 Itu sih hexadecimal karena yg dibuka udah jadi hasil compile nya kali. File2 hasil compile kl dibuka memang ky gt semua biasanya.

Sent from my Mi5S using Seraya Motor mobile app
File ecu ya bentuknya binary. Tp di ketika edit, diconvert dl sebagaimana oleh software editornya menjadi suatu informasi yg bisa di bagi per kategori sebagai suatu map. Map² tsb yg hrs di definisikan kegunaanya. Dr situ baru bisa dirubah sesuai keinginan. Lain halnya dgn editor predefined yg uda paten dan gak bisa edit semau kita, hanya bagian tertentu yg bisa di edit.
Om Sat... nanya om. Jika remap apakah musti kudu pake dex ya? Apakah bisa kombinasi bio solar + dex, perbandingannya?
Nimbrung yaa...

IMHO, jenis bbm berpengaruh saat kita mau modif, energy value tiap bbm beda.
Lebih parah petrol, pengaruh ke knocking.

Lebih baik bbm nya upgrade juga. Energy value nya beda antara biosol, dexlite and dex, jd hasilnya otimal.

Daily skr pake dexlite aja, sumber dr orang dlm, dexlite dah ada tambahan additive buat anti oksidasi.