Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by matra »

Screenshot_2018-02-09-10-56-31-870_com.facebook.katana.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
adiboost777
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Feb 06, 2020 3:06
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Pajero Sport dakkar

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by adiboost777 »

SEPI sekali grup mitsu 4N15 pada kemana ya senior?
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by b8099ok »

adiboost777 wrote: Thu Feb 06, 2020 7:12 SEPI sekali grup mitsu 4N15 pada kemana ya senior?
Pada moles 4n15 biar kinclong,... :emo-big_love:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
Roadshow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jul 26, 2016 18:44

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by Roadshow »

Para suhu, saya mau tanya.. mesin saya sudah di remap sebelum nya. Nah kemarin ini baru ganti DP yg model pipa. HP memang ada kenaikan, dan berasa di rpm atasnya tenaga lebih besar. Akan tetapi konsumsi solar jadi lebih boros.

Pertanyaan saya, apakah perlu di remap ulang? Atau memang setelah ganti DP konsumsi solar jadi lebih boros? Sbg info dulu saya pake solbus, semenjak udah B30 diganti DEX/BP.

Thank you.
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by jnkr »

Roadshow wrote:Para suhu, saya mau tanya.. mesin saya sudah di remap sebelum nya. Nah kemarin ini baru ganti DP yg model pipa. HP memang ada kenaikan, dan berasa di rpm atasnya tenaga lebih besar. Akan tetapi konsumsi solar jadi lebih boros.

Pertanyaan saya, apakah perlu di remap ulang? Atau memang setelah ganti DP konsumsi solar jadi lebih boros? Sbg info dulu saya pake solbus, semenjak udah B30 diganti DEX/BP.

Thank you.
Mungkin karena faktor keenakan jd kaki pengen bejek terus.. emang seberapa boros om? Sbg gambaran saya stop n go rata2 1:9. Klo pas mudik 1:10. Pulse n glide jalan lowong bs 1:13. Pake B30.
Roadshow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jul 26, 2016 18:44

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by Roadshow »

Wah.. boros bgt bro. Ratio saya lihat dari MID. Kondisi 1 dan 2 semuanya sudah di remap.

1. Sebelum ganti DP.. rata2 saya dapet 1:12 dalem kota. Kalau macet parah 1:9/1:10. Kalau jalan ke luar kota bisa 1:15 (waktu ke Semarang). Pernah sekali ke Bandung pantengin di 80km dapet 1:17. Ini pake solbus.

2. Sesudah ganti DP, konsumsi jadi 1:10/1:11. Ini jalanan kosong bro. Belum pernah kena macet, karena lagi PSBB. Pake BP/Dex.

Perbedaan nya kerasa bgt bro. Saya udah remap dari kondisi stock 3 tahunan, dan selalu dapet 1:12 rata2 dalem kota. Baru 2 bulan lalu ganti DP.

HP naik dari 230 ke 255. Apa karena HP naik jadi lebih boros.. atau memang harus remap ulang?


jnkr wrote: Wed May 13, 2020 16:05
Roadshow wrote:Para suhu, saya mau tanya.. mesin saya sudah di remap sebelum nya. Nah kemarin ini baru ganti DP yg model pipa. HP memang ada kenaikan, dan berasa di rpm atasnya tenaga lebih besar. Akan tetapi konsumsi solar jadi lebih boros.

Pertanyaan saya, apakah perlu di remap ulang? Atau memang setelah ganti DP konsumsi solar jadi lebih boros? Sbg info dulu saya pake solbus, semenjak udah B30 diganti DEX/BP.

Thank you.
Mungkin karena faktor keenakan jd kaki pengen bejek terus.. emang seberapa boros om? Sbg gambaran saya stop n go rata2 1:9. Klo pas mudik 1:10. Pulse n glide jalan lowong bs 1:13. Pake B30.
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by jnkr »

Roadshow wrote:Wah.. boros bgt bro. Ratio saya lihat dari MID. Kondisi 1 dan 2 semuanya sudah di remap.

1. Sebelum ganti DP.. rata2 saya dapet 1:12 dalem kota. Kalau macet parah 1:9/1:10. Kalau jalan ke luar kota bisa 1:15 (waktu ke Semarang). Pernah sekali ke Bandung pantengin di 80km dapet 1:17. Ini pake solbus.

2. Sesudah ganti DP, konsumsi jadi 1:10/1:11. Ini jalanan kosong bro. Belum pernah kena macet, karena lagi PSBB. Pake BP/Dex.

Perbedaan nya kerasa bgt bro. Saya udah remap dari kondisi stock 3 tahunan, dan selalu dapet 1:12 rata2 dalem kota. Baru 2 bulan lalu ganti DP.

HP naik dari 230 ke 255. Apa karena HP naik jadi lebih boros.. atau memang harus remap ulang?


jnkr wrote: Wed May 13, 2020 16:05
Roadshow wrote:Para suhu, saya mau tanya.. mesin saya sudah di remap sebelum nya. Nah kemarin ini baru ganti DP yg model pipa. HP memang ada kenaikan, dan berasa di rpm atasnya tenaga lebih besar. Akan tetapi konsumsi solar jadi lebih boros.

Pertanyaan saya, apakah perlu di remap ulang? Atau memang setelah ganti DP konsumsi solar jadi lebih boros? Sbg info dulu saya pake solbus, semenjak udah B30 diganti DEX/BP.

Thank you.
Mungkin karena faktor keenakan jd kaki pengen bejek terus.. emang seberapa boros om? Sbg gambaran saya stop n go rata2 1:9. Klo pas mudik 1:10. Pulse n glide jalan lowong bs 1:13. Pake B30.
Relatif aja sih om. Hehehe... Klo saya ya om... Klo udh dapet settingan yg pas dan enak, gak akan saya retune lg... Tinggal kaki aja disekolahin lagi ato ya legowo bahwa dg settingan ini, kaki spt ini, ya sgini ini cons bbm yg d dapat... Ato mungkin pake oli buntut 30 biar enteng....
Roadshow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jul 26, 2016 18:44

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by Roadshow »

Oli udah pake PTT yg 5W30 bos. Mungkin ya, HP besar bensin jadi makin boros. Kalo untuk kaki, saya jarang banget tarik sampe RPM tinggi. Mentok paling d 2000. 2500-3000 jarang bgt.

jnkr wrote: Fri May 15, 2020 8:33
Roadshow wrote:Wah.. boros bgt bro. Ratio saya lihat dari MID. Kondisi 1 dan 2 semuanya sudah di remap.

1. Sebelum ganti DP.. rata2 saya dapet 1:12 dalem kota. Kalau macet parah 1:9/1:10. Kalau jalan ke luar kota bisa 1:15 (waktu ke Semarang). Pernah sekali ke Bandung pantengin di 80km dapet 1:17. Ini pake solbus.

2. Sesudah ganti DP, konsumsi jadi 1:10/1:11. Ini jalanan kosong bro. Belum pernah kena macet, karena lagi PSBB. Pake BP/Dex.

Perbedaan nya kerasa bgt bro. Saya udah remap dari kondisi stock 3 tahunan, dan selalu dapet 1:12 rata2 dalem kota. Baru 2 bulan lalu ganti DP.

HP naik dari 230 ke 255. Apa karena HP naik jadi lebih boros.. atau memang harus remap ulang?


jnkr wrote: Wed May 13, 2020 16:05 Mungkin karena faktor keenakan jd kaki pengen bejek terus.. emang seberapa boros om? Sbg gambaran saya stop n go rata2 1:9. Klo pas mudik 1:10. Pulse n glide jalan lowong bs 1:13. Pake B30.
Relatif aja sih om. Hehehe... Klo saya ya om... Klo udh dapet settingan yg pas dan enak, gak akan saya retune lg... Tinggal kaki aja disekolahin lagi ato ya legowo bahwa dg settingan ini, kaki spt ini, ya sgini ini cons bbm yg d dapat... Ato mungkin pake oli buntut 30 biar enteng....
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by benzz89 »

Roadshow wrote:Wah.. boros bgt bro. Ratio saya lihat dari MID. Kondisi 1 dan 2 semuanya sudah di remap.

1. Sebelum ganti DP.. rata2 saya dapet 1:12 dalem kota. Kalau macet parah 1:9/1:10. Kalau jalan ke luar kota bisa 1:15 (waktu ke Semarang). Pernah sekali ke Bandung pantengin di 80km dapet 1:17. Ini pake solbus.

2. Sesudah ganti DP, konsumsi jadi 1:10/1:11. Ini jalanan kosong bro. Belum pernah kena macet, karena lagi PSBB. Pake BP/Dex.

Perbedaan nya kerasa bgt bro. Saya udah remap dari kondisi stock 3 tahunan, dan selalu dapet 1:12 rata2 dalem kota. Baru 2 bulan lalu ganti DP.

HP naik dari 230 ke 255. Apa karena HP naik jadi lebih boros.. atau memang harus remap ulang?


jnkr wrote: Wed May 13, 2020 16:05
Roadshow wrote:Para suhu, saya mau tanya.. mesin saya sudah di remap sebelum nya. Nah kemarin ini baru ganti DP yg model pipa. HP memang ada kenaikan, dan berasa di rpm atasnya tenaga lebih besar. Akan tetapi konsumsi solar jadi lebih boros.

Pertanyaan saya, apakah perlu di remap ulang? Atau memang setelah ganti DP konsumsi solar jadi lebih boros? Sbg info dulu saya pake solbus, semenjak udah B30 diganti DEX/BP.

Thank you.
Mungkin karena faktor keenakan jd kaki pengen bejek terus.. emang seberapa boros om? Sbg gambaran saya stop n go rata2 1:9. Klo pas mudik 1:10. Pulse n glide jalan lowong bs 1:13. Pake B30.
Remap or piggiyback itu bukannya terakhir yah? Setelah semua mekanikal kita ganti (kaya DP dll) baru terakhir remap/piggy.

Kalau setelah remap lalu ada gonta ganti2 mekanikal lagi kan takutnya ada settingan yang harus di fine tune lagi, meski memang ganti DP sih bukan suatu perubahan yang besar CMIIW.

Btw dapat 1:12 dalkot pakai solbus sih sudah bagus banget itu Om... tenaga dinaikan lagi dengan ganti DP yah mungkin wajar konsumsi bbm dikorbanin dikit. Kalau HP diturunin lalu konsumsi bbm malah makin boros nah itu yang bikin kepala pusing Om [emoji16]
Roadshow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jul 26, 2016 18:44

Re: Mitsu 4N15 Performance Update (MIVEC kicked in YO !)

Post by Roadshow »

Nah.. makanya bos, saya udah keburu remap duluan. Udah pake 3 tahunan, terus awal tahun diracunin temen suruh ganti DP.

Btw udah ada yg sampe 300HP belum? Kalo udah part yg diganti apa aja ya?

Thank you.

benzz89 wrote: Sat May 16, 2020 4:55
Roadshow wrote:Wah.. boros bgt bro. Ratio saya lihat dari MID. Kondisi 1 dan 2 semuanya sudah di remap.

1. Sebelum ganti DP.. rata2 saya dapet 1:12 dalem kota. Kalau macet parah 1:9/1:10. Kalau jalan ke luar kota bisa 1:15 (waktu ke Semarang). Pernah sekali ke Bandung pantengin di 80km dapet 1:17. Ini pake solbus.

2. Sesudah ganti DP, konsumsi jadi 1:10/1:11. Ini jalanan kosong bro. Belum pernah kena macet, karena lagi PSBB. Pake BP/Dex.

Perbedaan nya kerasa bgt bro. Saya udah remap dari kondisi stock 3 tahunan, dan selalu dapet 1:12 rata2 dalem kota. Baru 2 bulan lalu ganti DP.

HP naik dari 230 ke 255. Apa karena HP naik jadi lebih boros.. atau memang harus remap ulang?


jnkr wrote: Wed May 13, 2020 16:05 Mungkin karena faktor keenakan jd kaki pengen bejek terus.. emang seberapa boros om? Sbg gambaran saya stop n go rata2 1:9. Klo pas mudik 1:10. Pulse n glide jalan lowong bs 1:13. Pake B30.
Remap or piggiyback itu bukannya terakhir yah? Setelah semua mekanikal kita ganti (kaya DP dll) baru terakhir remap/piggy.

Kalau setelah remap lalu ada gonta ganti2 mekanikal lagi kan takutnya ada settingan yang harus di fine tune lagi, meski memang ganti DP sih bukan suatu perubahan yang besar CMIIW.

Btw dapat 1:12 dalkot pakai solbus sih sudah bagus banget itu Om... tenaga dinaikan lagi dengan ganti DP yah mungkin wajar konsumsi bbm dikorbanin dikit. Kalau HP diturunin lalu konsumsi bbm malah makin boros nah itu yang bikin kepala pusing Om [emoji16]