Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2937
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
anu...
jadi mobil ane kan OS PX 2012
kalau cvt dipakai santai biasanya rpm dibawah 2000
kata orang rpm terlalu rendah ga baek buat mobil,
jadi kepikiran apa perlu italian tune up?
jadi mobil ane kan OS PX 2012
kalau cvt dipakai santai biasanya rpm dibawah 2000
kata orang rpm terlalu rendah ga baek buat mobil,
jadi kepikiran apa perlu italian tune up?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26908
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
gearbox cvt aman ga sehh handle high rpm ??
kl beresiko yah jangan... paling tiap 10-15 rebu km semprot2 carbjet atau spirit...
drpd mesin bersih tp jebol gearbox..
kl beresiko yah jangan... paling tiap 10-15 rebu km semprot2 carbjet atau spirit...
drpd mesin bersih tp jebol gearbox..
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
cvt high rpm? aman harusnya..... knp engga.... bru jalan 50rb sie tp sering high rpm wong tenagany bru keluar rpm atas...
italian tuneup sekali2 aja g perlu sering2, khususnya bwat mbl yg jarang olah raga dan efeknya memang ngaruh
italian tuneup sekali2 aja g perlu sering2, khususnya bwat mbl yg jarang olah raga dan efeknya memang ngaruh
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
kalo mau italian tune up pakai pertamax racing atau minimal v power...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
sesekali perlu, setelah beberapa ribu km.
beberapa waktu lalu mirage cvt ane ngelitik, minumnya premium terus. di km hampir 30rb, ane pertama kalinya italian tuning. isi pake pertamax plus, masukkan shift ke B, lalu highrev sepanjang jalan tol juanda-waru.
hasilnya tokcer, ngelitik hilang, ketika balik premium lagi pun tarikan lebih responsif. sekarang pake pertamax, mumpung harga lagi turun. hasilnya lebih enak dan lebih irit daripada pake pertamax sebelum italian tune up.
beberapa waktu lalu mirage cvt ane ngelitik, minumnya premium terus. di km hampir 30rb, ane pertama kalinya italian tuning. isi pake pertamax plus, masukkan shift ke B, lalu highrev sepanjang jalan tol juanda-waru.
hasilnya tokcer, ngelitik hilang, ketika balik premium lagi pun tarikan lebih responsif. sekarang pake pertamax, mumpung harga lagi turun. hasilnya lebih enak dan lebih irit daripada pake pertamax sebelum italian tune up.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
Saya ada baleno 97 yang dipakai dr baru dan skg baru sampai 70rb km,karena dipakainya jarang banget kadang kalo nganggur saya ajak jogging tengah malam, hasil jogging kemarin gigi 4 masih dapat 160,3 km/h (based on GPS), rpm saya gak lihat
Kalo mau italian tune up sih perlakuan saya, AC saya matikan, kondisi cairan2 harus di cek dulu sebelum jalan, dan yang terakhir pastikan lari setelah kondisi suhu sudah optimal, habis itu langsung deh 1,2,3,4 gas pol sampe limiter, habis italian tune up emang kadang ngelitik hilang, mobil bawaannya gak nyendat2 aja (gatau sugesti apa bukan, tapi rasanya kira2 seperti itu)
Kalo mau italian tune up sih perlakuan saya, AC saya matikan, kondisi cairan2 harus di cek dulu sebelum jalan, dan yang terakhir pastikan lari setelah kondisi suhu sudah optimal, habis itu langsung deh 1,2,3,4 gas pol sampe limiter, habis italian tune up emang kadang ngelitik hilang, mobil bawaannya gak nyendat2 aja (gatau sugesti apa bukan, tapi rasanya kira2 seperti itu)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
Haya, CVT ...
Coba cari Redline SI1 CFSC, tuang seluruh isi botol, dan isi tangki full pakai bensin dengan oktan tertinggi, kalau bisa, yang bukan merk Pertamina.
Coba cari Redline SI1 CFSC, tuang seluruh isi botol, dan isi tangki full pakai bensin dengan oktan tertinggi, kalau bisa, yang bukan merk Pertamina.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
amanlah mod...semua udah diperhitungkan..kan bikin gak lgsg jadi...DOHC wrote:gearbox cvt aman ga sehh handle high rpm ??
kl beresiko yah jangan... paling tiap 10-15 rebu km semprot2 carbjet atau spirit...
drpd mesin bersih tp jebol gearbox..
saya klo sensi pindah manual tarik2an itu rpm redline...malah ketika saya butuh tarikan nyentak untuk duluin dr gigi 3 lari 100-120 bisa pindah ke gigi 2..ampe mendadak jarum lompat redline..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26908
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
yah soalnya cvt kan peruntukan nya agar putaran mesin linear ama putaran GB... takutnya kl d bejeg2 gt malah ngasi beban extra ke pulley nya...kompresorz wrote:amanlah mod...semua udah diperhitungkan..kan bikin gak lgsg jadi...DOHC wrote:gearbox cvt aman ga sehh handle high rpm ??
kl beresiko yah jangan... paling tiap 10-15 rebu km semprot2 carbjet atau spirit...
drpd mesin bersih tp jebol gearbox..
saya klo sensi pindah manual tarik2an itu rpm redline...malah ketika saya butuh tarikan nyentak untuk duluin dr gigi 3 lari 100-120 bisa pindah ke gigi 2..ampe mendadak jarum lompat redline..
tp kl ternyata gapapa yah bagus dehh...
wahh ane blm seberani om kompre ngeabuse matic nya.. hehehe... kl nyetir matic rata2 masi alon2 kelakon... baru brani sruntulan kl nyetir manual... toh pikir nya kl manual plg apes jg kopling jebol... sejutaan beres... kl matic jebol, sjuta jg ga ckup...
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
^^
sebenernya dri pengalaman nyiksa mbl.... yang lebih riskan rusak klw disksa itu justru MT...... hentakan waktu di bejek lebih galak ke drivetrain sampai kaki-kaki. sedangkan AT biasanya ke redam slip di torqueconverter.... selain itu jelas engagenya g bisa kaya MT yg bisa di hentak kopling sambil di rpm tinggi.
biasanya klw offroad pke AT bisa nge-gas lebih bebas, pke MT........... lebih hrs nyesuaikan kaki sekalipun pke mbl dgn output lebih kecil. dan yes lebih sering rusak yg MT.
di siksa overload MT clutchnya bisa overheat n slip sampai bubar apalagi klw terpaksa setengah kopling, AT biasanya malah lebih tahan. meski sekali rusak jekpot...
cmiiw
sebenernya dri pengalaman nyiksa mbl.... yang lebih riskan rusak klw disksa itu justru MT...... hentakan waktu di bejek lebih galak ke drivetrain sampai kaki-kaki. sedangkan AT biasanya ke redam slip di torqueconverter.... selain itu jelas engagenya g bisa kaya MT yg bisa di hentak kopling sambil di rpm tinggi.
biasanya klw offroad pke AT bisa nge-gas lebih bebas, pke MT........... lebih hrs nyesuaikan kaki sekalipun pke mbl dgn output lebih kecil. dan yes lebih sering rusak yg MT.
di siksa overload MT clutchnya bisa overheat n slip sampai bubar apalagi klw terpaksa setengah kopling, AT biasanya malah lebih tahan. meski sekali rusak jekpot...
cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
Artinya italian tune up itu disarankan ya, om? Apalagi untuk mobil yg lebih banyak jd penghuni garasi dan kalopun keluar hanya ngadepin macet macam di jakarta ini kah?
Kalo gitu pertanyaan saya lanjut ke bagaimana cara mrlakukan italian tune up di mobil matic yg punya transmisi hanya P-R-N-D-D3-D2-L, apakah dilakukan perpindahan secara manual atau taruh di d3 ato d saja?
Terima kasih
Kalo gitu pertanyaan saya lanjut ke bagaimana cara mrlakukan italian tune up di mobil matic yg punya transmisi hanya P-R-N-D-D3-D2-L, apakah dilakukan perpindahan secara manual atau taruh di d3 ato d saja?
Terima kasih
be patient, please.. i'm a beginner..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
yup, ada baiknya kok, apalagi kalo pake premium. sekali-kali kerak di silinder perlu dibersihkan pake cara ini. lebih hemat daripada carbon clean kalo jarang dipake.
kalo matic, taruh di posisi gear paling tinggi, dalam kasus situ taruh di D3 dan pacu di tol.
taruh di gear setinggi mungkin, karena waktu high rev maka mesin akan menghasilkan panas yg tinggi, dan butuh pendinginan ekstra dari angin luar. makanya italian tune-up harus sambil pacu mobilnya kecepatan tinggi, ga bisa hanya sekedar high-rev tapi jalan pelan (gear 1 atau 2) apalagi posisi berhenti (gear netral).
kalo matic, taruh di posisi gear paling tinggi, dalam kasus situ taruh di D3 dan pacu di tol.
taruh di gear setinggi mungkin, karena waktu high rev maka mesin akan menghasilkan panas yg tinggi, dan butuh pendinginan ekstra dari angin luar. makanya italian tune-up harus sambil pacu mobilnya kecepatan tinggi, ga bisa hanya sekedar high-rev tapi jalan pelan (gear 1 atau 2) apalagi posisi berhenti (gear netral).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
hal2 seperti itu dijalan sesekali aja..dibawa enjoy mod...kalo rusak itu kebetulan apes aja...mau cvt,konvensional perlakukan sama aja...DOHC wrote:yah soalnya cvt kan peruntukan nya agar putaran mesin linear ama putaran GB... takutnya kl d bejeg2 gt malah ngasi beban extra ke pulley nya...kompresorz wrote:amanlah mod...semua udah diperhitungkan..kan bikin gak lgsg jadi...DOHC wrote:gearbox cvt aman ga sehh handle high rpm ??
kl beresiko yah jangan... paling tiap 10-15 rebu km semprot2 carbjet atau spirit...
drpd mesin bersih tp jebol gearbox..
saya klo sensi pindah manual tarik2an itu rpm redline...malah ketika saya butuh tarikan nyentak untuk duluin dr gigi 3 lari 100-120 bisa pindah ke gigi 2..ampe mendadak jarum lompat redline..
tp kl ternyata gapapa yah bagus dehh...
wahh ane blm seberani om kompre ngeabuse matic nya.. hehehe... kl nyetir matic rata2 masi alon2 kelakon... baru brani sruntulan kl nyetir manual... toh pikir nya kl manual plg apes jg kopling jebol... sejutaan beres... kl matic jebol, sjuta jg ga ckup...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26908
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
sipp ilmu nya master...billyd1773dz wrote:^^
sebenernya dri pengalaman nyiksa mbl.... yang lebih riskan rusak klw disksa itu justru MT...... hentakan waktu di bejek lebih galak ke drivetrain sampai kaki-kaki. sedangkan AT biasanya ke redam slip di torqueconverter.... selain itu jelas engagenya g bisa kaya MT yg bisa di hentak kopling sambil di rpm tinggi.
biasanya klw offroad pke AT bisa nge-gas lebih bebas, pke MT........... lebih hrs nyesuaikan kaki sekalipun pke mbl dgn output lebih kecil. dan yes lebih sering rusak yg MT.
di siksa overload MT clutchnya bisa overheat n slip sampai bubar apalagi klw terpaksa setengah kopling, AT biasanya malah lebih tahan. meski sekali rusak jekpot...
cmiiw
btw, krn atas pertimbangan biaya itu lah, makanya ane lebi pede kl mau nyetir sruntulan pake manual.... toh kl rusak plg apes kopling jebol... 1-2 juta beres.... tp kl matic, ngeri kl ampe bubar...
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
Om DOHC, kalau nyetir sruntulan itu namanya Indonesian Tune Up. Perlu juga itu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
pasang di D trus tendang pedal gas sampe mentok lantai. jangan dilepas kalo tensi belum 250/170 dan pulse jantung mencapai 150.jarijarir wrote:Artinya italian tune up itu disarankan ya, om? Apalagi untuk mobil yg lebih banyak jd penghuni garasi dan kalopun keluar hanya ngadepin macet macam di jakarta ini kah?
Kalo gitu pertanyaan saya lanjut ke bagaimana cara mrlakukan italian tune up di mobil matic yg punya transmisi hanya P-R-N-D-D3-D2-L, apakah dilakukan perpindahan secara manual atau taruh di d3 ato d saja?
Terima kasih
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
Nice info, omr1409 wrote:
kalo matic, taruh di posisi gear paling tinggi, dalam kasus situ taruh di D3 dan pacu di tol.
taruh di gear setinggi mungkin, karena waktu high rev maka mesin akan menghasilkan panas yg tinggi, dan butuh pendinginan ekstra dari angin luar. makanya italian tune-up harus sambil pacu mobilnya kecepatan tinggi, ga bisa hanya sekedar high-rev tapi jalan pelan (gear 1 atau 2) apalagi posisi berhenti (gear netral).
Mungkin saya pilih carbon clean saja...marmut wrote:
pasang di D trus tendang pedal gas sampe mentok lantai. jangan dilepas kalo tensi belum 250/170 dan pulse jantung mencapai 150.
be patient, please.. i'm a beginner..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
ibarat manusia yang keseharian nggak pernah olah raga berat (lari / sepeda / berenang dll), giliran diajak jalan jauh pasti ngos2an.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Mon Oct 22, 2012 6:28
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
Enaknya italian tune up di tol Cipali kali ya? Soalnya treknya panjang. Asal jangan pas musim mudik aja tapi... Secara di tol lain sulit mengembangkan kecepatan maksimal karena traffic. Kalau tengah malam cukup riskan dan berbahaya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
kalo buat ane gak harus sampe kenceng2 bawanya, yang penting bisa RPM tinggi sampe redline, pake gigi 2 juga udah cukup
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
ane sih biasa italian tune up di tol dalkot jg bisa, kan ngga harus kenceng,, yg penting kena redline nya..dani123 wrote:Enaknya italian tune up di tol Cipali kali ya? Soalnya treknya panjang. Asal jangan pas musim mudik aja tapi... Secara di tol lain sulit mengembangkan kecepatan maksimal karena traffic. Kalau tengah malam cukup riskan dan berbahaya.
kek om daftar bilang paling sampe gigi 2 aja,, tapi kadang bablas sih di 3 jg suka dipentokin
tapi tergantung mobil nya juga sih, klo mobil butut ane sih gigi 2 redline jg kek nya ga sampe 100 km/h dah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
memang betul pada prinsipnya cuma perlu rpm tinggi, sebenarnya gigi netral pun sudah bisa italian tune-up. malah aman, ga ada resiko kecelakaan.
tapi panas mesin kan pasti jadi tinggi banget, dan panas berlebih tentu mengurangi umur parts dan mempercepat penguapan oli. maka itu akan lebih baik kalo larinya agak kencang biar dapet pendinginan lebih baik.
liat2 aja, kalo pas highrev indikator temperatur jadi meninggi, ya jalankan mobil lebih kencang (gear lebih tinggi) biar dapet angin tambahan. kalo gigi 2 aja ga kepanasan ya cukup2 aja..
tapi panas mesin kan pasti jadi tinggi banget, dan panas berlebih tentu mengurangi umur parts dan mempercepat penguapan oli. maka itu akan lebih baik kalo larinya agak kencang biar dapet pendinginan lebih baik.
liat2 aja, kalo pas highrev indikator temperatur jadi meninggi, ya jalankan mobil lebih kencang (gear lebih tinggi) biar dapet angin tambahan. kalo gigi 2 aja ga kepanasan ya cukup2 aja..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 328
- Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
kalau ane lebih suka trek tanjakan buat italian tune up, di cipularang pake D3 rpm 5k-6k, karena kondisi tanjakan jadinya rpm segitu kecepatannya gak terlalu tinggi cuma 120an. Yang penting gak dipaksain, kalau udah rame ya udah aja lain kesempatan lagi...dani123 wrote:Enaknya italian tune up di tol Cipali kali ya? Soalnya treknya panjang. Asal jangan pas musim mudik aja tapi... Secara di tol lain sulit mengembangkan kecepatan maksimal karena traffic. Kalau tengah malam cukup riskan dan berbahaya.
beberapa mobil di limiter di netral.r1409 wrote:memang betul pada prinsipnya cuma perlu rpm tinggi, sebenarnya gigi netral pun sudah bisa italian tune-up. malah aman, ga ada resiko kecelakaan.
tapi panas mesin kan pasti jadi tinggi banget, dan panas berlebih tentu mengurangi umur parts dan mempercepat penguapan oli. maka itu akan lebih baik kalo larinya agak kencang biar dapet pendinginan lebih baik.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
^^
imho g bisa saat netral... terutama di mbil modern... saat netral biasanya ecu uda ngelimit sendiri seperti rev max, AFR juga lebih lean,exhaust flow jg beda.
imho baiknya highrev sambil diberi engineload.
imho g bisa saat netral... terutama di mbil modern... saat netral biasanya ecu uda ngelimit sendiri seperti rev max, AFR juga lebih lean,exhaust flow jg beda.
imho baiknya highrev sambil diberi engineload.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2937
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?
saya baca di wiki, italian dipake pas mau ganti oli aja
apa harus berkala gitu?
apa harus berkala gitu?