Page 3 of 4

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Fri Dec 13, 2013 6:16
by AD74YA
Segala macem charger bawahan VW group bisa ditingkatin secara ekonomis... Nih salah satu contohnya:

http://www.youtube.com/watch?v=2KfMY96v ... A&index=29

Bikin S4 lama lebih kenceng daripada RS4 baru dengan bantuan.. Err... USB?...
USB S4.jpg

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Tue Dec 17, 2013 14:37
by imsus2c
dknee wrote:Om imsus2c,
Aku pake Racechip buat santafe crdi ku dan gak ada ubahan2 laennya cuman plug and play aja
197HP jadi 249HP
437Nm jadi 500Nm
Tenaga ama tarikan jadi gahar pisan walopun belon pernah di dyno tp emang kerasa banget berubahnya.
Sekarang lagi hunting ban buat gantiin yg standardnya, soalnya keseringan spin tuh pas accelerate dari diam di lampu merah.
Kalo pake Racechip CR Ultimate malah lebih assoy lagi, menurut data mereka 197HP naek jadi 257HP dan 437nm jadi 529nm....ini tanpa ada ubahan di yg laennya ya
Wah, kalau output sudah segitu, rasanya sudah cukuplah buat harian
Ban masih pakai aslinya? Ukuran standard-nya 235/55R19 kan?

Coba pertimbangkan tambah lebarnya, misalnya 255/50R19, karena diameter totalnya ngga jauh beda bahkan dibilang sama dengan ukuran asli
Logikanya sih, kalau tapaknya tambah lebar, mestinya grip-nya juga nambah

Yang pernah saya lihat, kalau ukuran 235/55R19 itu Continental Cross Contact UHP
Kalau yg 255/50R19, saya pernah lihat Bridgestone Dueler HP 680

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 1:25
by VanzMatic
y_anjasrana wrote:
imsus2c wrote:
artoodetoo wrote:
Kalo Mitsubishi Mirage masih bisa dioprek gak supaya lebih irit lagi?
Punya ane rada boros sih ... :big_childish:
Sudah lewat masa break-in?

Omong2, biasanya orang ngoprek mesin kan biar tambah boros (=kenceng) lhorr.. :big_weee:
175kpj kondisi std udah cukup. cuma yg dibutuhin gimana nyampe kecepatan segitu dgn lebih cepat aja. utk 0-150 lmyn lah. tp mw di atas itu rada lambat naiknya. ada saran?
Pakai seri Drag race.
Itu.

*gaya MTGW...
:big_slap:

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 1:26
by VanzMatic
Turboman wrote:Daftar Mesin mesin yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonomis

Ekonomis dgn arti kata :
- Biaya gak lebih dr 20 jt or bahkan ada yg kurang dr 10 jt
- Tetap bisa pakai BBM standard
- Perawatan juga sama spt mobil standard, hanya oli minimal semi synth
- Konsumsi BBM gak lebih boros, malah dlm situasi tertentu bisa lebih irit (tergantung gaya nyetir)
- Tidak pakai ganti Nozzle
- Enak utk Daily drive


Image
4D56 Di-D VGT

Rincian biaya :
- Rp. 3,6 - 4 jt utk Piggyback
- Rp. 2 - 3 jt utk Down pipe - centre pipe
- Rp. 400 - 650 utk Free flow air filter
- Tuning PRV @fuel rail (optional) Rp. 500 rb.

Result : 210 - 220 Hp (tanpa tuning PRV)

Dengan "tuning PRV Fuel Rail" maka Result menjadi : 230 - 240 Hp / 500 - 510 Nm

Standard ting2 : sekitar 170 - 180 Hp

-cut-
Yahh... yang 4D56 standard dong.....
:ungg:

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 1:51
by Turboman
4D56 NA mekanikal pake :
- Turbo kit dari TurbOne - Garret T-02 (kalo masih ada stock-nya)

Dulu pernah ada yg coba pompa injeksinya diganti dgn punyanya 2LT-E (ada ECU-nya), kalo ga salah si Neo Diesel, nah kalo itu sukses berarti ada kemungkinan bisa pakai Piggy........

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 1:54
by marmut
y_anjasrana wrote:175kpj kondisi std udah cukup. cuma yg dibutuhin gimana nyampe kecepatan segitu dgn lebih cepat aja. utk 0-150 lmyn lah. tp mw di atas itu rada lambat naiknya. ada saran?
sudah coba ganti per klep yang lebih keras?

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 2:31
by marmut
imsus2c wrote:Wah, kalau output sudah segitu, rasanya sudah cukuplah buat harian
Ban masih pakai aslinya? Ukuran standard-nya 235/55R19 kan?

Coba pertimbangkan tambah lebarnya, misalnya 255/50R19, karena diameter totalnya ngga jauh beda bahkan dibilang sama dengan ukuran asli
Logikanya sih, kalau tapaknya tambah lebar, mestinya grip-nya juga nambah
Yang pernah saya lihat, kalau ukuran 235/55R19 itu Continental Cross Contact UHP
Kalau yg 255/50R19, saya pernah lihat Bridgestone Dueler HP 680

biar lebih yakin mana yang lebih luas permukaan ban yang nempel ke aspal, mari dihitung pake rumus.
panjang tapak ban
[berat kendaraan (kg) : 4] : tekanan angin (kg/cm2)
lebar tapak ban (cm)

[1500kg : 4] : 2,11kg/cm2
23,5cm

375kg : 2,11kg/cm2
23,5cm

177,72
23,5

= 7,56cm

luas bidang tapak
panjang tapak (cm) x lebar tapak (cm)
= 7,56cm x 23,5cm
= 177,66cm2


untuk yang lebar 255, mari kita hitung (dengan asumsi berat kendaraan dan tekanan angin sama).
panjang tapak ban
177,72
25,5

= 6,96cm

luas bidang tapak
= 6,96cm x 25,5cm
= 177,48cm2


*berat kendaraan saya ambil perkiraan, dan tekanan angin 30psi adalah yang umum digunakan. untuk menghitung dengan tekanan angin yang berbeda dan ingin merubah satuan dari psi ke kg/cm2 bisa klik disini : http://www.onlineconversion.com/pressure.htm

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 2:50
by imingwahyudi
AD74YA wrote:Segala macem charger bawahan VW group bisa ditingkatin secara ekonomis... Nih salah satu contohnya:

http://www.youtube.com/watch?v=2KfMY96v ... A&index=29

Bikin S4 lama lebih kenceng daripada RS4 baru dengan bantuan.. Err... USB?...
USB S4.jpg
Wow keren juga om bisa naik 50+++ HP...tapi internal parts nya :ungg:, apakah kuat dan tahan lama kah? :ungg:

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 2:59
by htannis
marmut wrote:
y_anjasrana wrote:175kpj kondisi std udah cukup. cuma yg dibutuhin gimana nyampe kecepatan segitu dgn lebih cepat aja. utk 0-150 lmyn lah. tp mw di atas itu rada lambat naiknya. ada saran?
sudah coba ganti per klep yang lebih keras?
kalau saran saya lebih banyak beribadah aja :mky_01:

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 7:46
by VanzMatic
marmut wrote:
imsus2c wrote:Wah, kalau output sudah segitu, rasanya sudah cukuplah buat harian
Ban masih pakai aslinya? Ukuran standard-nya 235/55R19 kan?

Coba pertimbangkan tambah lebarnya, misalnya 255/50R19, karena diameter totalnya ngga jauh beda bahkan dibilang sama dengan ukuran asli
Logikanya sih, kalau tapaknya tambah lebar, mestinya grip-nya juga nambah
Yang pernah saya lihat, kalau ukuran 235/55R19 itu Continental Cross Contact UHP
Kalau yg 255/50R19, saya pernah lihat Bridgestone Dueler HP 680

biar lebih yakin mana yang lebih luas permukaan ban yang nempel ke aspal, mari dihitung pake rumus.
panjang tapak ban
[berat kendaraan (kg) : 4] : tekanan angin (kg/cm2)
lebar tapak ban (cm)

[1500kg : 4] : 2,11kg/cm2
23,5cm

375kg : 2,11kg/cm2
23,5cm

177,72
23,5

= 7,56cm

luas bidang tapak
panjang tapak (cm) x lebar tapak (cm)
= 7,56cm x 23,5cm
= 177,66cm2


untuk yang lebar 255, mari kita hitung (dengan asumsi berat kendaraan dan tekanan angin sama).
panjang tapak ban
177,72
25,5

= 6,96cm

luas bidang tapak
= 6,96cm x 25,5cm
= 177,48cm2


*berat kendaraan saya ambil perkiraan, dan tekanan angin 30psi adalah yang umum digunakan. untuk menghitung dengan tekanan angin yang berbeda dan ingin merubah satuan dari psi ke kg/cm2 bisa klik disini : http://www.onlineconversion.com/pressure.htm
Berarti, upgrade lebar ban.... ternyata ngga lebih baik ya luas bidang tapaknya, apalagi panjang tapaknya...
:ungg:

*ambil buku catatan, pulpen, menyalin rumus.......
:off_good:

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 9:24
by imsus2c
VanzMatic wrote:
marmut wrote:
imsus2c wrote:Wah, kalau output sudah segitu, rasanya sudah cukuplah buat harian
Ban masih pakai aslinya? Ukuran standard-nya 235/55R19 kan?

Coba pertimbangkan tambah lebarnya, misalnya 255/50R19, karena diameter totalnya ngga jauh beda bahkan dibilang sama dengan ukuran asli
Logikanya sih, kalau tapaknya tambah lebar, mestinya grip-nya juga nambah
Yang pernah saya lihat, kalau ukuran 235/55R19 itu Continental Cross Contact UHP
Kalau yg 255/50R19, saya pernah lihat Bridgestone Dueler HP 680

biar lebih yakin mana yang lebih luas permukaan ban yang nempel ke aspal, mari dihitung pake rumus.
panjang tapak ban
[berat kendaraan (kg) : 4] : tekanan angin (kg/cm2)
lebar tapak ban (cm)

[1500kg : 4] : 2,11kg/cm2
23,5cm

375kg : 2,11kg/cm2
23,5cm

177,72
23,5

= 7,56cm

luas bidang tapak
panjang tapak (cm) x lebar tapak (cm)
= 7,56cm x 23,5cm
= 177,66cm2


untuk yang lebar 255, mari kita hitung (dengan asumsi berat kendaraan dan tekanan angin sama).
panjang tapak ban
177,72
25,5

= 6,96cm

luas bidang tapak
= 6,96cm x 25,5cm
= 177,48cm2


*berat kendaraan saya ambil perkiraan, dan tekanan angin 30psi adalah yang umum digunakan. untuk menghitung dengan tekanan angin yang berbeda dan ingin merubah satuan dari psi ke kg/cm2 bisa klik disini : http://www.onlineconversion.com/pressure.htm
Berarti, upgrade lebar ban.... ternyata ngga lebih baik ya luas bidang tapaknya, apalagi panjang tapaknya...
:ungg:

*ambil buku catatan, pulpen, menyalin rumus.......
:off_good:
Sebentar...

IMO, ada yg "luput" disini dan bisa bikin misleading
Rumus pak Marmut, tidak menyertakan diameter roda/ban, dan ini yang berpotensi rancu
Memang benar, bisa saja ban dengan tapak lebar, luas kontak nya lebih kecil dgn ban yg tapaknya lebih ramping JIKA diameter ban tapak besar JAUH lebih kecil dibanding ban yg kurus

Rumus pak Marmut, hanya menyediakan tekanan udara, bobot yg ditopang dan tapak ban, tidak ada info sama sekali mengenai diameter
Bagaimanapun juga, menurut teori matematika, titik singgung sebuah lingkaran, akan lebih besar nilainya dibanding lingkaran yg lebih kecil
Yang kita cari disini luas kontak, hasil perkalian panjang (panjang tapak ban) dan lebar (lebar tapak ban)
Mencari panjang (titik singgung) sebuah lingkaran, akan tidak logis jika tidak diketahui besaran diameter/radius-nya

Tapi...
Daripada repot2 nulis, bicarakan rumus dan ambil kalkulator, mendingan manfaatkan yg sudah ada :mrgreen:
Banyak kok calculator "tire contact patch area"
Salah satunya yg saya jadikan rujukan: http://bndtechsource.ucoz.com/index/tir ... lator/0-20

Relevansi dari salah satu post ini, saya anggap perubahan ada di ukuran ban, velg-nya tetap.
Ok, sebagai "asumsi"
Velg = 19x8
Bobot = 500kg (tiap ban)
Tekanan angin = 30 psi

Ban 1 = 235/55R19 109V
Ban 2 = 255/50R19 109V

Buka link tadi, masukkan parameter kedua ban tadi di box merah (STATIC INPUT DATA)
Silakan klik "calculate" dibawah box hijau (OUTPUT SPEC DATA)

Di box coklat/oranye (DYNAMIC INPUT DATA), silakan edit parameter
Air pressure = 2.07Bar (Setara 30 psi)
Vehicle speed = isi saja 0
Vehicle load = isi saja 500

Sesudah itu, dibawah box abu2 (OUTPUT VEHICLE DATA), silakan di-klik "re-calculate"

Nah, di box abu2 tadi akan keluar hasil perhitungan:

Contact Patch Wide (lebar tapak)
Ban 1 = 199.7mm
Ban 2 = 223.5mm

Contact Patch Length (panjang tapak)
Ban 1 = 153.1mm
Ban 2 = 153.7mm

Contact Patch Area (luas tapak/kontak)
Ban 1 = 305.89cm2
Ban 2 = 343.58cm2

Jadi, bagaimanapun juga, dgn ukuran diameter yg relatif sama, ban dgn tapak lebar akan menghasilkan luas kontak yang lebih besar dibanding ban yg lebih ramping/kurus

Nah...iseng, coba saja parameter Ban 2 (ukuran 255/50), ganti saja ukuran velgnya jadi misalnya 12x8 (yg memang tidak logis sih)
Tapi hasil akhir menyebutkan, memang benar kontak area ban 235/55 akan lebih besar dari 255/50
Itu karena ada perbedaan diameter yang drastis dari keduanya

Selain itu, karena kita bicarakan mengenai ban, parameter lain harus diisi lengkap juga, misalnya tekanan udara, bobot kendaraan dsb. Karena hasilnya sedikit banyak akan berpengaruh
Yang saya bicarakan disini, membandingkan 2 ban berbeda, di mobil/velg yang sama dan indentik

Dan lagi, rumus di link tersebut bisa lebih valid kalau ban-nya botal/slick
Kalau ban "normal" (ada groove/alur/kembangan), tentu ada faktor koreksi lagi mengenai berapa tepatnya luasan ban yg benar2 kontak sama jalan

:D

*maaf numpang bandwidth bahas ban di trid modif mesin

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 9:28
by ecco
Numpang nyimak trit bergizi tinggi

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 9:30
by VanzMatic
*ambil buku catetan dan pulpen..
*catat lagi rumus baru....


*kok susah diapalin yah...
:big_childish:

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 15:55
by imsus2c
^^^
Jgn sampe kerepotan bikin catatan pak...

Kalkulator-nya sdh tersedia online, tinggal di-bukmark :mrgreen:

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Dec 18, 2013 20:49
by JESKONENG
Penggantian ukuran diameter velg dan ban bisa berakibat terjadinya deviasi (penyimpangan) bacaan spidometer. Utk mengetaui apakah bacaan spido jadi lebih lambat atau lebih cepat dan sebrapa banyak perbedaannya, maka seblum ganti velg/ban sebaiknya dihitung2 terlebih dulu, dng menggunakan kalkulator on-line, a.l. ini :

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q ... 7178,d.aGc

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Thu Dec 19, 2013 0:51
by marmut
@ pakdhe imsus2c :

hmm... mungkin pengetahuan saya yang masih cetek. dan sayapun dapet rumus itu dari http://www.carbibles.com/tyre_bible_pg3.html. mengenai ban slick, itu sudah kepikiran sedari awal membaca artikel tersebut.
btw terimakasih banyak infonya. jadi nambah pengetahuan lagi berkat forum ini.

:beer:


edit : mungkin perlu bikin thread baru untuk urusan ban.

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Thu Dec 19, 2013 15:27
by imsus2c
marmut wrote:@ pakdhe imsus2c :

hmm... mungkin pengetahuan saya yang masih cetek. dan sayapun dapet rumus itu dari http://www.carbibles.com/tyre_bible_pg3.html. mengenai ban slick, itu sudah kepikiran sedari awal membaca artikel tersebut.
btw terimakasih banyak infonya. jadi nambah pengetahuan lagi berkat forum ini.

:beer:


edit : mungkin perlu bikin thread baru untuk urusan ban.
Whew, jangan gitu pak... :D
Kan gunanya forum buat saling tukar info & pikiran, saling bantu gali lubang supaya tambah dalem.... :D

Boleh juga usulan trid khusus Ban, silakan dimulai, nanti saya bantu cari posting2 lama untuk dikumpulkan disitu

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Fri Jan 24, 2014 11:07
by X 5 AN
Turboman wrote:Daftar Mesin mesin yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonomis

Ekonomis dgn arti kata :
- Biaya gak lebih dr 20 jt or bahkan ada yg kurang dr 10 jt
- Tetap bisa pakai BBM standard
- Perawatan juga sama spt mobil standard, hanya oli minimal semi synth
- Konsumsi BBM gak lebih boros, malah dlm situasi tertentu bisa lebih irit (tergantung gaya nyetir)
- Tidak pakai ganti Nozzle
- Enak utk Daily drive


Image
4D56 Di-D VGT

Rincian biaya :
- Rp. 3,6 - 4 jt utk Piggyback
- Rp. 2 - 3 jt utk Down pipe - centre pipe
- Rp. 400 - 650 utk Free flow air filter
- Tuning PRV @fuel rail (optional) Rp. 500 rb.

Result : 210 - 220 Hp (tanpa tuning PRV)

Dengan "tuning PRV Fuel Rail" maka Result menjadi : 230 - 240 Hp / 500 - 510 Nm

Standard ting2 : sekitar 170 - 180 Hp



Image
2KD-FTV VNT

Rincian biaya :
- Rp. 8 - 13 juta-an utk Piggyback
- Rp. 4 - 5 jt utk exhaust
- Rp. 400 - 950 rb utk free flow air filter

Result : 230 - 250 Hp (250 Hp dgn 520 Nm)

Standard ting2 : sekitar 145- 150 Hp



Image
Ford 2.5 TDCi aka Mazda WLC engine

Rincian biaya :
- Rp. 3,8 - 10 jt utk Piggyback
- Rp. 2 - 3 jt utk exhaust (Down pipe - centre pipe)
- Rp. 400 - 950 rb utk air filter
- Rp 500 rb utk "setting PRV Fuel rail"

Result : 230 - 245 Hp / 500 - 550 Nm (Dengan Piggyback Hulu - Hilir)

Satndard ting2 : sekitar 120 Hp an

Hasil hasil di atas adalah proven, populasi mesin2 yg mengalami upgrade sudah banyak


Yang biayanya tembus di atas 20 juta tapi hasilnya Gahar

2KD-FTV EDU 3 soket non VNT (Ipah D4 D mulai 2011 onward)
- Piggyback : 7,5 - 13 jt
- Intercooler : 5 - 7 jt
- Turbo IHI RHF4 + installation kit : Rp. 12 - 15 jt
- Fuel Cooler : Rp. 550 rb (installed)

Result akhir : 270 - 280 Hp / 500 sekian Nm

Standard ting2 : 105 - 110 Hp

Proven ? Proven........sudah banyak yg implementasi........

Dynosheet mesin2 di atas bisa dilihat di database Dyno-nya REV / Sigma / Lestari........krn sudah banyak yg implementasi, tapi yg Everest TDCi 245 Hp itu kalo mau lihat dynosheet-nya hanya ada di REV.

*Bukan seles bengkel / piggy*


Mongo tambahkan list mesin2 lainnya
koreksi dikit om....
untuk 4D56T VGT hanya perlu piggyback setara dastek, fcon ID, atau monmax unt dapetin 240-250 hp tanpa upgrade part yang lain.

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Tue Mar 18, 2014 15:03
by Rakean
um turbo kalo kelas mesin diesel mekanikal mana yg lebih mantap dioprek? :D

ane liat2 kalo di thailand banyak nya ngoprek mesin 4JA1 (mesin panther), tapi 4D56 katanya mumpuni juga untuk dioprek? kalo 2L gimana?

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonom

Posted: Wed Mar 19, 2014 0:56
by Godwill
Mesin bmw e30, e34 dan e36 enak jg buat di oprek2

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonomis

Posted: Wed Oct 28, 2015 5:23
by ordengineering
Honda D series, H series, dan L series
hehehe. secara ekonomis yg sesuai kantong

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonomis

Posted: Wed Nov 04, 2015 5:46
by Dracoantoni
udah ada yg edel2 mesin K14B gak yah?? :big_think:
rata2 suzuki rada susah ya kalo mw NA tuning??

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonomis

Posted: Sat Dec 12, 2015 12:08
by porsea
Tuning PRV maksudnya apa si bro?

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonomis

Posted: Mon Jan 04, 2016 16:29
by ween
Turboman wrote:Daftar Mesin mesin yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonomis

Ekonomis dgn arti kata :
- Biaya gak lebih dr 20 jt or bahkan ada yg kurang dr 10 jt
- Tetap bisa pakai BBM standard
- Perawatan juga sama spt mobil standard, hanya oli minimal semi synth
- Konsumsi BBM gak lebih boros, malah dlm situasi tertentu bisa lebih irit (tergantung gaya nyetir)
- Tidak pakai ganti Nozzle
- Enak utk Daily drive


Image
4D56 Di-D VGT

Rincian biaya :
- Rp. 3,6 - 4 jt utk Piggyback
- Rp. 2 - 3 jt utk Down pipe - centre pipe
- Rp. 400 - 650 utk Free flow air filter
- Tuning PRV @fuel rail (optional) Rp. 500 rb.

Result : 210 - 220 Hp (tanpa tuning PRV)

Dengan "tuning PRV Fuel Rail" maka Result menjadi : 230 - 240 Hp / 500 - 510 Nm

Standard ting2 : sekitar 170 - 180 Hp



Image
2KD-FTV VNT

Rincian biaya :
- Rp. 8 - 13 juta-an utk Piggyback
- Rp. 4 - 5 jt utk exhaust
- Rp. 400 - 950 rb utk free flow air filter

Result : 230 - 250 Hp (250 Hp dgn 520 Nm)

Standard ting2 : sekitar 145- 150 Hp



Image
Ford 2.5 TDCi aka Mazda WLC engine

Rincian biaya :
- Rp. 3,8 - 10 jt utk Piggyback
- Rp. 2 - 3 jt utk exhaust (Down pipe - centre pipe)
- Rp. 400 - 950 rb utk air filter
- Rp 500 rb utk "setting PRV Fuel rail"

Result : 230 - 245 Hp / 500 - 550 Nm (Dengan Piggyback Hulu - Hilir)

Satndard ting2 : sekitar 120 Hp an

Hasil hasil di atas adalah proven, populasi mesin2 yg mengalami upgrade sudah banyak


Yang biayanya tembus di atas 20 juta tapi hasilnya Gahar

2KD-FTV EDU 3 soket non VNT (Ipah D4 D mulai 2011 onward)
- Piggyback : 7,5 - 13 jt
- Intercooler : 5 - 7 jt
- Turbo IHI RHF4 + installation kit : Rp. 12 - 15 jt
- Fuel Cooler : Rp. 550 rb (installed)

Result akhir : 270 - 280 Hp / 500 sekian Nm

Standard ting2 : 105 - 110 Hp

Proven ? Proven........sudah banyak yg implementasi........

Dynosheet mesin2 di atas bisa dilihat di database Dyno-nya REV / Sigma / Lestari........krn sudah banyak yg implementasi, tapi yg Everest TDCi 245 Hp itu kalo mau lihat dynosheet-nya hanya ada di REV.

*Bukan seles bengkel / piggy*


Mongo tambahkan list mesin2 lainnya
Oom turbo, koq mesin YD25DDTI gak dimasukin? Mungkin krn butuh lbh bnyk biaya buat ngeracuninnya? :upss:

Re: Daftar Mesin2 yg mudah ditingkatkan tenaganya scr ekonomis

Posted: Wed Mar 23, 2016 8:11
by Turboman
ween wrote:
Oom turbo, koq mesin YD25DDTI gak dimasukin? Mungkin krn butuh lbh bnyk biaya buat ngeracuninnya? :upss:
Itu juga bagus hasilnya jika di upgrade

naek Navara ?

Budget piggyback-nya mau yg harga brp ?

Karena banyak pilihan........