VanzMatic wrote:marmut wrote:imsus2c wrote:Wah, kalau output sudah segitu, rasanya sudah cukuplah buat harian
Ban masih pakai aslinya? Ukuran standard-nya 235/55R19 kan?
Coba pertimbangkan tambah lebarnya, misalnya 255/50R19, karena diameter totalnya ngga jauh beda bahkan dibilang sama dengan ukuran asli
Logikanya sih, kalau tapaknya tambah lebar, mestinya grip-nya juga nambah
Yang pernah saya lihat, kalau ukuran 235/55R19 itu Continental Cross Contact UHP
Kalau yg 255/50R19, saya pernah lihat Bridgestone Dueler HP 680
biar lebih yakin mana yang lebih luas permukaan ban yang nempel ke aspal, mari dihitung pake rumus.
panjang tapak ban
[berat kendaraan (kg) : 4] : tekanan angin (kg/cm2)
lebar tapak ban (cm)
[1500kg : 4] : 2,11kg/cm2
23,5cm
375kg : 2,11kg/cm2
23,5cm
177,72
23,5
= 7,56cm
luas bidang tapak
panjang tapak (cm) x lebar tapak (cm)
= 7,56cm x 23,5cm
= 177,66cm2
untuk yang lebar 255, mari kita hitung (dengan asumsi berat kendaraan dan tekanan angin sama).
panjang tapak ban
177,72
25,5
= 6,96cm
luas bidang tapak
= 6,96cm x 25,5cm
= 177,48cm2
*berat kendaraan saya ambil perkiraan, dan tekanan angin 30psi adalah yang umum digunakan. untuk menghitung dengan tekanan angin yang berbeda dan ingin merubah satuan dari psi ke kg/cm2 bisa klik disini :
http://www.onlineconversion.com/pressure.htm
Berarti, upgrade lebar ban.... ternyata ngga lebih baik ya luas bidang tapaknya, apalagi panjang tapaknya...
*ambil buku catatan, pulpen, menyalin rumus.......
Sebentar...
IMO, ada yg "luput" disini dan bisa bikin misleading
Rumus pak Marmut, tidak menyertakan diameter roda/ban, dan ini yang berpotensi rancu
Memang benar, bisa saja ban dengan tapak lebar, luas kontak nya lebih kecil dgn ban yg tapaknya lebih ramping JIKA diameter ban tapak besar JAUH lebih kecil dibanding ban yg kurus
Rumus pak Marmut, hanya menyediakan tekanan udara, bobot yg ditopang dan tapak ban, tidak ada info sama sekali mengenai diameter
Bagaimanapun juga, menurut teori matematika, titik singgung sebuah lingkaran, akan lebih besar nilainya dibanding lingkaran yg lebih kecil
Yang kita cari disini luas kontak, hasil perkalian panjang (panjang tapak ban) dan lebar (lebar tapak ban)
Mencari panjang (titik singgung) sebuah lingkaran, akan tidak logis jika tidak diketahui besaran diameter/radius-nya
Tapi...
Daripada repot2 nulis, bicarakan rumus dan ambil kalkulator, mendingan manfaatkan yg sudah ada
Banyak kok calculator "tire contact patch area"
Salah satunya yg saya jadikan rujukan:
http://bndtechsource.ucoz.com/index/tir ... lator/0-20
Relevansi dari salah satu post ini, saya anggap perubahan ada di ukuran ban, velg-nya tetap.
Ok, sebagai "asumsi"
Velg = 19x8
Bobot = 500kg (tiap ban)
Tekanan angin = 30 psi
Ban 1 = 235/55R19 109V
Ban 2 = 255/50R19 109V
Buka link tadi, masukkan parameter kedua ban tadi di box merah (STATIC INPUT DATA)
Silakan klik "calculate" dibawah box hijau (OUTPUT SPEC DATA)
Di box coklat/oranye (DYNAMIC INPUT DATA), silakan edit parameter
Air pressure = 2.07Bar (Setara 30 psi)
Vehicle speed = isi saja 0
Vehicle load = isi saja 500
Sesudah itu, dibawah box abu2 (OUTPUT VEHICLE DATA), silakan di-klik "re-calculate"
Nah, di box abu2 tadi akan keluar hasil perhitungan:
Contact Patch Wide (lebar tapak)
Ban 1 = 199.7mm
Ban 2 = 223.5mm
Contact Patch Length (panjang tapak)
Ban 1 = 153.1mm
Ban 2 = 153.7mm
Contact Patch Area (luas tapak/kontak)
Ban 1 = 305.89cm2
Ban 2 = 343.58cm2
Jadi, bagaimanapun juga, dgn ukuran diameter yg relatif sama, ban dgn tapak lebar akan menghasilkan luas kontak yang lebih besar dibanding ban yg lebih ramping/kurus
Nah...iseng, coba saja parameter Ban 2 (ukuran 255/50), ganti saja ukuran velgnya jadi misalnya 12x8 (yg memang tidak logis sih)
Tapi hasil akhir menyebutkan, memang benar kontak area ban 235/55 akan lebih besar dari 255/50
Itu karena ada perbedaan diameter yang drastis dari keduanya
Selain itu, karena kita bicarakan mengenai ban, parameter lain harus diisi lengkap juga, misalnya tekanan udara, bobot kendaraan dsb. Karena hasilnya sedikit banyak akan berpengaruh
Yang saya bicarakan disini, membandingkan 2 ban berbeda, di mobil/velg yang sama dan indentik
Dan lagi, rumus di link tersebut bisa lebih valid kalau ban-nya botal/slick
Kalau ban "normal" (ada groove/alur/kembangan), tentu ada faktor koreksi lagi mengenai berapa tepatnya luasan ban yg benar2 kontak sama jalan
*maaf numpang bandwidth bahas ban di trid modif mesin