Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
shandy89
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 05 Aug 2012, 02:09

Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by shandy89 »

Hallo para masta n suhu... serta pug lovers SM

Saya pengguna 405 SRi. Sebut saja shan 23 tahun asal bekasi... :)
Saya n ibu saya sayang sekali dengan ini mobil.. Kl bicara nyaman, mungkin yg paling nyaman untuk sebuah mobil yg berharga tidak smp 25jt. Tp keadaanny skrg bnyk masalah untuk urusan mesin.. Padahal saya rajin untuk cek air n oli sebelum jalan
Menimbang saya ingin hemat, merasa aman berkendara, tanpa terlalu merasa waswas mengenai biaya jasa n komponen yg memang diatas 'rata2' untuk perawatan dan pengobatan . Saya terpikir untuk Engine Swap ke mesin jepang niih...
Menurut suhu, masta, n pug lovers dsini..

Kira2 solusi apa yg terbaik untuk itu ya?
Apakah ttp swap lagi aja k kode mesin sama ex singapur?
atau masukkan 4Age, 7AFE atau diesel jepang?
Maksudnyaa,.. biar hemat gitu, serta mudah diurus bahkan oleh montir amatir baru lulus SMK sekalipun.. Tapi tetep gk ingin kehilangan nyamannya suspensi ala Puggy

Mngkin Untuk mounting c mungkin bisa dibuatkan adaptor.. Tapii.. :ungg:
Kalo untuk Drive shaft, transmisi n komponen kaki2.. kira-kira bagaimana ya, n apa saja ya yang perlu 'disesuaikan' kl mmg jadi digunakan mesin jepang nanti??

Mohon Saran, pertimbangan, n nasihat dari para suhu, masta n pug lovers nya yaaa...
apapun akan membantu sekali untuk saya, juga para pengguna 405 lainnya ..

Terimakasiih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21984
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by Turboman »

Swap mesin dgn mesin dr mobil yg berbeda gak semudah yg dibayangkan, krn pemilihan jenis mesin dan terutama rasio transmisi sudah dihitung scr cermat oleh pabrikan.

Juga bagaimana nanti dgn prubahan posisi engine mounting yg akan berimplikasi thd getaran pada body.

Bagaimana jika wiring harness bagian mesin diganti baru seluruhnya ? juga komponen2 yg mulai penyakitan diganti.

Mmg mungkin gak murah, tapi hasilnya akan sesuai expetasi drpd swap mesin yg biaya juga gak kecil tapi hasilnya tanda tanya besar.

Jika ingin kemudahan perawatan dan kenyamanan, bisa pilih mobil Jepang seken yg nyaman spt Crown misalnya, itu juga bekasnya dah murah, trus shock ganti yg bagus spt KONI / HotBits DT-1 misalnya utk memperbaiki handling.

Atau Pug 806 HDi kayaknya boleh juga, teman ada punya buatan th 2002 biar dah 10 tahun tuh mobil gak pernah "nyusahin" pemiliknya, kapasitas besar, harga bekas murah, nyaman, mesin Powerfull - Torsi besar (Diesel getu lohh)
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by asudarsono »

Halo om,

Bisa saja swap engine, tapi menurut saya gak worth it. Biayanya bisa berlipat dari harga mobilnya. Ada sih, 304 cabrio yg ganti mesin starlet, ada juga Citroen GS bermesin Espass. Tapi kalau 405 sih, mending swap BPKB om. Apalagi swap ke engine yg gak umum di pasaran. Kalau buat harian, cari onderdilnya sulit, apalagi kalau mesin juga udah tua.

Kenapa om gak turun mesin aja? Kalau memang bloknya kropos, banyak kok blok XU nganggur. Syukur2 gak perlu ganti bloknya. Tapi ya itu, cari bengkel yg ahli harus pilih2 om.
Ready to Race
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by asudarsono »

Ini pendapat saya saja ya, tapi kalau urusan kaki2, standard aja. Paling ganti velg yg gedean aja.
Ready to Race
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21984
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by Turboman »

Kalo buat project swap mesin mungkin akan lebih mudah Pug 505 krn dia RWD dan ruang mesinnya besarrr

Mungkin bisa masukkin mesin Jepun yg RWD basis juga atau masukkin Diesel macam 2LT / RB 28 atau kalau perlu 2KD-FTV matic, tinggal nanti sesuaikan final gear-nya, Drive shaft, posisi tuas transmisi, juga sesuaikan per en suspensi depan krn mesin Diesel yg berat.

Buat amannya sih coba konsul2 dulu dgn komunitas Pug.

Kalo 505 bisa sukses dgn mesin 2KD-FTV sih wah maknyuss banget dah tuh, tinggal kasih shock bagus en rem overhaul ganti baru semua + ABS dari 505 STI (STI atau SRI yah ?)
shandy89
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 05 Aug 2012, 02:09

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by shandy89 »

Jadi solusi terbaiknya (aman, mudah, hemat) gimana dnk..??

Beli blok XU9 bekas aja ya?
pake mesin corolla terlalu beresiko ya?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by asudarsono »

Resikonya mahal dan lama aja sih. Pengalaman saya, bisa sampai 6 bulan tuh pengerjaannya. FWD sih.

Saya sependapat sama TM, mending cari 505 yg interiornya bagus, cemplungin mesin Inova diesel, ganti remnya ama yg baru punya sekaligus konversi pcd 100.

Kalau 405 mau diswap dgn mesin Corolla atau Accord, asyik juga ya kalo udah jadi. Tadi di atas cuma kasih opsi, turun mesin agar barangkali bisa dipertimbangkan, tapi kalau emang mau swap engine juga bagus2 saja. Rata2 yg swap engine pada senang2 saja kalau udah jadi.
Ready to Race
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by JESKONENG »

kalok mau mempertahankan 405-nya, mending mesinnya di "refresh" aja di bengkel2 spesialis Pug yg bisa menyediakan engine parts (cyl block / cyl head dll), sekalian check semua perkabelan (wiring harness).
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by ak4ng »

pasang 4AGE black top dah,. atw kalo mau nekat pasang 1UZ,. :mky_02:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by kapsul 97 »

kalo bicara engine swap pasti memang selalu menarik ... :big_peace:
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: 04 Sep 2008, 08:43

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by mintblue »

nubie coba kasih pendapat:
kalau engine-swap mobil FWD pasti banyak tantangannya. mudah dilakukan swap kalau merek & tipe sejenis (misalnya : mesin civic type-r dicangkok ke honda estilo).
tapi silang merek & tipe resikonya besar.
belum lagi mengatasi problem khas engine-swap (mesin getar, mounting patah, as roda kalah kuat, performa berkurang jauh karena perbandingan gigi nggak cocok, dsb).

amannya ya swap engine 405, sekalian benahi kabel-kabel.
pasti lebih murah daripada swap mesin jepang (termasuk dihitung biaya perawatan setelah swap).
sambil menabung ganti mobil nyaman yg lebih muda tahunnya.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by jalu »

topik yang menarik nih...dr dulu memang saya penasaran ttg pug ganti mesin jepang, alangkah indahnya kalo punya mesin yang handal dng kenyamanan yang mantap...

sekalian mau ikut nanya nih, mbl pug umumnya dikenal dng sistem elektrik rumit nan ringkih, jika kita bicara tanpa peduli masalah orisinalitas dll, itu kira2 bisa gak ya kalo sistem elektrikalnya ditata ulang dan disederhanakan supaya lbh simple...?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by asudarsono »

Modifikasi baiknya dilakukan dengan benar, kalau nggak nanti umumnya menyesal. Saya rasa ini berlaku untuk semua mobil.

Yang saya tangkap misalnya : Peugeotnya overheat, terus dimodif secara gampang yaitu kipasnya dibypass shg nyala terus. Ya sebulan sih mungkin senang aja, tapi lama2 kipasnya jebol. Terpaksa ganti, misalnya modif ke kipas Volvo. Dst dst. Menurut saya, yg seneng bukan yg punya tapi bengkel yg seneng. Yg punya pasti bilang mobilnya rewel dst.

Tapi kalau direfresh sih banyak yg bisa. Namanya wiring, ada usianya. Kalau udah 20 tahun, emang baiknya diganti.

Atau kalau mau modif, baiknya baca2 dulu. Modif yg bener sih bagus juga.
Ready to Race
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by Nightster Guy »

Bro, IMO, swap itu TRIAL AND ERROR. Banyak yang uda ketemu rumus bakunya, misal mobil merk A ternyata bisa dimasukin enjin merk B, dengan penyesuaian di poin-poin blablabla.

Nhaaaaaaa, faktor 'blablabla' inilah masalahnya. Iya kalo anda ketemu bengkel yang udah punya rumusnya, bahwa si Pug cocoknya dimasukin Jepangan apaan, dan SOP swappingnya gimana-gimana. Supaya mobil bisa normal tanpa ada keluhan aneh-aneh lagi.

Kalo sebaliknya, anda ketemu bengkel yang BELUM PERNAH nanganin swap enjin Pug, well well siapkah anda JADI KELINCI? Jadi lingkaran setan ntar bagi anda, abis swap bukan nyelesaikan masalah malah nambah masalah baru, uda kluar duit waktu pulak.

:big_slap:

Lah om Darsono aja bingung tuh ngerekomen bengkel di mana yang bisa nanganin swap ginian..
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21984
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by Turboman »

paling aman sih mmg rekondisi total mesin dan kelistrikan, biar biaya mungkin besar tapi hasilnya akan sesuai expetasi drpd ganti mesin biayanya sudah besar dan hasilnya tanda tanya besar.

Utk perbaikan, jangan berpatokan "perbaikan harus murah krn mobil ini sy tebus hanya 25 jt.", yang hrs dipertimbangkan si 405 ini penerusnya adalah 406 & skg = 408 dan harga barunya berapa ? di situlah kelasnya mobil tsb.

Btw join milis khusus Peugeot utk memudahkan informasi.

Kalo misal mau ganti mobil Jepun dgn pertimbangan perawatan lebih mudah dan ingin kenyamanan ala Eropa : cari sedan seken Jepun, kasih peredam pada lantai + shock HotBits DT-1, nah bisa lihat di www.hotbits.org ada shock tuk mobil apa saja yg tersedia.
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 16 Sep 2010, 13:04

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by kapsul 97 »

Kalo misal mau ganti mobil Jepun dgn pertimbangan perawatan lebih mudah dan ingin kenyamanan ala Eropa : cari sedan seken Jepun, kasih peredam pada lantai + shock HotBits DT-1, nah bisa lihat di http://www.hotbits.org ada shock tuk mobil apa saja yg tersedia.[/quote]
untuk kijang kapsul kage ade juragan .. :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21984
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by Turboman »

kapsul 97 wrote: untuk kijang kapsul kage ade juragan .. :mky_01:
Adanya yg Basic, saya pakai yg HB Basic di ToKiDies saya, kalau di katalog HB : http://www.hotbits.org/catalogues-detai ... kitsid=388

kalau ikutin milis TKCC, saya ada review report di sana, saat masa break-in sampai fully break in dan review saat mobil ditumpangi 5 orang + barang full.

Kesimpulannya : Top Markotoobbbb :frm_tumbright:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by JESKONENG »

setauku, bengkel2 spesialis Pug udah banyak yg mengerjakan swap engine (misalnya bagian engine block, atau cyl head, atau mesin utuh, tapi sesama Pug, misalnya dari XU7 ke XU10 dsb... kalok ganti mesin Jepang, blom pernah tau, kayaknya sih blom ada ya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by asudarsono »

Yang zombie2, bangkit dari kubur banyak yg udah swap engine om. 504 pick up misalnya aslinya mesin diesel, rata2 udah ganti mesin XN1A atau diesel Jepang. Yah maklumlah mesin aslinya susah onderdil.

Kalau yg FWD modern, untuk apa ganti mesin Jepang? Mending ganti S16 atau GTi6. Atau kalau mau murah ganti XU10J4 punya 406. Walau cuma 4 silinder, dijamin ngacir.

Shock Hotbits kayaknya double action ya? Kayak Ohlins dong? Kayaknya bagus juga tuh.
Ready to Race
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: 23 Dec 2009, 11:16

Re: Peugeot 405 bermesin 'Jepang'

Post by grandscenic »

Turboman wrote: Kalo misal mau ganti mobil Jepun dgn pertimbangan perawatan lebih mudah dan ingin kenyamanan ala Eropa : cari sedan seken Jepun, kasih peredam pada lantai + shock HotBits DT-1, nah bisa lihat di http://www.hotbits.org ada shock tuk mobil apa saja yg tersedia.
Sebuah ide yg sangat menarik yg pengen cari kenyamanan,, :frm_tumbright: btw ada yg udah pengalaman om dg sedan second Jepun trus ganti shock dg HotBits + peredam lantai, hasilnya gimana..?? klo ada boleh dishare,, :thanks:
Etme Bulma Dünyası
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post