wta unichip type c

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: 11 Nov 2010, 22:07
Location: medhan

wta unichip type c

Post by henz155 »

Oom.ane maw nanya ne seputar unichip
1 type c apa bs di pasang di t31
kisaran harga brpaan y tuk bekas?soalny ane di tawarin 1,5 juta nego.trus pemasangan susah g?thanx b4
Image
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: wta unichip type c

Post by htannis »

Percuma, di medan gak ada mesin dyno
Wkwkwkwkwkw
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: wta unichip type c

Post by asudarsono »

Tuning itu sangat tergantung tuner, bukan mlulu tergantung alat. Mending cari tunernya dulu, konsultasi mau seperti apa. Konsultasi ini malah yg lama bos, bisa 3-6 bulan. Kalau udah cocok baru kerjain.

Itu masih bisa ditawar bos, harganya sedikit di atas harga pasar. Tapi yg saya baca Nissan pakai yg tipe A.

Kalau gak ada dyno, gak bisa diprogram dong???
Ready to Race
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: wta unichip type c

Post by htannis »

Bisa tuh, cuman yah gak maximal, gak bisa ukur dlm kondisi std dan after tunenya. Dan juga untuk unichip mendingan cari second unichip q+ sekalian, bisa dipake hampir di mobil apa aja diesel/gasoline, dan kalau mau bisa nambahin module2 lain seperti throttle module atau i-drive atau extender
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: wta unichip type c

Post by AD74YA »

Hai henz.. Kalau boleh tau saat ini (sebelum pasang unichip) di sektor mesin sudah dilakukan perubahan apa saja? Dan mobilnya sudah dipergunakan berapa lama?

Kalau melihat dari tipe piggyback yang akan dipasang, tujuan utamanya harusnya bukan menaikkan tenaga mesin, tetapi optimalisasi kinerja ECU...

Apakah perubahan basic optimalisasi seperti PnP sudah dilakukan? Kalau belum saran saya yang basic dulu di lakukan baru berlanjut ke stage berikutnya...

As long as mobilnya masih under 5 years sepertinya cukup hanya perbaikan kelistrikan saja untuk sektor mesin...

Oya, perawatan kelistrikan, transmisi, dan kaki-kaki akan lebih valuable dan terasa lebih baik dibanding langsung menambah piggyback jika modifikasi mesinnya masih sedikit sebatas stage 1...
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: wta unichip type c

Post by htannis »

AD74YA wrote:Hai henz.. Kalau boleh tau saat ini (sebelum pasang unichip) di sektor mesin sudah dilakukan perubahan apa saja? Dan mobilnya sudah dipergunakan berapa lama?

Kalau melihat dari tipe piggyback yang akan dipasang, tujuan utamanya harusnya bukan menaikkan tenaga mesin, tetapi optimalisasi kinerja ECU...

Apakah perubahan basic optimalisasi seperti PnP sudah dilakukan? Kalau belum saran saya yang basic dulu di lakukan baru berlanjut ke stage berikutnya...

As long as mobilnya masih under 5 years sepertinya cukup hanya perbaikan kelistrikan saja untuk sektor mesin...

Oya, perawatan kelistrikan, transmisi, dan kaki-kaki akan lebih valuable dan terasa lebih baik dibanding langsung menambah piggyback jika modifikasi mesinnya masih sedikit sebatas stage 1...
CMIIW
Kl saya sih pake unichip sudah dari tahun 2008 beli unichips q+, lalu pasang di grand livina 1.5 a/t 2007, kenaikan torsi max hanya 10HP, cuman yah itu kebantu throttle module jadi responnya pas kickdown cepet banget, dan nolong untuk pas stop and go di tanjakan. Lalu tahun 2010 beli D4D umur sehari langsung dibawa pasang unichip type q+, naik 20 HP ke 122HP, terus karena masih berasa boyo, 3 bulan kemudian tambahin module extender, tuning ulang naik ke 143HP. Lalu 3 bulan kemudian kurang puas, naik boost, naik ke 155HP. Lalu 6 bulan kemudian kurang puas, pasang intercooler dan tuning ulang, dapet 195HP/470NM. Nah itu pake selama 6 bulan cukup puas juga sih, cuman kurang puas karena topspeed hanya di 175kmh. Lalu setelah 4D56 hi-power keluar, langsung ane upgrade bpkb. Lalu setelah mobil baru keluar, langsung umur sehari pasang unichip q+ throttle module dan extender, 184HP ke 254HP, dan sampe skrg dah puas banget dengan torsi monster diesel yg satu ini, speedo mentok di 200kmh, itu pun karena angka hanya segitu, dan kena speed limit dari thailand. :)
Intinya sih kalau psg unichips, mau simple, gak perlu basic optimalisasi juga gpp, toh mobil untuk harian, bukan balap. Orang beli dastek begini karena mau simple, daripada beli perintilan gak jelas yg ngaku2 HP naik tapi gak di dyno. Seperti saya cerita, 5 juta di awal, habis itu pindah mobil dah mobil ke 3, tinggal bayar pasang, setting dan dyno aja loh.
Kalau perlu optimalisasi ada itu piggyback ecu shop monster max, itu harus ganti turbo dan injector dulu tuh. Hehehehe
No offence yah, saya bukan penjual loh, cuman pemakai setia dastek sejak tahun 2008, dan enaknya itu general, mobil bensin dan diesel, hampir semuanya compatible
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: wta unichip type c

Post by asudarsono »

Mentok di kecepatan mana khan tergantung final rasio. Yang penting sampai redline tenaga "ngisi terus".
Ready to Race
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: wta unichip type c

Post by AD74YA »

Ane juga mantan pemakai q+, dipakai di mobil matik (henz juga nanti akan memasang di mobil matik) awalnya kondisi mesin cuman dikasih volt stabilizer ganti busi dan air filter...

Dengan harga 5 juta dan resiko kehilangan garansi mobil, saya kurang signifikan penggunaan Q+. Lalu saya upgrade
stage 1 PNP, header, exhaust dengan biaya gak sampe 4 juta saya coba matikan Q+ hasilnya lebih signifikan ubahan stage 1. Lalu saya remap lg dan baru kerasa signifikan penggunaan Q+ di modified engine...

Inti pembicaraan saya ini adalah, pada kondisi mesin standar, kalau mau naikin performa, lebih ngaruh ubahan stage drpada langsung piggyback... Lebih murah, dan lebih gahar... ECU standar sudah cukup optimal untuk peforma mesin standar kalau mau murmer kerasa ya cukup throttle controller.. Dibanding piggyback, yang lebih mahal dan kenaikan performa tidak signifikan....

Oya lagian yg diomongin type C ya bukan Q bahkan bukan Q+ dan buat mobil matik..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: wta unichip type c

Post by htannis »

Iya yg diomongin disini type c, tapi setau saya sih dastek type c gak universal, dan gak bisa dipake di T31.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: wta unichip type c

Post by asudarsono »

Daripada piggyback saya lebih prefer MSD 6AL2 Programmable. Dapat high spark energy and duration, juga dapat kemampuan mapping. Cuma gak tahu apa bisa dipasang di mobil distributorless.

Kalau bisa, menurut saya ini tools lebih powerful daripada dastek, haltech dll, karena bisa retard bila pakai boost. Kalau pembakaran terlalu maju saat turbo / nitrous nendang, akibatnya akan ngelitik dan ini yg sering bikin bolong piston.

Kerugiannya, mobil udah gak masuk regulasi balap. Mau balap sih bisa tapi musuh Ferrari.
Ready to Race
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: wta unichip type c

Post by asudarsono »

Nambah ah, saya setuju yang perlu fokus dioprek itu cylinder head. Mapping itu mengikuti apa yg dioprek. Kalau udah macam dial cam, kebutuhan mapping itu akan datang sendiri.

Kalau XTrail sedikit beda dgn PajeroSport, krn non-turbo. Mesin turbo gak perlu PnP dll, tinggal angkat boostnya aja udah tenaganya gede, tinggal mapnya gimana biar main retard.

Kalau non-turbo, intinya adalah di cylinder head. Ada kawan yg main piston overbore, menurut saya malah gak gitu manfaat. Contohnya mesin Subaru 2 liter outputnya sama aja dgn 2,5 liter. Di cylinder head kita bisa mainin kompresi, bisa mainin peak rpm dll. Kalau udah cakep CHnya, baru cari mappingnya. Yg turbo maunya retard, yg non-turbo maunya advance.

BTW, kalau pasang ignition macam dastek, haltech atau MSD dll sebaiknya di tempat yg pro. Banyak cerita nggak mau nyala, sekalinya nyala jadi kebakaran. Kenapa jadi begitu dan bagaimana menghindarinya, ya itulah aku gak boleh ngomong. Daripada dikepruki tuner seIndonesia.
Ready to Race
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: 11 Nov 2010, 22:07
Location: medhan

Re: wta unichip type c

Post by henz155 »

Sebelumny maaf krn jarang online berhubung jaringan ane tuk browsing lelet.thanx atas masukanny semua oom.skrg kondisi mbl ane header 4-2-1 exhaust system udah di upgrade,intake udah ganti replacement by k&n sementara cm ini.klo soal pnp ane msh g berani,soalny di medan ane takut.ntar malah jd rusak atau gmn,jd ane pikir mending pasang dastek,hehehe,ato da yg saranin pasang qmax turbo?sejenis xcs3.klo tuk thortle control harga pasaranny berapaan y oom?thanx atas masukan2 dr master2:
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: wta unichip type c

Post by asudarsono »

Throttle control bagusnya untuk meningkatkan ekonomi pada mobil automatik. Kalau unutk kenceng2an, bisa gak ya? Harganya 2,5 jutaan kalau belum naik.
Ready to Race
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: wta unichip type c

Post by htannis »

henz155 wrote:Sebelumny maaf krn jarang online berhubung jaringan ane tuk browsing lelet.thanx atas masukanny semua oom.skrg kondisi mbl ane header 4-2-1 exhaust system udah di upgrade,intake udah ganti replacement by k&n sementara cm ini.klo soal pnp ane msh g berani,soalny di medan ane takut.ntar malah jd rusak atau gmn,jd ane pikir mending pasang dastek,hehehe,ato da yg saranin pasang qmax turbo?sejenis xcs3.klo tuk thortle control harga pasaranny berapaan y oom?thanx atas masukan2 dr master2:
Pasang qmax turbo ngapain sih? Daripada psg begituan mending std aja lah mensinnya, Throttle controller pake modulenya dastek aja, lebih gak banyak masalah, dah compatible sama hampir semua mobil
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: wta unichip type c

Post by AD74YA »

henz155 wrote:Sebelumny maaf krn jarang online berhubung jaringan ane tuk browsing lelet.thanx atas masukanny semua oom.skrg kondisi mbl ane header 4-2-1 exhaust system udah di upgrade,intake udah ganti replacement by k&n sementara cm ini.klo soal pnp ane msh g berani,soalny di medan ane takut.ntar malah jd rusak atau gmn,jd ane pikir mending pasang dastek,hehehe,ato da yg saranin pasang qmax turbo?sejenis xcs3.klo tuk thortle control harga pasaranny berapaan y oom?thanx atas masukan2 dr master2:
Oi henz... Kalo dah diubang kek gitu ya pasang Dastek type Q aja sekalian nanggung, tapi air filter ganti open air K&N dulu biar gak nanggung... gak usah pasang barang-barang alay macem XCS lah.. berat2in elektrik mobil aja...

Type Q 5 juta + pasang
Open air K&N 1,5 jutaan kalau gak salah ya?...
asudarsono wrote:Throttle control bagusnya untuk meningkatkan ekonomi pada mobil automatik. Kalau unutk kenceng2an, bisa gak ya? Harganya 2,5 jutaan kalau belum naik.
Throttle control mah murah atuh, rata-rata sejutaan.. Ga usah ambil yang branded... Nggak ada bedanya soalnya... Tested.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: wta unichip type c

Post by ZombiEE »

Nubie sumbang pendapat...sutandar saja laaaaah...uwkwkkww
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: wta unichip type c

Post by AD74YA »

Biasa anak muda jem... Kalau belum ngerasain gak "laki" namanya...

Kita-kita yang udah coba-coba best sutandar saja lah... :mky_01:

kolot mode: on..

:ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: wta unichip type c

Post by ZombiEE »

ane mah jelas2 tampang masih muda segar gitu.... :big_slap: :mky_04: :mky_04:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: wta unichip type c

Post by asudarsono »

Setuju, jangan jadi korban internet. Kalau mau kenceng jangan bekawan ama toko, tapi beguru ama tuner. Cari tuner yg emang punya pengalaman balap.
Ready to Race
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: 11 Nov 2010, 22:07
Location: medhan

Re: wta unichip type c

Post by henz155 »

Ok pak bos.noted.thanx bgt untuk inpoh2ny semua,pertama ane da pesan replacement k&n,klo pk open filter g dapet udara segar sama z boonk,thortle control udah masuk dalem list terakhir se PNP ini yg ane takut.abiz pnp br masukin dastek.hehehe,rencana msh segitu.seperti yg oom adjaya blg,thanx infony semua
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: wta unichip type c

Post by Hansen »

ZombiEE wrote:Nubie sumbang pendapat...sutandar saja laaaaah...uwkwkkww
gimana goyangan sih... :mky_03:
Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: 13 Jun 2008, 02:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: wta unichip type c

Post by AD74YA »

henz155 wrote:Ok pak bos.noted.thanx bgt untuk inpoh2ny semua,pertama ane da pesan replacement k&n,klo pk open filter g dapet udara segar sama z boonk,thortle control udah masuk dalem list terakhir se PNP ini yg ane takut.abiz pnp br masukin dastek.hehehe,rencana msh segitu.seperti yg oom adjaya blg,thanx infony semua
Henz... Ane mau ralat sedikit....

Istilah "udara segar" itu meskipun ane nggak ngerti apa maksudnya ane cuma mau ngelurusin aja, Filter Udara itu untuk menyaring udara kotor yang masuk ke intake. Jadi udara yang nantinya akan di proses udah pasti "Segar". Nah bedanya open air dengan replacement adalah, kalau menggunakan open air, udara akan lebih banyak masuk. Tapi di mesin transmisi Matik dengan ubahan awal seperti yang Henz lakukan memang masih nggak terlalu ngaruh ganti open air. Kecuali nanti settingan disesuaikan dengan Piggyback.

Untuk PnP jika bengkelnya pengalaman gak masalah sama sekali..

Untuk Throttle Controller, tidak perlu dipasang kalau mau pasang Piggyback, karena seharusnya Piggyback sudah ada fitur throttle controller.

Maka Henz, dalam modifikasi performa, ada baiknya direncanakan dengan blueprint. Sebesar apa tenaga yang ingin dicapai, dan fokus kemana. Dengan blueprint seperti ini, lebih mudah untuk menggantinya secara bertahap, disesuaikan dengan kondisi mesin dan transmisi. Karena modifikasi mesin bagaikan domino Henz.. Kalau satu nggak kerja secara proper, maka yang lain juga akan jadi percuma ubahannya..

Xtrail Henz kan CVT ya?.. Apalagi CVT nissan yang agak rentan..

Oya, selain itu, optimalisasi performa ada cara yang lebih mudah, lebih ngaruh ketimbang beli-beli alat performa yang mahal = Kurangin Beban dimobil... Contoh: Kalau ada modifikasi audio dengan box audio, buang aja. Front seat ganti Recaro. Peredam2 pintu buang semua, pakai velg yang ringan dari jepang (JDM).

Semua bisa didapat dengan mudah asal terencana saja, sejauh mana hasil yang ingin didapat.

Kalau memang modifikasinya nanggung.. Pasang performa tapi juga modif audio... Mending pilih salah satu... Buang-buang duit soalnya...

Daripada gitu, buang Xtrailnya, beli CX7. Dah beres semua dapet... :big_weee:

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: wta unichip type c

Post by Hansen »

halaaaah! ujung2nya iklan mazda... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: wta unichip type c

Post by ZombiEE »

Nah kan...terakhir juga goyangan estede:D
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: 29 Dec 2011, 14:36

Re: wta unichip type c

Post by htannis »

Kalau saya tidak setuju cx-7, lebih baik cx-9 saja, atau x3 diesel :P
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post