Menghemat bbm dengan ganti spuyer

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Ody
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 10 Jun 2011, 04:53
Location: Kediri, jawa timur

Menghemat bbm dengan ganti spuyer

Post by Ody »

saya punya zebra th 95, apa efek negatif nya bila diganti spuyernya supaya lebih irit? apa menambah kadar co2 nya?
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Menghemat bbm dengan ganti spuyer

Post by m4rio »

setau ane kalo mau irit ganti spuyer yang lebih kecil, nah efeknya setau ane itu yang pasti tenaga kurang karena pasokan bahan bakar juga otomatis lebih sedikit, kemudian suhu mesin juga pasti bakal naik.

kalo mau irit mendingan beresin dulu kondisi mesin dan pastikan kondisi mesin FIT dan komponen pendukung seperti rem, kopling juga OK supaya tidak menghambat gerak roda.

baru kemudian lakukan eco driving ( kalo gk salah sebut ), penggunaan BBM berkualitas. kyknya itu jauh lebih baik dari pada merubah ukuran spuyer yang lebih kecil.

ini sih pendapat ane aja. CMIIW
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
Ody
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 10 Jun 2011, 04:53
Location: Kediri, jawa timur

Re: Menghemat bbm dengan ganti spuyer

Post by Ody »

Berarti kalau ac nya aku nyalain mesin rada panas penyebabnya itu ya? terus ukuran spuyer asli zebra 1.3 apa benar 138? soalnya zebra ku pernah diiritin ama bokap, rencana mau tak kembalikan ke ori nya, kebetulan di mobil aku nemu spuyer no 138 ama 120 kalau gak salah, kayaknya yg aslinya 138 ya?
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: Menghemat bbm dengan ganti spuyer

Post by m4rio »

Ody wrote:Berarti kalau ac nya aku nyalain mesin rada panas penyebabnya itu ya? terus ukuran spuyer asli zebra 1.3 apa benar 138? soalnya zebra ku pernah diiritin ama bokap, rencana mau tak kembalikan ke ori nya, kebetulan di mobil aku nemu spuyer no 138 ama 120 kalau gak salah, kayaknya yg aslinya 138 ya?

nah kalo ukuran spuyer aslinya jujur ane gk tau, coba ditanya ke beres pasti dia tau.
kalo masalah suhu temperature naik pas ac nyala belum tentu disebabkan oleh ukuran spuyer, kalo boleh tau ACnya dingin gk?? karena bisa aja extra fan tidak nyala sehingga radiator kurang maksimal mendinginkan air, karena ditambah hawa panas dari condenssor yang letaknya di depan radiator, seperti yang saya ketahui bahwa kondenssor adalah tempat melepas panas dari freon itu sendiri, nah kalo extra fan tidak menyala biasanya AC pun juga kurang dingin atau bahkan tidak dingin.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: 25 Jan 2013, 16:54

Re: Menghemat bbm dengan ganti spuyer

Post by ferryset »

menurut gw hal itu jangan dilakuin karena tenaga mesin bakal drop (ga bertenaga) dan kemungkinan lama-lama piston kamu bisa jadi bengkok loh. pokonya memang jadi irit bbm cuma resiko mesin rusak jadi tambah besar. menurut saya sih lebih baek dibongkar mesinnya trus untuk menaikan kompresi dan lain-lain, misal juga melakukan skir klep jadi performa mesin kamu bisa seperti semula. demikian.....
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post