ganti nomor mesin

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
bukeksiansu
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 14 Mar 2008, 15:19

ganti nomor mesin

Post by bukeksiansu » 15 Sep 2009, 14:50

hallo rekan2
mungkin ada diantara rekan2 yang bisa rekomend bengkel yg bisa
nge-ganti mesin nomor , maksudnya nomor mesin lama di tempel ke nomor mesin baru. saya baru aja ganti mesin honda city 2000 ex spore , kebetulan
ngak ada fakturnya. kalau bisa rekomendasikan di daerah jakarta selatan
atau daerah sekitar BSD atau ciputat bengkel yang memang spesialis untuk urusan beginian dengan hasil yang memuaskan.
terima kasih banyak

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16436
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: ganti nomor mesin

Post by DOHC » 15 Sep 2009, 17:29

wow... swap enjin.... mantapp.... bantu up aja yah bro....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: ganti nomor mesin

Post by sjamsul » 15 Sep 2009, 18:32

bukeksiansu wrote:hallo rekan2
mungkin ada diantara rekan2 yang bisa rekomend bengkel yg bisa
nge-ganti mesin nomor , maksudnya nomor mesin lama di tempel ke nomor mesin baru. saya baru aja ganti mesin honda city 2000 ex spore , kebetulan
ngak ada fakturnya. kalau bisa rekomendasikan di daerah jakarta selatan
atau daerah sekitar BSD atau ciputat bengkel yang memang spesialis untuk urusan beginian dengan hasil yang memuaskan.
terima kasih banyak
hmmmm............... sebaiknya nt datangi aja beresnya, trus tanyakan gimana prosedurnya........krn ganti nomor mesin ga segampang yg diperkirakan lohhhh.............

ariandy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 08 Jul 2008, 16:25

Re: ganti nomor mesin

Post by ariandy » 30 Dec 2009, 19:34

kalo dateng ke beres bawa mesin limbah tanpa faktur, bisa-bisa berabe tuh hahaha...

cara gampangnya sih, nomer mesin lama dipotong trus ditempel ke blok mesin baru. dulu pernah nanya ginian ke temen di milist, bengkel dia bisa. coba kontak ke Raymond ke emailnya: rymnd_stephen (@) yahoo.com

edit: baru nemu webnya, http://artototechnic.multiply.com

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: ganti nomor mesin

Post by poeticmind » 01 Jan 2010, 11:22

actually perubahan no.mesin secara 'baik baik' dan resmi tidak sulit dilakukan dan tidak mahal... saat ini oleh kepolisian sangat dipermudah pengurusan nya dengan banyaknya mesin2 tua yg diremajakan. seperti angkutan kota, bus dan lain2. termasuk mobil pribadi.
cara terms condition tiap daerah berbeda2... yg penting ada bukti pembelian mesin dari bengkel, surat kerusakan mesin lama dari bengkel, alasan penggantian mesin, ktp yg masih berlaku, stnk bpkb. soal faktur saya rasa cukup bukti pembelian dari bengkel saja.

cara potong tempel no. mesin memang sangat mudah, tapi tidak ada salahnya utk mencoba jalur resmi... oke ini kembali pada masing2 ya, semua cara sah2 saja menurut hukum modifikasi. :)
Image

ariandy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 08 Jul 2008, 16:25

Re: ganti nomor mesin

Post by ariandy » 07 Jan 2010, 17:39

poeticmind wrote:yg penting ada bukti pembelian mesin dari bengkel, surat kerusakan mesin lama dari bengkel, alasan penggantian mesin, ktp yg masih berlaku, stnk bpkb. soal faktur saya rasa cukup bukti pembelian dari bengkel saja.
yakin nih bro? kalo mesin impor gak perlu pakai keterangan PIB (pemberitahuan impor barang), trus dokumen asli mobil yang mesinnya diambil?

Terakhir saya nanya ke Samsat, untuk mesin yang berasal dari indonesia, BPKB mobil lama yang mesinnya kita ambil harus ada. Kalo mesin impor, harus ada surat impor sama surat keterangan bayar pajak dari bea cukai kalo gak salah.

Samsat yang di kiara condong tuh.

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: ganti nomor mesin

Post by poeticmind » 08 Jan 2010, 11:47

terakhir sih tidak bro, saya hanya bawa surat pembelian dari bengkel... ntah kalo ada peraturan baru. yg jelas mesin lama harus diperlihatkan utk diproses. tapi yg bro katakan memang benar, saya tanya kemaren setelah liat postingan bro, ke temen yg biasa jualan mesin memang ada keterangan PIB pajak bea cukai..meski jarang yg minta. *males ngurus resmi... :mrgreen:

beda petugas? hahaha! ga tau juga ya, soalnya dia (lupa namanya) yg menawarkan, kita tinggal terima beres. :)
tapi memang, di bengkel pun kadang2 pakai cara potong no.mesin dan dipindah ke mesin baru... berharap moga2 kalo diperiksa petugas ga hapal kode.
Image

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: ganti nomor mesin

Post by asudarsono » 08 Jan 2010, 12:00

Barangkali ada yang bisa list, kalau mau ganti nomor mesin di STNK, persyaratan resminya bawa apa aja gitu. Biar ada landasan kita untuk proses lanjut. Ini kita harus ke bagian mana di Samsat apa di Polda apa di Trunojoyo apa di mana.

Biar kita serahkan sama yg bener2 ahlinya.
Ready to Race

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: ganti nomor mesin

Post by poeticmind » 08 Jan 2010, 12:30

tiap daerah punya peraturan sendiri2 oom... buktinya saya sama ariandy saja bisa berbeda info dalam satu kota, mungkin karena berubah peraturan nya bisa saja.
sebaiknya oom langsung tanyakan dulu ke samsat di dekat daerah oom tinggal, nanti mereka akan memberikan listnya... agar tidak menebak2. :)

yg jelas, seperti yg dikatakan bro ariandy, itu sudah cukup lengkap... lain2nya ktp, bpkb mobil, surat keterangan bengkel kalo mesin lama rusak atau hal lain nya.
Image

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: ganti nomor mesin

Post by asudarsono » 08 Jan 2010, 12:52

Betul juga deh. Daripada aku nanya ke sana ke sini malah nanti urusannya jadi muter2 dan jadi makanan calo. Susahnya, ntar yg jadi kambing hitam polisi ama LLAJ terus, padahal sebetulnya urusannya (barangkali) mudah. Wis, nanti aku langsung tanya samsat terkait.
Ready to Race

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: ganti nomor mesin

Post by poeticmind » 08 Jan 2010, 21:14

asudarsono wrote:Betul juga deh. Daripada aku nanya ke sana ke sini malah nanti urusannya jadi muter2 dan jadi makanan calo. Susahnya, ntar yg jadi kambing hitam polisi ama LLAJ terus, padahal sebetulnya urusannya (barangkali) mudah. Wis, nanti aku langsung tanya samsat terkait.
iyaaaa... setuju oom! btw, mobil yg mana mau diganti mesin nya? :e-think:
wah wah...
Image

Vismaiker
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 16 Oct 2017, 10:21
Location: Indonesia

Re: ganti nomor mesin

Post by Vismaiker » 16 Oct 2017, 10:24

poeticmind wrote:
01 Jan 2010, 11:22
actually perubahan no.mesin secara 'baik baik' dan resmi tidak sulit dilakukan dan tidak mahal... saat ini oleh kepolisian sangat dipermudah pengurusan nya dengan banyaknya mesin2 tua yg diremajakan. seperti angkutan kota, bus dan lain2. termasuk mobil pribadi.
cara terms condition tiap daerah berbeda2... yg penting ada bukti pembelian mesin dari bengkel, surat kerusakan mesin lama dari bengkel, alasan penggantian mesin, ktp yg masih berlaku, stnk bpkb. soal faktur saya rasa cukup bukti pembelian dari bengkel saja.

cara potong tempel no. mesin memang sangat mudah, tapi tidak ada salahnya utk mencoba jalur resmi... oke ini kembali pada masing2 ya, semua cara sah2 saja menurut hukum modifikasi. :)
Kalo untuk keperluan hobi gan gimana yah? Misal mau up cc motor nya dengan ganti mesin cc gede?

Vismaiker
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 16 Oct 2017, 10:21
Location: Indonesia

Re: ganti nomor mesin

Post by Vismaiker » 16 Oct 2017, 10:27

poeticmind wrote:
01 Jan 2010, 11:22
actually perubahan no.mesin secara 'baik baik' dan resmi tidak sulit dilakukan dan tidak mahal... saat ini oleh kepolisian sangat dipermudah pengurusan nya dengan banyaknya mesin2 tua yg diremajakan. seperti angkutan kota, bus dan lain2. termasuk mobil pribadi.
cara terms condition tiap daerah berbeda2... yg penting ada bukti pembelian mesin dari bengkel, surat kerusakan mesin lama dari bengkel, alasan penggantian mesin, ktp yg masih berlaku, stnk bpkb. soal faktur saya rasa cukup bukti pembelian dari bengkel saja.

cara potong tempel no. mesin memang sangat mudah, tapi tidak ada salahnya utk mencoba jalur resmi... oke ini kembali pada masing2 ya, semua cara sah2 saja menurut hukum modifikasi. :)
Gan kalo mau ganti mesin karena hobi gimana gan? Misal mau up cc motor jadi ganti mesin yang cc nya lebih gede?

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2766
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: ganti nomor mesin

Post by ginting » 16 Oct 2017, 11:47

Vismaiker wrote:
16 Oct 2017, 10:27
poeticmind wrote:
01 Jan 2010, 11:22
actually perubahan no.mesin secara 'baik baik' dan resmi tidak sulit dilakukan dan tidak mahal... saat ini oleh kepolisian sangat dipermudah pengurusan nya dengan banyaknya mesin2 tua yg diremajakan. seperti angkutan kota, bus dan lain2. termasuk mobil pribadi.
cara terms condition tiap daerah berbeda2... yg penting ada bukti pembelian mesin dari bengkel, surat kerusakan mesin lama dari bengkel, alasan penggantian mesin, ktp yg masih berlaku, stnk bpkb. soal faktur saya rasa cukup bukti pembelian dari bengkel saja.

cara potong tempel no. mesin memang sangat mudah, tapi tidak ada salahnya utk mencoba jalur resmi... oke ini kembali pada masing2 ya, semua cara sah2 saja menurut hukum modifikasi. :)
Gan kalo mau ganti mesin karena hobi gimana gan? Misal mau up cc motor jadi ganti mesin yang cc nya lebih gede?
Begini oom..
Identitas mobil di INdo itu secara hukum adalah no chasis dan nomor mesin.
Nah, mau alasannya buat hobby atau buat cari nafkah, gak ada beda.
Sepanjang tidak mengubah nomor mesin sih harusnya aman saja, misalnya ganti liner, piston, stang piston, ring, cylinder kop dll.
Kan nomor mesin bukan disitu, tapi di blok mesin sebelah luar..

Vismaiker
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 16 Oct 2017, 10:21
Location: Indonesia

Re: ganti nomor mesin

Post by Vismaiker » 16 Oct 2017, 14:38

ginting wrote:
Vismaiker wrote:
16 Oct 2017, 10:27
poeticmind wrote:
01 Jan 2010, 11:22
actually perubahan no.mesin secara 'baik baik' dan resmi tidak sulit dilakukan dan tidak mahal... saat ini oleh kepolisian sangat dipermudah pengurusan nya dengan banyaknya mesin2 tua yg diremajakan. seperti angkutan kota, bus dan lain2. termasuk mobil pribadi.
cara terms condition tiap daerah berbeda2... yg penting ada bukti pembelian mesin dari bengkel, surat kerusakan mesin lama dari bengkel, alasan penggantian mesin, ktp yg masih berlaku, stnk bpkb. soal faktur saya rasa cukup bukti pembelian dari bengkel saja.

cara potong tempel no. mesin memang sangat mudah, tapi tidak ada salahnya utk mencoba jalur resmi... oke ini kembali pada masing2 ya, semua cara sah2 saja menurut hukum modifikasi. :)
Gan kalo mau ganti mesin karena hobi gimana gan? Misal mau up cc motor jadi ganti mesin yang cc nya lebih gede?
Begini oom..
Identitas mobil di INdo itu secara hukum adalah no chasis dan nomor mesin.
Nah, mau alasannya buat hobby atau buat cari nafkah, gak ada beda.
Sepanjang tidak mengubah nomor mesin sih harusnya aman saja, misalnya ganti liner, piston, stang piston, ring, cylinder kop dll.
Kan nomor mesin bukan disitu, tapi di blok mesin sebelah luar..
Maksud saya justru itu mau ganti mesin, contoh, saya cari motor r25 yang abis jatuh, jadi saya beli rusak, saya ambil mesin nya aja jadi kan ada stnk nya tuh. Jadi maksud saya ingin pasang mesin r25 nya untuk d pasang di vxion, gtu om, nah untuk prosedur nya ribet gk yah

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2766
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: ganti nomor mesin

Post by ginting » 17 Oct 2017, 11:28

Vismaiker wrote:
16 Oct 2017, 14:38
ginting wrote:
Vismaiker wrote:
16 Oct 2017, 10:27


Gan kalo mau ganti mesin karena hobi gimana gan? Misal mau up cc motor jadi ganti mesin yang cc nya lebih gede?
Begini oom..
Identitas mobil di INdo itu secara hukum adalah no chasis dan nomor mesin.
Nah, mau alasannya buat hobby atau buat cari nafkah, gak ada beda.
Sepanjang tidak mengubah nomor mesin sih harusnya aman saja, misalnya ganti liner, piston, stang piston, ring, cylinder kop dll.
Kan nomor mesin bukan disitu, tapi di blok mesin sebelah luar..
Maksud saya justru itu mau ganti mesin, contoh, saya cari motor r25 yang abis jatuh, jadi saya beli rusak, saya ambil mesin nya aja jadi kan ada stnk nya tuh. Jadi maksud saya ingin pasang mesin r25 nya untuk d pasang di vxion, gtu om, nah untuk prosedur nya ribet gk yah
kalo gitu sih sepanjang mesin yg lama ada stnk dan bpkb harusnya oke.
tinggal lapor saja ke samsat supaya nomor mesinya di motor yg lama dicoret, dan nomor itu nongol di motor baru (vixion),
coba konsultasi sama biro jasa saja oom..

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3520
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: ganti nomor mesin

Post by kompresorz » 17 Oct 2017, 11:42

saya ada ganti mesin lengkap dengan mobilnya bpkb.faktur n stnk tangan 1...mobil ke 2 pun pun masih bisa di pake...

belum lapor samsat buat perubahan....

kalo ada apa2 saya anterin aja petugasnya ma mobilnya sekalian...kalo perlu ambil aja tuh mobil bekasnya...

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1578
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: ganti nomor mesin

Post by jivos » 17 Oct 2017, 12:57

*aturan resminya:
documents surat hrs sama dg fisik yg ada d motor/mobil (no mesin n no chasis)
*klo mesin rusak: blok luar dmn no chasis d printing tetap d pake meski components lainnya sdh d ganti.
*klo total semua sdh rusak termasuk printing no chasisnya, mesin pengganti hrs d registrasikan. Klo pesen blok baru...pabrikan akan printing sama dg nosin lama d blok baru (ato no baru dg surat ref ke nosin yg lama), Klo copotan...hrs d sertai doc lengkap asal mesinnya. N pengurusannya ribet, makan waktu n biaya. Ngga semudah yg d sebut.

Krn ribet itu, maka di kenal:
* surat" kawinan
* mesin gendong

Resminya tdk boleh. Meski banyak pihak bilang ngga masalah khok slama ini....ato aman" saja" Klo lg apes n petugasnya ngga bs d nego, unit langsung di kandangin.
======

Utk case agan. Mtr vixon 150cc mw ganti k mesin R25 250cc, lbh ngga boleh lagi...diurus jg ngga bakal d kasih. Meski doc surat" lengkap utk msg" unit. Di no chasis (bbrp pabrikan) sdh sebut peruntukan cubic cc atas no chasis tsb.

Solusinya:
*bli jeroan dalem vixion (baru/copotan) pasang d casing lama. Trus jual. D banding pilihan kawinin vixion dg mesin cc diatasnya.

Trus Bli motor 250cc (normal or ex tabrakan) kemudian d bangun ulang.
"u shoud always drive a car that u really love"
akira nakai san •~RWB

Post Reply

Return to “Engine & Exhaust System”