Karbu ataw setelanya ?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Kaerer
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Jan 26, 2009 8:58
Location: Surabaya

Karbu ataw setelanya ?

Post by Kaerer »

Kenapa motorq sering banjir pdahal sdh dibrsikan karbux ? N setiap pake ngebut bensin keluar dari slang pembuangan karbux padahal posisi berjalan, (ninja R)
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Re: Karbu ataw setelanya ?

Post by indy »

Kaerer wrote:Kenapa motorq sering banjir pdahal sdh dibrsikan karbux ? N setiap pake ngebut bensin keluar dari slang pembuangan karbux padahal posisi berjalan, (ninja R)
Penyebab adanya bensin keluar dari saluran pembuangan berarti bensin tersebut keluar dari mangkuk karbu. Kemungkinan bisa dari setelan pelampung yang terlalu tinggi.
Kaerer
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Jan 26, 2009 8:58
Location: Surabaya

Re: Karbu ataw setelanya ?

Post by Kaerer »

Owh bgtu y !, jd ksih turun sdkt stelan pelampungx y ?
Kw masalah bensin keluar saat ngebut itu dri pelampungx juga y,
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Karbu ataw setelanya ?

Post by Mozawa »

Setelan pelampung terlalu tinggi membuat katup menutup lebih lambat ,sehingga membuat volume bensin di dalam mangkuk karburator lebih besar.

Analoginya sama dengan Kran Otomatis di dalam tandon air yang berbentuk bola biasa berwarna hitam atau orange dan mengapung.

Saat ketinggian bola kita setel tinggi maka isi tandon air lebih tinggi,

dan sebaliknya saat bola kita setel rendah maka isi tandon air lebih rendah.

Bola yang mengapung ini mendorong katup karet sehingga kran air masuk dari pipa pdam menutup.

Bisa juga katup needle(katup karet penutup) pada karburator kotor, sehiingga tdk menutup sempurna.

Bisa juga kran vacumnya(biasa pada motor yamaha, vacum tersedot mesin sehingga membrannya membuka) rusak, sehingga selalu membuka aliran dari tangki bensin ke karburator.

Ini perkiraan aja, soalnya gue nggak pernah punya motor kawazaki.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Karbu ataw setelanya ?

Post by Mozawa »

Setelan pelampung terlalu tinggi membuat katup menutup lebih lambat ,sehingga membuat volume bensin di dalam mangkuk karburator lebih besar.

Analoginya sama dengan Kran Otomatis di dalam tandon air yang berbentuk bola biasa berwarna hitam atau orange dan mengapung.

Saat ketinggian bola kita setel tinggi maka isi tandon air lebih tinggi,

dan sebaliknya saat bola kita setel rendah maka isi tandon air lebih rendah.

Bola yang mengapung ini mendorong katup karet sehingga kran air masuk dari pipa pdam menutup.

Bisa juga katup needle(katup karet penutup) pada karburator kotor, sehiingga tdk menutup sempurna.

Bisa juga kran vacumnya(biasa pada motor yamaha, vacum tersedot mesin sehingga membrannya membuka) rusak, sehingga selalu membuka aliran dari tangki bensin ke karburator.

Ini perkiraan aja, soalnya gue nggak pernah punya motor kawazaki.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Kaerer
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Jan 26, 2009 8:58
Location: Surabaya

Re: Karbu ataw setelanya ?

Post by Kaerer »

Thanks bgt y atas petunjuknya, karna itu juga y bensin masuk d knalpot dan tertampung d dalam hingga sulit distarx