Air radiator macam mana yang anda pakai

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by DOHC »

stuju bro... dulu jg panther ane kaya gt... bertahun2 kaga pake coolant dan kaga perna dikutak katik... sempet ane kira ga ada masalah... tau2 mendadak bocor pas lagi jalan kluar kota.... bagian sambungan2 apalagi yg di radiator head nya pada rembes smua... nah disitulah bencana dimulai... servis sana sini ampe akhirnya capee dehh bener2 berurusan ama radiator... jadi skrg daripada ambil pusing mendingan campurin coolant aja ke radiator
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

DOHC wrote:stuju bro... dulu jg panther ane kaya gt... bertahun2 kaga pake coolant dan kaga perna dikutak katik... sempet ane kira ga ada masalah... tau2 mendadak bocor pas lagi jalan kluar kota.... bagian sambungan2 apalagi yg di radiator head nya pada rembes smua... nah disitulah bencana dimulai... servis sana sini ampe akhirnya capee dehh bener2 berurusan ama radiator... jadi skrg daripada ambil pusing mendingan campurin coolant aja ke radiator
jangan lupa, ganti coolantnya harus teratur, spy bisa didapatkan hasil yg maksimal n ga akan bikin repot lagi, minimal mengurangi resiko terjadinya hal2 yg bisa bikin repot............. :e-whistle:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by DOHC »

siap bro... :big_peace: ane tiap taon ganti koq... tapi kalo utk livina sigh masi suruh beres deh soalnya ane masi blom ketemu lobang drain nya dimana ... lagian katanya coolant nya tahan ampe 2 taon koq
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

^^^

siiipppp.......... :frm_tumbright:
ikbal
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Mar 04, 2009 2:57

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by ikbal »

salam kenal buat sesepuh bro SMers..baru beberapa bulan intens ikut SM..
saya newbie di SM dan mobil..mobil saya esteem 1.3 thn 93..
beberapa hari yang lalu..mobil saya tiba tiba overheta sampai 3/4..ternyata ketika dibuka radiatornya..kata bengkel air campur oli..dan cairan (saya nggak tahu isinya apakah air biasa atau coolant, mobil baru saya pakai) yang di tabung coolant habis..trus sama bengkel diisi pakai air biasa...sekarang saya tiap pagi ngecek air yang di tabung coolant kayaknay berkurang sedikit..kira kira kalau tak terusin pakai air biasa untuk mobil seumur itu? thanks sebelumnya..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

salam kenal juga bro ikbal........met datang di sm.......

bro, pada saat itu apakah air radiatornya diganti baru atau hanya ditambahkan aja airnya nih.......

setau ane, klo ampe air radiator bercampur ama oli, nampaknya ada packing yg dah rusak, shg air radiator bercampur ama oli, demikian juga oli mesinnya. Coba nt periksa oli mesinnya gimana, apakah bewarna keputih2an.... :e-think:
klo benar, coba bawa lagi ke bengkel untuk pemeriksaan lbh lanjut, klo kaga bearti ga masalah.

Cuma yg ane binun yah itu, kenapa 'kata bengkel air campur oli'......... atau apakah nt baru menambahkan sejenis coolant dg merk tertentu atau gimana neh....... :e-think: :e-think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by DOHC »

btul tuh bro... jangan dianggap sepele, karena arti dari air bercampur oli itu biasanya warna oli mesin nya di dipstick jadi kaya susu coklat gt... demikian pula ada radiatornya, warna air nya jadi keruh gt sperti susu putih atau susu coklat gt.... nah kalo uda gini bisa banyak kemungkinan, dari packing atau seal yg uda getas jadi rembes tuh oli ama air radiator, atau yg paling extreme yaitu engine block ada yg uda karatan ampe akhirnya retak atau rembes air dan oli jadinya.... kalo dibiarin terus2 an, bisa2 ntar engine nya rusak parah karena overheat, antara piston dan dinding silinder baret parah, atau klep2 yg rusak gara2 ga terlumasi dgn baik.... nah kalo uda gini sigh, ngeri aja kluairn duitnya ntar...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by y_anjasrana »

Baru denger air radiator rasa oli....
:e-snooty: :e-snooty: :e-snooty:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by gmx »

om2,

ngomongin radiator, gw pengen minta pendapat nih. mobil gw waktu gw beli pas 1 tahun lalu air radiatornya ngga pake coolant. kira2 6 bulan lalu waktu service di bengkel resmi gw minta sekalian kuras radiator dan pake coolant.. setelah dipakein coolant jadi suka berkurang airnya sedikit2 lama2 makin banyak berkurangnya, 2 minggu lalu baru ketauan waterpumpnya rusak harus ganti, dan ada pipa besi kecil yang juga ganti karena karatan. sejak ganti itu gw belum pake coolant lagi pengen liat masih bocor apa ngga. Alhamdulillah udah 2 minggu, udah pernah gw bawa ke anyer, air ngga berkurang.. sebagai informasi tambahan, umur mobil udah 11 tahun

1. gw minta pendapat temen2, apakah pake coolant itu berpengaruh menjadi rusaknya waterpump? karena sebelumnya kan ngga pake coolant

2. sekarang baiknya gw pake coolant lagi ngga nih? takutnya ngga biasa pake coolant terus dipakein coolant ntar ada lagi yang ngadat.. ganti waterpump aja lumayan nyesek euy abisnya..

mobil yang satu lagi yang gw pake harian ngga pake coolant, tiap minggu gw kuras air radiatornya, umurnya udah 18 thn :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by DOHC »

coolant itu setau ane mengandung anti rust, jadi biasanya dia rontokin rust, makanya kalo mobil yg biasa bertahun2 pake air biasa, gt dikasi coolant pasti ada kluar problem, lain crita kalo dari awal uda pake coolant terus, relatip ga ada masalah... mungkin jg kasus bro gmx yaitu waterpump nya jadi mampet gara2 stuck ama serpihan2 karat nya...

mengenai waterpump, ane perna dikasi tau ama orang bengkel, kalo coolant itu fungsi nya jg sbg pelumas bro buat waterpump, coba aja deh ente celupin cari ke coolant abis itu rasain deh, serasa lebi licin kan...

kalo emang uda ga ada masalah lagi sigh, ane saranin balik pake coolant aja bro... panther ane jg dulu gt, bertahun2 kaga pake coolant, dan skrg uda 3 tahun lebi ane baru pake coolant ga ada masalah tuh.... oh iya, panther ane uda genap 10 tahun taon ini dan km uda jauhh banget... terakhir sigh odometer nunjuk angka 300an rebu km sblom putus...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

@gmx:

ane setuju ama yg dijelaskan bro DOHC........ jadi sebaiknya nt pakein aja.........

btw klo boleh tau mblnya apa bro...... :e-think:




(hmmm....... postingan ke 5500)........
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by gmx »

sjamsul wrote:@gmx:

ane setuju ama yg dijelaskan bro DOHC........ jadi sebaiknya nt pakein aja.........

btw klo boleh tau mblnya apa bro...... :e-think:




(hmmm....... postingan ke 5500)........
thanks om2 sarannya, ntar gw pakein deh.. mobilnya pajero V6 3000cc bensin '97
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1248
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by singachu »

ikbal wrote:salam kenal buat sesepuh bro SMers..baru beberapa bulan intens ikut SM..
saya newbie di SM dan mobil..mobil saya esteem 1.3 thn 93..
beberapa hari yang lalu..mobil saya tiba tiba overheta sampai 3/4..ternyata ketika dibuka radiatornya..kata bengkel air campur oli..dan cairan (saya nggak tahu isinya apakah air biasa atau coolant, mobil baru saya pakai) yang di tabung coolant habis..trus sama bengkel diisi pakai air biasa...sekarang saya tiap pagi ngecek air yang di tabung coolant kayaknay berkurang sedikit..kira kira kalau tak terusin pakai air biasa untuk mobil seumur itu? thanks sebelumnya..
pas overheat mesin mati sendiri ato dimatiin ?
kalo mati sendiri kemungkinan head covernya dah melenting, perlu diratain lagi.
cek oli lewat dipstik warnanya jadi kopi susu gak ?
air radiator berkurang bisa juga masuk ruang bakar.... jadi ga masuk ke ruang oli.... tapi berarti kompresi bocor masuk ke jalur radiator....
coba aja pagi2 / waktu mesin dingin, buka tutup radiator (pas dingin yak.....)
abis itu stater mobil, kalo air radiator muncrat berarti kompresi bocor masuk ke jalur pendingin.... paking kudu diganti...
Ntuh dari yang pernah gua baca sih, ga pernah ada pengalaman sendiri.... :big_peace:

regards,
singachu
ikbal
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Wed Mar 04, 2009 2:57

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by ikbal »

buat bro sjamsul:
thanks infonya..saat itu air radiator ditambah saja..oli mesin normal ..pas saya lihat sih.nggak begitu kentara kalau itu campur oli..cuman agak keruh aja kalau menurut saya ..
buat bro dohc:
warna air nggak coklat coklat ama sih bro..btw dipstick itu sebelah mana? (sorry bro..katro banget nih..ini mobil pertama saya setelah bertahun tahun puasa he..he..)

buat bro singachu:
pas overheat mesin saya matikan..

thanks berat buat info bro semua..
yang sabar menjAwab newbie kayak ane ya..pan orang sabar disayang tuhan..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by DOHC »

bro ikbal, dipstick itu biasanya dipake buat nge cek level oli.... coba ente cari deh, ada smacam stick yg ujungnya dari plastik, warna nya bisa kuning, putih atau hitam... dan di atasnya ada tulisan "engine oil".. nah ntuh yg bole ditarik buat ngecek....

oli itu cuman ada 2 macam warna bro kalo mo di cek, yaitu agak kekuningan utk mobil yg baru ganti oli atau hitam pekat kaya tinta kalo utk mobil diesel atau mobil yg uda lama ga ganti oli... lain dari 2 warna tsb itu haram, alias ada yg ga bener ama mesin ente.... apalagi kalo warna keruh atau warna itam abu2 atau kecoklatan...

utk lebi lanjut, coba ente konsultasi ama om sjam, dia itu spesialis aki dan radiator mobil2 jadul... :big_peace:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by sjamsul »

ikbal wrote:buat bro sjamsul:
thanks infonya..saat itu air radiator ditambah saja..oli mesin normal ..pas saya lihat sih.nggak begitu kentara kalau itu campur oli..cuman agak keruh aja kalau menurut saya ..
buat bro dohc:
warna air nggak coklat coklat ama sih bro..btw dipstick itu sebelah mana? (sorry bro..katro banget nih..ini mobil pertama saya setelah bertahun tahun puasa he..he..)

buat bro singachu:
pas overheat mesin saya matikan..

thanks berat buat info bro semua..
yang sabar menjAwab newbie kayak ane ya..pan orang sabar disayang tuhan..
gini aja bro, mendingan nt periksakan aja ke bengkel langganan nt, apakah air di radiatornya itu normal apa kaga, klo ga normal, maksudnya ada oli disana, sebaiknya langsung diperbaiki sebelum merusak bagian lainnya........... takutnye krn ga tau, nt main pake ajah yg akhirnya bisa membuat nt akan mengeluarkan biaya yg lbh besar.................

Smoga membantu.........
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by €lj€p€ »

Setiap kali melalui jalur pulang ke Depok, saya selalu teringat kejadian selang radiator yang lepas untuk kedua kalinya. Saya amat sangat trauma, tidak bisa membayangkan seandainya pada waktu itu saya memutuskan untuk masuk kolong (underpass) di depan Binus Internasional. Pada saat jam pulang kantor yang demikian padatnya dan masing-2 hanya ada satu jalur, pasti saya dimaki-maki sejuta pengemudi yang terhambat perjalanannya. Untung Tuhan masih kasihan sama saya, sehingga pada waktu mesin mati, saya berada ditepi jalan dan didepan halaman sekolah. Perbaikan bisa dilakukan di halaman sekolah tersebut, tidak mengganggu lalu lintas pulang kerja.

Coba menganalisa sebab-2 nya :
1. Radiator sudah dikuras pada waktu service.
2. Ganti selang dilakukan pada saat perbaikan suspensi kira-2 tiga minggu setelah service. Kemungkinan, pada saat pekerjaan selesai, radiator diisi dengan air yang dikeluarkan dari radiator.. tidak fresh / baru. Perbandingan air dan coolant tidak sesuai lagi sehingga air radiator cepat mendidih. Tampaknya, selang tidak lepas karena kejadian spontan tekanan / temperatur tinggi, tetapi bergeser secara bertahap. Pada waktu mobil masih dibengkel, tidak terjadi apa-2, tetapi dalam perjalanan pulang, selang radiator lepas untuk pertama kali.
3. Diperbaiki, dipasang dua klem, yang asli dan yang sistem ulir. Pada waktu itu, juga ditambah dengan lem merah. Karena keadaan darurat dan air coolant sudah banyak yang terbuang, kemungkinan juga hanya menggunakan air dari ledeng.
4. Tepat satu bulan, kejadian terulang. Kemungkinan yang sama yaitu karena tekanan tinggi / cepat mendidih, selang bergeser secara bertahap tetapi sekarang ditambah lagi, menurut montir, lem merah tersebut menyebabkan licin.
5. Montir juga menganalisa, kemungkinan thermostat terlambat buka. Pada saat itu, montir mengusulkan untuk melepas thermostat supaya suhu di mesin sama dengan suhu di radiator. Tetapi tidak dilakukan. Saya perlu second opinion dari kepala bengkel.
6. Dua hari setelah kejadian tersebut, mobil saya bawa ke bengkel resmi untuk pergantian oli paruh waktu. Meskipun belum saatnya tetapi karena oli pernah mencapai suhu yang sangat tinggi, sebaiknya diganti baru. Selain itu, radiator dikuras, diisi dengan coolant dengan perbandingan yang sesuai. Karena tidak ada persediaan di gudang, thermostat tidak diganti tetapi setelah diteliti juga memang masih bekerja dengan baik (tidak urgent).
7. Untuk mengetahui apakah ada pergeseran, akhir pekan ini saya mau pasang tanda / garis. Setiap minggu akan dilihat apakah ada pergeseran atau tidak.
8. Meskipun indikator di instrument tidak menunjukkan kenaikan suhu mesin melebihi batas normal, tetapi saya merasakan suhu ruang mesin agak berlebihan. Mungkin nanti cari akal untuk pasang fan kecil diruang mesin seperti yang digunakan di F-1 pada saat mesin idle... heheheeeee....
Dari Solo ke Oslo
Image
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1248
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by singachu »

om eljepe, kalo dari tutup radiator bagaimana ? kan tugasnya kalo udah mencapai presure tertentu (1.1 ato 1 kpa tergantung tulisan di tutupnya) kan harus mengalirkan ke tabung reservoir sehingga tekanan di radiator / system pendingin tidak akan melebihi tekanan tersebut....
kalo tutup radiatornya udah rusak kan bahaya tuh.... apa masih bagus ?

regards,
singachu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by DOHC »

tutup radiator sigh setau ane jarang banget rusak yah bro... paling sering malah seal2 karet nya yg keburu rusak duluan... (mungkin om sjam bisa koreksi bener apa kaga neh)

mengenai lem merah atau putih atau abu2 yg sering dipake ama bengkel2... kalo saran ane sigh, sbisa mungkin JANGAN DIPAKE.... karena berdasarkan pengalaman ane berkutat ama masalah radiator, ntuh lem justru jadi biang keladi rembes atau bocor alus di sambungan2 hose radiator... kalo menurut analisa saya sigh, ntuh lem karena terkena panas kelamaan, jadinya lama2 ilang elastisitas nya dan akhirnya jadi kaku atau getas, nah air radiator akhirnya jadi rembes dari celah2 tsb.... hal tsb terjadi di panther ane, setelah beberapa bulan dipakein ntuh lem gara2 abis servis... ane coba sirem air dingin ke sambungan hose tsb pada saat mesin baru mati (panas), hasilnya air warna ijo (air radiator coolant ) mulai merembes kluar....

paling bagus yah ganti aja hose nya, murah koq, dan bebas rembes2an atau bocor2 alus... dan lagi emang uda didesain utk tahan panas ketimbang ntuh lem2 ga jlas....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by €lj€p€ »

@singachu & DOHC : terima kasih atas saran dan response nya... paling tidak besok saya akan cek tutup radiator juga. Saya tidak berpikir ke situ karena tekanan yang menyebabkan slang tersebut lepas adalah tekanan air dari mesin yang suhunya sudah terlalu tinggi karena thermostat belum membuka atau perbandingan air radiator dan coolant tidak sesuai... atau ya... selang / klem nya tidak bagus..
Karena pengisian air radiator dilakukan oleh be-res tentunya dengan perbandingan yang benar, jadi saya akan memantau apakah selang masih bergeser karena ada tekanan yang lebih dari normal.
Sekali lagi terima kasih atas responsenya.

Salam Hormat..

poento.
Dari Solo ke Oslo
Image
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by Cloud »

€lj€p€ wrote:paling tidak besok saya akan cek tutup radiator juga.
yup, wajib cek tutup radiator. setiap servis, wajib dicek lo (seharusnya ini dilakukan, gk tau kalo bengkel males ngecek pake radiator cap tester, ato gk py alatnya),
soalnya, kalo panas, coolant memuai, tekanan bertambah,
pada tekanan tertentu, katup di tutup radiator membuka, so, coolant dialirkan ke reservoir, ketika coolant dingin, volume coolant menyusut, coolant kembali diisap ke radiator dari reservoir. itulah, kenapa gak usah nambah coolant lewat tutup radiator. pada pemakaian normal n mesin sehat, cukup cek reservoir, kalo di bawah batas minimal, segera ditambah hingga batas maksimal/aman.

itu juga sebabnya, kenapa ketinggian coolant di reservoir berubah2,

kalo misal tutup rusak (patokannya bukan karet getas ato rembes, kalo itu sudah jelas2 rusak), katup tidak membuka pada tekanan yg ditentukan, bisa lebih tinggi ato lebih rendah

kalo lebih tinggi,kebayang gk? pasti tekanannya tinggi bgt. biasanya selang ada yang lepas, atau pecah, atau yang lebih apes, merusak mesin (biasanya di permukaan blok, ato head, pada mesin lama, apalagi cuma pake air biasa), paking2, atau radiator sendiri. ato bisa aja seal water pump rusak/jebol. nah, karena nyuekin tutup radiator yang harganya gk seberapa, taruhannya mesin habis berjuta2.

kalo lebih rendah, kerusakan berarti tidak ada, namun coolant cepat habis, karena banyak yang dialirkan ke reservoir, dan menguap, ato malah tumpah.

Eh, bro ada yang tahu cara membuang coolant? soalnya setau saya coolant itu bahan B3, bersifat arsenik, n yang jelas non biodegradable, jadi sangat berbahaya bila dibuang begitu aja, bisa2 tanah air kita tercemar. yang repot kan manusia juga, cuma hal sepele kaya gitu, tapi kalo tiap orang cuek, bisa2 beberapa tahun lagi tanah air ini udah akut, coba, satu mobil misalnya 4 liter, tiap tahun ganti, 1 mobil 4 liter,
kalo ada sejuta mobil ganti, ada 4 juta liter tiap tahun.
cukup banget utk menenggelamkan dinosaurus tuh, lah, kalo 1 bus/truk misal 8 liter, belum kalo misalkan yang ganti coolant ada jutaan mobil, truk, dan motor?
mungkin ada yg tau cara recycle nya? ato minimal yang menerima recycle?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by DOHC »

selama ini sigh kalo menurut sejarah mobil2 yg perna nongkrong di garasi ane sigh, rata2 umur tutup radiatornya diatas 6-7 taon tuh... itupun jg biasanya diganti karena karet nya uda kaku... tp masi bisa sedot atau buang air ke reservoir, makanya itu jg knapa ane blg jarang banget tutup radiator rusak... ga tau deh gmana kualitas tutup radiator jaman skrg...

kalo ane biasa abis flushin radiator yah ane tampung di ember, lalu dimasukin ke dalem jerigen bekas coolant yg baru ane isi in ke radiator, lalu ntuh jerigen kalo kebetulan ane lagi servis mobil di beres, yah nitip ke mereka tolong di urus... dan so far slama ini sigh, montir nya kaga perna nolak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by DOHC »

btw, bagi yg pelihara binatang dan suka otak atik mobil nya, saran ane sigh berikan perhatian extra pada chemical waste dari mobil anda macam coolant atau minyak rem, ente2 ga mau kan kalo mereka mati konyol cuman gara2 iseng jilatin cairan2 berwarna menarik bagi mereka....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
lets
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: Sat Sep 27, 2008 6:14

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by lets »

ngomongin soal selang radiator ane jadi teringat kejadian dulu pas di puncak tiba2 mobil overheat ternyata setelah di periksa kleman dan selang karet getas jadi selang radiator msti diperhatiin jg kleman dan karetnya kalo udah getas mending ganti saja.
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1248
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Air radiator macam mana yang anda pakai

Post by singachu »

Image

kalo ada pressure tester macam di atas, bisa untuk test sistem radiator ama test tutup radiatornya....

regards,
singachu