ya antara segituan lah mbah. tergantung kondisi awalnya juga underfill/overfill/just right.well wrote: Wed May 28, 2025 1:28ampun mbah, kemaren sy buka pan matic sekitar 3,8 ltr.
posisi mobil berhenti semalaman, pas dibuka pannya posisi mbl belum hidup dr semalam
Tanya : Ganti oli transmisi matic
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11839
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5964
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Ini sih masih factory filled fluid, mobil ortu mau ane bantu rawat dikit2.Omnibus wrote: Wed May 28, 2025 1:43ya antara segituan lah mbah. tergantung kondisi awalnya juga underfill/overfill/just right.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Sat Apr 07, 2018 3:06
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: L15Z
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
mumpung ada kata-kata underfill/overfill, jd pengen ngerti apa pengaruh klo lebih ato kurang ya om?Omnibus wrote: Wed May 28, 2025 1:43ya antara segituan lah mbah. tergantung kondisi awalnya juga underfill/overfill/just right.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11839
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
just some of the possibilities,Peter10 wrote: Wed May 28, 2025 5:55
mumpung ada kata-kata underfill/overfill, jd pengen ngerti apa pengaruh klo lebih ato kurang ya om?
underfill: jedug, pindah gigi kasar, late response N-D atau N-R
overfill: late response N-D atau N-R, clutch slip, overheat
tp tergantung toleransi tiap-tiap mobil beda2.
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Mon Feb 12, 2018 16:28
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander AT
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Pas bahas overfill nih, kemarin akhirnya sy baru berhasil fine tune xpander AT
udah hampir 1 tahun lalu xpander sy flush matic yang pakai mesin, nah beberapa bulan terakhir kerasa selip saat pindah gigi apalagi kalo bejek gas kerasa delay kaya pakai manual
. Kalo jalan merayap antara gigi 1 dan 2 kadang nyendal sendiri spt bingung mau downshift tapi lgsg upshift lg. Ditambah lagi tiap habis parkir dari P ke R hampir selalu jeduk, kalo parkir agak miring tambah keras jedaknya
Sy kira mungkin karna oli matic berkurang gara2 sempat rembes lembab di seal kruk as blkg tapi skrg kering, jadi inisiatif mau refill + fine tune.
Bulan lalu ngolong baru tau kalo baut cek level L5 nya slek, coba beli sampai 3 macem screw extractor, bolt extractor tetep ga bisa buka bautnya.
Akhirnya kemarin coba dilas mau ditambah baut biar bisa dibuka, eh bautnya gak mau nempel, tapi untung dicoba putar pakai tang malah bisa kebuka

Waktu dibuka olinya langsung nyembur kayak m*ncr*t
bawa gelas tampung cuma yg 500ml karna ekspektasi kalo overfillpun paling 100-200ml, eh ternyata sampe luber2

hasil akhir yang tertampung hampir 1/2 botol aq*a besar + mungkin 200 ml an yang tumpah ke jalan
jadi total overfillnya kira2 800ml
Sekarang shift lebih cepat gak delay, bejek gas jg shiftnya alus gak berasa nyendal. Dari P ke R juga udah nggak jeduk2 lagi

udah hampir 1 tahun lalu xpander sy flush matic yang pakai mesin, nah beberapa bulan terakhir kerasa selip saat pindah gigi apalagi kalo bejek gas kerasa delay kaya pakai manual

Sy kira mungkin karna oli matic berkurang gara2 sempat rembes lembab di seal kruk as blkg tapi skrg kering, jadi inisiatif mau refill + fine tune.
Bulan lalu ngolong baru tau kalo baut cek level L5 nya slek, coba beli sampai 3 macem screw extractor, bolt extractor tetep ga bisa buka bautnya.

Akhirnya kemarin coba dilas mau ditambah baut biar bisa dibuka, eh bautnya gak mau nempel, tapi untung dicoba putar pakai tang malah bisa kebuka

Waktu dibuka olinya langsung nyembur kayak m*ncr*t

bawa gelas tampung cuma yg 500ml karna ekspektasi kalo overfillpun paling 100-200ml, eh ternyata sampe luber2

hasil akhir yang tertampung hampir 1/2 botol aq*a besar + mungkin 200 ml an yang tumpah ke jalan

Sekarang shift lebih cepat gak delay, bejek gas jg shiftnya alus gak berasa nyendal. Dari P ke R juga udah nggak jeduk2 lagi

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5964
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Kok bisa slek bautnya om?eikazan wrote: Wed May 28, 2025 10:24 Pas bahas overfill nih, kemarin akhirnya sy baru berhasil fine tune xpander AT![]()
udah hampir 1 tahun lalu xpander sy flush matic yang pakai mesin, nah beberapa bulan terakhir kerasa selip saat pindah gigi apalagi kalo bejek gas kerasa delay kaya pakai manual. Kalo jalan merayap antara gigi 1 dan 2 kadang nyendal sendiri spt bingung mau downshift tapi lgsg upshift lg. Ditambah lagi tiap habis parkir dari P ke R hampir selalu jeduk, kalo parkir agak miring tambah keras jedaknya
Sy kira mungkin karna oli matic berkurang gara2 sempat rembes lembab di seal kruk as blkg tapi skrg kering, jadi inisiatif mau refill + fine tune.
Bulan lalu ngolong baru tau kalo baut cek level L5 nya slek, coba beli sampai 3 macem screw extractor, bolt extractor tetep ga bisa buka bautnya.![]()
Akhirnya kemarin coba dilas mau ditambah baut biar bisa dibuka, eh bautnya gak mau nempel, tapi untung dicoba putar pakai tang malah bisa kebuka
Waktu dibuka olinya langsung nyembur kayak m*ncr*t![]()
bawa gelas tampung cuma yg 500ml karna ekspektasi kalo overfillpun paling 100-200ml, eh ternyata sampe luber2
hasil akhir yang tertampung hampir 1/2 botol aq*a besar + mungkin 200 ml an yang tumpah ke jalanjadi total overfillnya kira2 800ml
Sekarang shift lebih cepat gak delay, bejek gas jg shiftnya alus gak berasa nyendal. Dari P ke R juga udah nggak jeduk2 lagi![]()
Ini ceknya pas kondisi mesin nyala atau mati ya?
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Mon Feb 12, 2018 16:28
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander AT
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
kayanya di slek in bengkel tmp flushing, soalnya itu pertama kalinya ganti oli matic wkwk sblmnya ga pernah sentuh2 atau cek oli maticsintoni wrote: Thu May 29, 2025 1:40Kok bisa slek bautnya om?eikazan wrote: Wed May 28, 2025 10:24 Pas bahas overfill nih, kemarin akhirnya sy baru berhasil fine tune xpander AT![]()
udah hampir 1 tahun lalu xpander sy flush matic yang pakai mesin, nah beberapa bulan terakhir kerasa selip saat pindah gigi apalagi kalo bejek gas kerasa delay kaya pakai manual. Kalo jalan merayap antara gigi 1 dan 2 kadang nyendal sendiri spt bingung mau downshift tapi lgsg upshift lg. Ditambah lagi tiap habis parkir dari P ke R hampir selalu jeduk, kalo parkir agak miring tambah keras jedaknya
Sy kira mungkin karna oli matic berkurang gara2 sempat rembes lembab di seal kruk as blkg tapi skrg kering, jadi inisiatif mau refill + fine tune.
Bulan lalu ngolong baru tau kalo baut cek level L5 nya slek, coba beli sampai 3 macem screw extractor, bolt extractor tetep ga bisa buka bautnya.![]()
Akhirnya kemarin coba dilas mau ditambah baut biar bisa dibuka, eh bautnya gak mau nempel, tapi untung dicoba putar pakai tang malah bisa kebuka
Waktu dibuka olinya langsung nyembur kayak m*ncr*t![]()
bawa gelas tampung cuma yg 500ml karna ekspektasi kalo overfillpun paling 100-200ml, eh ternyata sampe luber2
hasil akhir yang tertampung hampir 1/2 botol aq*a besar + mungkin 200 ml an yang tumpah ke jalanjadi total overfillnya kira2 800ml
Sekarang shift lebih cepat gak delay, bejek gas jg shiftnya alus gak berasa nyendal. Dari P ke R juga udah nggak jeduk2 lagi![]()
Ini ceknya pas kondisi mesin nyala atau mati ya?

keliatan ada bekas paksaan di daerah luar lubangnya, mungkin lobang L5 dipaksa masuk L6

ceknya pas mesin mati gan
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue May 20, 2025 4:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda6 Elite Sedan
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Terimakasih sudah dijawab. Salam kenal dari user mazda 6 sedan 2022josomba wrote: Wed May 21, 2025 6:526AT masdut, ane pernah pake q8 auto mv (ada yg versi baru menurut sahabatq8), aisin afw-vi, sekarang lagi pake gulf atf lv.alv112 wrote: Wed May 21, 2025 3:38 Sepuh sepuh izin bertanya mohon dibantu jawab , rekomendasi oli matic untuk mazda 6 skyactive apa ya ? Yang ramah untuk mobil Dan kantong
Kalau sesama baru, yg enak si q8 or gulf. Yg murah, ya gulf.
![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 287
- Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Kia_rio
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Saya pernah kena jg nih di sndeikazan wrote: Fri May 30, 2025 1:45kayanya di slek in bengkel tmp flushing, soalnya itu pertama kalinya ganti oli matic wkwk sblmnya ga pernah sentuh2 atau cek oli maticsintoni wrote: Thu May 29, 2025 1:40Kok bisa slek bautnya om?eikazan wrote: Wed May 28, 2025 10:24 Pas bahas overfill nih, kemarin akhirnya sy baru berhasil fine tune xpander AT![]()
udah hampir 1 tahun lalu xpander sy flush matic yang pakai mesin, nah beberapa bulan terakhir kerasa selip saat pindah gigi apalagi kalo bejek gas kerasa delay kaya pakai manual. Kalo jalan merayap antara gigi 1 dan 2 kadang nyendal sendiri spt bingung mau downshift tapi lgsg upshift lg. Ditambah lagi tiap habis parkir dari P ke R hampir selalu jeduk, kalo parkir agak miring tambah keras jedaknya
Sy kira mungkin karna oli matic berkurang gara2 sempat rembes lembab di seal kruk as blkg tapi skrg kering, jadi inisiatif mau refill + fine tune.
Bulan lalu ngolong baru tau kalo baut cek level L5 nya slek, coba beli sampai 3 macem screw extractor, bolt extractor tetep ga bisa buka bautnya.![]()
Akhirnya kemarin coba dilas mau ditambah baut biar bisa dibuka, eh bautnya gak mau nempel, tapi untung dicoba putar pakai tang malah bisa kebuka
Waktu dibuka olinya langsung nyembur kayak m*ncr*t![]()
bawa gelas tampung cuma yg 500ml karna ekspektasi kalo overfillpun paling 100-200ml, eh ternyata sampe luber2
hasil akhir yang tertampung hampir 1/2 botol aq*a besar + mungkin 200 ml an yang tumpah ke jalanjadi total overfillnya kira2 800ml
Sekarang shift lebih cepat gak delay, bejek gas jg shiftnya alus gak berasa nyendal. Dari P ke R juga udah nggak jeduk2 lagi![]()
Ini ceknya pas kondisi mesin nyala atau mati ya?![]()
keliatan ada bekas paksaan di daerah luar lubangnya, mungkin lobang L5 dipaksa masuk L6![]()
ceknya pas mesin mati gan
Buka pake power tools keknya makanya slek
Ampe turun carter tuh mw mampus bukanya
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue May 20, 2025 4:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda6 Elite Sedan
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
beli oli gulf dimana yang aman ? takut ada kw kw nya ga si kak ? bagi link nya gitujosomba wrote: Wed May 21, 2025 6:526AT masdut, ane pernah pake q8 auto mv (ada yg versi baru menurut sahabatq8), aisin afw-vi, sekarang lagi pake gulf atf lv.alv112 wrote: Wed May 21, 2025 3:38 Sepuh sepuh izin bertanya mohon dibantu jawab , rekomendasi oli matic untuk mazda 6 skyactive apa ya ? Yang ramah untuk mobil Dan kantong
Kalau sesama baru, yg enak si q8 or gulf. Yg murah, ya gulf.
![]()

kalau aku pakai aisin afw vi gimana ka ? apakah perpindahan gigi jadi sedikit bermasalah ?
filter oli gimana tu ? di shopee ada yg jual filter oli mazda 6 seharga 60rb - 70 rb an . apakah ini bisa dipakai dan aman ?
Last edited by alv112 on Mon Jun 09, 2025 6:12, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3068
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Di Toda aja. Ane beli gulf atf lv di Toda (tp via shopee).alv112 wrote: Mon Jun 09, 2025 5:09
beli oli gulf dimana yang aman ? takut ada kw kw nya ga si kak ? bagi link nya gitu
kalau aku pakai aisin afw vi gimana ka ? apakah perpindahan gigi jadi sedikit bermasalah ?
filter oli gimana tu ? di shopee ada yg jual filter oli mazda 6 seharga 60rb - 70 rb an . apakah ini bisa dipakai dan aman ?
Aisin afw vi ga bikin sampe masalah juga, tp lebih cepet shiftingnya pake gulf atau pun q8, om bisa lihat sendiri di PDS-nya kinematic visco 100C di bawah 6.0 sedangkan aisin afw vi kalau ga salah inget 6.1 atau 6.2 (lebih kentel dikit)

-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue May 20, 2025 4:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda6 Elite Sedan
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
kalau filter oli matic gimana om ? perlu ganti kah ? kilometer sekarang di 30.000km . aku cari di shopee ada yang jual di 75rb. apakah ini aman untuk digunakan ? atau wajib yg original ? yg original cukup menguras kantong.josomba wrote: Mon Jun 09, 2025 8:41Di Toda aja. Ane beli gulf atf lv di Toda (tp via shopee).alv112 wrote: Mon Jun 09, 2025 5:09
beli oli gulf dimana yang aman ? takut ada kw kw nya ga si kak ? bagi link nya gitu
kalau aku pakai aisin afw vi gimana ka ? apakah perpindahan gigi jadi sedikit bermasalah ?
filter oli gimana tu ? di shopee ada yg jual filter oli mazda 6 seharga 60rb - 70 rb an . apakah ini bisa dipakai dan aman ?
Aisin afw vi ga bikin sampe masalah juga, tp lebih cepet shiftingnya pake gulf atau pun q8, om bisa lihat sendiri di PDS-nya kinematic visco 100C di bawah 6.0 sedangkan aisin afw vi kalau ga salah inget 6.1 atau 6.2 (lebih kentel dikit)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3515
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
oli kalo udah murah, biasanya enggan dipalsuin. bo chuan lah.alv112 wrote: Mon Jun 09, 2025 5:09beli oli gulf dimana yang aman ? takut ada kw kw nya ga si kak ? bagi link nya gitujosomba wrote: Wed May 21, 2025 6:526AT masdut, ane pernah pake q8 auto mv (ada yg versi baru menurut sahabatq8), aisin afw-vi, sekarang lagi pake gulf atf lv.alv112 wrote: Wed May 21, 2025 3:38 Sepuh sepuh izin bertanya mohon dibantu jawab , rekomendasi oli matic untuk mazda 6 skyactive apa ya ? Yang ramah untuk mobil Dan kantong
Kalau sesama baru, yg enak si q8 or gulf. Yg murah, ya gulf.
![]()
kalau aku pakai aisin afw vi gimana ka ? apakah perpindahan gigi jadi sedikit bermasalah ?
filter oli gimana tu ? di shopee ada yg jual filter oli mazda 6 seharga 60rb - 70 rb an . apakah ini bisa dipakai dan aman ?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3068
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Buset, harga resmi biasa >800 ribuan -- masa berani beli barang harga 75rb om?alv112 wrote: Mon Jun 09, 2025 8:48 kalau filter oli matic gimana om ? perlu ganti kah ? kilometer sekarang di 30.000km . aku cari di shopee ada yang jual di 75rb. apakah ini aman untuk digunakan ? atau wajib yg original ? yg original cukup menguras kantong.
Baru 30k juga ga perlu dulu, saya terakhir ngintip filter oli metik baru agak gelap di 80k KM (di mazda 2 dulu). Cuman tetep nanti pas waktunya mau ganti pun, beli yg asli saja.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11941
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
josomba wrote: Tue Jun 10, 2025 6:10
Buset, harga resmi biasa >800 ribuan -- masa berani beli barang harga 75rb om?
Baru 30k juga ga perlu dulu, saya terakhir ngintip filter oli metik baru agak gelap di 80k KM (di mazda 2 dulu). Cuman tetep nanti pas waktunya mau ganti pun, beli yg asli saja.
mungkin itu pilter metik kijang doyok kang....
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Jun 24, 2025 5:01
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Suzuki Splash
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
(ASK)
Izin bertanya om² semua barusan ganti oli transmisi matic (tap), mobil saya Suzuki Splash. Sama beres suzuki dikasih oli ATF AW-1, pas saya baca manual book disarankan untuk pakai oli ATF 3317, apa memang Splash AT gamasalah pakai oli ATF AW-1? Oli yg di tap jg cuma 2liter, dimanual book untuk pergantian oli dgn metode (tap) tertera 2,7liter. Mohon tanggapannya om² semua
Izin bertanya om² semua barusan ganti oli transmisi matic (tap), mobil saya Suzuki Splash. Sama beres suzuki dikasih oli ATF AW-1, pas saya baca manual book disarankan untuk pakai oli ATF 3317, apa memang Splash AT gamasalah pakai oli ATF AW-1? Oli yg di tap jg cuma 2liter, dimanual book untuk pergantian oli dgn metode (tap) tertera 2,7liter. Mohon tanggapannya om² semua
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2581
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Aw1 lebih encer dari atf 3317. Tapi setau saya sih compatible ya jadi bisa gantikan atf 3317 dengan aw1 (tapi tidak sebaliknya).Tuwill wrote: Tue Jun 24, 2025 5:05 (ASK)
Izin bertanya om² semua barusan ganti oli transmisi matic (tap), mobil saya Suzuki Splash. Sama beres suzuki dikasih oli ATF AW-1, pas saya baca manual book disarankan untuk pakai oli ATF 3317, apa memang Splash AT gamasalah pakai oli ATF AW-1? Oli yg di tap jg cuma 2liter, dimanual book untuk pergantian oli dgn metode (tap) tertera 2,7liter. Mohon tanggapannya om² semua![]()
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
baru aja tap oli matic pakai mobil Dex 6 sama oli gardan mobil GL 5 jg , mantep sih jadi lebih smooth perpindahan dan jg lebih enteng, sebelumnya ganti di KM 75 rb tapi kelupaan sampe baru diganti di KM 115 rb
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Jun 25, 2025 5:34
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Suzuki XL7
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Permisi suhu2 semua, ane ada rencana buat Ganti Oli Matic buat XL7, mungkin bisa dapet petunjuk. Di Manual standardnya adalah AW-1, untuk ganti ada rencana milih diantara pilihan ini:
km 20K -> tap, keluarin oli matic di tap (yg cuman nambah 3 liter)
km 40k -> flushing alat
km 60k -> tap
km 80k -> turunin bodi valve -> sekalian ganti filter matic
apakah kira2 sudah sesuai? atau ada rekomendasinya? mohon infonya.
- Mobil Dexron VI ATF Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 -> 5,83 (Rp 90K/liter)
Total Fluidmatic LV MV Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 ->6.054 (Rp 150k/liter)
Q8 Auto MV Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 ->5.8 (Rp 200k/liter)
km 20K -> tap, keluarin oli matic di tap (yg cuman nambah 3 liter)
km 40k -> flushing alat
km 60k -> tap
km 80k -> turunin bodi valve -> sekalian ganti filter matic
apakah kira2 sudah sesuai? atau ada rekomendasinya? mohon infonya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2581
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Sebenernya oli matic susah bandingin dari spek kekentalan. Tapi in general kalo mau encer dan proteksinya tetap bagus harus kualitasnya lebih bagus. Kalau tidak, setelah pemakaian viscositynya ngedrop jauh.oemlover wrote: Wed Jun 25, 2025 5:47 Permisi suhu2 semua, ane ada rencana buat Ganti Oli Matic buat XL7, mungkin bisa dapet petunjuk. Di Manual standardnya adalah AW-1, untuk ganti ada rencana milih diantara pilihan ini:Sama mau nanya, kalau rekomendasi apakah flushing (yg pake alat flushing) direkomendasikan? soalnya ini kemungkianan rencana nya:
- Mobil Dexron VI ATF Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 -> 5,83 (Rp 90K/liter)
Total Fluidmatic LV MV Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 ->6.054 (Rp 150k/liter)
Q8 Auto MV Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 ->5.8 (Rp 200k/liter)
km 20K -> tap, keluarin oli matic di tap (yg cuman nambah 3 liter)
km 40k -> flushing alat
km 60k -> tap
km 80k -> turunin bodi valve -> sekalian ganti filter matic
apakah kira2 sudah sesuai? atau ada rekomendasinya? mohon infonya.
Kalo saya prefer pertamanya flushing , baru setelahnya kalau mau di tap aja gpp sekalian ganti filter di 100rb km.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Jun 25, 2025 5:34
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Suzuki XL7
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Berarti per 50k ya om? Flushing pake mesin aman om? Kog banyak yg info klo flushing pake mesin risiko ngejedug atau malah issue di matic? Gegara kotoran yg katanya udah ngumpul di filter nya naik lagi, tapi kmaren sempet nanya iseng ke bengkel resmi SOP mereka pake alat flushing jga n aman2 aja sampe skg.sahabatq8 wrote: Wed Jun 25, 2025 6:15Sebenernya oli matic susah bandingin dari spek kekentalan. Tapi in general kalo mau encer dan proteksinya tetap bagus harus kualitasnya lebih bagus. Kalau tidak, setelah pemakaian viscositynya ngedrop jauh.oemlover wrote: Wed Jun 25, 2025 5:47 Permisi suhu2 semua, ane ada rencana buat Ganti Oli Matic buat XL7, mungkin bisa dapet petunjuk. Di Manual standardnya adalah AW-1, untuk ganti ada rencana milih diantara pilihan ini:Sama mau nanya, kalau rekomendasi apakah flushing (yg pake alat flushing) direkomendasikan? soalnya ini kemungkianan rencana nya:
- Mobil Dexron VI ATF Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 -> 5,83 (Rp 90K/liter)
Total Fluidmatic LV MV Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 ->6.054 (Rp 150k/liter)
Q8 Auto MV Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 ->5.8 (Rp 200k/liter)
km 20K -> tap, keluarin oli matic di tap (yg cuman nambah 3 liter)
km 40k -> flushing alat
km 60k -> tap
km 80k -> turunin bodi valve -> sekalian ganti filter matic
apakah kira2 sudah sesuai? atau ada rekomendasinya? mohon infonya.
Kalo saya prefer pertamanya flushing , baru setelahnya kalau mau di tap aja gpp sekalian ganti filter di 100rb km.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2581
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Flush tiap 30-40rb aman kalo oli bagus. Kalo oli udah terlalu kotor betul bisa masalah di flushing. Selama oli rutin ganti sih gak masalah ya.oemlover wrote: Wed Jun 25, 2025 6:21Berarti per 50k ya om? Flushing pake mesin aman om? Kog banyak yg info klo flushing pake mesin risiko ngejedug atau malah issue di matic? Gegara kotoran yg katanya udah ngumpul di filter nya naik lagi, tapi kmaren sempet nanya iseng ke bengkel resmi SOP mereka pake alat flushing jga n aman2 aja sampe skg.sahabatq8 wrote: Wed Jun 25, 2025 6:15Sebenernya oli matic susah bandingin dari spek kekentalan. Tapi in general kalo mau encer dan proteksinya tetap bagus harus kualitasnya lebih bagus. Kalau tidak, setelah pemakaian viscositynya ngedrop jauh.oemlover wrote: Wed Jun 25, 2025 5:47 Permisi suhu2 semua, ane ada rencana buat Ganti Oli Matic buat XL7, mungkin bisa dapet petunjuk. Di Manual standardnya adalah AW-1, untuk ganti ada rencana milih diantara pilihan ini:Sama mau nanya, kalau rekomendasi apakah flushing (yg pake alat flushing) direkomendasikan? soalnya ini kemungkianan rencana nya:
- Mobil Dexron VI ATF Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 -> 5,83 (Rp 90K/liter)
Total Fluidmatic LV MV Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 ->6.054 (Rp 150k/liter)
Q8 Auto MV Viskositas Kinematik @ 100 C, mm2/dt, ASTM D445 ->5.8 (Rp 200k/liter)
km 20K -> tap, keluarin oli matic di tap (yg cuman nambah 3 liter)
km 40k -> flushing alat
km 60k -> tap
km 80k -> turunin bodi valve -> sekalian ganti filter matic
apakah kira2 sudah sesuai? atau ada rekomendasinya? mohon infonya.
Kalo saya prefer pertamanya flushing , baru setelahnya kalau mau di tap aja gpp sekalian ganti filter di 100rb km.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/