Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
farizfsa wrote: Tue May 20, 2025 6:31
om om, mau nanya, rencana mau ganti oli transmisi, requirement nya sih cuma WS, aisin 8 speed.
kemarin2 udah liat ada amsoil, merah dan biru.
amsoil merah dan biru untuk ATF apa bedanya ya? dan lebih bagus yang mana?
Thank you in advance.
merah = mild viscosity, untuk matic mulai 4speed dan spek lama misal dexron III
Biru = fuel eficient/low viscosity untuk matic 5speed keatas, spek dexron VI
feri307 wrote: Thu Oct 03, 2024 6:58
Om2 suhu dan sesepuh, minta masukannya terkait penggantian oli transmisi DCT Santa Fe diesel. Oli DCT apa yg direkomendasikan, mengingat pabrikan di sini gak menyediakan oli yg sesuai permintaan dlm buku manualnya?
kmrn saya ganti oli DCT pake Q8 evo, tp di dct volvo.
sebelumnya pakai oli originalnya, jedug dan gampang panas dct nya
so far kemarin habis ganti kena macet2an tebet sudirman kuningan ga ada gejala jedug dan panas dctnya aman sentosa dan lebih sigap ganti giginya.
km mobil baru 109rb, transmisi dct nya ford powershift aka powershi t.
mau ganti amsoil, cuma 1quartz (900 sekian mili) itu 445rb, kali 7-8 botol lumayan jg. kalo ga salah si Q8 itu 310rb.
Tank oli dct volvo ada 2 atau cuma 1 om? Kalo santafe ini ada 2 tank, masing2 tank beda spec olinya.
satu kayanya om. cm beberapa kali pake mbl dct (mercy & vw) sih kalo tulisannya udh oli DCT lumayan universal ya. harusnya bs applicable ke hyundai dct juga.
feri307 wrote: Thu Oct 03, 2024 6:58
Om2 suhu dan sesepuh, minta masukannya terkait penggantian oli transmisi DCT Santa Fe diesel. Oli DCT apa yg direkomendasikan, mengingat pabrikan di sini gak menyediakan oli yg sesuai permintaan dlm buku manualnya?
kmrn saya ganti oli DCT pake Q8 evo, tp di dct volvo.
sebelumnya pakai oli originalnya, jedug dan gampang panas dct nya
so far kemarin habis ganti kena macet2an tebet sudirman kuningan ga ada gejala jedug dan panas dctnya aman sentosa dan lebih sigap ganti giginya.
km mobil baru 109rb, transmisi dct nya ford powershift aka powershi t.
mau ganti amsoil, cuma 1quartz (900 sekian mili) itu 445rb, kali 7-8 botol lumayan jg. kalo ga salah si Q8 itu 310rb.
Tank oli dct volvo ada 2 atau cuma 1 om? Kalo santafe ini ada 2 tank, masing2 tank beda spec olinya.
Iya si santa fe wetclutch tapi kyk mobil dry clutch olinya 2 dipisah
kmrn saya ganti oli DCT pake Q8 evo, tp di dct volvo.
sebelumnya pakai oli originalnya, jedug dan gampang panas dct nya
so far kemarin habis ganti kena macet2an tebet sudirman kuningan ga ada gejala jedug dan panas dctnya aman sentosa dan lebih sigap ganti giginya.
km mobil baru 109rb, transmisi dct nya ford powershift aka powershi t.
mau ganti amsoil, cuma 1quartz (900 sekian mili) itu 445rb, kali 7-8 botol lumayan jg. kalo ga salah si Q8 itu 310rb.
Tank oli dct volvo ada 2 atau cuma 1 om? Kalo santafe ini ada 2 tank, masing2 tank beda spec olinya.
satu kayanya om. cm beberapa kali pake mbl dct (mercy & vw) sih kalo tulisannya udh oli DCT lumayan universal ya. harusnya bs applicable ke hyundai dct juga.
Sebenernya kalo dry clutch biasanya pake gear oil untuk gearnya, kyk manual. Biasanya oli dct belum tentu anti wearnya sekelas gear gl4. Untungnya si DCT EVO bisa dia sekelas 75w GL4 jadi buat gear oil bmw m manual juga bisa.
Kalo Q8 DCT yang lama (udah lama discontinue, dulu pail pailan) ini seperti beberapa merek DCTF yang beredar di pasaran, cuma bisa untuk wet clutch, justru not recommended buat bagian gearnya dry clutch.
Tank oli dct volvo ada 2 atau cuma 1 om? Kalo santafe ini ada 2 tank, masing2 tank beda spec olinya.
satu kayanya om. cm beberapa kali pake mbl dct (mercy & vw) sih kalo tulisannya udh oli DCT lumayan universal ya. harusnya bs applicable ke hyundai dct juga.
Sebenernya kalo dry clutch biasanya pake gear oil untuk gearnya, kyk manual. Biasanya oli dct belum tentu anti wearnya sekelas gear gl4. Untungnya si DCT EVO bisa dia sekelas 75w GL4 jadi buat gear oil bmw m manual juga bisa.
Kalo Q8 DCT yang lama (udah lama discontinue, dulu pail pailan) ini seperti beberapa merek DCTF yang beredar di pasaran, cuma bisa untuk wet clutch, justru not recommended buat bagian gearnya dry clutch.
Buat oli pendingin santafe better dct evo atau gear oil manual t65 om?
satu kayanya om. cm beberapa kali pake mbl dct (mercy & vw) sih kalo tulisannya udh oli DCT lumayan universal ya. harusnya bs applicable ke hyundai dct juga.
Sebenernya kalo dry clutch biasanya pake gear oil untuk gearnya, kyk manual. Biasanya oli dct belum tentu anti wearnya sekelas gear gl4. Untungnya si DCT EVO bisa dia sekelas 75w GL4 jadi buat gear oil bmw m manual juga bisa.
Kalo Q8 DCT yang lama (udah lama discontinue, dulu pail pailan) ini seperti beberapa merek DCTF yang beredar di pasaran, cuma bisa untuk wet clutch, justru not recommended buat bagian gearnya dry clutch.
Buat oli pendingin santafe better dct evo atau gear oil manual t65 om?
Jangan T65 itu oli gardan gl5, kalo mau oli manual bisa pake Unishift PC Synth 75w80 gl4 (DCT dry vw /ford /kia) juga bisa pake ini. Tapi kalo saya sih better pake dct evo aj karena speknya hyundai agak tertutup gak tau gear oilnya ada friction modifier buat clutchnya ato gak. So far udah beberapa mobil pake DCT EVO di SanteFe aman sih
kmrn saya ganti oli DCT pake Q8 evo, tp di dct volvo.
sebelumnya pakai oli originalnya, jedug dan gampang panas dct nya
so far kemarin habis ganti kena macet2an tebet sudirman kuningan ga ada gejala jedug dan panas dctnya aman sentosa dan lebih sigap ganti giginya.
km mobil baru 109rb, transmisi dct nya ford powershift aka powershi t.
mau ganti amsoil, cuma 1quartz (900 sekian mili) itu 445rb, kali 7-8 botol lumayan jg. kalo ga salah si Q8 itu 310rb.
Tank oli dct volvo ada 2 atau cuma 1 om? Kalo santafe ini ada 2 tank, masing2 tank beda spec olinya.
satu kayanya om. cm beberapa kali pake mbl dct (mercy & vw) sih kalo tulisannya udh oli DCT lumayan universal ya. harusnya bs applicable ke hyundai dct juga.
Sebenernya kalo dry clutch biasanya pake gear oil untuk gearnya, kyk manual. Biasanya oli dct belum tentu anti wearnya sekelas gear gl4. Untungnya si DCT EVO bisa dia sekelas 75w GL4 jadi buat gear oil bmw m manual juga bisa.
Kalo Q8 DCT yang lama (udah lama discontinue, dulu pail pailan) ini seperti beberapa merek DCTF yang beredar di pasaran, cuma bisa untuk wet clutch, justru not recommended buat bagian gearnya dry clutch.
Buat oli pendingin santafe better dct evo atau gear oil manual t65 om?
Jangan T65 itu oli gardan gl5, kalo mau oli manual bisa pake Unishift PC Synth 75w80 gl4 (DCT dry vw /ford /kia) juga bisa pake ini. Tapi kalo saya sih better pake dct evo aj karena speknya hyundai agak tertutup gak tau gear oilnya ada friction modifier buat clutchnya ato gak. So far udah beberapa mobil pake DCT EVO di SanteFe aman sih
alv112 wrote: Wed May 21, 2025 3:38
Sepuh sepuh izin bertanya mohon dibantu jawab , rekomendasi oli matic untuk mazda 6 skyactive apa ya ? Yang ramah untuk mobil Dan kantong
6AT masdut, ane pernah pake q8 auto mv (ada yg versi baru menurut sahabatq8), aisin afw-vi, sekarang lagi pake gulf atf lv.
Kalau sesama baru, yg enak si q8 or gulf. Yg murah, ya gulf.
alv112 wrote: Wed May 21, 2025 3:38
Sepuh sepuh izin bertanya mohon dibantu jawab , rekomendasi oli matic untuk mazda 6 skyactive apa ya ? Yang ramah untuk mobil Dan kantong
6AT masdut, ane pernah pake q8 auto mv (ada yg versi baru menurut sahabatq8), aisin afw-vi, sekarang lagi pake gulf atf lv.
Kalau sesama baru, yg enak si q8 or gulf. Yg murah, ya gulf.
alv112 wrote: Wed May 21, 2025 3:38
Sepuh sepuh izin bertanya mohon dibantu jawab , rekomendasi oli matic untuk mazda 6 skyactive apa ya ? Yang ramah untuk mobil Dan kantong
6AT masdut, ane pernah pake q8 auto mv (ada yg versi baru menurut sahabatq8), aisin afw-vi, sekarang lagi pake gulf atf lv.
Kalau sesama baru, yg enak si q8 or gulf. Yg murah, ya gulf.
repsol mv6 malah lebih murah lagi
Ini ane lg pake MV6 di M2S.
Ga tau bedanya sama bawaan FZ, soalny eco driving dalam kota aja.
Slashjfr wrote: Fri May 16, 2025 5:04
Halo om, udah ganti oli dctnya? Kalo udah, pakai apa om untuk oli kontrol dan oli pendingin?
Belum Om.. Oli kontrol udah ada kandidatnya yg banyak beredar di pasar kita, Q8 DCT Evo. Untuk oli pendingin yg blm ketemu kandidatnya. Sepertinya, oli pendingin ini bisa pakai oli MTF, karena prinsip kerjanya mirip2. Baca2 info jg, konon idealnya maksimal V100 olinya di angka 6. Tp, mengingat pemakaian kita sepertinya 99% ada di iklim tropis, mungkin V100 maks. 7 jg masih okelah.
Kabar2in lagi kalo udah ketemu oli yg ideal ya Om..
farizfsa wrote: Tue May 20, 2025 6:34
kmrn saya ganti oli DCT pake Q8 evo, tp di dct volvo.
sebelumnya pakai oli originalnya, jedug dan gampang panas dct nya
so far kemarin habis ganti kena macet2an tebet sudirman kuningan ga ada gejala jedug dan panas dctnya aman sentosa dan lebih sigap ganti giginya.
km mobil baru 109rb, transmisi dct nya ford powershift aka powershi t.
mau ganti amsoil, cuma 1quartz (900 sekian mili) itu 445rb, kali 7-8 botol lumayan jg. kalo ga salah si Q8 itu 310rb.
farizfsa wrote: Tue May 20, 2025 6:34
kmrn saya ganti oli DCT pake Q8 evo, tp di dct volvo.
sebelumnya pakai oli originalnya, jedug dan gampang panas dct nya
so far kemarin habis ganti kena macet2an tebet sudirman kuningan ga ada gejala jedug dan panas dctnya aman sentosa dan lebih sigap ganti giginya.
km mobil baru 109rb, transmisi dct nya ford powershift aka powershi t.
mau ganti amsoil, cuma 1quartz (900 sekian mili) itu 445rb, kali 7-8 botol lumayan jg. kalo ga salah si Q8 itu 310rb.
farizfsa wrote: Mon May 26, 2025 2:47
DCT wet clutch om volvo saya.
Santa Fe diesel yg generasi terakhir jg wet clutch, Om. Cuma, dia punya dua karter terpisah. Di istilahnya Hyundai, satu untuk oli kontrol, satu untuk oli pendingin.
Yg bikin bingung, oli kontrol berdasarkan bukman minta spek "API GL4, Hyundai WDHO." Sementara, dari pengamatan saya, oli DCT dari berbagai merek yg mencantumkan spek comply ke Hyundai WDHO justru gak ada menampilkan spek GL4. Justru oli2 MTF yg mencantumkan spek GL4 itu. Bagi saya, oli kontrol udah "ketemu" nih, tinggal oli pendinginnya aja yg masih ragu, mau pake oli DCT jg ato pake oli MTF yg comply ke spek GL4.
farizfsa wrote: Mon May 26, 2025 2:47
DCT wet clutch om volvo saya.
Santa Fe diesel yg generasi terakhir jg wet clutch, Om. Cuma, dia punya dua karter terpisah. Di istilahnya Hyundai, satu untuk oli kontrol, satu untuk oli pendingin.
Yg bikin bingung, oli kontrol berdasarkan bukman minta spek "API GL4, Hyundai WDHO." Sementara, dari pengamatan saya, oli DCT dari berbagai merek yg mencantumkan spek comply ke Hyundai WDHO justru gak ada menampilkan spek GL4. Justru oli2 MTF yg mencantumkan spek GL4 itu. Bagi saya, oli kontrol udah "ketemu" nih, tinggal oli pendinginnya aja yg masih ragu, mau pake oli DCT jg ato pake oli MTF yg comply ke spek GL4.
Kalo pake Q8 DCT EVO aman soalnya walaupun dia gak nulis GL4, oli ini bisa dipake buat BMW manual yang pake mtf encer.
farizfsa wrote: Tue May 20, 2025 6:34
kmrn saya ganti oli DCT pake Q8 evo, tp di dct volvo.
sebelumnya pakai oli originalnya, jedug dan gampang panas dct nya
so far kemarin habis ganti kena macet2an tebet sudirman kuningan ga ada gejala jedug dan panas dctnya aman sentosa dan lebih sigap ganti giginya.
km mobil baru 109rb, transmisi dct nya ford powershift aka powershi t.
mau ganti amsoil, cuma 1quartz (900 sekian mili) itu 445rb, kali 7-8 botol lumayan jg. kalo ga salah si Q8 itu 310rb.
DCT mobil Volvo-nya tipe dry clutch kah, Om?
Powershift ada 2. Dry clutch kyk di fiesta sama wet clutch kyk di volvo. Setau saya sama-sama 6 speed
farizfsa wrote: Tue May 20, 2025 6:34
kmrn saya ganti oli DCT pake Q8 evo, tp di dct volvo.
sebelumnya pakai oli originalnya, jedug dan gampang panas dct nya
so far kemarin habis ganti kena macet2an tebet sudirman kuningan ga ada gejala jedug dan panas dctnya aman sentosa dan lebih sigap ganti giginya.
km mobil baru 109rb, transmisi dct nya ford powershift aka powershi t.
mau ganti amsoil, cuma 1quartz (900 sekian mili) itu 445rb, kali 7-8 botol lumayan jg. kalo ga salah si Q8 itu 310rb.
DCT mobil Volvo-nya tipe dry clutch kah, Om?
Powershift ada 2. Dry clutch kyk di fiesta sama wet clutch kyk di volvo. Setau saya sama-sama 6 speed
yes betul, ford fiesta focus ecosport itu pake dry clutch dct powershift.
yg volvo versi wet clutch makanya lumayan awet dan adem, ga terlalu jitter judder geter kaya dry clutch.
dua duanya 6 speed.
cm memang perpindahan gigi gas nanggung ga bs smooth2 amat, apa lg kalo 1-2. 3-6 lumayan smooth dan cepet.
sahabatq8 wrote: Mon May 26, 2025 5:05
Kalo pake Q8 DCT EVO aman soalnya walaupun dia gak nulis GL4, oli ini bisa dipake buat BMW manual yang pake mtf encer.
Kira2, DCT Evo ini SAE brp ya Om? Spek Hyundai minta 70W. Mungkin di negara kita, 75 ato 80W masih bisalah.
Oya, OOT dikit ke obrolan di trit oli mesin, saya udah cari tuh yg Om rekomendasiin, Formula Special M 5w40 (spek ACEA C3), kagak ada yg jual
sahabatq8 wrote: Mon May 26, 2025 5:05
Kalo pake Q8 DCT EVO aman soalnya walaupun dia gak nulis GL4, oli ini bisa dipake buat BMW manual yang pake mtf encer.
Kira2, DCT Evo ini SAE brp ya Om? Spek Hyundai minta 70W. Mungkin di negara kita, 75 ato 80W masih bisalah.
Oya, OOT dikit ke obrolan di trit oli mesin, saya udah cari tuh yg Om rekomendasiin, Formula Special M 5w40 (spek ACEA C3), kagak ada yg jual
75w om. So far gak masalah sih om di santa fe yang udah udah.
Special M 5w40 bisa beli langsung om, barangnya baru sampe sekitar 2 bulan masih fresh. PM aja om ato WA nanti saya kasih diskon.
sahabatq8 wrote: Mon May 26, 2025 5:05
Kalo pake Q8 DCT EVO aman soalnya walaupun dia gak nulis GL4, oli ini bisa dipake buat BMW manual yang pake mtf encer.
Kira2, DCT Evo ini SAE brp ya Om? Spek Hyundai minta 70W. Mungkin di negara kita, 75 ato 80W masih bisalah.
Oya, OOT dikit ke obrolan di trit oli mesin, saya udah cari tuh yg Om rekomendasiin, Formula Special M 5w40 (spek ACEA C3), kagak ada yg jual
75w om. So far gak masalah sih om di santa fe yang udah udah.
Special M 5w40 bisa beli langsung om, barangnya baru sampe sekitar 2 bulan masih fresh. PM aja om ato WA nanti saya kasih diskon.
kli lihat visco buat MTF.
ini Q8 DCT Evo masuk low visco yaa
mirip banget sm MTF 70W75 nya redline
V100 nya di 6 koma
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri