Penyebab transmisi CVT jebol

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Herman7103 »

Profith83 wrote:HR15DE manual dulu saya thn 2007 juga minum premium.
Asal sering RPM tinggi malah tidak ada nglitik.

Tapi kaki kaki nyerah thn 2012. Terasa gludug gludug kalau kena lobang. Waktu mau bongkar dijelasin partnya apa saja selain shock. Yg pasti 4 shock plus pasang 4 jtan. Itupun murbi shock saja, belum kalau ada printilan yg lain
Untuk HR15DE First generation memang sering saya baca tentang kelemahan part kaki kakinya yg perlu diganti setelah pemakaian 5 tahunan tapi untuk HR15DE Twin VTC generasi mesin tipe L11 seperti yg saya miliki sekarang kayaknya sudah ada improvement deh karena 7 tahun lebih tuh part kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT 2014 masih bawaan orok dari dealernya sampai sekarang dan belum ada suara gludug gludug nya saat mobil Jalan di aspal jelek/berlobang.Yang saya rasakan bedanya sekarang cuma fuel consumption saja yang tidak se-eficient dulu saat baru keluar dari dealer, dimana dulu dengan BBM Premium juga sangat mudah mencapai fuel consumption 1 ltr : diatas 17 Km, tapi sekarang dengan BBM yg sama cuma 16 Km, but for me is still good number due to after 7 year used it.
:glodak:
HR15DE 2014
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by benzz89 »

Herman7103 wrote:
Profith83 wrote:HR15DE manual dulu saya thn 2007 juga minum premium.
Asal sering RPM tinggi malah tidak ada nglitik.

Tapi kaki kaki nyerah thn 2012. Terasa gludug gludug kalau kena lobang. Waktu mau bongkar dijelasin partnya apa saja selain shock. Yg pasti 4 shock plus pasang 4 jtan. Itupun murbi shock saja, belum kalau ada printilan yg lain
Untuk HR15DE First generation memang sering saya baca tentang kelemahan part kaki kakinya yg perlu diganti setelah pemakaian 5 tahunan tapi untuk HR15DE Twin VTC generasi mesin tipe L11 seperti yg saya miliki sekarang kayaknya sudah ada improvement deh karena 7 tahun lebih tuh part kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT 2014 masih bawaan orok dari dealernya sampai sekarang dan belum ada suara gludug gludug nya saat mobil Jalan di aspal jelek/berlobang.Yang saya rasakan bedanya sekarang cuma fuel consumption saja yang tidak se-eficient dulu saat baru keluar dari dealer, dimana dulu dengan BBM Premium juga sangat mudah mencapai fuel consumption 1 ltr : diatas 17 Km, tapi sekarang dengan BBM yg sama cuma 16 Km, but for me is still good number due to after 7 year used it.
Ane kl hitung fuel consumption gak pake patokan angka di mid, krn mid itu gak real, ada yg nilainya lebih rendah (lebih baik) dr metode full to full, tp ada jg yg lebih tinggi (lebih jelek)... deviasinya mau2nya fabriekan.

Ane waktu mau beli lipindut L10 taon 2011 akhir itu jg kepincut ama fuel consumptionnya yg hasil tes beberapa media katanya bs sampai 1:18-21.

Tp kenyataannya metode full to full dapetnya 1:10-12 dalam kota-luar kota. Kl full tol jalan rata sih dapatlah 1:14 full loaded isi 5 orang + barang, bbm jg premium (dulu msh gampang dapetnya) krn sdh pernah pakai pertalite, pertamax & pertamax plus tetap ngilitik. Transmisi msh pakai geard A/T konvensional. Ini ane tinggal di Jakarta yah, tau sendiri gimana kejamnya [emoji5]

Kl tinggal di luar Jakarta kaya om Herman & bawanya santai di jalan arteri dgn kecepatan rata2 di 80-an KM & lipindut L11 sdh pakai CVT dapat 1:16-17 di mid sih termasuk wajar, apalagi cuman sendirian doang gak full loaded.

Mid nya lipindut L10 seingat ane deviasinya bisa sampai 10% antara mid dgn full to full, biasalah fabriekan suka "nyolong" buat seneng2in konsumennya, kaya kasus nisin maret yg di protes krn konsumsi bbm tdk sesuai klaim fabriekan.

Bagaimana pun mesin racing lipindut sih msh termasuk irit asal tau "sela" bawanya, ntah gimana ramuannya, daya glidingnya bisa jauh, jd gak perlu injak gas dia msh bisa jalan terus, gak berhenti2, sweet spot nya disana, apabila dikasih CVT sih ya wajar bisa lebih hemat lg bbm nya banding gear konvensional.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by adityabp »

DOHC wrote: Fri Jun 04, 2021 10:08
Omnibus wrote: Fri Jun 04, 2021 9:27
DOHC wrote: Fri Jun 04, 2021 7:24

Kan mbah masas dah perna bersabda

Itu cvt ibarat mesin gerus besi.. ntuh belt baja ibarat diserut pelan2

Makanya wajip atf bagus, atau at least minim kontaminan
bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.

skrg ane kepikiran mbah. gara2 kemaren di tret review corolla cross bilang karakter cvt toyota ada kerasa shifting nya jd lbh natural. nah ane mikir itu kaya di ahond pake paddle shift full manual jd ngopernya ratio udah pasti. bukan kaya kita taruh di D atau S full auto ya. dengan begitu mungkin si yota itu mereduksi slip = reduksi gerusan besi. soalnya pas rubah ratio kalo ala2 full auto itu kan si pulley ngegencet belt, gede pasti tuh gerusannya.
Bsa cara begitu

Atauuu

Apa jangan2 sensasi shifting nya itu karena stelan d selenoid nya aj kl yah mbah

Btw, toyota punya cvt utk enjin2 ga tralu gede malah ckup canggih loh mbah, D-CVT kl ga salah, kaya bsa ad engage disengage nya, jd kl macet pake cvt, kl lancar pake metik geared biasa
CVT+Lowgear. Low gear buat start jalan. Begitu mobil dah gerak, low gear disengage CVT engage.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by bensinsolar »

OS ane kmrn lagi mau adu irit2an bisa 1:15 tp karena tolnya kurang panjang +/- 3km mau 1:16 ga kesampaian karena sisanya +/- 3km jl biasa non macet tp byk lampu merah :mky_04:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Duvebriliant0 »

om om mau tanyak dong, kalo keseringan make manual mode di cvt itu aman gk sih?
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Profith83 »

Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:37 om om mau tanyak dong, kalo keseringan make manual mode di cvt itu aman gk sih?
CVT apa ada manualnya? yang ada sport mode
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba »

Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:43
Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:37 om om mau tanyak dong, kalo keseringan make manual mode di cvt itu aman gk sih?
CVT apa ada manualnya? yang ada sport mode
"virtual" manual mgkn ya om, misal di jazz (triptronic), xtrail, dll...
Image
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Profith83 »

josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 7:57
Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:43
Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:37 om om mau tanyak dong, kalo keseringan make manual mode di cvt itu aman gk sih?
CVT apa ada manualnya? yang ada sport mode
"virtual" manual mgkn ya om, misal di jazz (triptronic), xtrail, dll...
Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimana
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 8:03
josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 7:57
Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:43

CVT apa ada manualnya? yang ada sport mode
"virtual" manual mgkn ya om, misal di jazz (triptronic), xtrail, dll...
Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimana
ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?

tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Duvebriliant0 »

Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36
Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 8:03
josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 7:57

"virtual" manual mgkn ya om, misal di jazz (triptronic), xtrail, dll...
Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimana
ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?

tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.
betul oom itu kalo cvtnya honda, yg saya di altis itu jadi sampingnya D ada M buat mode manual tp di D pun kalo paddleshiftnya di teken ntar jd "manual" bentar terus balik ke auto lagi... nah itu gimana om aman ga yaa kalo keseringan dipake? soalnya kan dia mestinya bebas gerak rasionya tapi malah seolah olah di "lock"... sorry kalo belepotan :big_peace:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36
Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 8:03
josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 7:57

"virtual" manual mgkn ya om, misal di jazz (triptronic), xtrail, dll...
Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimana
ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?

tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.
Nah kalau di Mobilio gak ada tuh mbah mode manual, gak ada paddle shift, gak ada penunjuk gigi di layar, adanya cuma S doang. Jadi tidak semua CVT ada mode manualnya.
Jadi saya tanya ke ts nya :big_grin:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Duvebriliant0 »

Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:01
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36
Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 8:03

Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimana
ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?

tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.
Nah kalau di Mobilio gak ada tuh mbah mode manual, gak ada paddle shift, gak ada penunjuk gigi di layar, adanya cuma S doang. Jadi tidak semua CVT ada mode manualnya.
Jadi saya tanya ke ts nya :big_grin:
iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy :big_peace:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Omnibus »

Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 10:56
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36
Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 8:03

Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimana
ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?

tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.
betul oom itu kalo cvtnya honda, yg saya di altis itu jadi sampingnya D ada M buat mode manual tp di D pun kalo paddleshiftnya di teken ntar jd "manual" bentar terus balik ke auto lagi... nah itu gimana om aman ga yaa kalo keseringan dipake? soalnya kan dia mestinya bebas gerak rasionya tapi malah seolah olah di "lock"... sorry kalo belepotan :big_peace:
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha

aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Profith83 »

Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:07
iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy :big_peace:
hahaha ... is ok OM. Santai aja.
Kebetulan om tidak pernah lihat dan saya pernah lihat.

pernah baca kalau CVT tidak cocok untuk ditarik tarik (sentak sentak) karena dia pakai rantai/belt baja.
Bukan pakai gear. beltnya rentan hancur. Pernah lihat yang hancur/terlepas/protol kecil kecil.

CVT cocoknya ditarik pelan pelan, sampai kecepatan tinggi pun tak apa jangan dikagetin.
Sering dikagetin rusak juga seal drive shaft dll.

Pastikan 2 thn atau max 20rb KM ganti olinya
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by josomba »

Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha

aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
dan biasanya ada preventive system (biar ga salah gigi) juga kan ya mbah di beberapa mobil CVT/Conventional matic yg bisa "manual" mode.

kalau sipiti di nissin yg bisa xtronic, saya gabisa turunin gigi kalau RPM "bakalan ketinggian" maupun naikin gigi kalau RPM "bakalan kerendahan". Indikator gigi di MID kedip2.

Sama juga terjadi di 6AT mobil kutu saya sekarang ini.

:big_childish:
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Omnibus »

josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 11:34
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha

aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
dan biasanya ada preventive system (biar ga salah gigi) juga kan ya mbah di beberapa mobil CVT/Conventional matic yg bisa "manual" mode.

kalau sipiti di nissin yg bisa xtronic, saya gabisa turunin gigi kalau RPM "bakalan ketinggian" maupun naikin gigi kalau RPM "bakalan kerendahan". Indikator gigi di MID kedip2.

Sama juga terjadi di 6AT mobil kutu saya sekarang ini.

:big_childish:
betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by epinjose »

Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:39

betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.
Eh iya ya om? ok2 next biarin D aja deh biar dia atur sendiri..

Saya kadang kalo lagi nanjak panjang, saya pantengin di 7 or 6 trus 1/2 throttle, biar gak berisik.
Pernah coba nanjak tahan di 7 (rpm 1800 an), full throttle 5 detikan, dia gak downshift sih. tp spedometer jg gak gerak.. haha
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Omnibus »

epinjose wrote: Thu Jul 15, 2021 14:02
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:39

betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.
Eh iya ya om? ok2 next biarin D aja deh biar dia atur sendiri..

Saya kadang kalo lagi nanjak panjang, saya pantengin di 7 or 6 trus 1/2 throttle, biar gak berisik.
Pernah coba nanjak tahan di 7 (rpm 1800 an), full throttle 5 detikan, dia gak downshift sih. tp spedometer jg gak gerak.. haha
hahaha nah itu yg sy bold, sebaiknya jangan om

sy jg baru tau dr yutup, ada yg pake 4x4 menderek caravan di belakangnya, nah pas cruising di tol mrk pakai overdrive gear dan itu lbh sering bikin transmisi jebol. mrk sarankan kl narik beban ratio terendah adalah direct drive (ratio 1:1). misalnya direct drive mobil kita di gigi 4, maka kl bawa beban berat apalagi tanjakan pakailah gigi 4, 3, 2, atau 1. jangan pakai gigi 5, 6, 7 (yg overdrive)
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by ginting »

Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:39
josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 11:34
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha

aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
dan biasanya ada preventive system (biar ga salah gigi) juga kan ya mbah di beberapa mobil CVT/Conventional matic yg bisa "manual" mode.

kalau sipiti di nissin yg bisa xtronic, saya gabisa turunin gigi kalau RPM "bakalan ketinggian" maupun naikin gigi kalau RPM "bakalan kerendahan". Indikator gigi di MID kedip2.

Sama juga terjadi di 6AT mobil kutu saya sekarang ini.

:big_childish:
betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.
Kalau di MuX maka kalau misal kita jalan speed 40 kmpj, di gigi 3 , lalu kita over ke gigi 4, dan torsi dihitung oleh computer gak bakal cukup, maka bunyi bip bip bip 3 kali..... dan gigi gak mau naek.
btw, kalau saya karena mux cuma 5 speed maka kalau ke lukot jalan biasa seringnya pakai gigi 4..itu gigi enak in term of speed dan akselerasi saat digas terasa narek...kalau gigi 5 maka kalau cruising aja sih bisa tp saat digas terasa kurang narek...

saya jarang kick down..lebih suka pakai tuas saja diover ke (+)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Omnibus »

ginting wrote: Thu Jul 15, 2021 16:38
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:39
josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 11:34

dan biasanya ada preventive system (biar ga salah gigi) juga kan ya mbah di beberapa mobil CVT/Conventional matic yg bisa "manual" mode.

kalau sipiti di nissin yg bisa xtronic, saya gabisa turunin gigi kalau RPM "bakalan ketinggian" maupun naikin gigi kalau RPM "bakalan kerendahan". Indikator gigi di MID kedip2.

Sama juga terjadi di 6AT mobil kutu saya sekarang ini.

:big_childish:
betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.
Kalau di MuX maka kalau misal kita jalan speed 40 kmpj, di gigi 3 , lalu kita over ke gigi 4, dan torsi dihitung oleh computer gak bakal cukup, maka bunyi bip bip bip 3 kali..... dan gigi gak mau naek.
btw, kalau saya karena mux cuma 5 speed maka kalau ke lukot jalan biasa seringnya pakai gigi 4..itu gigi enak in term of speed dan akselerasi saat digas terasa narek...kalau gigi 5 maka kalau cruising aja sih bisa tp saat digas terasa kurang narek...

saya jarang kick down..lebih suka pakai tuas saja diover ke (+)
di mobil sy yg jazz rs GK5 jg spt itu. ga mau upshift kl rpm jatuhnya terlalu low (bukan krn torque nya sih). jadi misalnya jalan 60-70 kph tp kl pakai gigi 7 rpmnya msh diatas 1000 rpm dia mau aja masuk ke 7 itu. sementara kl jalannya 40 kph misalnya dia ga mau masuk ke 7 krn rpm akan terlalu rendah.

beda sm vrz sy om. vrz sama spt camry xv50 juga, kita shift ke S4, S5, atau S6 pun kapanpun ga masalah. dia akan display itu tp bukan berarti ada di gigi tsb. dia akan menyesuaikan gigi yg optimum utk cruising speed tp maksimal di S-brp yg kita pasang. misalnya kl kita taruh di S4 akan bermain di 1,2,3,4 aja (tidak masuk gigi 5 dan 6), tapi kl kita deselerasi sampai berhenti di TL dia akan downshift dr 4 ke 3,2,1 dan start jalan dr 1,2,3,4 lagi dengan tetap display di dashboard S4 aja terus. demikian jg kl kita pilih S1 (berarti cuma gigi 1), S2 (gigi 1, 2), S3 (gigi 1,2,3) dst dst.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Duvebriliant0 »

Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26
Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 10:56
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36

ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?

tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.
betul oom itu kalo cvtnya honda, yg saya di altis itu jadi sampingnya D ada M buat mode manual tp di D pun kalo paddleshiftnya di teken ntar jd "manual" bentar terus balik ke auto lagi... nah itu gimana om aman ga yaa kalo keseringan dipake? soalnya kan dia mestinya bebas gerak rasionya tapi malah seolah olah di "lock"... sorry kalo belepotan :big_peace:
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha

aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
okeh om aman yah kalo sering dipake begitu, thx oom
Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:32
Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:07
iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy :big_peace:
hahaha ... is ok OM. Santai aja.
Kebetulan om tidak pernah lihat dan saya pernah lihat.

pernah baca kalau CVT tidak cocok untuk ditarik tarik (sentak sentak) karena dia pakai rantai/belt baja.
Bukan pakai gear. beltnya rentan hancur. Pernah lihat yang hancur/terlepas/protol kecil kecil.

CVT cocoknya ditarik pelan pelan, sampai kecepatan tinggi pun tak apa jangan dikagetin.
Sering dikagetin rusak juga seal drive shaft dll.

Pastikan 2 thn atau max 20rb KM ganti olinya
thx oom, mulai tobat nih abis kuras di 100k bakal rutin per 20k kalo gt :big_exellent:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 18:08
di mobil sy yg jazz rs GK5 jg spt itu. ga mau upshift kl rpm jatuhnya terlalu low (bukan krn torque nya sih). jadi misalnya jalan 60-70 kph tp kl pakai gigi 7 rpmnya msh diatas 1000 rpm dia mau aja masuk ke 7 itu. sementara kl jalannya 40 kph misalnya dia ga mau masuk ke 7 krn rpm akan terlalu rendah.

beda sm vrz sy om. vrz sama spt camry xv50 juga, kita shift ke S4, S5, atau S6 pun kapanpun ga masalah. dia akan display itu tp bukan berarti ada di gigi tsb. dia akan menyesuaikan gigi yg optimum utk cruising speed tp maksimal di S-brp yg kita pasang. misalnya kl kita taruh di S4 akan bermain di 1,2,3,4 aja (tidak masuk gigi 5 dan 6), tapi kl kita deselerasi sampai berhenti di TL dia akan downshift dr 4 ke 3,2,1 dan start jalan dr 1,2,3,4 lagi dengan tetap display di dashboard S4 aja terus. demikian jg kl kita pilih S1 (berarti cuma gigi 1), S2 (gigi 1, 2), S3 (gigi 1,2,3) dst dst.
Nah ini Kalau HRV, gearnya sesuai dengan display angka yang kita naikkan dari 1 sd 6 atau berapa max nya, belum pernah coba.
Jadi seakan akan gearnya mirip manual sesuai dengan yang kita inginkan.

Tapi kalau Innova D4 atau S4 dia bukan masuk gigi 4, melainkan batas max 4. Jadi dia akan main gigi 1 sd 4

Om sebenarnya suka karakter yang model Honda atau Toyota?
Saya pernah coba toyota dari D3 misal kecepatan 50, kemudian naikkan ke D4 masih butuh waktu sekitar 1 detik lebih, baru naik dia.
Kalau Honda begitu kita pindahkan paling 0.2 detik langsung pindah.
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by arsaerescool »

adityabp wrote: Mon Jun 07, 2021 1:48 CVT+Lowgear. Low gear buat start jalan. Begitu mobil dah gerak, low gear disengage CVT engage.
Wah saya baru tahu ada sistem transmisi dobel spt ini, bagus juga ya untuk minimize damage ke cvt nya
Contoh mobilnya apa ya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Suryaputra »

Duvebriliant0 wrote: Fri Jul 16, 2021 2:10
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26
Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 10:56

betul oom itu kalo cvtnya honda, yg saya di altis itu jadi sampingnya D ada M buat mode manual tp di D pun kalo paddleshiftnya di teken ntar jd "manual" bentar terus balik ke auto lagi... nah itu gimana om aman ga yaa kalo keseringan dipake? soalnya kan dia mestinya bebas gerak rasionya tapi malah seolah olah di "lock"... sorry kalo belepotan :big_peace:
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha

aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
okeh om aman yah kalo sering dipake begitu, thx oom
Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:32
Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:07
iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy :big_peace:
hahaha ... is ok OM. Santai aja.
Kebetulan om tidak pernah lihat dan saya pernah lihat.

pernah baca kalau CVT tidak cocok untuk ditarik tarik (sentak sentak) karena dia pakai rantai/belt baja.
Bukan pakai gear. beltnya rentan hancur. Pernah lihat yang hancur/terlepas/protol kecil kecil.

CVT cocoknya ditarik pelan pelan, sampai kecepatan tinggi pun tak apa jangan dikagetin.
Sering dikagetin rusak juga seal drive shaft dll.

Pastikan 2 thn atau max 20rb KM ganti olinya
thx oom, mulai tobat nih abis kuras di 100k bakal rutin per 20k kalo gt :big_exellent:
klo mesinnya masih std pabrik, insya Allah aman.
krn transmisi cvtnya dirancang untuk bisa handle power dan torsi maximal sesuai setting pabrik.

sy pernah angkat jazz gd3, km 100rb an
masih mantap cvt nya, tiptronic 7 speednya jg gak ada gejala aneh2. dan masih responsif.
yg ptg ganti lendir rutin aja.

beda cerita klo mesin dah remap plus plus modif mesin, dsb.
itu hati2 :mky_01:
klo liat cerita di youtube dsb, itu yg jebol2 kita gaktau gmn the other side of story nya :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Penyebab transmisi CVT jebol

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Fri Jul 16, 2021 2:41
Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 18:08
di mobil sy yg jazz rs GK5 jg spt itu. ga mau upshift kl rpm jatuhnya terlalu low (bukan krn torque nya sih). jadi misalnya jalan 60-70 kph tp kl pakai gigi 7 rpmnya msh diatas 1000 rpm dia mau aja masuk ke 7 itu. sementara kl jalannya 40 kph misalnya dia ga mau masuk ke 7 krn rpm akan terlalu rendah.

beda sm vrz sy om. vrz sama spt camry xv50 juga, kita shift ke S4, S5, atau S6 pun kapanpun ga masalah. dia akan display itu tp bukan berarti ada di gigi tsb. dia akan menyesuaikan gigi yg optimum utk cruising speed tp maksimal di S-brp yg kita pasang. misalnya kl kita taruh di S4 akan bermain di 1,2,3,4 aja (tidak masuk gigi 5 dan 6), tapi kl kita deselerasi sampai berhenti di TL dia akan downshift dr 4 ke 3,2,1 dan start jalan dr 1,2,3,4 lagi dengan tetap display di dashboard S4 aja terus. demikian jg kl kita pilih S1 (berarti cuma gigi 1), S2 (gigi 1, 2), S3 (gigi 1,2,3) dst dst.
Nah ini Kalau HRV, gearnya sesuai dengan display angka yang kita naikkan dari 1 sd 6 atau berapa max nya, belum pernah coba.
Jadi seakan akan gearnya mirip manual sesuai dengan yang kita inginkan.

Tapi kalau Innova D4 atau S4 dia bukan masuk gigi 4, melainkan batas max 4. Jadi dia akan main gigi 1 sd 4

Om sebenarnya suka karakter yang model Honda atau Toyota?
Saya pernah coba toyota dari D3 misal kecepatan 50, kemudian naikkan ke D4 masih butuh waktu sekitar 1 detik lebih, baru naik dia.
Kalau Honda begitu kita pindahkan paling 0.2 detik langsung pindah.
kl yg model honda musti kitanya perhatian terus sebab tiap mobil berhenti dia otomatis balik ke gigi 1. jd kl kita lupa shift up mesin meraung minta ganti ke 2 dst. tiap kali mobil stop n go begitu jd betul2 full manual.
kl model toyota kan engga. hmm ..... kayanya lbh suka model toyota lah om, lbh relax utk drivernya.

yg vrz sy ga lama shift up nya. ga sampe 1 detik gitu. ganti oli atf nya pakai merk nganu om.