Suara brv manual kayak mesin diesel

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

fikrebi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 13 Jun 2016, 21:47

Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by fikrebi » 05 Aug 2017, 19:41

Misi om"
Mau numpang nanya
Suara mesin brv manual kalau ac on memang kayak mesin diesel ya?

Sent from my MI 5


adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by adityabp » 05 Aug 2017, 21:27

Coba injek koplingnya. Ilang gak suara dieselnya?

Gunners1981
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 04 Jul 2017, 16:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by Gunners1981 » 05 Aug 2017, 21:50

adityabp wrote:
05 Aug 2017, 21:27
Coba injek koplingnya. Ilang gak suara dieselnya?
Betul nih sarannya.klo saat kopling diijak suara hilang berarti dr gearboxnya..hampir sama kyk di livina manual begitu injak kopling suara terrrrr akan hilang.cm klo sdh sangat keras/menganggu harus komplain aja ke ahond..

quyquy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by quyquy » 05 Aug 2017, 23:22

Suara trrrr lalu injek kopling ilang itu mah gak cuma terjadi di BRV doank, tapi hampir terjadi di mobil2 transmisi manual.

Di dalam housing kampas koplingnya ada dekrup lagher. Nah lahger ini lah kalau kualitas nya jelek sering bikin bunyi.

Saya share pengalaman di xenia

Di xenia/avanza vvti ada 2 nomer part OEM utk lagher. Bentuk sama tapi beda harga jauh.. Yah namanya ono rego ono rupo, ternyata lagher yg berharga murah lebih cepat bunyi.

Gak ngaruh apa2 sih ke performa.

Sampai skr saya pake lagher yg murah (karena wkt itu yg ready stok cuma itu) nggak kenapa2. Udah jalan hampir 50rb km. Ya memang kadang timbul bunyi2an. Tp kadang hilang juga. Yah begitulah ono rego ono rupo..

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2695
Joined: 08 Dec 2013, 23:05

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by ginting » 06 Aug 2017, 07:09

Dugaan lagher murah itu exedy kali.. Lagher mahal itu aisin ya?

Sent from my Redmi Note 4X


RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 20 Jul 2012, 20:31

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by RVR » 06 Aug 2017, 08:46

Bunyi seperti wajar kok
Karena saat pedal kopling ga diinjak, berarti main shaft transmisi ikut berputar bareng clutch disc & flywheel, nah saat pedal kopling diinjak clutch disc terlepas kontaknya dengan flywheel, makanya tidak bunyi lagi karena clutch disc tidak ikut berputar, demikian juga main shaft transmisi

fikrebi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 13 Jun 2016, 21:47

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by fikrebi » 06 Aug 2017, 20:24

adityabp wrote:
05 Aug 2017, 21:27
Coba injek koplingnya. Ilang gak suara dieselnya?
iya om setelah ane coba kalo injak kopling suaranya dieselnya berkurang
normal ga om? soalnya unitnya baru datang 2 hari lalu
quyquy wrote:
05 Aug 2017, 23:22
Suara trrrr lalu injek kopling ilang itu mah gak cuma terjadi di BRV doank, tapi hampir terjadi di mobil2 transmisi manual.

Di dalam housing kampas koplingnya ada dekrup lagher. Nah lahger ini lah kalau kualitas nya jelek sering bikin bunyi.

Saya share pengalaman di xenia

Di xenia/avanza vvti ada 2 nomer part OEM utk lagher. Bentuk sama tapi beda harga jauh.. Yah namanya ono rego ono rupo, ternyata lagher yg berharga murah lebih cepat bunyi.

Gak ngaruh apa2 sih ke performa.

Sampai skr saya pake lagher yg murah (karena wkt itu yg ready stok cuma itu) nggak kenapa2. Udah jalan hampir 50rb km. Ya memang kadang timbul bunyi2an. Tp kadang hilang juga. Yah begitulah ono rego ono rupo..
RVR wrote:
06 Aug 2017, 08:46
Bunyi seperti wajar kok
Karena saat pedal kopling ga diinjak, berarti main shaft transmisi ikut berputar bareng clutch disc & flywheel, nah saat pedal kopling diinjak clutch disc terlepas kontaknya dengan flywheel, makanya tidak bunyi lagi karena clutch disc tidak ikut berputar, demikian juga main shaft transmisi
jadi normal ya om? walaupun itu mobil baru?

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 454
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by efact » 06 Aug 2017, 20:46

Ga normal dong kalo mesin bensin suaranya kaya mesin disel.. ntar saking berasa diselnya salah salah diisi solar [emo-yesno]

Satya21
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: 07 Apr 2015, 17:34

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by Satya21 » 07 Aug 2017, 02:24

Langsung klaim ke bengkel resmi aja om, jgn ditunda2.
Seharusnya sebelum mobil dikirim ke pemilik harus di cek dulu semua kondisi mobil dan saat serah terima, pemilik harus cek kembali semua fungsi mobil.
Mobil baru kalau ada suara yg tidak lazim ya gak normal om.

qushay20019
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by qushay20019 » 07 Aug 2017, 09:18

ane juga pake BRV E manual om, dan kesan pertama pas nyampe rumah: Ini BRV apa panter kotak...

Trus pas cek di bengkel 1000 km/ 1 bulan pertama sih gak diapa2in tuh, cuma trim plastik di bibir pintu depan bunyi kayak mau pecah pas diinjek (misalnya pas kalo mau lap2 atap mobil bagian depannya). Ane komplain dan solusinya cuma ditempel busa 2 cm dibaliknya.
Ahond, oh Ahond... [emo-yesno] [emo-yesno] [emo-yesno] [emo-yesno] [emo-yesno]

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by adityabp » 07 Aug 2017, 09:59

Kalo masih kinyis2x ya gak normal. Klaim aja om.
Minta ganti kopling satu set. Pastikan pilot bearingmya (drag laher) yg bagus (ori).

marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by marama » 07 Aug 2017, 10:10

girboks nya BRV manual 6 speed ya? soalnya di mobilio manual saya ud 2th pakai g ada gejala seperti ini. Secara kan basic mobilio-brv sama

User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1006
Joined: 16 Aug 2013, 14:51

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by Mamang555 » 07 Aug 2017, 10:10

Coba di cek aja, siapa tau salah pesen dengan yang varian mesin diesel

quyquy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by quyquy » 07 Aug 2017, 10:12

Eh iya kalo masih kinyis2 tp udah bunyi di claim tuh..

Dulu xenia gen 2 ane 1.3 tipe plg std aja kinyis2 gak pake bunyi2an kopling loh..

Sekalian cek ketinggian oli mesinnya.. Biar lebih afdol.

fikrebi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 13 Jun 2016, 21:47

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by fikrebi » 07 Aug 2017, 23:53

https://youtu.be/3pMSylu3yrQ
Kayak gitu om suaranya

Sent from my MI 5


User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by Pugman » 12 Aug 2017, 12:32

ginting wrote:
06 Aug 2017, 07:09
Dugaan lagher murah itu exedy kali.. Lagher mahal itu aisin ya?

Sent from my Redmi Note 4X
Saya baru tau Om Exedy itu merek murah, tapi kenapa Yamaha M1-nya Rossi berani pakai kopling dan seamless gearbox exedy ya?
Atau mereka punya performance part yang tidak dijual disini?
Last edited by Pugman on 12 Aug 2017, 12:50, edited 1 time in total.

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by Pugman » 12 Aug 2017, 12:47

fikrebi wrote:
05 Aug 2017, 19:41
Misi om"
Mau numpang nanya
Suara mesin brv manual kalau ac on memang kayak mesin diesel ya?

Sent from my MI 5
Bukan hanya mobil manual, motor yang manual pakai kopling juga lebih halus suaranya ketika tuas kopling ditarik. Tapi bedanya ga signifikan. Kalau mau yakin normal atau ga paling mudah ya dengar suara mesin BRV punya sodara atau teman atau mobil manual dengan mesin sejenis.

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by daftar » 12 Aug 2017, 23:19

Masalah di release bearing tuh kayaknya

Sent from my Mi-4c

:ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16436
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by DOHC » 13 Aug 2017, 06:21

ginting wrote:
06 Aug 2017, 07:09
Dugaan lagher murah itu exedy kali.. Lagher mahal itu aisin ya?

Sent from my Redmi Note 4X
kuupling set HR15DE campuran exedy ama renault punya om... sdgkan 1TR punya full set aisin... tp knapa yg aisin lebi murah jauh yah om... pdahal yg HR15 punya bentukan nya lebi kecil dan plastik gt... beda ama aisin yg full metal
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16436
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by DOHC » 13 Aug 2017, 06:23

buat TS... kl emg bunyi nya ganggu banget... claim aj... kl ama SA nya bilang normal, saran ane tiap ari coba nyetir ala ken block gymkhana... itung2 latian scandinavian click, heel and toe dsb... nahh ntar sbulan balik lg ke beres.. dl sehh ane berhasil dpt claim gretong kuupling buat lipina ane, bahkan ampe ditawarin ganti gearbox..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2322
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by marmut » 13 Aug 2017, 10:32

fikrebi wrote:
05 Aug 2017, 19:41
Misi om"
Mau numpang nanya
Suara mesin brv manual kalau ac on memang kayak mesin diesel ya?

Sent from my MI 5
hanya saat ac on? sudah cek kompresor ac? bisa cek sendiri pake stetoskop, bikin dari selang air panjangnya kira2 50-80cm tergantung kebutuhan.
[ / ]

riisesky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 06 Aug 2015, 13:22
Location: Jekardah
Daily Vehicle: Latio

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by riisesky » 13 Aug 2017, 12:06

kalo gk5 manual diinjek kopling malah bunyi berisik itu kira2 apa yg kena ya? *sekalian nanya xD

fikrebi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 13 Jun 2016, 21:47

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by fikrebi » 13 Aug 2017, 12:54

DOHC wrote:buat TS... kl emg bunyi nya ganggu banget... claim aj... kl ama SA nya bilang normal, saran ane tiap ari coba nyetir ala ken block gymkhana... itung2 latian scandinavian click, heel and toe dsb... nahh ntar sbulan balik lg ke beres.. dl sehh ane berhasil dpt claim gretong kuupling buat lipina ane, bahkan ampe ditawarin ganti gearbox..
G ganggu sih om
Cuma g enak aja di dengar
7 tahun pake mesin toyota avanza g pernah ada kayak gini terus ganti k honda malah dpt mesin dieselImage
Mugkin saya aja yang g terbiasa dengar suara mesin honda
marmut wrote:
fikrebi wrote:
05 Aug 2017, 19:41
Misi om"
Mau numpang nanya
Suara mesin brv manual kalau ac on memang kayak mesin diesel ya?

Sent from my MI 5
hanya saat ac on? sudah cek kompresor ac? bisa cek sendiri pake stetoskop, bikin dari selang air panjangnya kira2 50-80cm tergantung kebutuhan.
Dugaan saya juga kalo bukan kompresor atau kopling seperti yang om" di sini sebutkan
Nanti coba servis 1000km saya komplain sekalian

Sent from my MI 5


DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16436
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by DOHC » 13 Aug 2017, 15:45

eh bentar2.. jd ini bunyi di kompresor ac atau kupleeng nya nehh ??

seinget ane pas numpang taksi lio, ga ad bunyi2 aneh sehh.. apart from bunyi nguungg gearbox, ini sehh wajar kl mnurut ane, smua mobil FWD yg perna ane coba jg bunyi, ipah ane aj jg ad bunyi nguungg... tp seinget ane si lio ga kaya lipina ane dl, yg kl idle, bunyi krrrr nya bsa kedengeran ampe ke dalem kabin (ini versi parah)..

kl ac, ane ga tau BRV pake kompresor sama ama HRV ga, tp di hrv ane sehh, normal2 aj.. malah ipah ane lebi kenceng bunyi nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

fikrebi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 13 Jun 2016, 21:47

Re: Suara brv manual kayak mesin diesel

Post by fikrebi » 13 Aug 2017, 23:34

DOHC wrote:eh bentar2.. jd ini bunyi di kompresor ac atau kupleeng nya nehh ??

seinget ane pas numpang taksi lio, ga ad bunyi2 aneh sehh.. apart from bunyi nguungg gearbox, ini sehh wajar kl mnurut ane, smua mobil FWD yg perna ane coba jg bunyi, ipah ane aj jg ad bunyi nguungg... tp seinget ane si lio ga kaya lipina ane dl, yg kl idle, bunyi krrrr nya bsa kedengeran ampe ke dalem kabin (ini versi parah)..

kl ac, ane ga tau BRV pake kompresor sama ama HRV ga, tp di hrv ane sehh, normal2 aj.. malah ipah ane lebi kenceng bunyi nya..
Ini bunyi krrrr... nya sampe dalam kabin sih om
Cuma g tau ini defect ato emang kayak gini

Sent from my MI 5


Post Reply

Return to “Classic Corner”