Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by hendrabig »

anshary wrote:halo om2 master LC. saya mau tanya ttg timing belt LC 80 Vx. brp jumlah gigi timing belt tipe LC 80 Vx th 99? karena saya lihat di ebay ada perbedaan jlh gigi antar 94 atau 105. berapa km interval normal penggantian timing belt? trims atas informasinya...
haloo om anshary.. untuk timing belt itu belinya cukup kasi no rangka dan tahun LC nya, kode mesin nya 1HDT.. penjualnya pasti tau kok..
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by agathos »

anshary wrote:halo om2 master LC. saya mau tanya ttg timing belt LC 80 Vx. brp jumlah gigi timing belt tipe LC 80 Vx th 99? karena saya lihat di ebay ada perbedaan jlh gigi antar 94 atau 105. berapa km interval normal penggantian timing belt? trims atas informasinya...
Om, 105 itu mesinnya 1HZ om diesel N/A dari factory kalau om VX tahun 1999 mkn mesinnya 1HD-T atau 1HD-FT (coba cek dl saran saya) jadi mungkin beda.

Kalau interval timing belt di HDJ100/HZJ105 itu setiap 150rb KM (http://www.lcool.org/technical/100_seri ... series.pdf - ini link service listnya) harusnya HDJ80 sama.
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by basah »

om sekalian jawab donk pertanyaan ane, kok cat orisinal LC-80 kuat banget, disrempet bolak-balik bisa ilang cuma dipoles doank padahal umurnya sudah tuwir. Ane penasaran soalnya pas ane ngecet bumper niatnya biar keliatan mulus kok ternyata ringkih banget.

Ini pengaruh dari bahan cata dan vernish yang bagus atau teknik cat yang bagus ?

Soal cat dan vernish yang kuat ada temen bilang cat dan vernish yang berbahan dasar PU (polyurethane) sangat bagus. Ada yang bisa kasih penjelasan ?
blackTLC
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Sep 30, 2014 5:32

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by blackTLC »

Salam kenal semuanya, saya mohon info untuk lokasi atau siapa tau ada yang jual jok electrik (sepasang) dan door trim pintu depan dan tengah TLC VXR thn 97.
Saya baru dapat TLC VXR 97 tapi jok depannya gak electrik,setau saya jok depan harusnya electrik.
Jadi kalo ada info tentang penjualan jok electrik,mohon info saya ya,bisa langsung hub saya di 0855 990 7777.thanx
fzno
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Dec 24, 2014 2:09

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by fzno »

Salam kenal semuanya para master LC, mau nanya dong bengkel specialis turbo yang masih buka sampe sekarang dimana ya ?
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by basah »

fzno wrote:Salam kenal semuanya para master LC, mau nanya dong bengkel specialis turbo yang masih buka sampe sekarang dimana ya ?
pengalaman ane sih di PT. Delta di Jl. Ngurah Rai klender seberang rel kereta, mereka spesialis turbo & injector pump dari passanger car sampe kapal dan industri..............coba saja............good luck.
User avatar
bain279
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu May 01, 2008 16:36
Location: KL-Jakarta

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by bain279 »

om2 master LC skalian, numpang nanya dong,

bengkel spesialis LC ada gak ya? dimana?
kebetulan VX100 saya udah mulai loyo sebelah nih airsus nya + harus ganti master rem.
atau mungkin ada rekomendasi toko sparepart yang menjual barang2 tersebut?

thanks in advance.
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by hendrabig »

Sekedar berbagi pengalaman punya dan berbenah Land Cruiser VX-R 80 series 1998 beli tahun 2013 sampai saat ini, mungkin ada beberapa info yg berguna supaya ada bayangan lah klo sama gejalanya.. hehehehe..

MESIN
1. Seperti biasa ganti semua cairan2, trio filter, timing belt beserta rollernya dan ganti ban

2. Cek dinamo starter karena agak berat starternya.. tp di bongkar dinamonya semua msh bagus aja.. Cuma ganti bearingnya aja pas sekalian bongkar.. dan ternyata aki nya yg gak sesuai.. aki yang dipake saat itu 70A dgn CCA nya dibawah spek yg dibutuhkan.. sedangkan aki standart nya itu 80A dgn kode 95D31 R / L. Setelah ganti langsung ringan starternya.. Cekk jrennggg!! hehehe.. DONE!

3. Karena sekalian turun transmisi (baca di bagian transmisi di bawah) sekalian juga ganti seal crankshaft belakang karna memang ada oli2 di bawah situ.. tp habis ganti kok msh ada rembes, akhirnya coba re-seal carter.. beberapa hari dipake malah muncul lagi rembesnya.. panik ini jgn2 ngerjainnya gak bener dan bengkel pun berkelit klo uda bagus dan bersih semuanya rapi.. uda kepikiran besoknya mau tak bawa ke bengkel yg lain supaya di cek ulang, eh sekalinya pagi2 pas manasi, oli netes lumayan di sekitar bagian bawah dinamo stater.. panik lagi trus langsung matikan mesin.. dan olinya berhenti netes.. trus intip2 lah dari cover spakbor sebelah kiri, ternyata ini penyebabnya, udah retak dan o ringnya getas.. Image msh gak tau ini fungsinya buat apaan, kyk jalur oli ditutup gitu.. part number nya 11444-67020 (PLUG HOLE) habis ganti ini langsung beres.. hehehehe.. hampir aja keluar duit lagi.. DONE!

4. Ganti seal pompa power steering. Ketauannya ada oli netes ke tierod depan sebelah kiri.. DONE!

5. Knalpot berasap lumayan tebal dan mesin goyang di posisi idle, awalnya pertama liat asap banyak ini saat mesin hidup idle sekitar 30 menit gara2 nungguin anak2 main dan saya ngadem di mobil..saat liat spion uda kaget aja kirain ada pohon kebakar.. asapnya banyak banget.. padahal pake phanter atau kijang kapsul diesel mertua ya gak gini.. saya share dr pencarian sampai selesai, lumayan panjang ini kisahnya.. ada indikasi dikerjain bengkel juga.. hehehe..
  • Bengkel 1 (di balikpapan) : tervonis 4 nozzle kencing, ganti baru dan kalibrasi ulang injector hasilnya asap agak berkurang tetapi muncul problem baru, mesin jd goyang di posisi idle sampai rpm 1200an (br mulai goyang dari bengkel ini ) dan ada suara dokk dokk dokk (cari suara injector nailing di youtube), saat di kick down asapnya agak putih keabuan bukan abu2/hitam seperti normalnya diesel dan untuk mesin yg goyang, pihak bengkel bilang itu mesin goyang karena flywheel gak balance tp saya bantah karna hanya goyang pada saat rpm naik, tp pas lepas pedal mesin gak goyang. Dan juga sebelum masuk di bengkel ini mesinnya gak ada goyang.. Karena saya buru2 mau balik ke berau terpaksa saya bawa dan jalan pelan2 sampai di berau. Ini video mesin 1HDT saya
  • Bengkel 2 (di berau) : vonis injector pump harus kalibrasi, infonya hasil dijamin karena dia kalibrasinya kirim di surabaya dan sudah banyak diesel yg dia kalibrasi. karena saya percaya aja ya sudah saya deal kan, skipp.. sampai di pasang dan hidupkan mesin.. daannn.. masih goyangg..!! tapi suara dokkk dokk dokk nya uda berkurang.. vonis lagi injectornya yg gak ikut dikalibrasi yg harusnya ikut dikirim (injector ditinggal karena saya bilang uda di ganti dan kalibrasi) akhirnya di kirim lah itu injectornya nya.. laporannya 2 nozzle kencing terpaksa saya iyakan untuk ganti baru lagi.. skipp.. pasang injector.. mesin hidup dan tetap goyang!! Bengkel vonis lagi setelan klep yg sudah gak bener.. dan dia gak bisa setel klep mesin ini karena pake shim (model koin) harus ada stok shimnya.. akhirnya saya putuskan keluar dr bengkel itu sebelum makin parah dgn keadaan mesin blum beres karena feeling uda gak enak..
  • Beberapa waktu kemudian, saya dapat info dr seorang teman di facebook yg mesin nya juga goyang, dia hanya ganti seat ring injector saja dan langsung beres. Cari2 info di google dan teman2 klub LC ternyata bener.. jd klo bongkar injector itu seat ringnya juga harus di ganti baru supaya injector duduk nya pas dan rapat sehingga gak ada kompresi bocor.. Terpikir mungkin saat bongkar injector pertama kali itu seat ring nya gak diganti baru dan ada kompresi bocor.. Makanya mesin jd goyang.. Akhirnya pesan seat ring itu dan bodohnya saya kembali ke bengkel itu dgn pikiran klo mereka uda pernah buka injectornya jd sudah tau kondisinya.. saat melepas seat ring yg lengket di lubang rumah injector mereka kelihatan kebinggungan, dalam hati bisa2 berabe lagi nih.. saya wanti2 supaya jgn sampai itu pecahannya masuk ruang bakar.. sambil nunggu saya browsing di web cara ngelepasnya dan ketemu dengan cara menggunakan baut 8 panjang diputer ke lubang ring itu dan di tarik.. dan ternyata berhasil.. Cuma 1 ring yg uda kondisi hancur gak bisa di tarik karena uda dihajar sama pahat.. akhirnya ya dipahat sekalian.. setelah lepas dan dipasang lagi.. ya tetap goyang tapi uda lumayan gak separah sebelumnya.. Lega sudah hati.. ini foto ring yg di bongkar Image
    Posisinya di diagram itu yg no part 11176 Image
  • Tapiiii besoknya pas manasin tiba2 ngebul parah.. klo idle asap seperti biasa tapi saat pedal gas di bejek itu asapnya abu2 keputihan pekat.. Ini saat idle sama seperti asap pertama kali cuma lebih tipisImage
    Ini yang di bejek kejut Image untuk getaran mesin sih biasa aja dgn goyang2 yg sudah mendingan itu.. telepon ke bengkel nya minta cek lagi tapi sudah banyak alasan seperti menghindar.. saya curiga ada sesuatu.. dan ditengah frustasi, tetangga rumah nyamperin dan saya cerita lah ke dia bagaimana kronologi nya dan dia nyaranin ke bengkel langganannya dr dulu.. dia punya phanter selalu servis dibengkel itu dan gak pernah ada masalah.. Cuma yg bikin malas ini bengkelnya lumayan jauh.. tp ya sudahlah.. di coba saja..
  • Bengkel 3 (di berau juga) : Masuk di bengkel itu.. saya ceritakan kronologinya, dan pas liat injector pump dia langsung nanya.. “itu injector pump serius sudah di kalibrasi??” Klo saya lihat itu gak diapa2in loh.. klo sudah dikalibrasi itu harus ada segel dan setidaknya baut2 nya ada bekas pernah dibuka.. ini semua bautnya rapi dan gak ada segel.. (dalam hati saya wah ini bisa2 kemarin ketipu ini hahahaha..) akhirnya ya rawat inap lah di bengkel itu..
  • 3 hari kemudian, di telp sama bengkelnya ngabari kalau nozzle 2 biji rusak, dan dia minta nozzle2 yg pernah diganti di tes ulang.. ternyata semua nozzle uda rusak.. ya sudah beli lagi nozzle baru 2 biji.. juga dia minta izin kalau misalnya nozzle sudah diganti dan tetap berasap, dia mau bongkar injector pump untuk di test (bukan kalibrasi) dan dia juga mau cek bongkar timing gear nya siapa tau ada lompat seperti kasus ford ranger yg pernah dia kerjakan.. karena saat dia setel baut solar dan geser2 timing inj.pump nya gak ada perubahan di asapnya..
  • 4 hari kemudian, dapat kabar lagi kalau inj.pump dan nozzle serta timing gear semua aman dan kondisi bagus.. dia juga suruh saya datang untuk lihat dan di jelaskan kondisinya, karena dia curiga bagian ruang bakar atau turbo.. karena asap makin ngebul saat ada turbo, tapi turbo dilepas asap tipis.. dia cek turbonya ada lembab2 oli.. tapi dia belum yakin pastikan itu turbo yg bermasalah.. dia lebih condong ke bagian ruang bakar.. akhirnya ya sudah saya iyakan untuk bongkar atas..
  • Dan ternyata bener, ring piston no 2 patah.. untungnya gak ngebaret dinding silinder.. klep2 semua di cek dan beberapa ada bocor jd di skur.. seal2 klep juga pada kalah.. ya sudah ganti semua sekalian diberesin.. thermostat juga sekalian di ganti biar sekalian kerja.. seminggu kemudian di telp untuk datang kesana buat tes.. dan semua beress.. asap uda normal, di kick down uda asap hitam yg muncul, tenaganya juga beda banget, suara dookk dokk dokk itu hilang, bunyi tick tick tick klep yg sebelumnya keras skrng uda halus.. dan ternyata turbo gak ikut menyumbang masalah.. tambahannya habis ganti thermostat itu suhu sekarang mentok di 78C sebelumnya di sekitar 82C (saya pake water temp defi)
  • Akhirnya selesai pencariannya, semoga tetap aman dalam jangka waktu lama.. DONE!

6. AC tiba2 bisa gak dingin trus dingin lagi gitu terus ulang2.. di servis infonya cuma bilang itu ada buntu dan dibersihkan, kompresor di bongkar dan jalur negatif fan dibuat baru dan ac dingin kembali tp selang beberapa bulan dipake kambuh lagi.. di cek ternyata freon berkurang karena kondensornya buntu jd kompresor buang freon karena tekanan berlebih, terlihat dr banyak cipratan oli kompresor di rumah filter udara mesin.. ganti kondensor dan dryer.. semua langsung beres.. Tapi 2 bulan dipake balik lagi masalahnya.. gak dingin lagi.. di cek ternyata seal shaft kompresornya bocor.. mungkin pas bongkar seal lama dipake lagi ini.. hadehh.. jadi freon nya habis lagi.. ganti itu dan cek2 semua.. selesai dahh.. DONE!

7. Transmisi matic A442F di VXR ini lumayan sensitif.. hehehe.., awalnya di valve cover transmisi (carter transmisi) keliatan basah2 karna rembes oli transmisi.. re-seal ulang valve cover tapi tetap rembes.. akhirnya di turunkan transmisinya dan selidik punya selidik ternyata yg rembes itu dr packing gasket antara rumah torque converter dan badan transmisi nya uda rusak/pecah.. ganti itu langsung beres.. Cuma beli packingnya harus 1 paket overhoul kit.. waakakakaka.. nah, tapi gejala aneh dimulai setelah mencari rembes2an ini yaitu shifting suka lelet, suka ngeden, kadang ngejeduk kasar dan kadang halus.. dan bengkel uda mau overhoul aja transmisinya kyk liat mangsa empuk.. hahaha.. untungnya di tengah kebimbangan itu ada Om Agathos memberi solusi.. (terima kasih ya Om) saya di suruh cek level oli dan celah kabel kick down (throttle cable).. dan ternyata bener semua di luar spesifikasi.. makanya kerjanya gak bener ini transmisi.. hahahahaha.. mungkin pas refill oli dan masang balik transmisinya ini semua keliru.. setelah balikin sesuai spek nya, semua normal kembali..
  1. Perhatikan jumlah oli transmisi, karena sensitif sekali: Oli jgn terlalu banyak juga jgn terlalu sedikit.. kalau posisi oli matic saya di titik H bagian COLD yg di ukur setelah mobil di bawa muter2 sebentar. Padahal, saat refill awal setelah turunkan transmisi itu ngikutin buku pedoman pemilik tapi ternyata terlalu banyak..
  • Setel celah kabel kick down : harus 0,5 mm – 1,5 mm.. pengaruh sekali ini.. cara ukurnya itu dari pentolan yg ada di kabelnya sampai ke karet merah. bagi yang pernah ganti kabel ini dan gak ada pentolannya maka usahakan cari kabel aslinya dan disimpan supaya bisa dijadikan patokan kalau mau ngukur ..
Image
Image
  1. DONE! Semoga gak rewel2 lagi..
KAKI-KAKI
1. Pertama, muncul bunyi2 di kaki2.. di cek ternyata bushing2 arm dan link stabilizer depan belakang uda ada yg pada sobek.. ganti deh semua.. DONE!

2. klo jalan itu ada bunyi tung.. trutung.. tungg.. kyk besi kopong vs besi padat, juga pas starter muncul suaranya.. cari2 akhirnya nemu penyebabnya as kopel depan yg bagian sambungannya dah mulai aus dan kurang gemuk.. ketemunya pas 4x4 aktif langsung hilang suaranya.. pas di gemukin lagi dan dipasang kembali bunyinya uda kurang tapi msh ada.. tak ganti aja sekalian.. hehehe.. DONE!
Ini biang kerok nya Image

3. pas lagi duduk2 di lantai teras rumah, istri bawa LC balik dr belanja masuk ke halaman.. gak sengaja ngeliat kolong.. heran kok kopel depan ikut putar padahal pernah baca klo freelock itu dalam posisi “free” kopel gak muter.. tak suru maju mundur buat pastikan dan ternyata muter.. bekal video youtube nekat DIY bongkar freelocknya.. dan bener ada part nya hilang dan di buat ngunci jdnya posisi free ya tetap ngunci.. alhasil ya beli freelock copotan.. dan sampai skrng aman.. juga mungkin ini penyebab kopel depan aus, karena muter terus tanpa ada beban.. DONE!

4. kemudian remnya bunyi.. dan klo di rem setirnya narik ke kanan dan pedal jedut jedut.. di cek ternyata kampas rem kanan habis dan disc brake gelombang.. ganti kampas kiri kanan dan disc brake kanan (saat ini gak tau kenapa kok sebelah kanan aja yg banyak habis).. habis ganti uda gak bunyi lagi tapi setir msh agak narik klo di rem.. bongkar lagi ternyata piston sebelah kanan nya macet.. sekalian dah overhoul semua kiri kanan.. selesai dan dipasang, rem malah gak pakem dan pedal rem jd keras.. uda berkali2 buang angin juga tetap gitu.. akhirnya ganti booster dan master copotan br beres.. DONE!

5. Ganti gear pinion, side gear, washer pinion, spacer pinion shaft, axle C-clip, as roda dan bearing roda gardan belakang. Awalnya pas bongkar rem itu sekalian ngecek bearing dan ternyata yg belakang sudah mulai oblak dan di tarik2 as nya itu ada celah gerak lumayan kira2 2 mm an.. ya sudah ganti lah bearing dan as roda kiri kanan.. karena ganti as dan bearing itu harus buka tutup bonggol gardan ya sudah sekalian inspeksi jeroan gardan.. ternyata washer pinion ada yg pecah juga.. ya sudah sekalian ganti pinion gear dan side gear nya.. nah yg celah yg ada saat as roda di tarik itu ternyata di sebabkan oleh spacer yg gak sesuai spek.. spek celah antara spacer dgn ujung as roda dalam itu maksimal 0,5 mm dan ini uda 1,5 mm.. ganti deh semua.. ImageDONE!

6. Next mau cek birfield/CV joint roda depan.. klo 4x4 aktif dan belok2 uda mulai ada suara2 kletek kletek.. kayaknya sudah waktunya ganti..

EXTERIOR
Gak banyak diapa-apain..
1. beresin beberapa titik yg uda ada bibit karat dan karat
2. ganti kaca samping belakang jd one piece karena yg kaca gesernya uda mulai2 rembes air klo cuci pake jet washer, kayaknya weathershield yg vertikalnya sudah getas.. lebih seneng liat one piece juga.. hehehe..
3. ganti karet2 pintu (yg didaun pintu) karena ada bocor dikit klo hujan

INTERIOR
1. Inspeksi interior, jd bongkar karpet dan di rapikan ulang.. cek semua panel2 yg uda longgar.. pas bongkar ini juga ada ketemu beberapa bibit karat di sekitar bawah bagian pintu.. langsung beresin..
2. Service power window yg sudah berat.. ternyata cuma dinamonya kotor.. bersihkan semua dinamo langsung lancar lagi.. jd klo power window macet jgn buru2 ganti yah.. coba bersihkan aja dulu..
3. Ganti karet2 balon
4. PR di interior yg belum bisa ada solusinya: jok elektriknya mulai oblak yg mana ini ternyata banyak yg ngalamin dan juga setir yg agak oblak sedikit.. sama doortrim yg uda mulai rusak papan nya..

Semoga pengalaman saya ini bisa sedikit banyak memberi info bagi teman2 pemilik VX / VX-R 80 Series..
Salam Land Cruiser.. Drive The Legend! :big_peace:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by ginting »

wah,..mantaf dan detail bener, oom....salut...
btw, dengan semua kerjaan tersebut diatas,..kena berapa DCnya oom ?
Ini perlu biar punya gambaran kalau ada yg mau meninang LC80 VXR gitu..
Terima kasih.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by lemonadelovers »

@ om hendrabig, salut banget nanganin LC-nya.. total habis brp itu om? btw FC-nya brp ya?
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by A7Corsair »

ginting wrote:wah,..mantaf dan detail bener, oom....salut...
btw, dengan semua kerjaan tersebut diatas,..kena berapa DCnya oom ?
Ini perlu biar punya gambaran kalau ada yg mau meninang LC80 VXR gitu..
Terima kasih.
Wah ... sepertinya om ginting sebentar lg pake LC niy ...
Bagus om ... blum ada yg pake di tmi ... :big_peace:

.............................. :ngacir:
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by hendrabig »

ginting wrote:wah,..mantaf dan detail bener, oom....salut...
btw, dengan semua kerjaan tersebut diatas,..kena berapa DCnya oom ?
Ini perlu biar punya gambaran kalau ada yg mau meninang LC80 VXR gitu..
Terima kasih.
lemonadelovers wrote:@ om hendrabig, salut banget nanganin LC-nya.. total habis brp itu om? btw FC-nya brp ya?
Terima kasih om.. sekedar berbagi saja.. semoga berguna karena ngerasain pusingnya kena problem dan dikerjain bengkel itu gak enak banget.. wakakaakak..

Nahh.. untuk totalnya saya sih gak hitung pasti totalnya om, mungkin aja kira2 sekitar 30-40an tp ini di tempat saya yah dimana kan ongkos bisa jd lebih mahal.. klo dijawa aja mungkin gak sampai segitu.. aplg sparepart gak kena ongkir lagi.. mungkin juga saya banyak habis di ongkos kerja yg gak ada hasil.. bisa jd lebih mahal total ongkosnya drpd total sparepartnya.. hehehehe..

Untuk FC terakhir pas mesin goyang itu sekitar 1:8 dipake jalan touring luar kota dgn kondisi banyak tanjakan dan jalan bervariasi (aspal mulus, aspal hancur, cor beton, gravel, tanah kering) gak tau ini habis sehat mesinnya dapat berapa lg.. hehehe.. uda jarang touring soalnya..
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by ginting »

Makasih banyak informasinya, oom..
Harga rp 30 jeteng sih gak terlau mahal menurut saya, apalagi itu udah included SANK COST gegara (diduga) dikerjai bengkel...

Konsumsi BBM juga kayakya Irit banget 1:8. (Dibanding Hardtop FJ45 bensin yg FC 1:40 (baca : 1 liter : 40 pohon) ha ha ha ha

Btw, kondisi jalan ke Berau gimana sih oom ?
Kalau saya cuma pernah Blkpapan - Bontang. Bontang - Sangata - Berau Tg Selor, belum pernah sama sekali. Pastinya LC VXR menemukan habitat asli untuk apa dia tercipta...

@A7Corsair : itu sih impiannya, Bro...tapi masih jauh,,isi celengan ayam ini blm cukup..Pinginnya VXR LC80 matic atau LC100 matic..tapi harganya kagak mau turun..tua-tua keladi tuh mobil ha ha ha

Tapi enakan situlah,..udah ada si Putih...
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by hendrabig »

ginting wrote:Makasih banyak informasinya, oom..
Harga rp 30 jeteng sih gak terlau mahal menurut saya, apalagi itu udah included SANK COST gegara (diduga) dikerjai bengkel...

Konsumsi BBM juga kayakya Irit banget 1:8. (Dibanding Hardtop FJ45 bensin yg FC 1:40 (baca : 1 liter : 40 pohon) ha ha ha ha

Btw, kondisi jalan ke Berau gimana sih oom ?
Kalau saya cuma pernah Blkpapan - Bontang. Bontang - Sangata - Berau Tg Selor, belum pernah sama sekali. Pastinya LC VXR menemukan habitat asli untuk apa dia tercipta...
Ya kalau bandingkan sama bensin ya jauh om.. hahahahaha.. minumnya banyak bener dah..

saya share foto aja deh supaya biar lebih jelas kondisi jalannya.. hehehehee..

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by basah »

hendrabig wrote:Sekedar berbagi pengalaman punya dan berbenah Land Cruiser VX-R 80 series 1998 beli tahun 2013 sampai saat ini, mungkin ada beberapa info yg berguna supaya ada bayangan lah klo sama gejalanya.. hehehehe..

MESIN


. trus intip2 lah dari cover spakbor sebelah kiri, ternyata ini penyebabnya, udah retak dan o ringnya getas.. Image msh gak tau ini fungsinya buat apaan, kyk jalur oli ditutup gitu.. part number nya 11444-67020 (PLUG HOLE) habis ganti ini langsung beres.. hehehehe.. hampir aja keluar duit lagi.. DONE!
Itu kalo gak salah adalah utk nutup jalur oil cooler, kayaknya di australia oil cooler jadi perlengkapan standard.

Punya ane juga pecah.............sama kayak om hendra pusing kok rembes terus. Akhirnya ketauan dan akhirnya ane ganti pake aluminium bikin dibengkel bubut. Dan karet sealnya pake seal eks transmisi matic krn susah cari seal orinya.


Soal transmisi matic memang agak ngeselin buat vxr ini, kalo problem ditempat ane perpindahan gigi dari gear 1 ke gear 2 kadang bagus kadang lambat terutama setelah melewati jalan yg meniking. Kadang ane bantu pake aktifin 2nd yg ade disebelah tongkat transmisi buat mindahin gear. Ane duga sih ada problem mekanikal di transmisi matic dari gigi 1 ke 2. Kalo jedug-jedug emang bener ada aus di kopel

Info baru bagi ane yang om hendra berikan justru dikabel throttle. Keping segel itu yang kayaknya ane belum tau. Thx om

Perjalanan ente cukup panjang juga............akhirnya tanpaknya memuaskan.
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by basah »

om hendra selang dari silinder kop itu kalo bisa jangan dimasukkan ke inlet udara, krn uap olinya bikin ngebul juga dan bikin endapan oli di turbo. Kalo ane pake oil catch tank dg sedikit modif. Cuma susahnya yg dipasar banyakan buat sedan jadi selangnya pade kecil-kecil. Akhirnya ane pake punya industri cari diglodok banyak mau yg jepang atau abal-abal cina. Niatnya sih jangan sampe uap oli dari pernapasan silinder kop masuk keruang bakar.
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by hendrabig »

basah wrote: Itu kalo gak salah adalah utk nutup jalur oil cooler, kayaknya di australia oil cooler jadi perlengkapan standard.

Punya ane juga pecah.............sama kayak om hendra pusing kok rembes terus. Akhirnya ketauan dan akhirnya ane ganti pake aluminium bikin dibengkel bubut. Dan karet sealnya pake seal eks transmisi matic krn susah cari seal orinya.


Soal transmisi matic memang agak ngeselin buat vxr ini, kalo problem ditempat ane perpindahan gigi dari gear 1 ke gear 2 kadang bagus kadang lambat terutama setelah melewati jalan yg meniking. Kadang ane bantu pake aktifin 2nd yg ade disebelah tongkat transmisi buat mindahin gear. Ane duga sih ada problem mekanikal di transmisi matic dari gigi 1 ke 2. Kalo jedug-jedug emang bener ada aus di kopel

Info baru bagi ane yang om hendra berikan justru dikabel throttle. Keping segel itu yang kayaknya ane belum tau. Thx om

Perjalanan ente cukup panjang juga............akhirnya tanpaknya memuaskan.
Nah mantap lah akhirnya ketahuan om.. saat itu saya hampir aja turun carter lagi.. hahahaha..

Ya memang matic nya kadang2 suka lelet om.. punya saya pun gitu kok.. biasanya kumat itu setelah saya cruising santai sekitar 30 kmh kemudian mau ngebut dikit dengan ngurut gas.. nah kadang lelet nih.. gak mau shifting.. jd gasnya di tekan agak dalam dikit br dia shift cuma ya kadang jeduk kadang smooth.. tapi klo jalan normal2 aja gak gitu.. mungkin ini pengaruh TCU logic nya menyesuaikan perubahan habit drivernya kali ya.. cuma yg paling parah waktu spek volume oli kebanyakan dan setelan celah itu meleset.. puyengg uii.. bengkel langsung mau main overhoul aja.. itu parah bener dah.. gak nyaman dan jeduk2.. shifting juga ngeden dulu..
terima kasih kembali om.. senang rasanya bisa berbagi info gini.. semoga matic om memang celah nya saja yg meleset karena klo ga salah saya pernah baca inj. pump nya sudah pernah di bongkar kan.. nah bisa kemungkinan tuh kan masangnya kurang bener atau geser..

yah bisa dibilang begitu om.. lumayan buat melatih kesabaran dan nambah pengalaman di bengkel.. hahahaha..
basah wrote:om hendra selang dari silinder kop itu kalo bisa jangan dimasukkan ke inlet udara, krn uap olinya bikin ngebul juga dan bikin endapan oli di turbo. Kalo ane pake oil catch tank dg sedikit modif. Cuma susahnya yg dipasar banyakan buat sedan jadi selangnya pade kecil-kecil. Akhirnya ane pake punya industri cari diglodok banyak mau yg jepang atau abal-abal cina. Niatnya sih jangan sampe uap oli dari pernapasan silinder kop masuk keruang bakar.
Saya juga sudah pakai OCT kok om.. klo om lihat videonya itu kan ada selang biru tuh.. itu kan ke OCT dulu baru ke inlet udaranya.. saya pake yg biasa itu yg buat mobil kecil.. tp selang aslinya mesin saya potong, toh tengah2 selang uda getas juga.. dan ujung2 selang itu di sambung pake silikon hitam ke selang biru itu.. hehehehe.. cumaaa.. saya dapat info dr bengkel yg biasa nanganin LC di jakarta sebenarnya gak papa kok gak pake OCT itu.. karena turbo juga butuh uap oli juga buat melembabkan kipas turbonya.. klo terlalu kering ntar turbonya cepat kalah.. bener gak nih?? ada yg bisa klarifikasi?

tapi memang sih mungkin karena sedotannya besar juga itu ya tetap aja ada lapisan oli basah2 di jalur inlet udaranya biarpun sudah pake OCT.. ehehehehhee..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

wow..detail sekali itu sharing nya om hendrabig...mantap!
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by F272 »

hendrabig wrote:
ginting wrote:Makasih banyak informasinya, oom..
Harga rp 30 jeteng sih gak terlau mahal menurut saya, apalagi itu udah included SANK COST gegara (diduga) dikerjai bengkel...

Konsumsi BBM juga kayakya Irit banget 1:8. (Dibanding Hardtop FJ45 bensin yg FC 1:40 (baca : 1 liter : 40 pohon) ha ha ha ha

Btw, kondisi jalan ke Berau gimana sih oom ?
Kalau saya cuma pernah Blkpapan - Bontang. Bontang - Sangata - Berau Tg Selor, belum pernah sama sekali. Pastinya LC VXR menemukan habitat asli untuk apa dia tercipta...
Ya kalau bandingkan sama bensin ya jauh om.. hahahahaha.. minumnya banyak bener dah..

saya share foto aja deh supaya biar lebih jelas kondisi jalannya.. hehehehee..

--CUT FOTO--
Wuidiihhhh Seneng nya bisa lihat Kondisi jalanan Berau.... Makasih ya Om Hendrabig... Ane ada cita2 mau ke Berau suatu hari...
Kalo boleh, kirim2 lagi foto nya oom....
yg jelas ane udah bisa bayangin gimana suasana Perjalanan menuju Berau.. apalagi kalo sampe kamalaman.. :ngacir:
Ane biasa jalan sendirian pula.. :big_cry:
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by mylandy »

Mantap, Om Hendra, salut buat detail sharing-nya :big_exellent:
LC VX-R 80 termasuk mobil yang meninggalkan kesan mendalam buat saya.
Pertama, pernah numpang tahun 2003 dan 2007-2008 untuk rute OKU-Palembang. Ini mobil lapangan dengan kenyamanan tingkat dewa dan akselerasi yang luar biasa. Maklum, biasanya cuman nyicip Hiline atau D-cab.

Dan yang kedua, dalam perjalanan rute Berau - Kongbeng di tahun 2009, Ford Everest yang kami tumpangi hanya mampu melaju di kecepatan 60-an km/jam karena kondisi jalan yang baru mengalami pemadatan dan masih bergelombang, sebagian besar belum diaspal. Everest tidak bisa melaju lebih kencang karena guncangan tidak akan bisa ditolerir lagi, kalau tidak mungkin seisi mobil akan muntah-muntah. Di tengah perjalanan, kami melihat dari kaca spion sebuah mobil melaju kencang, diiringi kepulan debu yang pekat, menandakan mobil dalam kecepatan tinggi.Ketika akhirnya mobil tersebut menyalip Everest kami yang tertatih-tatih, barulah kami maklum mobil apa itu. Ya, sebuah Land Cruiser VX-R 80, kecepatannya saat itu mungkin sekitar 90-an km/jam. Wajar saja, meskipun mungkin 10 tahun lebih tua, Land Cruiser tetaplah land cruiser, jelas bukan tandingan Everest yang kami naiki meskipun masih relatif baru.

Kalau melihat gambar yang dikirim Om Hendra, sepertinya kondisi jalan sudah lumayan. Apakah semuanya seperti itu?
Ini saya kirimkan kondisi jalan di tahun 2009, kalau tidak salah di sekitar daerah Bengalon. Kalau dari Kongbeng - Sangatta tidak bisa lewat, biasanya kami ambil jalan pintas melewati hutan milik Sinar Mas yang nantinya tembus ke Samarinda.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by hendrabig »

roadtrain99 wrote:wow..detail sekali itu sharing nya om hendrabig...mantap!
Thanks Om.. memang tujuan saya buat berbagi informasi seputar masalah yg saya hadapi ini sedetail mungkin, siapa tau ada info2 / gejala2 yg sama dgn yg saya alami jd sudah ada patokan langkah2 solusinya.. hehehehe..
F 272 wrote: Wuidiihhhh Seneng nya bisa lihat Kondisi jalanan Berau.... Makasih ya Om Hendrabig... Ane ada cita2 mau ke Berau suatu hari...
Kalo boleh, kirim2 lagi foto nya oom....
yg jelas ane udah bisa bayangin gimana suasana Perjalanan menuju Berau.. apalagi kalo sampe kamalaman.. :ngacir:
Ane biasa jalan sendirian pula.. :big_cry:
Benernya itu foto2 bulan mei tahun lalu om.. info terkini dr supir travel, yg foto ada dump truk dan yg batu2 msh pengerasan itu skrng sudah selesai pengecorannya.. jadi bisa dibilang kondisi jalan sekarang sudah lebih baik.. hanya saja ada beberapa kali terjadi jalan amblas dan longsor jika hujan besar.. dan sampai saat ini ada di 1 tempat di daerah "hambur batu" ada 1 tanjakan yg pecah dan amblas, jd klo hujan atau setelah hujan truk muatan harus berhenti sampai tanah bisa dilewati.. karena terpeleset dikit aja masuk jurang om..

Klo jalan malam/subuh malah rame kok om.. saya sudah 3 kali jalan malam - subuh di hutan nyetir sendirian itu.. rame truk2 barang.. jd ya istirahat nunut mereka, di gubuk2 kecil ngopi bareng.. hahahahaha..
mylandy wrote:Mantap, Om Hendra, salut buat detail sharing-nya :big_exellent:
LC VX-R 80 termasuk mobil yang meninggalkan kesan mendalam buat saya.
Pertama, pernah numpang tahun 2003 dan 2007-2008 untuk rute OKU-Palembang. Ini mobil lapangan dengan kenyamanan tingkat dewa dan akselerasi yang luar biasa. Maklum, biasanya cuman nyicip Hiline atau D-cab.

Dan yang kedua, dalam perjalanan rute Berau - Kongbeng di tahun 2009, Ford Everest yang kami tumpangi hanya mampu melaju di kecepatan 60-an km/jam karena kondisi jalan yang baru mengalami pemadatan dan masih bergelombang, sebagian besar belum diaspal. Everest tidak bisa melaju lebih kencang karena guncangan tidak akan bisa ditolerir lagi, kalau tidak mungkin seisi mobil akan muntah-muntah. Di tengah perjalanan, kami melihat dari kaca spion sebuah mobil melaju kencang, diiringi kepulan debu yang pekat, menandakan mobil dalam kecepatan tinggi.Ketika akhirnya mobil tersebut menyalip Everest kami yang tertatih-tatih, barulah kami maklum mobil apa itu. Ya, sebuah Land Cruiser VX-R 80, kecepatannya saat itu mungkin sekitar 90-an km/jam. Wajar saja, meskipun mungkin 10 tahun lebih tua, Land Cruiser tetaplah land cruiser, jelas bukan tandingan Everest yang kami naiki meskipun masih relatif baru.

Kalau melihat gambar yang dikirim Om Hendra, sepertinya kondisi jalan sudah lumayan. Apakah semuanya seperti itu?
Ini saya kirimkan kondisi jalan di tahun 2009, kalau tidak salah di sekitar daerah Bengalon. Kalau dari Kongbeng - Sangatta tidak bisa lewat, biasanya kami ambil jalan pintas melewati hutan milik Sinar Mas yang nantinya tembus ke Samarinda.
Thanks Om.. Semoga bisa berguna lah untuk pengguna VX-R yg lain.. hehehehe..

Kalau sekarang jalan berau ke kongbeng (wahau) itu sudah tahap pengecoran om, ya ada lah beberapa bagian yg msh pengerasan.. kalau di kongbeng (wahau) nya itu sudah aspal mulus.. dan dr kongbeng ke bengalon sudah mayoritas cor cor an..

Mungkin jalan yg tembus samarinda itu yg lewat tengah2.. tembus ke tenggarong dulu br samarinda..

Jalanan yg di foto om yg ada truk itu saya sempat cicipi tahun 2010 om, waktu itu pakai avanza, jd pas lewat di jalan itu kyk masuk di dalam tanah, liat kiri kanan itu tanah sudah tinggi lewat atap mobil.. hahahahaha.. syukurnya gak hujan waktu itu.. hahahaha..
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by mylandy »

Luar biasa memang supir-supir travel ke Berau itu. Kita saja yang pake mobil 4x4 masih takut-takut gak bisa lewat, mereka cukup pake avansah dan grenmeks. Mungkin mereka mikir pasti ada yang narik kalo kejebak di lumpur. Soalnya kalo mereka gak dibebasin dulu, gak ada mobil lain yang bisa lewat. Sering liat bemper depan mobil travel ditaroh di atas atap, pasti nyangkut saat masuk lubang. :big_dunno:

Hmm.....daerah Hambur Batu masih jadi lokasi yang terkadang sulit dilewati ya. Tapi pemandangan rute Kongbeng - Berau sangat eksotis. Pohon-pohon yang menjulang tinggi dan kabut serta gerimis menimbulkan sensasi tersendiri. Beda dengan jalur Kongbeng - Sangatta yang rata-rata sudah gundul hutannya. Syukurlah kalo sekarang kondisi jalannya sudah jauh lebih baik. Mungkin karena pemisahan propinsi Kaltara ya?
Jebmuldit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by Jebmuldit »

Kasian banget ada yang bisa buet review aja sifat selangit,padahal makan dan hidup di bumi.
cats catcher
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by madcat015 »

Jebmuldit wrote:Kasian banget ada yang bisa buet review aja sifat selangit,padahal makan dan hidup di bumi.
Image

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by hendrabig »

mylandy wrote:Luar biasa memang supir-supir travel ke Berau itu. Kita saja yang pake mobil 4x4 masih takut-takut gak bisa lewat, mereka cukup pake avansah dan grenmeks. Mungkin mereka mikir pasti ada yang narik kalo kejebak di lumpur. Soalnya kalo mereka gak dibebasin dulu, gak ada mobil lain yang bisa lewat. Sering liat bemper depan mobil travel ditaroh di atas atap, pasti nyangkut saat masuk lubang. :big_dunno:

Hmm.....daerah Hambur Batu masih jadi lokasi yang terkadang sulit dilewati ya. Tapi pemandangan rute Kongbeng - Berau sangat eksotis. Pohon-pohon yang menjulang tinggi dan kabut serta gerimis menimbulkan sensasi tersendiri. Beda dengan jalur Kongbeng - Sangatta yang rata-rata sudah gundul hutannya. Syukurlah kalo sekarang kondisi jalannya sudah jauh lebih baik. Mungkin karena pemisahan propinsi Kaltara ya?
Iya bener tuh.. mrk mobil yg paling di jengkelin sama truk2.. hahahaha.. suka serobotan juga.. klo liat mrk ngebut di gravel / jalan berbatu itu liat mobilnya uda kyk melayang.. gak kebayang bagaimana menderitanya penumpangnya.. hahahhahahaha..

saat ini hambur batu itu sudah tinggal 1 tiik tanjakan itu aja om.. sisanya sudah aman gak kyk dulu.. memang kalau mau nikmati hutannya jalan jam 4 subuh dr berau supaya sampai di hutan itu pas sunrise.. keren bener dahh.. kabut tebal basah + suara kicauan burung (kalau hoki bisa liat burung enggang bertengger di pohon2) + sinar matahari pagi + bau hutan.. amazing dah.. :big_exellent: hahahaha.. klo kongbeng sanggata mah uda hutan sawit.. :big_dunno:

saya juga kurang tau sih apa ada pengaruh dr pemisahan propinsi.. karena dr dulu dikerjakan gak pernah bisa benar2 selesai selalu aja ada masalah.. juga kualitas jalannya sudah terlalu jauh tertinggal dgn kalbar, kalteng dan kalsel.. mungkin dana infrastruktur kaltim terlalu banyak "menguap" kemana2.. hahahahaha..