Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by basah »

Om billy bisa terangin gak soal jok elektrik ? ane gak paham nih........cara ngeceknya pegimane om ?

Soal solar, bukannya sekarang ade biosolar om ? katanya sih kandungan sulfurnya rendah hanya oktannya (kalo disolar apa namanya ya ?) juga rendah ya om ?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by billyd1773dz »

^^
klw solar di VX80 nda ada masalah om... itu keuntungannya, kuat di minumin solar jelek juga...
yg bermasalah mulai dri VX100 (ECU-demand high cetane solar resikonya sering knocking dan boros bbm)-VX200(CRD-ECU demand low sulphur n high cetane solar)

klw jok sya kurangapa jg si om.. nda pernah pke VX, mungkin temen2 lain yg uda pernah pke bisa ngasih advice?

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by Risol1 »

Kalo soal cara ngecek jok elektrik sih standard aja bro:
Duduk di joknya, abis itu goyang2in aja semua tombol yg ngatur trun naikkin senderan, maju mundur/naik turun alas bangku, jg mungkin maju/mundurin lumbar supportnya, dll.....
Kalo jalannya masih smooth semua ya artinya masih bagus. Kalo tersendat2 mungkin di elektriknya atau mungkin juga di railnya yg kotor. Kalo gak jalan sama sekali baru deh tanda tanya besar hehehehe......
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by €lj€p€ »

roadtrain99 wrote:
€lj€p€ wrote:
Risol1 wrote:VXR 80 interiornya mayan lah.....yg bikin terlihat mulai lawas mungkin di tombol2 pengaturan AC di tengah dashboard, mirip2 sama crown royal saloon lama soalnya :mrgreen:
Mungkin juga batang wiper belakang dan kaca jendela geser yang di samping paling belakang.
kagum saja lihat nya.. mobil harga segitu kok dikasih perlengkapan seperti itu... hehee teganya....
klo wiper belakang mungkin wajar, secara mobil ini angkatan 90an. feature yg ada di lc vxr 80 tentu disesuaikan di era nya. utk hrg nya, mungkin krn bs dianggep mobil koleksi, jadinya ga sebanding. ga bs kita ukur spt mobil baru skrg thd hrgnya.
Maaf pak "roadtrain99", maksud saya, mobil ini khan harganya berada di kelas premium car tapi kok beberapa parts tidak dirancang sesuai dengan kelas premium.. itu saja .. bukan maksud bikin polemik masalah harga.

@gmx: baru nulis.. Pajero tidak ada yang warna gelap, eh kemarin saya lihat ada yang warna biru tua.. masih mulus-lus-lus... hehheee

Kalau kita lihat berita-2 dari daerah bencana/perang.. selalu standard nya Toyota Land Cruiser untuk mondar-mandir dan Merc untuk ambulance nya... gak adalah yang pakai RR.. Saya rasa wartawannya saja yang berpikir seperti katak dalam tempurung. Tidak melihat kendaraan dari sisi peruntukannya tetapi lebih dari harga...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by gmx »

€lj€p€ wrote: @gmx: baru nulis.. Pajero tidak ada yang warna gelap, eh kemarin saya lihat ada yang warna biru tua.. masih mulus-lus-lus... hehheee
ada pak de, warna hitam tiap pagi lewat tb simatupang dari arah tanjung barat ke arah kemang nganter anak sekolah, plat DS.. yang biru itu kalo biru polos daerah kemang fatmawati, kalo ga salah coba dideketin, udah mulai baret2 cat-nya. yang biru two tone silver suka liat di daerah monas itu kayaknya masih mulus. di kebagusan ada juga yang short warna hitam..

beberapa minggu lalu di tol jagorawi ke bogor barengan sama LC bundera ambulance plat hijau, keren banget, keliatan kokoh sekali..
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by basah »

€lj€p€ wrote:
Maaf pak "roadtrain99", maksud saya, mobil ini khan harganya berada di kelas premium car tapi kok beberapa parts tidak dirancang sesuai dengan kelas premium.. itu saja .. bukan maksud bikin polemik masalah harga.

...
Saya setuju sama om eljepe untuk jendela belakang kanan kiri VXR lc80. Kalao kita inget mobil era 80an yaitu ketika rame-ramenya karoseri terutama minibus (kalo sekarang MPV). Kaca jendela samping kiri kanan sama persis konstruksinya sama LC80.

Ketika era kijang full pressed body juga kaca samping jendela belakang masih sama persis konstruksinya. Masalahnya juga sama karetnya berkerut, kalo di kijang berkerut karena karat ....... gak tau deh kalo di LC-80.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

basah wrote:Nah sekarang soal electricity dan mechanical bro. Biasanya pan yang paling gampang rusak power window, motor kaca spion dll.
Nah untuk power window, motor kaca spion harganye sepantaran ame mobil lain gak bro ? Takutnya mentang-mentang untuk LC-80 harganye lebih mahal.

Soal turbo timer,
Apa perangkat ini jadi standar LC VXR ? soalnye ane liat ade beberapa pake, tapi banyakan yang gak pake padahal kayaknye kolomnya ada di sebelah kiri bawah ruang steer.

Kemarin gue liat orang pemda dari kaltim enteng bener beli VXR ini, kayaknye ini yang bikin harga naik yak ? gak banyak cing cong, cuman liat tampilan, liat surat-surat and......deal.
tetek bengek spt p/window dan kawan2nya, hrgnya memang agak2 masih lumayan seinget gw.

turbo timer bukan peranti std. turbo timer bs ditaruh mana aja terserah owner nya.

haha..yg bikin hrg nya tinggi bukan krn pembeli nya dari pemda lah bro, emang ini mobil demand nya termasuk tinggi.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

€lj€p€ wrote: kalau lihat berita di TV, semua pejabat-2 daerah rata-2 memang naik LC 80 / 100 mungkin juga sebentar lagi LC200...
gak heran lah....
kyknya blm bro, apalg lg pemilu gini, kan disorot bgt. cuma klo vx200 yg udah diwarnain khusus utk petinggi tni gw liat bebrp kali..hrgnya kan tinggi.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

basah wrote: Menurut pemain jual beli mobil katanya yang LC200 gak menarik karena kakinya sudah independent suspension, kalau jauh sama kaki rigid LC80/100. Karena pejabat daerah jangkauan perjalanan dinasnya jauh-jauh dengan medan berat makanya yang diburu seri LC80/100.

Nah soal electricity kayak power window dan motor electric spion harga partsnya comparable dengan kendaraan kelas menengah gak ? yah katakanlah dengan grand vitara, honda crv dll. tolong sharing donk !
ah..ga perlu kejauhan soal teknis bro. apalagi utk pejabat/bos bos, mereka ga pusing hal2 teknis, wong tinggal duduk lalu disupiri. service nanti udah pk anggaran kantor. klo gw rasa, masih berat di hrg. lgpula, tampangnya jauh lebih lux dari versi vx seblmnya *imho*.

sptnya hrg nya sprparts nya msh diatas gr vtr atau h crv kawan...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

billyd1773dz wrote: apa lgi klw udah air suspensionnya vx100... mahal tuh..
yg Ltd? iya..hehe..kalo rusak hidroliknya..muahaaalll hahahah..cape deh yg hidrolik gini...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

billyd1773dz wrote:^^
klw solar di VX80 nda ada masalah om... itu keuntungannya, kuat di minumin solar jelek juga...
yg bermasalah mulai dri VX100 (ECU-demand high cetane solar resikonya sering knocking dan boros bbm)-VX200(CRD-ECU demand low sulphur n high cetane solar)
betul nih, yg vx80 memang dibuatnya pas blm hebring2nya solar euro euro an atau solar yg bersih. jd klo pk vx80 ke luar kota, msh aman minum solar daerah.
sejauh ini dgn sahara walaupun crdi, ga nemuin masalah apa2 dgn solar biasa. dari bengkel langganan jg blm ada kabar dr owner lain yg vx100nya masalah dgn solar biasa. mungkin tinggal rajin rawat nya aja.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

€lj€p€ wrote: Maaf pak "roadtrain99", maksud saya, mobil ini khan harganya berada di kelas premium car tapi kok beberapa parts tidak dirancang sesuai dengan kelas premium.. itu saja .. bukan maksud bikin polemik masalah harga.

Kalau kita lihat berita-2 dari daerah bencana/perang.. selalu standard nya Toyota Land Cruiser untuk mondar-mandir dan Merc untuk ambulance nya... gak adalah yang pakai RR.. Saya rasa wartawannya saja yang berpikir seperti katak dalam tempurung. Tidak melihat kendaraan dari sisi peruntukannya tetapi lebih dari harga...
oo, maksud gw, dibanding ama jamannya wkt itu..klo vx80 masih wajarlah.
jgnkan itu, gw jg heran knp spion vx100 blm electric folded, wiper nya masih frame biasa. mungkin parts itu sengaja dibiarin begitu kali. pdhal kan era nya udah lain. ga tau nih, yg vx200 msh sama atau udah beda...

daerah perang atau apapun di LN sana, LC yg dipk mungkin yg basic, UN jg pake kan, nissan patrol dll. kalo wartawan ah..ga heranlah..lgpula redaksi nya mungkin ga periksa2 lagi kali..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

basah wrote: Masalahnya juga sama karetnya berkerut, kalo di kijang berkerut karena karat ....... gak tau deh kalo di LC-80.
berkerut jg kawan, namanya karet. sering kejemur apalagi bertahun, pasti menurun kualitasnya. gw denger window slide ini dan kaca belakang bs dimodif, maksudnya tanpa karet seal spt yg lama lagi..
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by basah »

thx bro roadtrain, informasi ente sangat membantu nih..........

kalau VXR taon 2000 ada perubahan kelengkapan standard nggak dengan taon sebelumnya ?

kalau mesin VXR dalam kondsisi stasioner ada kayak bunyi sambungan kendor disekitar manifold tapi kalo rpm dinaikkin bunyi ilang. Itu berkaitan dengan apa ya ?

Soal mesin diesel setau ane harus secara rutin dipompa keluar, pompanya biasanya ada diruang mesin....itu maksudnya apa ya ?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

basah wrote:thx bro roadtrain, informasi ente sangat membantu nih..........

kalau VXR taon 2000 ada perubahan kelengkapan standard nggak dengan taon sebelumnya ?

kalau mesin VXR dalam kondsisi stasioner ada kayak bunyi sambungan kendor disekitar manifold tapi kalo rpm dinaikkin bunyi ilang. Itu berkaitan dengan apa ya ?

Soal mesin diesel setau ane harus secara rutin dipompa keluar, pompanya biasanya ada diruang mesin....itu maksudnya apa ya ?
sama2 kawan.

vxr 2000? maksudnya vx100? jauh bgt bro dgn serie 80 nya. tp tetep turbo timer gitu mah ga ada.

bunyi nya spt apa? sebab diesel rata2 agak kasar spt ada yg kendor, namun di atas rpm tertentu hilang. kalo serie 100 nya udah jauh lebih halus.

maksudnya pompa klo "masuk angin"? biasanya harus pompa manual pump solar nya di mesin, seinget gw, bagian kanan dari blok ada tabung besar agak ke bawah.

mungkin ada yg lain mo nambahin info?
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by basah »

Teman ane bilang kalo vxr pake pertadex, maka efisiensi mesin bakal meningkat. Kata die konsumsi BBM bisa sampe 1:25, apa bener ?

Kalo itu bener harusnya khan banyak orang pake pertadex, tapi kenapa masih banyak yang minum solar biasa ya ?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

pertadex memang solar nya lebih ok dari solar/bio biasa. umumnya kalo bbm nya kualitas ok, otomatis efisiensi membaik.
realitynya, gw test pertadex vs bio di captiva diesel (yg harusnya pertadex), namun hasilnya ga sejauh itu. Memang lebih irit, namun ga jauh.

vxr80 ataupun yg 100 dgn solar/bio biasa masih dpt 1:10 kok. tp klo dibilang dgn pertadex dpt 1:25, spt nya sulit dipercaya.

tentang knp org msh pk solar biasa, mungkin kebanyakkan menganggap, dgn solar biasa masih ok, mengapa hrs pertadex..begitu mungkin.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 405
Joined: 14 Apr 2009, 04:56

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by agathos »

billyd1773dz wrote:^^
mungkin alasan VX200 kurang di minati, bukan karena kaki2nya, tpi karena mesin 1VD-FTV V8 twinturbo commonrailnya, apa lgi untuk penggunaan di daerah bnyk yg masih ragu sanggup ndanya ni mesin minum solar di daerah.. VX200 yg lewat atpm indo klw nda salah sudah di sunat dri 280ps menjdi 260ps guna menyesuaikan dgn solar indo.. tpi klw di daerah sih ntah yah... hehehehe klw uda solar campur sih parah...

VX100 juga independent kok om.... enginenya 1HD-FTE penyempurnaan dri 1HD-T lewat penambahan ECU dan valve yg lebih bnyk, hasilnya power ningkat dri 165ps menjadi 203ps dan torsi menjadi 430nms...

LC100 ada yg versi standar untuk heavy duty di bdg sering lihat 1, bekas kedubes LC105, dri bodi tampak polos tampa bodymolding, axle pun sama dgn VX80 kembali ke rigid dgn coil spring, tpi terlihat ban lebih celong kedalam.. tracknya tidak selebar yg IFS..

hmm... nda tahu yah om soal part elektrik ini... ini juga alesannya, sya lebih milih versi basic aja.. klw power window door lock, gtu sih udah bnyk mekanik yg bisa btulin atw di kanibal dgn merk lain... tpi klw uda seputar knop AC lampu, jok elektrik instrumen panel lainnya yg agak "aneh" bisa jadi yg mahal...
apa lgi klw udah air suspensionnya vx100... mahal tuh..

cmiiw yah
thx
:beer:
Setuju dengan yang diatas, saya kebetulan pake LC105 yang 1FZ-FE bensin. LC 105 ini sering di sebut LC100 series GXL. Dari segi interior, kelengkapan dan kenyamanan LC105 memang jauh di bawah LC100 series biasa (VX Std), bahkan kalau di bandingkan dengan LC Prado 90 Series saya saja masih kalah. Interior benar2 standard, tidak ada folding mirror, wooden pannel, double blower, electric seat bahkan ACnya belum ada climate controlnya :p. Intinya interiornya benar2 plain.

Tapi, bagi saya, yang menjadi daya tarik dari 105 Series adalah Heavy Dutynya suspensinya chassis yang dipakai adalah chassis LC80 Series yang sudah di enhanced dan masih menggunakan RFS untuk suspensi depan, dan kesederhanaan accessories means least thing to break esp. air suspension, servisnya mahalllllllll.

saya dulu sempat tertarik untuk beli LC 80 series, tapi kemudian disarankan oleh teman saya untuk beli yang 105 series saja, karena tetap mewarisi ketangguhan LC 80 series dengan model yang lebih muda.

Dari segi comfort dan handling LC 100 series memang lebih enak dari 105 series, tapi dari daya tahan, untuk heavy duty dan kalau sering lewat jalan hancur (bukan rusak lagi heheh) lebih ok 105 series, saya baca di form Ih9Mud dan 4wdaustralia, ada beberapa kasus dimana IFS LC 100 bermasalah saat heavy duty off road. Tapi memang kalo untuk jalan jakarta saja atau touring Jawa-Bali LC100 mantap sekaliiii :)

just my 2c

cheers
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

^
sama, vx100 jg blm ada electrice fold mirror

jarang bgt denger vx105, klo ga salah, dari luar ga gitu beda ya..
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 405
Joined: 14 Apr 2009, 04:56

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by agathos »

yep. secara exterior hampir sama, yang membedakan hanya kalo di lihat kekolong mobilnya aja dan juga pelek yang di pakai deep dish model dengan offset minus. accesories seperti pelek, bemper depan dan belakang ARB juga beda, punya 100 series biasa gak bisa masuk di 105 karena perbedaan sasis nya.

Yep jarang banget, dan nyari-nya agak susah. Orang biasanya nyebutnya 100 series GXL dan barangnya rata2 CBU australia bukan jepang, karena yang banyak pake di austria due to their harsh environment.
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 19 Mar 2009, 21:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by basah »

kalau VXR dipasang intercooler cakep kali ya ? paling mesin gak terlalu berat kerjanya soalnya gas buang yang bikin turbo muter khan bikin udara yang di manifold shunya naik.

Kalo mau pasang intercooler di VXR ada produk aftermarket atau ori toyota (kampakan) yang tinggal plug n play ? tentunya sepaket sama selang dan pipa......

Ada yang bisa sharing ?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

^
coba lsg hubungi bengkel modif. tambah cakep sih ga, tapi pastinya tambah power hahaha...
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 405
Joined: 14 Apr 2009, 04:56

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by agathos »

Hmm, coba aja buka forum http://forum.ih8mud.com/ atau http://www.4wdaction.com.au/forum/ di situ ada banyak info soal LC 80 termasuk pemasangan turbo dan IC. kalo bengkel pemasangan IC dan ECU piggy back, coba aja tanya2 di Rev Engineering, gw waktu itu pasang Piggy Back di sana dan bagus banget dan dia juga terima pasang I/c.

hehe dan kalo mau tenaga lebih ganas lagi pakein water-methane injection bos :)
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2594
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by roadtrain99 »

denger2 water methane belum dianggep ok..katanya lhooo...

lc80 bisa di piggy in? tau gini ga dijual...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by billyd1773dz »

^^
VX 80 1HD-T blm pke ECU bro

VX100 1HD-FTE baru pke ECU +24valve engine lain yg di pakai di VX100/105/lexus adalah
6cyld 1FZ-FE 1HD-FTE 4cyldr 1KZ-TE dan V8 2UZ-FE

hehehe tpi tetep yang pling tangguh tuh VX80 std... suspensi rigid +1HD-T engine tampa ecu tampa piranti elektronik bener2 real diesel... atau keluarga 70series... cuma jarang bngt di indo..

biasanya diesel toyota jarang yg udah pke intercooler dri aslinya, tpi udah bnyk bngt yang nyediain aftermarketnya yg langsung ngeplak dgn VX80 contohnya yg udah cukup terkenal

Image

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Post Reply