Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

harsin168
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Nov 14, 2015 20:33

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by harsin168 »

Salam..

Mau gabung nih, saya newbie di sini.
Saya baru saja menebus LC VX-R Turbo Matic Transmission thn 1998 (setidaknya demikian kata STNK dan fakturnya), kebetulan dapat dr mantan bupati jd barang sih hampir 95% ori.
Mesin dan kaki2 sdh dicek ke auto2000, kata mereka dlm perfect condition. Dan ini adalah mobil diesel saya yg pertama.
Mohon pencerahan :

1. Apa yg harus diwaspadai dalam merawat mobil ini ?

2. Olie apa yg terbaik utk mobil ini ? Apakah olie mobil1 diesel cocok ? (Saya kebiasaan menggunakan olie mobil1 utk mobil bensin, baik olie mesin maupun transmisi nya)

3. Dimana toko yg masih menjual parts interiornya ? (Ada bbrp parts interior yg ingin saya ganti meski msh bagus).

4. Ada yg bilang klo mau bagus lagi harus dipasang intercooler, di mana bisa beli dan kira2 brp kisaran harganya ?

Sekian dulu, mohon pencerahan para suhu dan senior sekalian.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by solar_kerosen »

kondisi 95 % itu mobil apa sendok gan :mky_07: sehebat hebatnya LC kalau udah umurnya belasan tahun kaya gitu paling kondisinya 70 % :big_dunno:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by DOHC »

ngaco...

emangnya smua mobil dipukul rata kaya timor, yg didiemin aj bsa meleot sendiri tuh plastik2 dashboard... :mky_07: :mky_07:

kl dirawat bener mah, tetep aj bsa bagus... apalagi sekelas LC... kendaraan taliban timteng...

btw @ TS, kl nyari parts interior.. coba maen ke atrium senen popa lt 5 aj... parts LC ad beberapa ane liat masi ckup lengkap dsana..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
harsin168
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Nov 14, 2015 20:33

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by harsin168 »

Hehehe... Maksudnya 95% itu artinya hampir seluruhnya masih ori, memang sdh tidak secerah barang baru, tp still amazing.. Baru dibeli aja sdh ada yang mau nawar langsung... :mky_01:

Oya, saya domisili di Surabaya, jd agak susah klo nyari barang yg nggak ada website nya. Mungkin ada yg bisa ngasih info kemana harus nyari parts terutama interior dan intercooler secara online ?
Klo emang ga ada ya terpaksa harus datang ke Jakarta. Atau mungkin malah ada yg tau toko soareparts di Surabaya... :big_blushing:
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by goodwill »

om, buat bengkel ikut aja masuk group LC owners, add my WA +62812 80000 222
Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Haagendasz »

Kena berapa tuh om Harsin ?

Saya lagi kangen nih sama LC VX, dulu bokap pernah punya taun 1996 yang manual ... gile bener iritnya, mobil 4000 cc bisa dapet 1:10 di kota2 ...
harsin168
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Nov 14, 2015 20:33

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by harsin168 »

Om Haagendasz, saya nebus 335..
Barusan saya pesan sunvisor krn sunvisor aslinya sdh pada meleyot, mungkin hardbord nya udah kalah sama waktu.. :big_smile]

Oya, mungkin ada yg bisa beri info brp jml liter yg dibutuhkan untuk olie mesin, olie transmisi matic dan olie gardan ?
Brader
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Mar 26, 2016 8:42

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Brader »

Salammm buat para masterrr dan om2 yang yang ada di forum ini..saya newbie disini..dari awal forum tentang "Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel " sekitar tahun 2009 saya ikuti dan sekarang baru bisa ikutan gabung di forum ini...btw saya butuh advicenya dikit, banyakk lebih bagus lagi..saya punya LC VXR 80 tahun 1998 baru aja ditebus harga *(relatif) karena yang punya sebelumnya BU dan nggak enakk dipaparin disini.. :mky_01: ..kembali ke permasalahan saya..saya ingin repaint dan sedikit modif di mesin dan kaki2 biar ini mobil jadi tampilannya lebih keliatan sangar, yang ingin saya tanyakan
1. Ada nggak dari para brader yang punya kenalan bengkel atau pernah repaint LCnya??karena sekarang banyak bengkel yang ngaku bisa ngecat/duco oven tapi yaaa begitu lah kalo bukan kabel body, panel body dan kualitas duconya pasti ada yang nggak rata..proses pengerjaannya pengen di "strip"abiss karena rangka dan body dalam dan mesin akan saya repaint all.
2. Untk suspensi saya juga pernah liat di majalah jip tapi lupa edisi berapa yang mengulas tentang LC VXR 38" (Image dari brother boy)kalo nggak salah bodyliftingnya itu 5 Inch pake full spek Ironman level 3 body lifting (correct me if am wrong) cuman nggak tau ngerjainnya dimana..mohon info bengkel dan no.tlpnya dong??rencananya akan saya pakekan velg 20" x 12" profil ban 36 x 13.5..
3. Ada yang tau tempat mesen bullbar custom replikaan ARB untuk model JK??
4. kalo urusan mesin dan turbo, lagi2 saya pernah baca mengenai ulasannya rev eng atao sigma speed (lupa2 ingat) :mky_01: , di majalah jip tentang rombak abis mesin toyota DCab Hilux itam..kalo untuk LC VXR bisa nggak ya??soalnya kurang puas dengan top speednya (FYI pake 33" x R15)
5. ini mobil transmisi matic...bisa nggak sih transmisi manual dicomot punya VX??..kepengen pake manual, terus trang akselerasinya lambat klo di bejek dari D..apalagi kalo AC dinyalain..(Max. 140 Km/jam pake ni VXR)..

mungkin itu dulu para suhu2, master2, om2, kakak2 dan adek2 sekalian...Salam Cruiser

Note : buat admin bikinin forum khusus yang mengulas habis tentang LC VX dan VXR, contoh

:big_cat:
Forum :Only Landcruiser VX & VXR
1. Suspensions
2. Machine
3. Rims and Tyres
4. Body
5. Offroad Specs
6. Daily Specs
7. Dst...gimna??
Brader
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Mar 26, 2016 8:42

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Brader »

goodwill wrote:om, buat bengkel ikut aja masuk group LC owners, add my WA +62812 80000 222
.....
am in :big_smoking:
Brader
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Mar 26, 2016 8:42

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Brader »

harsin168 wrote:Hehehe... Maksudnya 95% itu artinya hampir seluruhnya masih ori, memang sdh tidak secerah barang baru, tp still amazing.. Baru dibeli aja sdh ada yang mau nawar langsung... :mky_01:

Oya, saya domisili di Surabaya, jd agak susah klo nyari barang yg nggak ada website nya. Mungkin ada yg bisa ngasih info kemana harus nyari parts terutama interior dan intercooler secara online ?
Klo emang ga ada ya terpaksa harus datang ke Jakarta. Atau mungkin malah ada yg tau toko soareparts di Surabaya... :big_blushing:
.....
Mdh2an blon basi coba brosing dsni extremelandcruiser.com
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by basah »

mau tanya serius nih bro.............

Bearing roda rasa-rasanya sdh minta ganti, nah untuk vx-80 ini kalo ganti bearing roda mesti buka gardan untuk copot spie (kancing as roda). Ane kepikiran soal bearing di differensialnya mesti diganti juga.

Pertimbangannya baik bearing as roda belakang dan bearing differensial dilumasi oleh oli yang sama, seharusnya bila bearing as roda kena hal yg sama juga terjadi di bearing differensial ?

Pertimbangan kedua, krn toh juga buka gardan artinya ongkos kerja kena dua bukan gardan dan ganti bearing..........sekalian aja ganti bearing differensial.

Kemarin tanya ke mekanik..............jawabannya enteng saja.......kalo rusak aja digantinya pak..............entah krn males apa gak ngerti....... :big_grin:

Gimana menurt agan dimari.................ane lagi cari second opinion nih, ane kuatir kayak radiator meleduk di cipularang gara-gara mekanik gak rekomen ganti plastik radiator.
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by hendrabig »

basah wrote:mau tanya serius nih bro.............

Bearing roda rasa-rasanya sdh minta ganti, nah untuk vx-80 ini kalo ganti bearing roda mesti buka gardan untuk copot spie (kancing as roda). Ane kepikiran soal bearing di differensialnya mesti diganti juga.

Pertimbangannya baik bearing as roda belakang dan bearing differensial dilumasi oleh oli yang sama, seharusnya bila bearing as roda kena hal yg sama juga terjadi di bearing differensial ?

Pertimbangan kedua, krn toh juga buka gardan artinya ongkos kerja kena dua bukan gardan dan ganti bearing..........sekalian aja ganti bearing differensial.

Kemarin tanya ke mekanik..............jawabannya enteng saja.......kalo rusak aja digantinya pak..............entah krn males apa gak ngerti....... :big_grin:

Gimana menurt agan dimari.................ane lagi cari second opinion nih, ane kuatir kayak radiator meleduk di cipularang gara-gara mekanik gak rekomen ganti plastik radiator.
Haloooo... Lama gak main2 ksini.. hehehehe..
Kalau saya pribadi, ganti aja semua yg sekiranya perlu diganti.. montir bilang masih bagus pun kalau belum pernah ganti ya ganti aja.. sekali bongkar, beres dan untuk meyakinkan pemasangan akan saya tunggui.. biar hati tenang aja om..
cahayah
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue May 17, 2016 15:42

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by cahayah »

hendrabig,

Boleh tau alamat email atau wa. Saat ini saya mengalami posisi yang sama. Vx80 sudah dikalibrasi 3x, dan masih goyang.
Katanya nozzle 4 dan 6 masih masalah tetapi mereka tidak bisa mengatasinya lagi. Seat ring itu seperti apa ? Boleh disharing gambarnya ?

Terima kasih sebelumnya.
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by hendrabig »

cahayah wrote:hendrabig,

Boleh tau alamat email atau wa. Saat ini saya mengalami posisi yang sama. Vx80 sudah dikalibrasi 3x, dan masih goyang.
Katanya nozzle 4 dan 6 masih masalah tetapi mereka tidak bisa mengatasinya lagi. Seat ring itu seperti apa ? Boleh disharing gambarnya ?

Terima kasih sebelumnya.
WA via PM aja ya om.. hehehe..

dr pengalaman saya, nozzle injector 1hdt itu ada 2 macam, 5 lubang dan 4 lubang.. nahh, bisa di coba cek itu masing2 nozzlenya apakah sama jumlah lubangnya.. 2 macam lubang nozzle ini saya tau setelah kejadian top overhoul kmrn.. pas iseng2 perhatikan nozzle2 rusak yg di ganti di bengkel balikpapan dan yg di bengkel berau. bisa jd ini penyebab mesin goyang karena semprotannya gak sama banyak.. jika lubang sama coba kalibrasi juga masing2 injectornya.

untuk ring seat itu ini gambarnya
Image

kalau melepas injector, seat ring ini pasti lengket di blok.. harus pake mur 8mm panjang buat narik keluar nya.. untuk part numbernya ada di sharing saya sebelumnya ya.. hehehehe..

Kalau boleh tau awalnya kenapa ya injector pump nya di kalibrasi?
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by basah »

Dulu waktu awal sempet overhaul transmisi matic di ricardo matic, dan rekomendasi ricardo reset matic di toyota.
Akhirnya ane ke sunter sekalian untuk aplikasi jasa itu dan ternyata mekaniknya disana malah bingung karena gak ada pekerjaan jasa reset matic untuk landcruiser vx-80.

Agak membingungkan krn di kabin mesin ada socket diagnostik kayak gini

Image

isinya kayak gini
Image

Kalo memang gak ada pekerjaan reset di LC-80 terus socket OBD (on board diagnostic) itu buat apa ya ?

Ada yg paham soal ini ?
Apa socket ini yg dimaksud ricardo matic untuk melakukan reset program transmisi matic ?
hendrabig
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Tue Mar 25, 2014 7:21

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by hendrabig »

Bisa coba baca disini om.. http://www.sugarlump.no/cruiser/HDJ-80_S3.pdf

Dari manual nya itu socketnya untuk diagnosa masalah ditransmisi, tidak tercantum bisa untuk reset sih.. (atau saya yg gak liat hehehe..)
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by basah »

waduh thx atas infonya, mesti baca pelan-pelan nih.

om hendra............You're the best :big_okay:
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by cokino »

Lama banget gak mampir kesini ternyata masi rame juga...

Gak kerasa ini udah tahun ke 6 saya pake HZJ80 (full floating dan electrik locker depan belakang) untuk operasional ke kebun dan putar-putar dalam kota. Karena kesengsem dengan tenaga HDT akhirnya mesin HZJ di upgrade dijadiin HDT.
Lagi, karena beneran jatuh cinta sama 80 series akhirnya ambil 2 lagi yang seri VX (gak doyan yang matic). Setelah diseleksi akhirnya 1 VX80 buat disimpen dan VX80 yang satu lagi dijual. HZJ tetep buat nemenin saya ke kebun. Sempet test drive 105 series tapi akhirnya dibatalin karena alasan pribadi.

FYI, ini mobil badak, beneran...badak tulen. Gak usah terlalu dimanja soal perawatan karena teknlogi mesin dan kakinya emang teknologi jadul (tahan banting). Maksudnya, perawatannya cukup sesuaikan dengan spek dari pabrikannya.

Dari awal pake mesin HZ sampe diupgrade jadi HDT saya pakai oli meditran SC/SX tanpa ada kendala. Filter oli juga pakai apa yang ada. Dapet yang ori ya pakai yang ori, kalo di toko stok cuman ada sakura ya pakai sakura. FIlter solar juga seperti itu. Ada stok yang ori, ya pake yang ori. Kalo gak ada yang ori saya biasanya pakai punya truk Dyna. Setiap ganti oli, 2 filter itu juga ikut diganti.

Oli gardan, transmisi dan transfercase juga pake produk Pertamina, Rored SAE 90. Sampe sekarang aman-aman saja.
Sejauh ini parts kaki-kaki yang pernah diganti : Bearing roda depan, bearing differential, kampas rem dan Drive shaft depan-belakang. Ring dan pinion cukup disetel ulang aja untuk mendapatkan kerenggangan yang sesuai. Sebaiknya pekerjaan ini dilakukan di bengkel yang memang sudah biasa menangani mobil 4 x 4 karena salah kasi kerenggangan bisa fatal akibatnya.

Pengoperasian 4wd cukup gampang.
Tombol H4 ditekan untuk mengaktifkan 4x4 di transfercase dan freelock di putar di posisi Lock untuk mengunci as roda. Di posisi ini mobil beroperasi pada kondisi High gear 4 x 4. Peruntukannya untuk jalan tanah licin yang tidak butuh torsi besar. JANGAN MENGOPERASIKAN KENDARAN PADA KONDISI INI DI JALAN ASPAL KARENA BISA MENGAKIBATKAN KERUSAKAN PADA DIFFERENTIAL DEPAN !!! Beda halnya kalau VX80 yang dimiliki menganut sistem Fulltime 4wd.
Geser tuas kecil di kabin dari posisi H ke L (mobil harus berhenti total atau maximal 5 km/h) dan mobil beroperasi pada kondisi Low Gear 4 x 4. Peruntukannya untuk kondisi jalan lumpur atau tanjakan/turunan curam yang licin atau pada kondisi dimana torsi maksimal dibutuhkan.
Opsional :
Putar Knop Diff-lock pada posisi RR atau RR-FR maka Differential belakang atau Differential depan dan belakang akan mengunci. Efeknya tenaga mesin akan di bagi rata ke 4 roda tidak peduli bagaimanapun posisi Roda.
Positifnya : Jauh lebih mudah melewati handicap yang ada (lumpur dalam, tanjakan curam)
Negatifnya : As roda rawan rontok terutama as roda depan dan mobil susah dibelokkan.

Bukti ketangguhan Gardan Land Cruiser (yang ini pake gardan seri 60) : https://www.youtube.com/watch?v=Gis0-vPTAKY

cape ngetik, bobo dulu ah...
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by basah »

Sdh lama gak mampir dimari, sekarang mampir dulu sambil tanya problem.

Maklum mobil tua motor power window bermasalah. Motor PW pintu depan sdh diganti dengan lancar krn konstruksinya seperti pada umumnya. Gak pake sling kawat tapi pake rel.

Nah yg belakang ternyata konstruksinya berbeda, tidak ada baut untuk melepas bracket dudukan kaca dengan rel power window. Mekanik sdh observasi segala kemungkinan untuk melepas kaca dan bracketnya dari rel PW, tetapi ternyata tdk ada solusi seperti melepas kaca pintu depan.

Mohon pencerahannya dari agan dimari ?
Zoeryo81
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Fri Jul 15, 2016 8:05

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by Zoeryo81 »

hendrabig wrote: Fri Apr 18, 2014 8:54 Siapa tau ada yang butuh file PDF manual service dan manual owner book 80 series..

bisa di download disini offroad80s
Maaf , salam kenal, sy br ngabung di posti ini 🙏

Mohon tanya, bagaimana caranya download user manual 80 series di web offroad80s tsb ?
Aq cb kok gak bisa ya ?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by ginting »

Zoeryo81 wrote: Mon May 15, 2017 4:33
hendrabig wrote: Fri Apr 18, 2014 8:54 Siapa tau ada yang butuh file PDF manual service dan manual owner book 80 series..

bisa di download disini offroad80s
Maaf , salam kenal, sy br ngabung di posti ini 🙏

Mohon tanya, bagaimana caranya download user manual 80 series di web offroad80s tsb ?
Aq cb kok gak bisa ya ?
Kudu jadi member dulu, trus login, trus ngunduh data...
Zoeryo81
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Fri Jul 15, 2016 8:05

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VRX Turbo Diesel

Post by Zoeryo81 »

ginting wrote: Mon May 15, 2017 6:27
Zoeryo81 wrote: Mon May 15, 2017 4:33
hendrabig wrote: Fri Apr 18, 2014 8:54 Siapa tau ada yang butuh file PDF manual service dan manual owner book 80 series..

bisa di download disini offroad80s
Maaf , salam kenal, sy br ngabung di posti ini 🙏

Mohon tanya, bagaimana caranya download user manual 80 series di web offroad80s tsb ?
Aq cb kok gak bisa ya ?
Kudu jadi member dulu, trus login, trus ngunduh data...
Siip thanks om
:big_okay:
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by ngalih »

Salam kenal dan ijin nyimak ya om... belum punya LC, baru kepingin aja dl sambil nabung. Apasaja yang harus dicek ketika beli LC bekas? Maklum newbie
Zoeryo81
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Fri Jul 15, 2016 8:05

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Zoeryo81 »

ngalih wrote:Salam kenal dan ijin nyimak ya om... belum punya LC, baru kepingin aja dl sambil nabung. Apasaja yang harus dicek ketika beli LC bekas? Maklum newbie
Sy persilahkan om [emoji16]

Maaf newbie bantu njawab [emoji120]

1. Body
Periksa sasis ladder frame besar apakah bebas dr karat & api las bekas sambungan, jika di dpt ini indikasi tsb, berarti mobil mengalami penyiksaan [emoji16]
Fokus jg pd body yg terbungkus over fender terutama bag belakang bebas karat or tdk
2. Mesin
Bisa dilihat dr asap pembuangan, terasa bau sangit berwarna putih perlu di waspadai,
Pd mesin 1hdt yg dah berturbo jg perhatiakn sekitar turbo nya, tjd rembesan or tdk?, rembesan oli pd turbo menuju manifold, biasanya tolak ukur nya gas buang berbau sangit & berasap ke abuan
3. Kaki-kaki
Perhatikan kondisi bushing pd link arm terdpt keausan or tdk,
Perhatikan suspensi belakang tjd penurunan or tdk,
4. Sunroof
Perhatikan adakah indikasi rembesan di sekitar ini, mengingat mobil dah berumur, biasanya ini hanya ckp penggantian karet dah beres mslh
5. Transmisi
Perhatikan rembesan2 atau kebocoran oli sekitar trans. Utk trans manual termasuk badak, trans AT harap di test posisikan tuas dr P ke R atau D jika hentakan terasa lambat perlu di waspadai , lanjut test jalan , rasakan perpindahan gigi nya, jika terasa lambat, maka transmisi perlu perbaikan besar
6. Transfercase: posisikan tuas pd segala model, dr 2h, 4h, N, 4L pastikan semua nya dpt di akses dgn mudah

Mgkn ini dr sy yg msh newbie. Mgkn senior yg lain bisa menambahkan [emoji120]



Sent from my iPhone using Tapatalk Pro
goodwill
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by goodwill »

hehe update aja.

bagi yang pingin ikut group LANDCRUISER Owners Indonesia, silahkan DM ke IG profile dibawah ini

instagram.com/lco.id

khusus user saja hehe.

Image