Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by roadtrain99 »

FortunerMan wrote: Saya gak pernah protes sama si JamesBond, dia ngomong apa adanya. Tapi kalo ngomongin satu kasus org bakar2 rem di Thailand untuk yang keseratus kalinya - tentu harus dipertanyakan motif anda. Di Thailand setiap kali nengok ada aja Fortuner...sama kaya Innova disini. Kalo segitu buruknya, tentu ada protes massal ya kan? Mungkin org Thailand bawa mobilnya 60km/h jam juga kali ya...
haduuh..si mbah.. :off_bored:
yg bilang anda protes si bond siapa? sy ga tuh. lagian kan sy komen nya ke bond, bukan anda. Si bond bilang rem ipah nya agak kurang, lah sy cm share pernah pk ipah rental remnya lumayan. Dia aja tenang2. Malah anda yg sewot. :e-whistle:
sy share kasus rem 42ner di th sekedar utk awareness aja. Klo anda rasa 42ner anda bagus, knp sensi? sy toh ga bilang seluruh 42ner ancur.
Lagian, sy share kasus itu blm 100x deh, jgn fitnah..ga baik mbah...hihihihi motif? aduh...please lah..jauh amat..ga ada untungnya buat sy.. :e-dance: hehehe..

sy blm lama dr bkk tiap nengok seringan liat navara, crv, harrier. 42ner malah jarang... :e-think:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by roadtrain99 »

Wilz wrote:saya pemakai new fortuner diesel..
sejauh ini saya merasa rem fortie masih acceptable.. tentunya jangan membandingkan dengan mobil yg lebih mahal donk..
fortie rem depan cakram, rem belakang tromol, saya rasa mobil sejenis gitu performa remnya ngga bakalan jauh beda.. kecuali kalo uda dimodifikasi sama ownernya..
GV yg masih harganya jauh di bawah fortie aja uda depan belakang cakram (gile.. demen banget gw sama GV, cuma ngga trust sama suzuki aja)
intinya rem cuma salah satu alat pengamanan di kenderaan, selain itu masih ada safety belt, rem mesin, dan yg paling utama adalah drivernya..
kalo nyetir sambil mabuk ato ngantuk, rem sekelas porsche cayenne juga ngga ada gunanya.. :)

pada dasarnya rem di semua jenis kenderaan punya waktu/jarak pengereman dari keadaan kencang hingga berhenti total.. jadi setelah kita memahami jarak aman rem kenderaan kita, maka ikuti saja jarak itu.. jadi rem kita sudah optimal bukan???

btw TSnya uda jatuhkan pilihan blon neh??? :D

:drinking: :drinking: :drinking: <--- tapi jangan sambil nyetir yak... :P :big_peace:
nah, kayak pak wilz, cool hehehe...

btw, rem disc & tromol performa nya lumayan beda, secara pendinginan rem disc jauh lebih baik drpd tromol. semakin cepet dingin, performa rem semakin baik. Oleh krn itu banyak disc dibuat berventilasi (terutama bagian depan krn beban kerja nya paling berat), malah ada pula yg di drill utk melerai panas lebih cepat. cmiiw.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by ZombiEE »

innova v a/t diesel...a/t!...jalan macet... :big_peace: :big_smoking:
bodhi
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Oct 18, 2008 16:49

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by bodhi »

guys,ada pendapat ttg innova diesel yaitu akselarasi awal innova diesel M/T aja udah berat,apalagi yang A/T,emangnya begitu ? apakah ada semacam trik khusus dari cara menginjak pedal gas A/T supaya tarikan tidak menjadi berat ? Mohon jurusnya di share ke saya dong....TQ
FortunerMan

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by FortunerMan »

bodhi wrote:guys,ada pendapat ttg innova diesel yaitu akselarasi awal innova diesel M/T aja udah berat,apalagi yang A/T,emangnya begitu ? apakah ada semacam trik khusus dari cara menginjak pedal gas A/T supaya tarikan tidak menjadi berat ? Mohon jurusnya di share ke saya dong....TQ
Join aja Innova community di Yahoo! Group, denger2 banyak trik2 murah meriah bikin performancenya lebih bagus. Disana banyak pakarnya...atau tanya pak Turboman, dia jagonya diesel dan pemakai Innova D4D.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by Turboman »

Nggak puas ama kinerja rem standard ?

Segeralah ganti minyak rem ke DOT 4 atau DOT 5.1 jika perlu. :mrgreen:

Ipah A/T ogut juga dari baru udah ganti ke DOT 4, sebab dgn DOT 3 ngeremnya agak "nyelonong"

Kalo masih kurang bisa ganti brake pad serta disc rotor kemampuan tinggi + tabung extra @ booster rem. :frm_tumbright:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by esh »

Turboman wrote:Nggak puas ama kinerja rem standard ?

Segeralah ganti minyak rem ke DOT 4 atau DOT 5.1 jika perlu. :mrgreen:

Ipah A/T ogut juga dari baru udah ganti ke DOT 4, sebab dgn DOT 3 ngeremnya agak "nyelonong"

Kalo masih kurang bisa ganti brake pad serta disc rotor kemampuan tinggi + tabung extra @ booster rem. :frm_tumbright:
Tips yang harus saya coba nih. Bagi tipsnya lagi dong om Turboman :thanks:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by andy1800 »

omong2,
spec dr sistem rem kita kan memag direkomend bisa utk Dot-3 maupun Dot-4

cuma, yg gw ingin tanya
kalau kita kasih Dot-4 itu, bukan berarti bahwa kita "push it to the limit" ?
maksudnya, kalau dikasih Dot-4, itu nggak bikin seal2, karet2, logam2, dan pipa2 dari sistem rem kita itu jadi cepat aus kan ?


krn, sementara ini, logika gw begini:
-kalau kita kasih Dot-5, maka seal2nya kan akan jauh lbh cepat remuk/getas/mudah hancur....
-sedangkan kalau Dot-3, maka seal2nya akan sangat "nyantai"...

naah, apakah kalau kita kasih Dot-4, maka keawetan seal2nya akan berada diantara Dot-3 dan Dot-5 ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by Turboman »

andy1800 wrote: kalau kita kasih Dot-4 itu, bukan berarti bahwa kita "push it to the limit" ?
maksudnya, kalau dikasih Dot-4, itu nggak bikin seal2, karet2, logam2, dan pipa2 dari sistem rem kita itu jadi cepat aus kan ?
Sama sekali nggak masalah um

Panther LS AT ane dulu malah selama 5 tahun pake DOT 5.1 (glycol based) en sampe mobil dijual sistem rem sama sekali ga pernah ada masalah.

Saat ini ane juga apply DOT 4 di Kijang kapsul 2000 en Katana '97 ane, udah jalan bbrp tahun en karet2 nya sama sekali ga pernah ada masalah. :mrgreen:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by andy1800 »

ah,...oke oke.... sip sip... :frm_tumbright:
:thanks:



anyway,
kenapa pabrikan nggak lasngung isi Dot-4 atau Dot-5.1 ?
pdhal secara harga, (let's say utk 2-4 ltr), nggak beda2 jauh amat kan ya ?

atau, krn pabrikan "takut", sehubungan dg titik didih dari minyak rem Dot yg tinggi itu ya ? (refers to iklim di Ina)
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by sjamsul »

Turboman wrote:Nggak puas ama kinerja rem standard ?

Segeralah ganti minyak rem ke DOT 4 atau DOT 5.1 jika perlu. :mrgreen:

Ipah A/T ogut juga dari baru udah ganti ke DOT 4, sebab dgn DOT 3 ngeremnya agak "nyelonong"

Kalo masih kurang bisa ganti brake pad serta disc rotor kemampuan tinggi + tabung extra @ booster rem. :frm_tumbright:
Ane kurang setuju nih bro klo kerja rem bikin kaga puas, trus diganti ama dot 4 dst, bisa jadi pakem tuh remnya. Setau ane klo mblnya masuk katagori sederhana, nampaknya kaga perlu deh diganti dg dot yg lbh tinggi, krn maksimum performance boil khan dah diitung ama pabrikan. Setau ane dot yg lbh tinggi itu perbedaannya cuma di tahan panasnya aja, MISALKAN pada dot 3 tahan panas di angka 100, maka pada dot 4 bisa mencapai 130 ato lebih.


tabung extra pengaruhnya cuma sedikit aja (klo kaga mo dibilang ndak ada gunanya), spt yg ane dah pakein di kijang kapsul 97. Akhirnye yg bener adalah ganti aja master remnya klo mo lbh pakem.
cmiiw. :mrgreen:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by andy1800 »

sjamsul wrote:...dot yg lbh tinggi itu perbedaannya cuma di tahan panasnya aja, MISALKAN pada dot 3 tahan panas di angka 100, maka pada dot 4 bisa mencapai 130 ato lebih.
selain itu,
juga ada perbedaan di viskositas nya (dan atau kepadatan molekulnya)...
sehingga kalau Dot lbh tinggi biasanya semakin kecil tingkat "kelenturan" cairan hidrolik nya itu.
spt tali yg lentur vs tali yg tidak lentur atau bahkan batang besi.
sehingga, efeknya ini membuat sewaktu kita ngerem... semakin kecil "lag" atau "delay" nya.

selain itu, spt tadi, perbedaan formula kimiawi dr cairannya itu, membuat ada perbedaan "efek merusaknya"...
meskipun, kalau hal ini sudah di-pengalaman-i oleh pak turbo, dan menyatakan bahwa sekian tahun aman2 saja komponen braking system-nya.



additional info
just FYI:
DOT 3 ----- WBP = 140 C --- Glycol Ether Based
DOT 4 ----- WBP = 155 C --- Glycol Ether / Borate Ester
DOT 5 ----- WBP = 180 C --- Silicone Based
DOT 5.1 --- WBP = 180 C --- Glycol Ether / Borate Ester

note
WBP = wet boiling point, dlm Celcius = titik didih pd kondisi minyak rem nya WET ( terkontaminasi air sebyak 3.7% )
ingat, ada hal ironisnya >>> kebetulan, semakin tinggi Dot, semakin mudah menyerap (terkontaminasi oleh) air. pdhl air lah yg membuat drop titik didihnya.

bagi yg awam: apa akibatnya kalau minyak rem mendidih (pd pengereman yg sering atau ngerem kuat2) = rem blong !
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by ZombiEE »

nah oom sjamsul tolongin ane dunk kalo gitu...hehehe
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by sjamsul »

ZombiEE wrote:nah oom sjamsul tolongin ane dunk kalo gitu...hehehe
Apa yg ane bisa bantu nih bro?. :e-think:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by GTR »

masih penasaran sampe sekarang;
Navara, 171ps = 402NM
Captiva, 150ps = 320NM
Everest, 110ps = 268NM
Ranger, 110ps = 268NM
Mazda B, 110ps = 257NM
Strada, 100ps = 240NM
Phanter, 78hp(80ps) = 191NM

kalo liat struktur/skala output power vs torque pada turbodisel (M/T) tadi;
apalagi liat skala toyota yg ini:

Toyota 1ND-TV, 89hp = 190NM
Toyota 2AD-FTV, 135hp = 310NM

Toyota 2L-TE, 97hp = 240NM
Fortuner M/T, 102hp = 260NM

kenapa innova M/T, 102hp, cuma dikasih = 200NM?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by andy1800 »

2KD-FTV on Fortuner M/T 5 spd -------------------- 2KD-FTV on Innova M/T 5 spd
-------- 102 ps - 265 Nm ---------------------------------102 ps - 204 Nm --------
^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
gear ratio, 1st --- 4.313 ---------------------------------------- 3.928
gear ratio, 2nd --- 2.330 ---------------------------------------- 2.142
gear ratio, 3rd --- 1.436 ---------------------------------------- 1.397
gear ratio, 4th --- 1.000 ---------------------------------------- 1.000
gear ratio, 5th --- 0.838 ---------------------------------------- 0.851
reverse ----------- 4.220 ---------------------------------------- 4.743
final gr ratio ----- 3.909 ---------------------------------------- - N/A - (dr unofficial source = 3.909 jg)

itu just kasih gambaran bhw keduanya mempunyai gearbox dg tipe yg beda.
dan nampaknya (spekulasi gw), pertimbangan utama adalh Cost (dan harga jualnya/price positioning), plus segment positioning

kl dikasih gearbox dg dimensi kecil, konstruksi & kekuatan material yg lbh rendah pada Innova.... maka costnya bisa ditekan.
kl dikasih gearbox dg kemampuan yg (nyaris) sama dg Fortuner, spt pd versi A/T nya (yg mgkin memang mensyaratkan 265 Nm)... tentu saja costnya jd "enggak enak".
lihat saja beda harganya antara Ipah M/T & A/T ===>> selisih 13.5 jt (including PPN, pajak2 lain, dll)... cukup signifikan utk kelas Ipah.


as we all know, torsi kan hanya berkaitan dg Massa dr flywheel.
krn gearbox nya diambil dr versi yg cukup murah, maka kemampuan menahan hantaman torsi mesin pun jg lbh rendah.
so, sesuaikan saja torquenya.... (mestinya tiap type gearbox punya spec: torque min & torque max, yg bisa diterima oleh "mulutnya")

nah,
tinggal di-reduce saja Massa nya flywheel ==>> otomatis torque nya jd lbh kecil... ...mudah bukan?
bahkan, didapat pula "efek samping" positif >>> reducing massa flywheel = mempermurah jg biaya produksi.
done.



ps:
mgkin gearbox A/T nya Innova malah lbh mahal drpd gearbox M/T maupun A/T nya Fortuner... krn, (mgkin) dg dimensi yg lbh kecil, tp sama2 mampu menghandle 265 Nm.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by GTR »

kalo ttg relation antara sacrifice torque dgn gearbox pd mesin yg sama dgn kisaran beda harga manual dan matic 13jt yg masih umum;

koq rasanya very unussual yah bela2in sacrifice torque sebesar itu cuma karena beda ratio gitu utk mesin sama yg di-share, mirip juga dgn : vios-yaris, crv(2.0/2.4)-accord(2.4)-stream(2.0), camry-harrier-alphard juga.

biasanya gearbox bisa dibikin sharing by produsen / masih dipakai di mesin yg torquenya berbeda2, misal xeniavanza(1.0-1.5), starlet(1.0-1.3)-soluna1.5.

sampe2 koplingnya juga bisa dibikin sharing (memang sama) by produsen misal dari soluna1.5, corollaTC1.6, greco1.6, ANC1.8 s/d Altis1.8 & VVti, blm tau yg model2 lainnya.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by andy1800 »

intinya kan bukan di beda ratio nya...
tp kemampuan of the gearbox utk menghandling torque, sehubungan dg kualitas material, dimensi, & konstruksi, dst
GTR wrote:....bela2in sacrifice torque sebesar itu cuma karena beda ratio gitu ....


pd (mobil) produksi massal, mmg sudah selayaknya dilakukan share2 semacam itu: engine, gearbox, kopling, etc.
nah, dlm kasus gearbox ini: ...tiap2 gearbox kan punya batasan torque min/max yg bisa dihandle nya..
masalahnya, disini kita gak dptkan data itu, utk gearbox Innova M/T.

jadi, mgkin bisa dianalogikan dg cara lain..... coba dicari,
gearbox Innova M/T ini dipakai dimana (di mobil apa) lagi sih ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by GTR »

data basis transmisi m/t diesel innova memang blm diperoleh selain compare paling2 liat fisik luar transmisi dgn fortuner m/t diesel.
kalo dari segi cost, umumnya besar torque mesin dgn transmisi manual lebih murah 13jt dari versi a/t nya, adalah sama.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by y_anjasrana »

Semalem di tol janger, gw buntutin Fortuner diesel (biasa deh, slip stream buat ngirit pertamax). Tadinya sih ga tau itu versi diesel. Tapi pas ngerem, eh dari pantatnya keluar asep tebal. Pdhl udah malem juga, tapi masih keliat tebal asepnya. Berkali2 tiap deselarasi keluar asep trus. Kenapa tuh ya? Pdhl katanya mesin dieselnya udah canggih, tp koq masih ngebul kyk metromini sih?

:ungg:
Accurate V5 Accounting System Consultant
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by GTR »

he3 tapi ga sampe kaya metromini yg "berkabut" lah.
yg jelas rata2 asapnya memang terlihat relatif lebih banyak dari innova diesel nya... gatau juga kenapa bisa beda.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by Risol1 »

y_anjasrana wrote:Semalem di tol janger, gw buntutin Fortuner diesel (biasa deh, slip stream buat ngirit pertamax). Tadinya sih ga tau itu versi diesel. Tapi pas ngerem, eh dari pantatnya keluar asep tebal. Pdhl udah malem juga, tapi masih keliat tebal asepnya. Berkali2 tiap deselarasi keluar asep trus. Kenapa tuh ya? Pdhl katanya mesin dieselnya udah canggih, tp koq masih ngebul kyk metromini sih?

:ungg:
koq ngebulnya pas deselerasi bos? :e-think: , bukannya biasanya malah kebalik, ngebul kalo gas dibejek?
User avatar
sonicc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Oct 03, 2008 10:31

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by sonicc »

Ga nyambung dikit, soal slip stream, gw bbrp kali diikutin dkt bgt bukan ditol. Pernah gw, di serpong pas naek rocky ban 33, dislip stream ama honda jazz, gw bawa aja ngelewatin separator mirip busway (dulu ada). Hasilnya nyangkut dah honda jazz itu...haha. Juga pernah di grogol ada separator di dkt trisakti (sekarang uda ga ada, sayang), ada accord ngikutin dkt, gr2 kesel ga dikasi jalan. Nyakut juga tu accord....
Slip stream is dangerous. Hehe
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by y_anjasrana »

Dangerous kalu di jalan biasa. Kalu di tol dan relatif sepi, ga masalah dunk... Yg penting konsentrasi full..

Back to topic. Kyknya sih tebel boss. Soalnya kondisi malem yg gelap aja keliatan, apalagi kalu siang. Btw pas deselerasi atau akselerasi ga tau persis deh, mungkin aja gw kebalik...

Tapi kalu berasep.... tetep aja keliatannya jelek...

:big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant
Wilz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Fri Mar 14, 2008 11:29
Location: Medan, Indonesia.

Re: Mohon pendapat: Innova diesel vs Fortuner diesel

Post by Wilz »

supereddy wrote:salam kenal bro Wilz, saya numpang tanya...? apa di baris kedua dan ketiga kepala nggak mentok, saya nyoba kok mentok ya.....saya juga penggemar berat fortuner, sudah menunggu kehadiran fortuner baru sejak lama, begitu keluar yang baru, kok lebih sempit ya atapnya dari yang lama (pengaruh ada kisi2 ac) jadi mentok ke kepala terus, ...gimana yach cara mengatasinya.....saya jadi bingung nih mau beli new fortuner , kok ruang kepalanya jadi sempit banget, padahal tinggi saya cuma 170cm, gimana kalo orang2 yang bertinggi badan 175 ke atas, kasian ya mereka mentok kepala parah.....mohon pencerahannya...trims.....
saya juga cuma 170cm, dan saya rasa baris kedua ngga mentok2 amat.. mungkin kursinya terlalu tegak.. coba kursinya disandarin dikit.. soalnya kalo duduk juga ngga mungkin tegak2 gitu..
nah.. kalo yg baris ketiga baru beneran mentok.. jadi kursinya mesti agak disandarin lagi bagi penumpang yg agak tinggi..
Wilz