Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
User avatar
MikeToyota
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 308
Joined: 22 Sep 2008, 10:31
Location: Jl. Pecindilan 42
Daily Vehicle: Toyota Innova
Contact:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by MikeToyota »

DOHC wrote:
mikehonda wrote:
DOHC wrote:ummm... itu idemitsu yg semi syn dan 10W-40 kayanya idemitsu extreme touring yahh om... eco touring kayanya yg 10W-30 dan ini oli mineral sehh...

btw ane dah perna pake 2 2 nya tuh.... dan saat ini ane pake yg FK massimo pulse RS 10W-40... mnurut feeling nubie ane... yg FK lebi enak bro... ane uda pake 4000an km per hari ini... respon mesin sehh mnurut feeling ane masi lumayan... tarikan jg masi lumayan... kalo idemitsu lebi cepet degradasi...
iya bro maksudnya yang extreme touring maap2 salah ketik tadi :mky_01:
iya yang eco touring 10w30 itu mineral :mky_02:
jadi lebih rekomen yang fk RS ya bro
beli harga brp bro 1 galon nya RS? :thanks:
di jakarta, ane kena 57 rebu per liter om... mo beli segalon 4 liter atau 1 liter, harga sama aja.. diitung per liter nya...
murah juga ya om di sby ngecek2 240rb an pergalon bro :mky_01:
thanks inponya om
Toyota auto 2000 Pecindilan
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by DOHC »

tp di jakarta jg bengkel2 laen biasa harga nya kisaran sgitu om utk fk pulse RS... sliter 60 rebu...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: 07 Jun 2007, 00:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Update :
Hari minggu kemarin lagi santai. Trus iseng beli 2 botol coolen dan bongkar air radiator.
Ternyata air berusia 11 tahun warnanya merah dan masih jernih 
Benar2 jernih tanpa ada bubuk2 besi atau kerak2. cuman biasanya air radiator kan agak berminyak, nah kalau ini sudah tidak. Dia seperti air biasa bahkan terasa agak kesat.

Akhirnya saya ganti pakai air radiator plus coolen warna hijau.

Test jalan ke jalan bebas yang agak panjang, dapat dua hasil baik dan kurang baik :
Baiknya, suara mesin jauh berkurang pada RPM tinggi. Ini sangat terasa dibanding sebelum ganti oli 15W50. benar2 raungannya halus. Ternyata oli ini baru terasa halusnya kentara di RPM tinggi.

Jelek nya :
Wah.. kok jadi lebih lelet ya capai kecepatan 120?
Bahkan ini kijang harus ditarik sekitar 30 detik baru bisa sentuh 130km/jam dari posisi 120km/jam.
Top speed yang saya dapat semalam cuman 135km/jam. Hmm.... apakah ini pengaruh oli kental?
Atau oli transmisi yang saya pakai? Atau oli gardan?
Kurang tau juga.

Oya, saya juga gak bisa merasakan perbedaan gardan yang sudah ganti oli dan yang belum 
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: 07 Jun 2007, 00:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Sekalian mau tanya lagi nih.
Kemarin kan disaranin pakai rored untuk flushing. Nah ini sudah ckp jarak tempuh flush nya.
Jadi barusan taelpon ke toko oli langganan.
1. tanya shell spirax. Dia cuman punya yang API 90 GL5. waktu gw tanya ada gak spirax yang 75W90 atau 80W90, dia gak punya. Yang ada 80W90 merek Mobile.
2. trus saya tanya oli GL4. dia bilang itu oli lama jaman dulu. Jaman sekarang gak ada lagi oli GL4. :bingung: wah.. apa benar sekarang gak diproduksi lagi oli GL4? Soalnya waktu saya minta tolong carikan, dia bilang gak perlu lagi. Soalnya saya gak akan dapat oli GL4. satu2nya oli GL4 yang masih ada ialah pertamina Rored ep 90.

Apa benar ini ya?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Profith83 »

Gold Pocket wrote: @om profith83 :
yang tergolong mobil lama itu tahun berapa ke bawah om?

Maksudnya pakai Olie sesuai spec saja.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:Sekalian mau tanya lagi nih.
Kemarin kan disaranin pakai rored untuk flushing. Nah ini sudah ckp jarak tempuh flush nya.
Jadi barusan taelpon ke toko oli langganan.
1. tanya shell spirax. Dia cuman punya yang API 90 GL5. waktu gw tanya ada gak spirax yang 75W90 atau 80W90, dia gak punya. Yang ada 80W90 merek Mobile.
2. trus saya tanya oli GL4. dia bilang itu oli lama jaman dulu. Jaman sekarang gak ada lagi oli GL4. :bingung: wah.. apa benar sekarang gak diproduksi lagi oli GL4? Soalnya waktu saya minta tolong carikan, dia bilang gak perlu lagi. Soalnya saya gak akan dapat oli GL4. satu2nya oli GL4 yang masih ada ialah pertamina Rored ep 90.
Setahu saya skg ini justru makin sulit mencari oli GL-5 yg harga ekonomis, kebanyakan produsen membuat yg GL-4, perhatikan deh di label botol Shell, Castrol, dll.

Oli Gardan SAE 90 API GL-5 oke, perhatikan baik2 di labelnya harus ada tulisan GL-5

Utk transmisi pakai yg 80W-90 GL-4 oke, cuman saya pribadi gak rekomen Shell Spirax yg 80W-90 GL-4 karena itu gak enak banget, pernah coba en gak sampe 5000 Km dah saya buang.

Setahu saya yg 75W-90 GL-4 di pasaran ada bbrp merek.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:Update :
Hari minggu kemarin lagi santai. Trus iseng beli 2 botol coolen dan bongkar air radiator.
Ternyata air berusia 11 tahun warnanya merah dan masih jernih 
Benar2 jernih tanpa ada bubuk2 besi atau kerak2. cuman biasanya air radiator kan agak berminyak, nah kalau ini sudah tidak. Dia seperti air biasa bahkan terasa agak kesat.

Akhirnya saya ganti pakai air radiator plus coolen warna hijau.

Test jalan ke jalan bebas yang agak panjang, dapat dua hasil baik dan kurang baik :
Baiknya, suara mesin jauh berkurang pada RPM tinggi. Ini sangat terasa dibanding sebelum ganti oli 15W50. benar2 raungannya halus. Ternyata oli ini baru terasa halusnya kentara di RPM tinggi.

Jelek nya :
Wah.. kok jadi lebih lelet ya capai kecepatan 120?
Bahkan ini kijang harus ditarik sekitar 30 detik baru bisa sentuh 130km/jam dari posisi 120km/jam.
Top speed yang saya dapat semalam cuman 135km/jam. Hmm.... apakah ini pengaruh oli kental?
Atau oli transmisi yang saya pakai? Atau oli gardan?
Kurang tau juga.
Berhubung kondisi coolant masih bagus sebaiknya ganti coolant pakai Toyota Long Life Coolant lagi yg botol abu2 (cairannya merah), itu coolant bisa langsung pakai tanpa dicampur air, jadi saya sgt sarankan pakai Toyota Long Life coolant lagi dan jangan pakai coolant2 merek lain yg warna hijau.

Oli mesin kalau mau enak pakai yg 10W-40 aja, pakai Shell HX-7 atau merek2 lain kan byk yg bikin 10W-40 including Fastron label ijo.
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: 07 Jun 2007, 00:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote:Update :
Hari minggu kemarin lagi santai. Trus iseng beli 2 botol coolen dan bongkar air radiator.
Ternyata air berusia 11 tahun warnanya merah dan masih jernih 
Benar2 jernih tanpa ada bubuk2 besi atau kerak2. cuman biasanya air radiator kan agak berminyak, nah kalau ini sudah tidak. Dia seperti air biasa bahkan terasa agak kesat.

Akhirnya saya ganti pakai air radiator plus coolen warna hijau.

Test jalan ke jalan bebas yang agak panjang, dapat dua hasil baik dan kurang baik :
Baiknya, suara mesin jauh berkurang pada RPM tinggi. Ini sangat terasa dibanding sebelum ganti oli 15W50. benar2 raungannya halus. Ternyata oli ini baru terasa halusnya kentara di RPM tinggi.

Jelek nya :
Wah.. kok jadi lebih lelet ya capai kecepatan 120?
Bahkan ini kijang harus ditarik sekitar 30 detik baru bisa sentuh 130km/jam dari posisi 120km/jam.
Top speed yang saya dapat semalam cuman 135km/jam. Hmm.... apakah ini pengaruh oli kental?
Atau oli transmisi yang saya pakai? Atau oli gardan?
Kurang tau juga.
Berhubung kondisi coolant masih bagus sebaiknya ganti coolant pakai Toyota Long Life Coolant lagi yg botol abu2 (cairannya merah), itu coolant bisa langsung pakai tanpa dicampur air, jadi saya sgt sarankan pakai Toyota Long Life coolant lagi dan jangan pakai coolant2 merek lain yg warna hijau.

Oli mesin kalau mau enak pakai yg 10W-40 aja, pakai Shell HX-7 atau merek2 lain kan byk yg bikin 10W-40 including Fastron label ijo.
@oom turbo :
berarti mending tukar lagi langsung ke yang toyota warna merah ya om? itu belinya dimana ya?

untuk oli mesin tolong dong saran merek dan type nya?
apa shell HS7 itu yang terbaik untuk kijang ini?
dulunya sih pakai magnetec 10W40.

trus untuk oli transmisi juga sekalian minta merek aja oom.
kira2 yang bagus dan gampang dicari alias umum :D

nanti oli gardan saya akan ikut saran pakai shell spirax 90 API GL-5
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: @oom turbo :
1. berarti mending tukar lagi langsung ke yang toyota warna merah ya om? itu belinya dimana ya?

2. untuk oli mesin tolong dong saran merek dan type nya?
apa shell HS7 itu yang terbaik untuk kijang ini?
dulunya sih pakai magnetec 10W40.

3. trus untuk oli transmisi juga sekalian minta merek aja oom.
kira2 yang bagus dan gampang dicari alias umum :D

nanti oli gardan saya akan ikut saran pakai shell spirax 90 API GL-5
1. kalo di Jkt sih di toko2 oli ada jual, tapi kalo di sana sy kurang paham, paling cari di A2K

2. HX7 bisa, Magnatek 10W-40 bisa, Elf Competition 10W-40 juga ada, Fastron 10W-40, cari yg mudah ditemui aja di sana, cuman kalo Shell lebih baik beli di toko oli yg terpercaya

3. Kalo di Jkt sih Shell Spirax 75W-90 GL-4 termasuk umum tapi kalo di sana sy gak paham, coba survey2 dulu aja di toko oli ada merek apa aja.
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: 07 Jun 2007, 00:39
Location: Home sweet home

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Gold Pocket »

Turboman wrote:
Gold Pocket wrote: @oom turbo :
1. berarti mending tukar lagi langsung ke yang toyota warna merah ya om? itu belinya dimana ya?

2. untuk oli mesin tolong dong saran merek dan type nya?
apa shell HS7 itu yang terbaik untuk kijang ini?
dulunya sih pakai magnetec 10W40.

3. trus untuk oli transmisi juga sekalian minta merek aja oom.
kira2 yang bagus dan gampang dicari alias umum :D

nanti oli gardan saya akan ikut saran pakai shell spirax 90 API GL-5
1. kalo di Jkt sih di toko2 oli ada jual, tapi kalo di sana sy kurang paham, paling cari di A2K

2. HX7 bisa, Magnatek 10W-40 bisa, Elf Competition 10W-40 juga ada, Fastron 10W-40, cari yg mudah ditemui aja di sana, cuman kalo Shell lebih baik beli di toko oli yg terpercaya

3. Kalo di Jkt sih Shell Spirax 75W-90 GL-4 termasuk umum tapi kalo di sana sy gak paham, coba survey2 dulu aja di toko oli ada merek apa aja.
siap om. berarti tetap harus cari sampai ketemu ini oli yang GL4.

oya om, kalau untuk minyak Rem ada spesifikasi khusus?
lebih baik lagi kalau kasih merek sekalian om.
soalnya gw sudah takut dan gak percaya sama toko oli di sini dengan pengetahuan mereka.

masak waktu itu pas mau tuker oli gardan, mereka mau masukkan oli yang 140. pas saya minta yang w90, mereka malah bilang kalau saya salah. untuk gardan harus yang W140. tapi saya ngotot mau yang W90. akhirnya mereka nurut juga. haha..

jadi gw gak percaya lagi.

oya bahkan itu oli 140 hampir masuk juga ke transmisi lo. soalnya mereka bilang oli gardan dan oli transmisi itu sama.
hiii .. apa jadinya ya kalau transmisi diisi oli W140? seret deh kayanya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote: 1.kalau untuk minyak Rem ada spesifikasi khusus?
lebih baik lagi kalau kasih merek sekalian om.
soalnya gw sudah takut dan gak percaya sama toko oli di sini dengan pengetahuan mereka.
Merek bebas, pilih merek2 yg jelas aja spt Shell / Ate / Prestone, dll. dan pilih yang DOT 3

Saat nge-bleed minyak rem nanti saat kocok mesin harus dihidupkan yah en sebaiknya kita yg kocok pedal rem-nya, jadi kita tahu sampe dimana nekan-nya (nekan jangan kelewat kuat / kelewat dalam)
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Gold Pocket wrote:- CUT -

masak waktu itu pas mau tuker oli gardan, mereka mau masukkan oli yang 140. pas saya minta yang w90, mereka malah bilang kalau saya salah. untuk gardan harus yang W140. tapi saya ngotot mau yang W90. akhirnya mereka nurut juga. haha..

- CUT -
OOT dikit.

Gak kurang kentel tuh oli 140 dimasukin ke gardan wehehehehe.... Itu mah trik SOP nya para pedege mobkas nakal yang punya unit mobil bergardan belakang aus (bunyi 'kerrrrrrrr....'), cekokin ama oli kental. Masih kurang? Masih bunyi si gigi gardan? Gampang! Masukin PISANG. Iya, pisang. Jadi kayak bubur dah. Langsung senyap suara si gardan belakang.

:big_slap:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Abu2 »

imsus2c wrote: nanggung meneer...kenapa oli mesinnya sekalian ga pake motul :mky_04:

iya juga ya, biar matching gitu ya Om Imsus...
coba om imsus kasi referensi satu produk motul untuk oli mesin, yg 10-40 api Sm/cf..



@NG : terimakasih Suhu atas ingponya... :frm_tumbright:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Motul Multi Power Plus. Tapi SL keknya. Uda cukuplah mods buat GV. Itu nyang ane pakek di Cudo, mods.
Das Beste oder nichts.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by BADAK »

Oli gardan 140 bawaannya mmg dipake digardan, terutama mbl2 heavy duty macam truk & bus. Sedangkan SAE 90 mmg diperuntukkan untuk transmisi. Kalopun skrg banyak yg pake 90 untuk gardan itu krn pemilik mbl menuntut tarikan yg lebih ringan saat berakselerasi. Jadi saya rasa bukan akal2an penjual semata. Saya sendiri jg pernah pake oli gardan pd panther saya, n so far so good. Yg salah itu kalo oli gardan 140 dipake ditransmisi. CMIIW.

Menurut yg nubie dengar dr pemilik bengkel & user, oli skrg dgn SAE yg sama memiliki viskositas lbh encer drpd oli jaman dulu. Bagaimana menurut bang Turbo?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: 16 Apr 2011, 23:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

agan agan kemaren liat di ace ada motul power plus dan multi grade plus
bedanya apa seh ? harganya sama beda label doank
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by solar_kerosen »

Nightster Guy wrote:
Gold Pocket wrote:- CUT -

masak waktu itu pas mau tuker oli gardan, mereka mau masukkan oli yang 140. pas saya minta yang w90, mereka malah bilang kalau saya salah. untuk gardan harus yang W140. tapi saya ngotot mau yang W90. akhirnya mereka nurut juga. haha..

- CUT -
OOT dikit.

Gak kurang kentel tuh oli 140 dimasukin ke gardan wehehehehe.... Itu mah trik SOP nya para pedege mobkas nakal yang punya unit mobil bergardan belakang aus (bunyi 'kerrrrrrrr....'), cekokin ama oli kental. Masih kurang? Masih bunyi si gigi gardan? Gampang! Masukin PISANG. Iya, pisang. Jadi kayak bubur dah. Langsung senyap suara si gardan belakang.

:big_slap:

emang dipikir monyet kali yah , sama kaya orang jual mesin diesel Dongfeng atau yanmar dikasih gemuk olinya biar suaranya halus :mky_07:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by imsus2c »

Abu2 wrote:
imsus2c wrote: nanggung meneer...kenapa oli mesinnya sekalian ga pake motul :mky_04:

iya juga ya, biar matching gitu ya Om Imsus...
coba om imsus kasi referensi satu produk motul untuk oli mesin, yg 10-40 api Sm/cf..



@NG : terimakasih Suhu atas ingponya... :frm_tumbright:
saya sekarang pake H-tech Plus 5w30, awalnya agak takut2...secara mobil sudah masuk tahun ke 10 dan odo saat itu 160.000an, tapi saat odo 120.000an pernah dibongkar buat porting polished dan sebelumnya pake 10w40. Setelah jalan 2500an KM, dicek dari dipstick, oli masih level normal, tdk ada gejala pengurangan...jadi mikirnya aman, clearance mesin masih sanggup pake 5w30

bunyi mesin jg tdk lebih kasar dibanding saat pake 10w40, tapi tarikan mesin jadi entengan dan FC ada perbedaan meski ga bombastis.

Di level 10w40, banyak keluaran dari motul, saya sendiri sampe bingung

tapi jika mau yg "bagus", pakai yg seri synergie, yg saya lihat di synergie 6100, itu oli masih 10w40 dan keterangannya technosyntese alias semi sintetis.
Tapi harga per Liternya sama atau sedikit lebih mahal dibanding H-Tech plus yg visko-nya 5w30 dan ada keterangan "100% synthetic"
Konon sih, base oil-nya synergie 6100 memang bagus dan mahal dan konon lagi, ada kandungan esther-nya, entah bener entah engga...
Kalau yg mau lebih yahud lagi buat harian, pakai yg x-cess 8100

Atau coba lihat ini:
http://ew5.earlweb.com/search.php?subse ... 7&brand=45

Atau ini:
http://ew5.earlweb.com/recommendations. ... 7&brand=45
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by imsus2c »

Nightster Guy wrote:Motul Multi Power Plus. Tapi SL keknya. Uda cukuplah mods buat GV. Itu nyang ane pakek di Cudo, mods.
coba lihat ini meneer: http://ew5.earlweb.com/recommendations. ... 7&brand=45
:mky_08:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Mods Santa Fe....

Kantong OB mikir2 beli 6100 Synergie, secara dia made in Prancis mods.... :ngacir: :ngacir:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Abu2 »

imsus2c wrote: saya sekarang pake H-tech Plus 5w30, awalnya agak takut2...secara mobil sudah masuk tahun ke 10 dan odo saat itu 160.000an, tapi saat odo 120.000an pernah dibongkar buat porting polished dan sebelumnya pake 10w40. Setelah jalan 2500an KM, dicek dari dipstick, oli masih level normal, tdk ada gejala pengurangan...jadi mikirnya aman, clearance mesin masih sanggup pake 5w30

bunyi mesin jg tdk lebih kasar dibanding saat pake 10w40, tapi tarikan mesin jadi entengan dan FC ada perbedaan meski ga bombastis.

Di level 10w40, banyak keluaran dari motul, saya sendiri sampe bingung

tapi jika mau yg "bagus", pakai yg seri synergie, yg saya lihat di synergie 6100, itu oli masih 10w40 dan keterangannya technosyntese alias semi sintetis.
Tapi harga per Liternya sama atau sedikit lebih mahal dibanding H-Tech plus yg visko-nya 5w30 dan ada keterangan "100% synthetic"
Konon sih, base oil-nya synergie 6100 memang bagus dan mahal dan konon lagi, ada kandungan esther-nya, entah bener entah engga...
Kalau yg mau lebih yahud lagi buat harian, pakai yg x-cess 8100

Atau ini:
http://ew5.earlweb.com/recommendations. ... 7&brand=45

set dah, yg 6100 synergie aja dah gak kuat, apalagi yg kayak di list itu, DC nya ntah berapa, trus available ndak ya di Indo..

dha ah..untuk sementara HX7 aja dulu... :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ilhami »

oli transmisi kijang kapsul memang 75w-90 dan lumayan lebih mahal dibanding 80w-90. Saya heran pak turbo beda 5 angka aja bisa lumayan harganya. Trus kalau transmisi pakai gl-5 nanti synchromesh kuningan cepat aus. Benarkah? Yang jelas di jerigen rored gl-5 kompatibilitas dengan kuningan cuma bintang 4.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Hansen »

Abu2 wrote:
imsus2c wrote: saya sekarang pake H-tech Plus 5w30, awalnya agak takut2...secara mobil sudah masuk tahun ke 10 dan odo saat itu 160.000an, tapi saat odo 120.000an pernah dibongkar buat porting polished dan sebelumnya pake 10w40. Setelah jalan 2500an KM, dicek dari dipstick, oli masih level normal, tdk ada gejala pengurangan...jadi mikirnya aman, clearance mesin masih sanggup pake 5w30

bunyi mesin jg tdk lebih kasar dibanding saat pake 10w40, tapi tarikan mesin jadi entengan dan FC ada perbedaan meski ga bombastis.

Di level 10w40, banyak keluaran dari motul, saya sendiri sampe bingung

tapi jika mau yg "bagus", pakai yg seri synergie, yg saya lihat di synergie 6100, itu oli masih 10w40 dan keterangannya technosyntese alias semi sintetis.
Tapi harga per Liternya sama atau sedikit lebih mahal dibanding H-Tech plus yg visko-nya 5w30 dan ada keterangan "100% synthetic"
Konon sih, base oil-nya synergie 6100 memang bagus dan mahal dan konon lagi, ada kandungan esther-nya, entah bener entah engga...
Kalau yg mau lebih yahud lagi buat harian, pakai yg x-cess 8100

Atau ini:
http://ew5.earlweb.com/recommendations. ... 7&brand=45

set dah, yg 6100 synergie aja dah gak kuat, apalagi yg kayak di list itu, DC nya ntah berapa, trus available ndak ya di Indo..

dha ah..untuk sementara HX7 aja dulu... :ngacir:
Kalo dibanding ama Castrol Magnatec gimana Wan? :e-think:
Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Abu2 »

Castrol magnateg dibanding apa dulu? Hx7? sbelas duabelas lah
dibanding Motul? motul yang mana?

pingin juga pake motul 6100 synergi 10-40, secara available di ace hardware dan di toko langganan...
hanya, kode API nya belum SM/CF - cmiiw
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

BADAK wrote: Menurut yg nubie dengar dr pemilik bengkel & user, oli skrg dgn SAE yg sama memiliki viskositas lbh encer drpd oli jaman dulu. Bagaimana menurut bang Turbo?
Tergantung produsen, tiap level SAE weight kan mmg punya rentang viscosity kinematic, data-nya ada di BITOG.
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post