Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by GTR »

krn mahal.... nanti kalo udah mau keluar gen selanjutnya, baru masuk serena baru ini... spt cara yg lalu.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by andy1800 »

berarti, begitukah strateginya Nissan utk IDM ?..... di-terlambat-kan satu generasi ?
kenapa nggak dujual aja dua2nya.... C24 utk kelas harga "terjangkau".....
sementara itu, C25 jg dijual, utk kelas harga lbh mahal

kenapa sekarang dia "ngasih" C25 ke IU ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by GTR »

kayanya krn IU mau short term profit kan..
after market service nya kan jalan masing2.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by andy1800 »

iya,
maksdunya,....kenapa C25 nggak dijual sendiri aja oleh NMI ?
(krn nggak dijual sekarang oleh NMI, kan berarti yg punya peluang ngjualnya adalah IU)

tp substansi pertanyaannya adalah: apa disadvantage nya (tidak worth it kah) bila C25 dijual juga, sementara C24 jg masih dijual....?
kalau dijual bareng, ...toh otomatis akan terbentuk segmen sendiri2.... C24 utk kalangan "terjangkau"...dan C25 utk kalangan yg lbh mampu.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by GTR »

nah susahnya kalo begitu, kan merk nya jadi sama : Serena, so, tidak mungkin kan ATPM begini caranya, bukan bikin segmen, malah dapat image macam2.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by edward »

Kayanya gak bisa klo C24 di j ual bareng C25.
Kan C25 di posisikan utk menggantikan C24 yg sudah ketinggalan jaman.

Saya jg gak mengerti dg strategy pemasaran NMI,kenapa gak menjual C25 yg sudah ada di jepang sjk 2005?(cmiw).
Klo memang C24 kemaren adalah utk 'tes pasar' dan sepertinya NMI tau bhw potensi di pasar MPV medium ini cukup ampuh,kenapa gak segera di lanjut dg memasukkan C25?

Alasan yg pernah di kemukakan adalah NMI sedang serius dg proyek GL.
That fine!
Tapi kan semua orang tau bhw GL ada di bawah C24/C25.Apakah NMI takut klo pemasaran/penjualan GL bakal terpengaruh oleh C25 baru?Rasanya agak berlebihan karena positioning dr kedua produk ini jelas2 berbeda segmennya...


Yg jg saya tidak mengerti adalah pemain IU jg gak ada yg mau masukin C25 baru?
Alasannya kenapa?
*Mgk kah mereka terhambat oleh pihak NMI?
*Mgk para pemain IU ini lebih melihat proyek yg lbh 'hot',yaitu lbh baik memasukkan Alphard yg jelas2 punya pasar gemuk drpd berspekulasi dg C25,toh secara itungan di atas daun pisang Alphard diatas angin di bandingkan dg C25...tell if you are not agree...

Nah aside from NMI sibuk dg GL.
Sekarang kan masanya udah lewat,GL secara penjualan masih kalah dg A/X(yg saya maksudkan adalah angka penjualan GL ada di bawah A/X),seandainya tujuan utama NMI adalah menggeser dominasi toyota dalam penjualan mobil murmer di pasar gemuk di bawah 200jt,maka tujuan itu bisa dikatakan belum berhasil...

Saya tidak melihat alasan yg jelas,kenapa C24 tidak segera di gantikan dg C25?
Apakah NMI tidak melihat peluang,bhw masih ada 'ceruk pasar' di atas kijang Innova,yg menginginkan mobil yg lbh baik dr Innova?Ada peluang buat pembeli yg rela membayar lebih utk mendapat yg lebih baik di atas rata2?
Pasar inilah yg seharusnya 'di bidik' oleh NMI....(Oh seandainya SithLord bisa kasih pencerahan disini!)
Ada peluang pasar yg rela membayar lbh sedikit drpd Innova tetapi masih merasa sayang dan berat utk menebus kelasnya Alphard/Ellysion/Elgrand etc.....

Klo kemudian pasar ini dibidik dan di dooorrrr oleh kubu Mitsu dg Grandisnya,sebenarnya posisinya sudah bagus,dan harganya tepat,namun sepertinya pasar masih melihat siapa di belakang Grandis.
Sebagus apapun produk klo 'dukungannya' di rasa kurang,maka responnya jg kurang maksimal....

Sedikit uneg2 utk meramaikan threadnya om (yg scr penampakan spt) paranormal.... :e-wall:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by andy1800 »

GTR wrote:nah susahnya kalo begitu, kan merk nya jadi sama : Serena, so, tidak mungkin kan ATPM begini caranya, bukan bikin segmen, malah dapat image macam2.
iya jg siiih...
ok, gw setuju bahwa: gak baik memasarkan kedua2nya pdhal (dg) sama2 brand Serena

edward wrote:Saya tidak melihat alasan yg jelas,kenapa C24 tidak segera di gantikan dg C25?

-Apakah NMI tidak melihat peluang,bhw masih ada 'ceruk pasar' di atas kijang Innova,yg menginginkan mobil yg lbh baik dr Innova?
-Ada peluang buat pembeli yg rela membayar lebih utk mendapat yg lebih baik di atas rata2?
-Ada peluang pasar yg rela membayar lbh sedikit drpd Innova tetapi masih merasa sayang dan berat utk menebus kelasnya Alphard/Ellysion/Elgrand etc.....

Pasar inilah yg seharusnya 'di bidik' oleh NMI....
(Oh seandainya SithLord bisa kasih pencerahan disini!)
itu dia...
kenapa, kenapa, dan kenapa
di jepang udah ada sejak 2005 ?...whewww....skrg, th 2008 aja blm ada bau2nya disini.

saya pikir, kalau gantiin C24 dg luncurin C25 ... toh tingkat penjualan atau revenue yg didapat NMI dlm katagori itu. nggak akan drop2 amat jg.
itu at least nya... ....
bahkan, kalau diseriusi, bisa meningkat loh.

sedangkan kalau dia nggak segera munculin, malah bisa membuat corporate image nya NMI menajdi jatuh.
paling tidak, di mata saya....
terus terang, dg ketidakberanian NMI yg spt itu, membuat saya menganggap NMI tidak serius "melayani" pasar Ina.

jangan salah,... IMO, ketidakseriusan melayani pasar ini, sangat berhubungan jg dg hal teknis.
krn tidak serius, maka tidak akan ada (budget utk) riset & development, utk mendapatkan adjustment2, menyesuaikan dg kondisi Ina.
bahkan di kelas low MPV pun...bs menjadi bukti ketidakseriusan ini....yaitu: banyak yg bilang bahwa Livina XR terkesan didisain asal2an.

iya niiih.... mas edward, tolong panggilin Sithlord dooong.... biar ada kejelasan niiih.
hahahaha....
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by GTR »

serena c24 itu asli nya keluar tahun '99 kan.. harusnya tetal 1-2thn ok lah, di indo telat lama sekali kan.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

aslinya keluar th '99 ....dijual di Ina th 2004 ?? ....:o
whewww...... tetep laku keras ya ?
berarti umumnya konsumen Ina sedemikian mendambakannya ya ....

berarti.... NMI memang udah bener.... memang dia pinter ber-strategi dong
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by GTR »

terano bukannya lebih dahsyat...
model yg di indo keluaran tahun berapa tuh yah? udah ketinggalana lebih lama lagi.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by edward »

Betul bgt,model boxy nya C24 adalah keluaran thn 99...

Sementara tampilan C25 agak membulat dan lbh manis dr C24...dg tampilan kaca yg lbh lebar,memberikan suasana lega dr dalam kabin...
Mgk ini termasuk wacana baru:
Pemakaian jendela yg lebar utk memberi suasana(psikologis) kabin yg lbh lega.
Tentu bukan tanpa sisi minus yah?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by edward »

Terano pertama kali keluar di Indo tahun 96 yah?
Seingatku barengan ama Blazy?

Sementara SUV yg benar2 tangguh dan sangat menghebohkan dunia 4x4 indo adalah Vitara 4x4 dr Suzuki di tahun 92 atau 93?yg mengawali kelas baru dunia SUV di Indonesia....

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by GTR »

yup SUV 'sopan', bukan semacam TAFT/KAtana...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

aaah, okay... ya ya.... thanks atas pencerahannya.
akhirnya, saya dapatkan benang merahnya....
sip ..sip..

berarti, now, saya perlu mengubah cara pandang thd NMI...
NMI memang toB ...... sangat mengerti dengan kebutuhan konsumen di Ina

dan memang begitulah seharusnya cara plg tepat utk memasarkan mobil di Ina:
tunggu beberapa tahun lebih dulu, baru di-release lah utk Ina Market ini.
nampaknya, kalau nggak pakai delay gitu, nggak bakalan laku deh...
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by GTR »

lebih tepatnya kalo ga depay gitu, bs jadi harganya yg tidak bisa diterima market...
terrano itu malah kalo ga salah PDLC model 1986 - 1995.
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by koolrider »

GTR wrote:lebih tepatnya kalo ga depay gitu, bs jadi harganya yg tidak bisa diterima market...
terrano itu malah kalo ga salah PDLC model 1986 - 1995.
yup gw lebih cenderung setuju sm Bro GTR.
Klo IMO merk2 yg masih gandengan dengan partner lokal spt Toy astra, nissan IM,Mitsu KTB,Dai dll strateginya sama saja. Mereka lebih cenderung ke produk2 yg berstd regional atau platform global yg dimodif. dgn std lokal(spt rush)supaya harga jual sesuai market. Beda dgn ATPM yg langsung dikuasai manufacture spt contoh:honda,mazda. Dua merk ini lebih cenderung pake prod platform global yg dispec down sesuai std lokal (ujung2nya hitungan harga juga).
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by GTR »

yup, produk global lebih susah bagi merk2 yg main ini karena memang masalah harganya.
yg murah itu produk2 regional yg sudah "disesuaikan".
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by avansa »

Gebragan baru NMI...adakah mobil lain yang udah meng adopsi teknologi ini.

Teknologi terbaru NMI:
1. Pre-crash Sealbelt. Sabuk pengaman yang langsung mengencang saat rem dioperasikan secara mendadak.
2. Arround View Monitor. Alat untuk membantu pengemudi untuk melihat kondisi di sekitarnya, terutama saat parkir.
3. Scratch Shield. Cat yang bisa kembali mulus – bila mengalami goresan kecil – dengan menyiramnya dengan air hangat.
4. Zone Body. Kombinasi bagian bodi yang kuat dan bisa remuk (untuk menyerap energi) untuk melindungi penumpang bila terjadi tabrakan.
5. Safety Shield. Teknologi pengaman yang mencegah pengemudi dari situasi berbahaya dan mengingatkannya untuk kembali ke kondisi aman.
6. Adaptive Front Lighting System. Lampu yang bisa mengubah arah sorotan sesuai dengan putaran setir.
7. All mode 4x4-i. Teknologi yang mampu mengontrol kerja sistem 4x4 sesuai dengan kondisi medan dan sudah digunakan Nissan pada X-Trail 4x4.
8. CVT (Continuously Variable Transmission). Teknologi digunakan Nissan pada mesin V-6, 3.500 cc.
9. Peraga konsep aerodinamika. Di sini bisa dilihat perbedaan mobil yang dirancang secara aerodinamis dengan yang tidak, saat meluncur dalam air.
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by Risol1 »

KIrain topik baru, taunya ganti nama doang :e-doh:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by doq »

klo judulnya ganti.....sy ikut aahhh.... :mrgreen:

yg paling g niat jualan (d indo)....porsche,ferrari,landrover.....palagi ya :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

bukannya pelayanan di Java Motors (LandRover) dan Ferrrari-Maserati Indonesia, dinilai sangat bagus bro ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by doq »

bukannya judulnya "yg g niat jualan" oom?

jualan sekedarnya.......karena harga yg "okeh" jualannya cukup 1......1........1.......1...... :mrgreen:

pelayanannya jg g bagus2 amat ah..........waktu ke showroom ferrari sy g dilayanin.......lha g niat beli.............................. :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

berarti Ferrari malah niat banget ddoong....
sangking niatnya,....dia pelajari psikologi.. sampai2, dia bisa tau kalau bro doq kesana memang pasti nggak akan beli !
jadi, buat apa dilayanin ................. :P


........ :ngacir:
*posting angka cantik: 2222*
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by MitshuToyo »

edward wrote:
Saya jg gak mengerti dg strategy pemasaran NMI,kenapa gak menjual C25 yg sudah ada di jepang sjk 2005?(cmiw).
Klo memang C24 kemaren adalah utk 'tes pasar' dan sepertinya NMI tau bhw potensi di pasar MPV medium ini cukup ampuh,kenapa gak segera di lanjut dg memasukkan C25?

Yg jg saya tidak mengerti adalah pemain IU jg gak ada yg mau masukin C25 baru?
Alasannya kenapa?
*Mgk kah mereka terhambat oleh pihak NMI?
*Mgk para pemain IU ini lebih melihat proyek yg lbh 'hot',yaitu lbh baik memasukkan Alphard yg jelas2 punya pasar gemuk drpd berspekulasi dg C25,toh secara itungan di atas daun pisang Alphard diatas angin di bandingkan dg C25...tell if you are not agree...
Kenapa selalu berpikir dari sisi marketingnya saja ? kenapa tidak berpikir dari segi tekniknya ?
Bagaimana dengan kesiapan line up / output produksi dr pabrikan tsb ? Quota per area? Regulasi setempat, Pasokan part dr subcontractor, dll ??

Bagaimana tentang pemikiran bahwa setiap produk selalu membawa nama besar merk ?
Sekali produk di launch, bukankah Bengkel, ketersediaan part, dll harus siap ? Kalau produk sampai inden lama, part susah, bagaimana dengan kredibilitas pabrikan tsbt ?
Mungkin pihak pabrikan jg hati2.. jadi mungkin ada benarnya kalau IU terhambat pihak NMI.. kalee aja seh..

Ketika Airbus A380 diluncurkan, airbus punya kebijakan untuk customization tak terbatas pada designya. Customer sangat leluasa untuk memilih design sesuai keinginanya.
Alhasil, kebijakan ini justru menjadi bumerang bagi airbus sendiri. MSN 1 hancur lebur. Dengan double deck, customization harness menjadi sangat kompleks.
Dengan time frame yang sama mereka harus menyelesaikan 2 lantai pesawat. Akibatnya ? fabrikasi kalang kabut.. delay delivery , bahkan sampai kena pinalty hampir 3 trilliun..

Div. Marketing suatu perusahaan biasanya emang ´musuh´ dari para design engineer.. satunya pengen menjual sebanyak mungkin & menuruti maunya customer, tapi di gedung development dari produk yang bersangkutan para engineer berusaha mati2an mengikuti apa maunya customers. Padahal tidak gampang...

..sekedar tulisan ajah..
Lagi nginjek rem..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Ttg Pemasaran Mobil : strategi, price, gimmick, pelayanan,..

Post by andy1800 »

MitshuToyo wrote:..sekedar tulisan ajah..
bukan
tp,
sekedar uneg-uneg kepada orang2 di ruangan depan itu...


....... :ngacir:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image