Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by edward »

@MitshuToyo...

Hmmm bener jg,ada masuk akal juga.

Tapi coba kita telaah lagi khusus utk NMI.
C25 memang barang baru,model baru utk menggantikan C24.Saya kurang tau apakah mesinnya sama persis dg C24 atau tidak?Tetapi yg jelas ini bukanlah proyek pertama kali bagi NMI,setidaknya mereka pernah dan sedang punya C24,yg sudah terbiasa mereka tangani.
Jadi menurut hemat saya,NMI tentu tidak kaget lg klo mau mendatangkan C25,bukanlah sarana dan prasarana yg ada bisa di gunakan utk melayani C25,seperti halnya yg slm ini di pake buat melayani C24?

Lihatlah TAM,mereka berani mengupgrade total sistem dan sarana pendukung utk mensukseskan Innova.Bayangkan berapa byk investasi mereka agar semua bengkel bisa melayani Innova yg jelas2 merupakan generasi baru dari Kijang kapsul,betul2 inovasi baru yg berbeda jauuuhh dg generasi yg ditinggalkannya....
TAM telah melakukan sebuah lompatan panjang sementara NMI tidak berani mendaki sebuah anak tangga keatas....


Utk kasus Airbus A380,'total customization' adalah tindakan self knive stabbing!
Proyek raksasa dan massal tetapi mau melakukan custom total,tentu saja terjadi delay yg luarbiasa,krn apa yg seharusnya bisa di kerjakan bersama2 skrg harus di kerjakan sendiri unit per unit.
Klo manufaktur otomotif macam Lambo atau Ferrari melakukannya sih tidak apa,lah ini sebuah perusahaan pesawat terbang dg teknologi jutaan kali lbh canggih dr sebuah mobil?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
BAYU5485
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Aug 21, 2008 2:37

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by BAYU5485 »

ato malah kembali ke konsep ekonomi lama.

Setiap Produk yang Diluncurkan Ke pasar pasti ada pembelinya.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

menyelip sebenatr..
k1dd5 wrote:Bulan lalu, sebelom harga naik, gw dah test ni boil. Dan tadinya dah menetapkan hati untuk ambil RS M/T, tapi karena harga naek, ga jadi ah.. beli sedan aja.. CITY vtec akhirnya..
omong2,....
naiknya berapa sih ?
bukannya cuma 5 juta ya ?
masa' sih, utk kelas hampir 200 juta,..masih segitu sensistifnya dg kenaikan cuma 5 juta .... ? :e-think:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by edward »

RS M/T apa sih?
Royal Salon?Royal Star?

Apa kelas di bawahnya Serena HS(Highway Star?)

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

Hounda, New Jazz RS (Road Sailing), Manual Transmission.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
DennyJazzie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Thu Jul 17, 2008 4:18
Location: Bekasi

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by DennyJazzie »

Bukan Racing Series ya bos ??
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

bukan...
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 09#p183809
avansa wrote:
piterr wrote:
andy1800 wrote:RS adalah Road Sailing...
adalah Jazz type (yg lebih) ber-aroma sporty.. .
dg perbedaan utama di kaki2, yaitu suspensi yg didesain berbeda (lbh stiff), dan konfigurasi jarak pijak roda jg beda.
plus dibedakan dari styling interior dan exterior yg lebih berkarakter sporty.


..........
mgkin krn road sailing, jadi bisa jg dipakai utk berlayar di banjirnya jalanan jkt...heuehheeh.husy,kl yg ini joking,masa' nggak ngerti sih?! :e-doh:
kekekekekk
aahh kirain RS= Roy S*ryo

wakakakakaka
*ngaciiiirrrr*
mau quote and jawabin..enggak jadi ah :ngacir: :ngacir:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by MitshuToyo »

edward wrote: Jadi menurut hemat saya,NMI tentu tidak kaget lg klo mau mendatangkan C25,bukanlah sarana dan prasarana yg ada bisa di gunakan utk melayani C25,seperti halnya yg slm ini di pake buat melayani C24?

Lihatlah TAM,mereka berani mengupgrade total sistem dan sarana pendukung utk mensukseskan Innova.Bayangkan berapa byk investasi mereka agar semua bengkel bisa melayani Innova yg jelas2 merupakan generasi baru dari Kijang kapsul,betul2 inovasi baru yg berbeda jauuuhh dg generasi yg ditinggalkannya....
TAM telah melakukan sebuah lompatan panjang sementara NMI tidak berani mendaki sebuah anak tangga keatas....
Toyota dengan kijangnya udah pengalaman 25 tahun lebih..dengan suksesnya Kijang kotak sabun & kapsul, tentu Toyota sangat siap & percaya diri untuk berinvestasi penuh guna meneruskan image kuat di Kijangnya..
Meski sebagian berpendapat Innova tidak sesukses generasi sebelumnya ; seperti yang sekarang di bahas (dan gak bakalan selesai) di tread sebelah.... :mrgreen:

Mungkin, gak begitu pas C25 main hajar2an di pasaran dengan Kijang. Apalagi kalau CBU gitu..tapi kalau ambil porsi diantara Kijang & Alphard betul juga..
Hari ini di Detik Finance ; Mercy Indo berusaha nego ke Jerman untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produk Bus Mercy. Tapi pihak Mercy yang justru hati2 karena mereka ingin mengevaluasi dulu market. Produk yang dibuat harus bisa diterima pasar dengan skala produksi yang besar dan harga yang kompetitif.

Mungkin yang dirintis Nissan (Kalaupun punya visi jangka panjang), adalah di type GL..
Nanti 7 tahun lagi keluar Grand livina Kapsul..
7 tahun kemudian ngeluarin Grand livina Innovation...
2 tahun berikutnya ngeluarin Grand Livina Innovation facelift.. :e-wall:
Who knows ??
edward wrote: Proyek raksasa dan massal tetapi mau melakukan custom total,tentu saja terjadi delay yg luarbiasa,krn apa yg seharusnya bisa di kerjakan bersama2 skrg harus di kerjakan sendiri unit per unit.Klo manufaktur otomotif macam Lambo atau Ferrari melakukannya sih tidak apa,lah ini sebuah perusahaan pesawat terbang dg teknologi jutaan kali lbh canggih dr sebuah mobil?
Betul; Maaf ralat dikit.. sebenarnya bukan ´Total customization´ dalam arti sebenarnya seeh.. karena Customization hanya terbatas pada interior saja (selain pilihan Engine, mungkin) ;kemudian ber efek ke Design Harness.
Customization di Pesawat tentu tidak akan se variatif mobil Ferrari dengan request masang stir Momo, Velg Racing , Rem Brabus atau PNP.. :e-wall:
andy1800 wrote: tp,
sekedar uneg-uneg kepada orang2 di ruangan depan itu...
Hahaha... tull Bos.... Capee Deeeh...
Lagi nginjek rem..
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by €lj€p€ »

Sekedar nimbrung.... biasanya kalau sebagai ATPM.. ada komponen biaya yang harus dibayarkan ke Principal yaitu design royalty. Kalau suatu type sudah tidak dibuat oleh Principal, (saya lupa istilahnya mungkin mas MitshuToyo tahu)..pokoknya semacam blue printnya diserahkan/dijual murah ke ATPM. Nah dengan begitu... margin nya jadi lebih besar khan.... Jadi ada hitung-2 an grace period antara ATPM dengan Principal... untuk menikmati sampai ATPM memutuskan untuk mengambil design baru. Oleh sebab itu.. waktu saya perhatikan Terrano masih ada di (kalau tidak salah) Ph dan Ina.. pasti mereka mempunyai maksud menikmati margin tersebut. Karena kadang hal ini masih masuk biaya sehingga tidak kena pajak. Nah untuk supaya tidak terlalu menyolok, tidak semua produk berlaku. Artinya mereka juga memilih segmen mana yang akan diberlakukan seperti itu. Kalau kemarin ada Grand Livina, Livina yang dirancang di China dan Ina sebagai basis..., praktek diatas jadi terselubung khan... Tapi itulah bisnis... kalau perusahaan rugi, kasihan karyawan juga khan....
Dari Solo ke Oslo
Image
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by MitshuToyo »

€lj€p€ wrote:Sekedar nimbrung.... biasanya kalau sebagai ATPM.. ada komponen biaya yang harus dibayarkan ke Principal yaitu design royalty. Kalau suatu type sudah tidak dibuat oleh Principal, (saya lupa istilahnya mungkin mas MitshuToyo tahu)..pokoknya semacam blue printnya diserahkan/dijual murah ke ATPM. Nah dengan begitu... margin nya jadi lebih besar khan.... Jadi ada hitung-2 an grace period antara ATPM dengan Principal... untuk menikmati sampai ATPM memutuskan untuk mengambil design baru. Oleh sebab itu.. waktu saya perhatikan Terrano masih ada di (kalau tidak salah) Ph dan Ina.. pasti mereka mempunyai maksud menikmati margin tersebut. Karena kadang hal ini masih masuk biaya sehingga tidak kena pajak. Nah untuk supaya tidak terlalu menyolok, tidak semua produk berlaku. Artinya mereka juga memilih segmen mana yang akan diberlakukan seperti itu. Kalau kemarin ada Grand Livina, Livina yang dirancang di China dan Ina sebagai basis...
Wah, mungkin ini jawaban dari banyak pertanyaan di atas... berarti kalau benar Design lama di jual ke ATPM, tinggal tunggu aja.. C25 pasti bakalan hadir.
Masuk akal jg ; produk yang udah menurun penjualannya di Jepang, kemudian di teruskan ke Ina.. dari pada habis2an berinvestasi dengan resiko produk tidak laku. Kalau rugi malah bisa menurunkan nama pabrikan tsb.. berakibat jg kepada karyawan,.. PHK lagi,.. peraturan ketenaga kerjaan,.. Capek.. dll..
Paling kalau manufacturingnya tinggal nerusin dr yang udah ada, cukup mendatangkan mesin2 dies & mencari subcontractor local untuk detailling partnya..
mmm...istilahnya apa ya om ? :e-think:

Back to topik, kalau nurut sy seh, yang paling gak niat jualan (Di Indo) adalah Mitshubishi.. :capede:
Lagi nginjek rem..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by poeticmind »

mitsu udah jaya dengan si kepala kuning... ga perlu ngotot lah marketing nya... :D
Image
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by MitshuToyo »

poeticmind wrote:mitsu udah jaya dengan si kepala kuning... ga perlu ngotot lah marketing nya... :D
Hahaha... iya Mas.. khusus untuk type itu emang handal banget...
Salut dah.. nanjak ke Desa2 juga hayo wae.. padahal ngangkut Batu Kali / tanah basah..
Model L300 yang diesel jg sangar larinya..
Lagi nginjek rem..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by poeticmind »

dan jangan lupa... mitsu masih no.1 kalo di penjualan kendaraan di indo. kedua suzuki. jadi, bukan ga niat... hehehe :)
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by €lj€p€ »

poeticmind wrote:dan jangan lupa... mitsu masih no.1 kalo di penjualan kendaraan di indo. kedua suzuki. jadi, bukan ga niat... hehehe :)
Itulah pertanda kita-2 ini bukan true pengamat otomotif... tapi pengamat kendaraan penumpang saja. Kalau kita betul-2 pengamat otomotif seharusnya ya harus melibatkan kendaraan niaga dalam peta pengamatan kita.
Sepintas saya baca di Tabloid OTOMOTIF... Suzuki ST100/carry?? di recall... ada yang bisa menjelaskan / tidak???
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by Abu2 »

bukannya toyota no 1, Om putik? 2 mitsuh, 3 suzy... utk overaall penjualan :D
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by MitshuToyo »

€lj€p€ wrote:
poeticmind wrote:dan jangan lupa... mitsu masih no.1 kalo di penjualan kendaraan di indo. kedua suzuki. jadi, bukan ga niat... hehehe :)
Kalau kita betul-2 pengamat otomotif seharusnya ya harus melibatkan kendaraan niaga dalam peta pengamatan kita.
Sepintas saya baca di Tabloid OTOMOTIF... Suzuki ST100 di recall... ada yang bisa menjelaskan / tidak???
Iya nih Pak,.. ada sentimen dalam hati niih ; habis Lancer baru kemahalan sekale ; kesannya ambil untungnya kebanyakan.. :mrgreen: Masih jauh kalau mau upgrade Lancer tua saya... :e-wall:

Selain itu, model yang penumpangnya jg sangat terbatas.. hihihihi.... kaboor ah, ntar di semprot yang laen... :ngacir:

@ Poetik : Overall bukannya Toyota Bos ?
Lagi nginjek rem..
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by avansa »

Makanya etoh boil boil korea pada terjun bebas ke jurang untuk re salenya,karena nggak ada kesiapan untuk spar part dan bengkelnya..emang Indonesia itu Jakarta ajah....
tapi apa karena Korea udah merasa PD untuk satu area aja...?Korea sendiri geografisnya sebesar Jawa Barat.
DI Jakarta atau di kota kota besar lainya,jaringan spart part dan bengkel resmi pasti mudah untuk di hitung dengan jari.
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by €lj€p€ »

edward wrote:Terano pertama kali keluar di Indo tahun 96 yah?
Seingatku barengan ama Blazy?

Sementara SUV yg benar2 tangguh dan sangat menghebohkan dunia 4x4 indo adalah Vitara 4x4 dr Suzuki di tahun 92 atau 93?yg mengawali kelas baru dunia SUV di Indonesia....
Itulah sebabnya... waktu Honda mengeluarkan CR-V... banyak orang menyebutnya bukan SUV tetapi CUV = "Cute" Utility Vehicle. Dengan alasan bentuk SUV tapi rasa sedan... Sekarang secara nama sudah sepakat disebut "Crossover". Dan pasar besar betul-2 trend nya mengarah kesitu... Sementara SUV/Jeep .. segmennya makin kecil...
Dari Solo ke Oslo
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by GTR »

kalo tahun 80-an dan sebelumnya, Jip adalah nama utk kendaraan yg sekarang ini disebut SUV.. seperti yg populer hardtop, taft, jimny...
mulai ke Jip yg lebih 'sopan' (SUV) sejak diramaikan suzuki oleh vitara 1992, which is sebenarnya beda jauh sih ridenya dgn produk2 tadi.
cmiiw.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by €lj€p€ »

Kalau menurut majalah Truck Trend July-Aug '08:
dari kolom editor's desk (mark williams)

Nissan and Chrysler Set the Pace
"For now, Nissan seems to be at the center of this new world order as various relationships develop and bear fruit. To our eyes, Nissan is making out like a bandit at the moment, but if we know the crew at Chrysler, specifically the product planners at Jeep and Dodge, it won't take too long before they dream up some interesting ideas of their own. And we know the other manufactureres are watching them closely".

Jadi secara world manufacturer / corporate strategy.. sebenarnya cukup aggresive. Yang bermasalah ATPM lokal saja...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

nah, itu makanya...kenapa (hitung2an apakah yg membuat) ATPM lokal umumnya memilih utk kalem2 saja ....?

sementara, sebenarnya banyak (konsumen) yg amat sangat berharap, dan menyandarkan diri pd para ATPM itu, spy mau melakukan manuver (agresif) utk menandingi TAM.
bagaimanapun, bagi byk pihak, TAM adalah semacam "musuh bersama" (common enemy)....
disadari atau tidak, kenyataannya begitu kan ?

.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by GTR »

mungkin banyak yg lain sampai "terluka" krn black campaign nya yg sempet santer itu bro..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by andy1800 »

btw,
mencermati yg di thread LIVINA X-GEAR vs SX4 <<< http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7789

nampaknya, posisi di atas angin nya GL nggak berimbas di xgear ya....?
pdhal, waktu itu, pas booming2nya GL disini... wah, kagak ada yg bisa ngelawan deh.
tp, pd kelas pemendekannya,... si sx4 nampaknya lbh di depan ya ?


jd, apa maksdunya si Livina pake bikin xgear segala ?
sbg alat suicide ?
atau, spt kebiasaan nissan: punya kartu truf, shg sekian tahun ke depan org akan lbh meminati xgear ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Pemasaran Mobil.... siapa yg paling ggak niat berjualan ?

Post by GTR »

X-gear bukannya memang salahsatu dari varian2 "livina family" yg sudah ada dari sononya (china), dgn nama C-gear lalu melengkapi juga varian disini or juga di region lain?